Pantai Gesing, Spot Terbaik Menikmati Alam Sembari Kulineran di Gunung Kidul

Pantai Gesing, Spot Terbaik Menikmati Alam Sembari Kulineran di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolang, Desa. Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung kidul merupakan wilayah administratif dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan sejuta keindahan pesona alam. Pasalnya sebagian besar wisata bahari di kota pelajar ini berada di sini. Secara geografis, daerah ini memang berbentuk pegunungan dan perbukitan kapur dan dilewati garis pantai yang cukup panjang. Sehingga tidak heran, jika Gundul atau Gunung Kidul sebagai primadona turis saat hendak mengeksplorasi pantai-pantai di sekitar kota Gudeg.

Di antara daftar pantai indah yang ada di tenggara Yogyakarta, Pantai Gesing Gunung Kidul wajib menjadi tujuan liburan. Sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan nama pantai ini. Tidak seperti pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Timang maupun Pantai Nglambor yang namanya sudah berseliweran di kalangan masyarakat Indonesia.

Pantai Gesing pun memiliki panorama yang tidak jauh berbeda dari pantai-pantai yang sejak lama sudah populer. Pantai cantik ini pun menyiapkan berbagai fasilitas pendukung yang siap menyokong kegiatan wisatawan. Lanskap dan kekhasan dari pantai eksotis ini akan membuat ada sudah move on dan ingin terus berlama-lama.

Daya Tarik Wisata Pantai Gesing

Wisata Pantai Gesing Yang Memukau Dan Menarik Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Pandhu Bagaskara

Saat menginjakkan kaki di Pantai Gesing, wisatawan akan dibuat terkesima dengan panorama pantai yang disajikan merupakan kelas dunia. Batuan karang yang menjulang tinggi, kejernihan dan birunya air seketika menyihir setiap pasang mata. Padahal bibi pantai atau garis pantai dari objek wisata menawan ini tidak terlalu luas dan panjang tetapi keindahannya tiada tandingan.

Di samping lanskap pantai yang begitu biru selaras dengan warga langit, pengunjung pun akan disambut dengan kapal-kapal nelayan yang bersandar seolah membentuk barisan. Sama halnya seperti pantai Ngrenehan, pantai indah ini acap kali disebut sebagai pantai nelayan.

Namun jumlahnya tidak sebanyak di Pantai Ngrenehan ataupun Pantai Sedeng. Warga sekitar masih aktif menangkap ikan di laut kemudian hasil tangkapnya bisa Anda nikmati dari warung-warung seafood di pinggir pantai.

Dua tebing kapur di kedua sisi pantai lantas menjadi ikon pantai menawan di Jogja ini sekaligus secara tidak langsung memberitahu bahwa lokasinya berada di Gunung Kidul yang termasyur dengan bukit kapurnya. Tebing ini pun tanpa sadar guna meminimalisir hantaman air laut sehingga pengunjung hanya merasakan kelembutan dari deburan ombak.

Dengan karakteristik ombak tidak terlalu besar maka Pantai Gesing sangat aman bagi para wisatawan. Tetapi bagi para orang tua harus tetap memperhatikan dan mengawasi sang buah hati tercinta. Jadi masa liburan tetap membawa kebahagiaan bagi keluarga bukan malah memberi malapetaka.

Wisata Pantai Gesing Yang Menawan Dan lagi Hits Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Kiki Tour Guide

Kehadiran tebing karang menambah keindahan dan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai cantik ini. Batu karang itu seakan-akan mengelilingi sisi pantai sehingga semakin membuat penasaran untuk segera singgah. Bagian atas dari batu karang tersebut ditumbuhi pepohonan hijau yang memberikan kesegaran.

Bahkan terdapat pula beberapa saung-saung atau gazebo di sana. Tidak bisa dibayangkan betapa nikmatnya berada di atas saung itu seraya menatap betapa menawan pantai cantik ini seraya menyantap hidangan atau sekadar menyeruput es di tengah siang hari yang terik. Air es yang mengalir di tenggorokan semakin terasa segar karena di hadapan mata terbentang lukisan indah sang Maha Esa berupa pantai Gesing.

