Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Tak hanya identik dengan wisata kota dengan suasana tradisionalnya, Jogja juga terkenal dengan keindahan alamnya yang bisa menenangkan hati bila dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Glagah, pantai eksotis yang terletak di Kulon Progo ini juga dikenal sebagai pantai pemecah ombak terbaik. Tertarik berkunjung? Simak ulasan lengkapnya.

Pantai di Jogja memang tidak pernah membuat siapapun kecewa. Dan jika Anda sedang berada di Kulon Progo, maka Pantai Glagah adalah pilihan yang tepat. Pantai satu ini mempunyai salah satu ciri khas yang dikenal, yaitu pantai pemecah ombak. Pantai indah ini ternyata mempunyai laguna dan tetrapod beton yang diketahui dapat memecah ombak.

Ombak besar yang menghantam bagian tetrapod inilah yang akan menghasilkan deburan ombak. Deburan ombak yang besar inilah yang menarik dari pantai satu ini. Suara ombak akan menjadi backsound tersendiri dari liburan Anda kali ini. Berfoto di sekitar bangunan tetrapod ini juga tak kalah unik.

Daya Tarik Wisata Pantai Glagah

Daya Tarik Wisata Pantai Glagah
Image Credit: Twitter.com @dalembebb

1. Menawarkan Pemandangan yang Indah

Pemandangan laut yang indah ditambah dengan suara deburan ombak besar di tetrapod sepertinya akan menjadi gambaran cantik yang ditawarkan pantai Jogja ini. Dibangunnya tetrapod berbahan beton yang berada disekitar bibir pantai pun akan menjadi pemandangan unik tersendiri.

2. Memiliki Laguna

Laguna adalah daerah perairan yang menjadi batas antara pulau dan pantai. Laguna yang dimiliki pantai lainnya umumnya berupa pasir pantai yang putih atau bewarna coklat alami, tetapi laguna satu ini yang dimilik oleh pantai ini sedikit berbeda. Laguna di pantai ini berbentuk seperti cekungan yang berisi air laut bila sudah pasang.

Laguna khas Pantai Glagah ini mempunyai bagian tepi yang cukup subur sehingga ditumbuhi banyak rumput liar. Tak hanya itu, laguna pantai indah ini ramai dikunjungi karena bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk wisata air. Wisata air yang tersedia seperti kano, perahu kecil sampai dijadikan area tempat memancing.

Daya Tarik Pantai Glagah
Image Credit: Facebook.com @jogjaku

3. Dermaga yang Cantik

Pantai satu ini juga terkenal dengan bangunan tetrapodnya yang menjadi ciri khas. Bangunan tetrapod yang mengelilingi bibir pantai ini dibangun dengan tujuan untuk memecah ombak yang besar. Ombak laut yang terlalu besar memang bisa berakibat membahayakan bagi bagunan dan pengunjung disekitar wilayah pantai.

Tetrapod dibangun menggunakan beton berbentuk kaki empat. Sebelum ombak besar mencapai pantai, ombak akan masuk menghantam tetrapod terlebih dahulu, sehingga ombak yang masuk ke pantai akan lebih kecil dari sebelumnya. Bangunan unik pinggir pantai ini juga sering dimanfaatkan pengunjung sebagai area memancing.

4. Hadir Dengan Stupa yang Unik

Bila Anda tertarik dengan wisata sejarah, di dekat Pantai Glagah juga sebuat situs yang bisa Anda kunjungi. Stupa Cagar Budaya atau Stupa Glagah namanya. Penduduk sekitar meyakini bahwa stupa ini sudah berdiri sejak abad ke-6 Masehi. Stupa ini juga dipercaya menandai berdirinya Desa Glagah pada waktu itu.

Selain stupa tersebut, ada juga situs atau peninggalan sejarah lainnya yang terletak tak jauh. Sebuah batu yang berbentuk menyerupai gong ini adalah salah satu situs yang bisa Anda kunjungi. Menurut penduduk setempat, batu ini juga terlihat seklas berbentuk Lingga dan Yoni yang merupakan simbol kesuburan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Glagah

Alamat Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps (Septian Joddie)

Pantai Glagah di Jogja saat ini sudah mempunyai akses ke lokasi yang baik. Tak perlu khawatir dalam berkendara, Anda dengan mudah membawa kendaraan Anda melintas dengan nyaman menuju lokasi pantai. Kendaraan roda dua, roda empat bahkan kendaraan besar seperti bus juga dapat melintas.

