Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Desa Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Pantai Goa Cemara adalah salah satu destinasi bahari menarik yang bisa anda kunjungi sewaktu di Yogyakarta. Objek wisata ini memang memiliki keindahan tersendiri, terutama bagi anda yang suka menjelajahi pantai yang ada di Indonesia. Sebab disini, anda akan menemukan pantai dengan ribuan pohon cemara yang tumbuh subur.

Tidak heran mengapa destinasi wisata ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadikan banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Jika anda ingin mencari pantai yang memiliki pemandangan sunset indah sekaligus pantai yang teduh, maka Pantai Goa Cemara adalah destinasi tepat yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja.

Daya Tarik Wisata Pantai Goa Cemara

Daya Tarik Dimiliki Wisata Pantai Goa Cemara
Photo by Google Maps Kebon Cemara

1. Mitos Mengenai Pantai Satu Ini

Hampir sama dengan pantai pantai lain yang berada di selatan Jawa, tentunya tidak akan terlepas dari mitos. Hal ini pula yang terjadi pada Pantai Goa Cemara yang sering kali dihubungkan dengan keberadaan Nyai Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Pasalnya, warga sekitar masih memegang teguh kepercayaan atau ritual persembahan dengan tujuan menghormati Ratu Pantai Selatan tersebut.

Umumnya ritual tersebut akan dilakukan di tanggal 1 Muharram atau 1 Suro. Untuk ritualnya sendiri dinamakan yakni Lelabuhan. Dimana pelaksanaannya sendiri dengan mengarak bonek yang memiliki bentuk kambing dan diberikan nama yakni Kambing Kendit. Pengarakan tersebut bersamaan dengan Kirab hasil bumi untuk tanda suburnya alam yang ada di sekitar.

2. Adanya Mercusuar Untuk Melihat Indahnya Pantai Dari Ketinggian

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai satu ini adalah adanya mercusuar yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Untuk anda yang ingin melihat indahnya pantai dari ketinggian, maka anda pun bisa langsung menaikinya. Untuk menaiki mercusuar ini, anda hanya perlu dipatok biaya yakni sekitar 5 ribu rupiah saja per dua orang.

Sebab, untuk melihat keindahan pantai dari mercusuar ini hanya dibatasi dengan maksimal 2 orang saja. Hal ini dikarenakan mercusuar tersebut memiliki tempat yang tidak luas dan membutuhkan usaha untuk bisa sampai ke atas tempat tersebut. Seperti menaiki tangga berbentuk spiral dan memanjat tangga vertikal hingga sampai puncak.

Daya Tarik Wisata Pantai Goa Cemara
Photo by Instagram mawanusa

3. Keindahan Pantai

Selain itu, daya tarik yang membuat banyak wisatawan terpikat adalah keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Goa Cemara. wisata bahari ini memang memiliki kesan yang sangat asri dan teduh. Hal ini lantaran pohon cemara yang berdiri di kanan dan kiri akan sangat memanjakan mata anda.

Selain itu, angin yang berhembus dengan tenang akan membuat anda bisa menjelajah pantai dengan sangat nyaman. Untuk memasuki kawasan pantai ini, anda pun akan bisa berjalan dari pintu masuk menuju ke bibir pantai yang agak jauh. Namun, rasa lelah setelah perjalanan tersebut akan langsung terbayar dengan keindahan yang disajikan.

Disini, anda akan mendapati pasir hitam yang halus dan nampak berkilauan terkena cahaya matahari. Kemudian, sejauh mata memandang, anda akan disambut dengan birunya warna laut. Tentunya keindahan tersebut akan bisa anda nikmati ketika mengunjungi destinasi satu ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat di Pantai Goa Cemara
Photo by Google Maps Amat Solaeman

Pantai Goa Cemara adalah salah satu wisata yang berada di Jogja, tepatnya yakni di Kabupaten Bantul. Anda bisa melakukan perjalanan ke Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Untuk anda yang berada di pusat kota Jogja, maka anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 33 km saja.