Momen tenggelamnya sang surya atau sunset masih menjadi incaran para wisatawan. Sangat pas bila masyarakat memilih pantai di Desa Girikarto ini. Pasalnya pelancong dapat dengan jelas melihat matahari terbenam tanpa terhalang apapun. Birunya air pantai serta posisi matahari yang berada pas di tengah-tengah dua tebing yang berada di kiri dan kanan pantai menjadi saat paling ciamik.

Semburat cahaya jingga dan deburan ombak sebagai pengiringnya membuat suasana semakin syahdu dan romantis. Apalagi jika Anda menyaksikan pemandangan ini bersama sang pujaan hati. Keindahannya akan jauh berkali-kali lipat bahkan berharap jarum jam berhenti saja agar hal ini bisa berlalu dengan cepat.

Hamparan pasir di Pantai Gesing pun sangat lembut dan begitu bersih sehingga teksturnya sangat nyaman saat tersentuh kulit. Walaupun pantai nan elok ini tidak begitu luas tetapi kebersihan pantainya memberikan rasa aman saat bermain pasir. Khususnya bagi orang tua menjadi tidak lagi khawatir dan takut. Dengan begitu, pengunjung semakin enggan bergegas.

Alasan lain wisatawan memilih berkunjung ke pantai cantik ini adalah akses yang mudah. Meskipun berjarak lumayan jauh dari pusat kota pelajar tetapi sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan lanskap yang bagus. Namun saat musim kemarau, pengunjung akan melihat gersangnya wilayah Gunung Kidul.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul
Photo by Google Maps Jammus Resto

Salah satu wisata bahari ini berada di Padukuhan Panjamulyo, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagi para pelancong yang berangkat dari kota pelajar ini kurang lebih akan menempuh perjalanan sejauh 44 km dengan estimasi waktu 2 jam. Ada dua jalur yang bisa pelancong gunakan jika berangkat dari pusat kota Jogja yaitu jalur Wonosari dan jalur Imogiri. Namun, pengunjung direkomendasikan lebih baik melewati jalur Imogiri saja.

Dari Imogiri lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Panggang lalu di jalan raya panggang ini pengunjung hanya mengikuti jalan saja sampai tiba di Objek wisata Pantai Gesing. Sedangkan jika melewati jalur Wonosari arahkan menuju melalui Piyungan, Pathuk, selanjutnya masuk ke jalan Playen sampai tiba di Jalan Raya Panggang. Kemudian pengunjung ikuti jalan dan perhatikan beberapa petunjuk yang sudah tersedia hingga di objek wisata menarik ini. Penting untuk diketahui bahwa jalan yang dilalui berkelok, sempit dan turunan yang cukup tajam sehingga harus lebih berhati-hati.

Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Tiket Masuk Di Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul
Photo by Google Maps Rudi Firdaus

Destinasi bahari Pantai Gesing buka selama 24 jam setiap harinya (Senin-Minggu). Untuk harga tiket masuk ke kawasan pantai di Gunung Kidul ini sebesar Rp 5.000 per individu. Jika pengunjung membawa kendaraan maka harus membayar lagi untuk sewa parkir itu sendiri.

Setiap jenis kendaraan memiliki tarif parkir yang berbeda-beda. Untuk kendaraan roda dua atau motor dikenakan sebesar Rp 2.000. Tarif parkir mobil adalah Rp 5.000. Sementara untuk kendaraan yang membawa banyak penumpang seperti bus dan elf biaya parkirnya masing-masing adalah Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul
Photo by Google Maps R. d. Prasetyo

Berenang dan bermain pasir sudah menjadi suatu keharusan ketika berkunjung ke Pantai Gesing ini. Siapa yang tidak akan tergoda dari lembutnya pasir dan birunya air yang ada, saat baru sampai pasti rasa ingin berganti pakaian sudah menggebu-gebu. Selain kegiatan tersebut, berikut rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai indah ini yang sayang jika tidak dilakukan.

1. Memancing di Sekitar Pantai Gesing

Mungkin beberapa orang merasa aneh dengan kegiatan anti mainstream ini bahkan sepertinya hanya sedikit pengunjung yang berpikiran untuk memancing di laut. Tapi jangan menganggap enteng terlebih dahulu, pasalnya di pantai ini kegiatan memancing lumrah dan menjadi kegiatan yang menarik. Kapan lagi dan di mana pantai mana lagi bisa wisata sambil memancing, bapak-bapak pasti ketagihan dan langsung mencobanya.