Bila Anda ingin menuju lokasi pantai dari arah pusat kota Jogja, Anda cukup berkendara sejauh 43 kilometer saja. Bila dihitung waktu yang Anda butuhkan kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Tetapi bila dari Bandara International Yogyakarta (YIA), perjalanan Anda akan lebih singkat dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Rute yang bisa Anda jadikan pilihan untuk sampai ke Pantai Glagah ada dua. Yang pertama Anda bisa melewati Jalan Bantul menuju arah Purworejo. Ikuti arah jalan sampai di lampu lalu lintas Palbapang, setelah itu Anda bisa berbelok ke kanan melewati Jalan Srandakan dan melintasi Jembatan Srandakan. Sampai di lampu lalu lintas, belok ke kiri langsung menuju ke lokasi.

Rute selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah lewat Jogja kearah Kota Wates. Rute ini cukup singkat dan ancer-ancer yang mudah. Anda cukup mengikuti jalanan utama, Jalan Raya Wates menuju Purworejo. Setelah itu, Anda bisa berbelok ke arah kiri dan langsung akan menuju pantai.

Tetapi bagi Anda yang suka berpetualang atau backpaker, pilihan rute ini bisa membantu Anda. Anda bisa memilih menggunakan bus dengan jurusan Jogja – Wates dari Terminal Giwangan sampai di Terminal Kota Wates. Selanjutnya Anda bisa berganti bus jurusan Pantai Glagah – Congot – Trisik untuk menuju langsung ke lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Glagah

Harga Tiket Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps (Arsyad J.K)

Harga tiket masuk ke wisata Pantai Glagah ini tidak terlalu mahal. Per orang akan dikenakan kurang lebih Rp 5.000 saja. Tetapi bila Anda ingin mencoba berbagai wahana air yang ada di dalamnya akan dikenakan biaya tambahan. Berkeliling di laguna dengan menggunakan perahu adalah salah satu pilihannya.

Perahu yang disewakan untuk berkeliling mempunyai tarif kurang lebih Rp5.000 per orang saja. Bila Anda memilih ingin berkeliling dengan kano, disini juga tersedia. Cukup dengan hanya Rp20.000 per orang saja Anda sudah bisa menikmati pemandangan laguna sambil berkeliling selama 30 menit.

Selain itu, Anda juga perlu sedikit menyiapkan dana untuk biaya parkir. Bila Anda membawa motor roda dua, biaya parkir kurang lebih sebesar Rp3.000 per unit. Kemudian, bila Anda membawa mobil roda empat, biaya parkir kurang lebih sebesar Rp 10.000 per unit. Tetapi bila membawa bus, biaya parkir yang dikeluarkan kurang lebih sebesar Rp20.000 per unit.

Pantai ini bebas Anda kunjungi tanpa batas waktu. Pantai indah ini buka 24 jam setiap hari. Jadi bagi Anda yang ingin camping ke pantai satu ini, akses masuk jam berapapun tidak akan menjadi masalah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Glagah

Aktivitas di Pantai Glagah
Image Credit: Twitter.com @cassarudi

1. Berkeliling Pantai

Berjalan jalan disekitar pantai dengan berjalan kaki memang asyik. Merasakan tekstur pasir pantai dengan sesekali hempasan ombak. Tetapi bila Anda ingin berkendara dengan menggunakan kendaraan juga bisa lho. Di sekitar pesisir Pantai Glagah, tersedia persewaan motorcross atau ATV yang bisa membuat agenda berkeliling pantai Anda menjadi lebih seru.

Pantai eksotis satu ini mempunyai pasir dengan tekstur kasar dan terkenal dengan julukan pantai berpasir besi. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung kesana memilih untuk menggunakan motorcross atau ATV. Karena tekstur pasirnya yang kasar dan ombak lautnya yang besar, maka pengunjung tetap dihimbau untuk hati hati ya.