Kurang lebih anda akan menempuh perjalanan dalam waktu yakni sekitar 1 jam saja. kemudian, anda pun bisa langsung sampai di pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi jalan menuju ke lokasi wisata terbilang cukup bagus. Sehingga anda pun lebih nyaman untuk melaluinya karena jalanannya yang telah diaspal.

Namun, ketika anda ingin memasuki gerbang pantainya sendiri, anda akan menjumpai jalanan yang masih berupa tanah dan bercampur dengan pasir pantai. Untuk bisa sampai ke kawasan pantai, anda bisa berangkat ke arah selatan Pojok Benteng Kulon. Kemudian, anda pun bisa mengikuti jalan hingga sampai ke jalan Bantul.

Selanjutnya, anda bisa melakukan perjalanan ke arah selatan hingga nantinya anda menemukan jalan Samas. Barulah anda bisa sampai di Tempat Pembayaran Retribusi atau TPR. Disini, anda pun akan diminta untuk membayar tiket masuk dan barulah bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk untuk bisa sampai ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Ticket Pantai Goa Cemara
Photo by Google Maps Maryah Ulfah

Untuk memasuki wilayah destinasi Pantai Goa Cemara, anda tentu saja akan dikenakan biaya tiket masuk. Umumnya, anda akan diberhentikan di tempat pembayaran retribusi dan membayar tiket masuk sebelum memasuki kawasan pantai. Namun tak perlu khawatir, anda akan dipatok biaya yang cukup terjangkau.

Hanya berkisar 5 ribu rupiah saja, anda pun bisa memasuki kawasan wisata ini. selanjutnya, anda pun akan dikenakan biaya parkir. Lagi lagi anda tak perlu panik, sebab harga tiket masuk menuju lokasi pantai bisa dikatakan cukup murah. Untuk anda yang membawa motor yakni sekitar 2 ribu rupiah saja.

Kemudian, jika anda membawa kendaraan roda empat seperti mobil, maka biaya parkir yang dikenakan adalah berkisar antara 5 ribu rupiah saja. sedangkan jika anda datang bersama rombongan dengan menggunakan bus, biaya yang dipatok adalah 15 ribu. Tentunya wisata hemat bisa anda lakukan di kawasan pantai ini.

Sedangkan untuk jam buka dari pantai ini adalah selama 24 jam dan setiap hari. Sehingga anda pun bisa datang kapan saja yang diinginkan. Ditambah lagi, dengan adanya camping ground membuat anda bisa menginap di lokasi ini. Namun untuk petugas yang berjaga kemungkinan hanyalah dari pagi hari hingga sore saja.

Aktivitas Seru yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Goa Cemara.1jpg
Photo by Instagram Kepokepokez

1. Berpiknik

Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada Pantai Goa Cemara adalah berpiknik. Jika anda kesini bersama dengan keluarga, piknik adalah aktivitas menarik yang wajib untuk anda lakukan. Dengan berkumpul bersama keluarga sembari menggelar tikar dan menyantap bekal dari rumah adalah sesuatu yang menggembirakan.

Ditambah lagi, ketika anda menghabiskan waktu di pantai yang suasananya cenderung sejuk karena adanya banyak pohon cemara yang ada di sekeliling pantai. Tentunya hal ini akan membuat anda lebih nyaman untuk menghabiskan waktu disini sembari melihat indahnya pantai.

Dengan adanya momen yang indah tersebut tentu saja akan menjadi momen yang pas untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Terutama bagi anda yang selalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Datang ke Pantai Goa Cemara saat akhir pekan dan berpiknik tentunya akan menjadi salah satu cara ampuh untuk hilangkan penat.