Aktivitas ini tidak terlepas karena perairan di pantai eksotis Gundul ini memang dianugerahi kesuburan bahari. Dimana ikan dan biota laut lainnya terhampar di perairan ini maka pengunjung pun bisa merasakan sehari sebagai nelayan dadakan. Hasil tangkapan bisa diolah pada warung-warung makan yang tersedia jadi tidak perlu repot-repot membawa alat masak sendiri.

Pantai Gesing memang sudah terkenal dengan spot-spot memancing, Anda bisa memilih antara dari atas bukit karang atau dari bibir pantai saja. Sayangnya, wisatawan harus membawa alat pancing sendiri sebab di sekitar objek wisata ini belum terdapat tempat penyewaan alat-alat tersebut. Yang lebih menariknya, di pantai ini pun tersimpan rahasia yaitu ikan hias yang bersembunyi di antara batu-batu karang dengan ketinggian air tidak dalam (dangkal)

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul
Photo by Google Maps Mas Eko

2. Kuliner Hidangan Laut

Jika Anda tidak ingin susah payah memancing untuk mendapatkan ikan segar jangan risau, sebab warung-warung di pinggir pantai Gesing pun menyediakan berbagai kudapan seafood yang siap menggoyang lidah. Berbagai jenis ikan yang ditawarkan mulai dari cumi, udang, ikan mujair, ikan kakap, ikan kerapu, sampai lobster pun tersedia lengkap. Selain itu Anda bisa memilih bumbunya seperti asam manis, sambal rica dan cara memasaknya yaitu mau goreng atau bakar.

Saus asam manisnya jadi favorit pengunjung, bumbu benar-benar menjadi satu kesatuan dalam ikan. Ketika makanan ini mendarat ke dalam mulut, Anda layaknya terbang ke langit ke tujuh. Untuk harganya sendiri sangat ramah di kantong bahkan tersedia pula tempat pelelangan ikan sehingga dana santap siang Anda bisa lebih hemat.

3. Berfoto di Spot Foto yang Tersedia

Keindahan yang tersaji di Pantai Gesing sudah tidak bisa dibohongi mata lagi maka swafoto mesti dilakukan oleh setiap wisatawan. Apalagi jika cuaca cerah sehingga terpampang jelas kemolekan pantai. Saat matahari tenggelam pun menjadi salah satu waktu yang paling tepat untuk mengabadikan diri dengan lensa kamera di gawai Anda.

Selain berfoto dari tepi pantai, coba pula berfoto dari atas bukit karang. Dari sana dimana posisinya lebih tinggi akan semakin membuat pengunjung takjub betapa menawannya pantai ini dari atas. Wisatawan juga bisa berfoto dari kapal-kapal nelayan yang bersandar di bibir pantai atau jika beruntung bisa menemukan nelayan yang berada agak menjorok ke pantai. Dijamin hasil foto semakin ciamik sampai-sampai pasang mata yang melihatnya tidak mengira itu adalah pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Gesing

Fasilitas Di Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul
Photo by Google Maps Anugrah Setiaji

Meskipun Pantai Gesing masih tergolong anyar tetapi objek wisata bahari di Jogja ini menyediakan fasilitas yang mumpuni. Yang mana diharapkan dengan fasilitas penunjang tersebut wisatawan akan semakin betah dan ketagihan untuk singgah.

Pengelola pun secara konsisten merawat dan menjaga kebersihan semua fasilitas yang ada. Sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman saat menggunakan sarana dan prasarana tersebut.

Berikut fasilitas yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke pantai populer di Gunung Kidul, antara lain:

  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Toilet/Kamar Mandi
  • Pusat Oleh-Oleh
  • Mushola
  • Camping Area
  • Spot Foto

Pantai Gesing adalah objek wisata bahari di Gunung Kidul dengan segala keunikannya. Salah satunya adalah pantai cantik ini digadang-gadang sebagai surganya memancing. Mengingat aktivitas memancing banyak digandrungi dan disukai pengunjung. Kelembutan pasir, halusnya pasir serta banyaknya spot foto pun jadi daya pikat bagi masyarakat lokal maupun luar daerah.