Di sekitar pantai terdapat bebrapa spot bermain bagi anak anak. Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga, seperti flying fox, kano, voli pantai, dan futsal pantai. Sembari menunggu sunset, cukup mengasyikkan bermain bersama bukan? Liburan Anda kali ini akan menjadi tidak terlupakan.

2. Memancing Ikan

Pantai Glagah nan cantik ini juga merupakan spot untuk memancing favorit bagi para masyarakat sekitar. Bila Anda hobby memancing, Anda bisa mempersiapkan dan membawa peralatan pancing Anda. Banyak jenis ikan yang hidup di daerah ini, seperti ikan nila, betik, bakau, betutu, belanak, ikan gabus dan kakap.

Spot favorit pemancing adalah wilayah tetrapod. Tetapi perlu diingat, bila Anda berniat untuk memancing di kawasan tetrapod, Anda harus berhati-hati karena ombak yang besar. Namun, apabila ini adalah pengalaman pertama Anda memancing, sebaiknya Anda pilih kawasan laguna karena lebih aman dengan aliran air yang tenang.

Aktivitas Pantai Glagah
Image Credit: Instagram.com @mhmmdilham07

3. Berburu Sunset atau Hunting Foto

Sunset dan sunrise adalah dua hal yang diburu penikmat laut dan pantai bila berlibur. Akan sangat sayang bila tidak mendapatkan momen indah itu di pagi atau di sore hari. Di Pantai Glagah, Anda akan menemukan banyak spot foto dengan latar pantai yang unik. Berfoto di jajaran tetrapod misalnya.

4. Singgah Ke Kebun Buah

Disela sela kegiatan berpantai, Anda juga bisa lho menyempatkan mengunjungi kebun buah terkenal di sekitar wilayah tersebut. Perkebunan buah ini terkenal dengan buah naga, melon dan semangkanya yang masih segar. Sensasi berkebun sendiri, dan memetik buah buah yang masih segar alami ini bisa Anda coba dengan keluarga.

Kebuh buah yang bernama Kusuma Wanadri ini memiliki luas 3,5 hektar. Bila dilihat dari sejarahnya, kebun buah ini dulunya hanya lahan semak belukar yang mengelilingi pantai. Sampai pada tahun 2003, seorang tokoh terpandang di daerahnya yaitu Romo Paulus berupaya untuk memanfaatkan lahan tersebut sebagai perkebunan buah naga.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Glagah

Fasilitas di Pantai Glagah
Image Credit: Twitter.com @enitarobentrop

Bila Anda adalah wisatawan luar kota yang berkunjung kesini, maka jangan cemaskan tentang fasilitas yang tersedia. Fasilitas yang memadai sudah banyak dibangun di sekitar pantai. Fasilitas tersebut meliputi, lahan parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, tempat beristirahat, dan banyak rumah makan pilihan.

Rumah makan beraneka jenis yang ada di sekitar pantai menyajikan berbagai macam hidangan laut yang menggirukan kelezatannya. Kemudian bila Anda ingin membawa sedikit oleh oleh untuk sanak saudara, di Pantai Glagah ini juga menyediakan banyak toko yang menjual berbagai macam oleh oleh khas Jogja yang bisa Anda borong.

Beberapa oleh oleh khas Kulon Progo yang biasa dijual di area pantai tersebut adalah seperti topi dan selendang. Produk handmade buatan warga lokal ini mempunyai kualitas yang tak kalah dengan barang yang dijual di toko lainnya. Selain itu, oleh oleh yang favorit dibeli wisatawan adalah semangka dan melon dari hasil kebun warga yang masih segar.

Wisatawan yang ingin ber-staycation di Pantai Glagah ini juga bisa. Banyak alternatif pilihan penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas yang memadai yang bisa Anda pilih. Tetapi bila Anda bersama kawan keluarga ingin menikmati suasana alam dengan camping, daerah sekitar pantai ini akan menjadi spot yang bagus.

Berwisata ke alam seperti pantai dan laut memang akan menenangkan jiwa. Mengunjungi bersama keluarga akan membuat Anda healing sejenak dari kegiatan rutinitas sehari hari. Tetapi bila berwisata alam jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar ya, harap perhatikan sampah dan kebersihan di sekeliling Anda, selamat berlibur!

Give a Comment