2. Berkuda

Kegiatan seru lainnya yang bisa anda habiskan disini adalah berkuda. Sebab disini, anda pun akan menemukan penyedia yang menyewakan kudanya. Dengan naik kuda sembari mengelilingi pantai, maka anda pun akan bisa melihat sisi yang berbeda dari pantai yang indah satu ini.

Namun, jika anda ingin berkuda di Pantai Goa Cemara, pastikan untuk minta tolong didampingi oleh yang telah ahli. Dengan begitu, anda pun akan lebih nyaman dan aman ketika berkendara dengan menggunakan kuda satu ini untuk menjelajah pinggiran pantai yang mempesona.

3. Menaiki ATV

Jika berkuda masih menjadi kegiatan yang kurang menantang, maka anda pun bisa mencoba untuk mengendarai ATV. Hal ini dikarenakan ketika anda menghabiskan waktu di pantai satu ini juga bisa mencoba kegiatan seru ini. anda tidak hanya bisa mencoba untuk mengendarai ATV ketika di Pantai Parangtritis saja.

Melainkan ketika anda sedang mengunjungi Pantai Goa Cemara, maka kegiatan satu ini juga menjadi aktivitas menarik yang bisa anda coba. Disini nantinya anda pun akan bisa menjelajah kawasan di sekitar pinggiran pantai hingga ke area pepohonan cemara. Tentu saja akan menjadi salah satu pengalaman seru yang tak terlupakan saat berkunjung ke pantai ini.

Aktivitas Seru Pantai Goa Cemara
Photo by Google Suigetsu Vertical

4. Berkemah

Anda memiliki hobi untuk camping? Tentunya jika anda bosan untuk berkemah di gunung, maka pantai juga bisa menjadi lokasi yang pas. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berkemah di pinggiran pantai, maka Pantai Goa Cemara merupakan salah satu tempat yang bisa anda coba.

Hal ini karena destinasi satu ini memang memiliki keindahan tersendiri. Dengan mempunyai area yang cukup luas, disini memang telah tersedia lahan khusus yang bisa anda gunakan untuk berkemah. Adanya camping ground tersebut berada di bawah pepohonan cemara yang rindang dan teduh.

Ditambah lagi dengan suasananya yang sejuk dan juga suara deburan ombak akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama menikmati pesona pantai ini. Bagi anda yang tertarik, maka ketika berlibur kesini disarankan anda juga membawa tenda dan perlengkapan lainnya untuk bermalam.

5. Berfoto

Saat mengunjungi Pantai Goa Cemara, kegiatan berfoto adalah salah satu hal wajib yang harus anda lakukan. Bagaimana tidak, disini anda pun akan menemukan berbagai macam spot foto menarik dan instagramable. salah satunya adalah pohon cemara. Perlu anda tahu bahwa pohon cemara yang ditanam di lokasi ini merupakan cemara udang.

Dengan jumlah yakni sekitar ribuan pohon cemara bisa anda temukan di pantai ini. Pohon tersebut berdiri berderet di lahan yang berada di pinggiran pantai seluas 20 hektar ini. Pohon cemara yang bisa anda temukan di pantai ini memang sangatlah banyak dengan memiliki jarak yang berdekatan. Tentunya akan membuat suasana menjadi lebih rindang.

Dengan banyaknya pohon cemara di sekitar pantai tentu saja akan membuat anda bisa berfoto apik di sekitarnya. Dengan latar belakang pepohonan cemara ini, tak heran pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama muda mudi yang ingin mengabadikan foto. Sebab, hunting foto di beberapa spot instagramable menjadi kegiatan yang menarik.

Berkunjung ke Pantai Goa Cemara dapat menjadi angin segar bagi anda yang sedang stres dan jenuh. Sebab, selain melihat birunya air laut, anda juga akan disuguhkan dengan hijaunya pemandangan pohon cemara yang mempesona. Keindahan tersebut pastinya akan membuat anda ingin datang lagi ke pantai yang ada di daerah Bantul, Jogja.

Give a Comment