Pantai Grigak, Menikmati Panorama Eksotis dari Atas Tebing di Gunung Kidul

Pantai Grigak, Menikmati Panorama Eksotis dari Atas Tebing di Gunung Kidul
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Petung, Giriwungu, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Kabupaten Gunung Kidul merupakan daerah yang memiliki potensi pariwisata cukup tinggi, salah satunya adalah Pantai Grigak. Destinasi wisata ini tergolong baru, masih sepi dan alami, namun keindahan alamnya lebih menarik dari tempat pariwisata yang sudah populer. Beragam daya tarik ada di area ini, seperti panorama alam yang cantik dan eksotik, laut biru bersih dan jernih.

Selain itu, berbagai kegiatan yang seru dan menantang, siap menyertai wisatawan, seperti menikmati keindahan panorama sunset, hunting foto instagramable, dan yang lainnya. Beragam aktivitas menarik tersebut akan semakin asyik dan menarik jika dilakukan bersama teman, saudara atau keluarga. Akan tetapi, mengenai fasilitas yang ada di kawasan ini masih belum begitu lengkap, namun kebutuhan wisatawan sudah tercover di area ini.

Daya Tarik Pantai Grigak

Daya Tarik Pantai Grigak
Photo by Google Maps Fathan Firdaus

Ibarat sebuah magnet yang berbeda kutub, maka akan terjadi saling menarik. Begitu juga dengan Pantai Grigak, disebabkan memiliki beragam hal menarik, sehingga banyak wisatawan penasaran dan berkunjung ke lokasi wisata ini.

1. Panorama Alam yang Cantik dan Eksotik

Destinasi wisata alam pantai memiliki keindahan alam yang hampir sama, deburan ombak di laut, pasir putih, pohon hijau dan yang lainnya. Akan tetapi, berbeda jika berkunjung ke Pantai Grigak, kawasan wisata ini memiliki panorama alam yang cantik dan eksotik. Meski masih cenderung sepi pengunjung, namun tidak mengurangi keanggunan area rekreasi ini.

Daerah wisata ini mendapatkan predikat dari wisatawan seperti Surga yang tersembunyi. Beberapa keindahan tersebut, yaitu laut berwarna biru, batuan karang yang eksotik, deburan ombang menghantam karang, semua terlihat lebih indah saat disaksikan di atas tebing. Sunyi dan sepi zona wisata ini, membuat tempat ini sangat cocok untuk tempat kontemplasi dan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

2. Keindahan Samudra Seperti Surga Dunia

Melihat pesona pantai atau laut yang indah di dasar tanah, itu merupakan hal biasa dan banyak orang yang melakukannya. Akan tetapi, melihat samudera dari atas tebing adalah hal yang luar biasa, seru, dan menantang. Hal itu dapat dilakukan saat wisatawan berkunjung ke Pantai Grigak, karena keindahan samudera seperti surga dunia akan terlihat lebih detail dan maksimal saat disaksikan dari ketinggian.

Gelombang ombak berkejaran hingga menghantam karang, air laut berwarna biru, burung camar beterbangan di atas lautan, semua keindahan itu membuat hati tenteram dan nyaman. Angin sepoi-sepoi yang berhembus menghantam tubuh dan menembus kulit ari, membuat suasana semakin syahdu dan sejuk di hati.

3. Jalur Ekstrem yang Menantang

Panorama alam yang cantik dan eksotik, serta keindahan samudera seperti surga dunia, melewati jalur ekstrem dan menantang juga menjadi kegiatan yang asyik dan menarik di Pantai Grigak. Area wisata ini berada di daerah terpencil, apalagi Gunung Kidul terkenal dengan jalan berkelok dan terjal, sehingga saat musim hujan tiba, harus ekstra waspada ketika perjalanan ke sana.

Akan tetapi, medan tersebut tidak akan membuat wisatawan terlalu tegang, sebab sepanjang perjalanan akan ditemani berbagai jenis pohon hijau yang rimbun dan rindang. Angin yang berhembus, udara sejuk dan segar, serta kaya oksigen dapat menghilangkan rasa penat saat hirupan pertama dan seterusnya. Selain itu, beragam kegiatan lain untuk menghilangkan rasa penat dan tegang ketika perjalanan, yaitu dengan bernyanyi dan mengingat Tuhan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Grigak
Photo by Google Maps arief wintolo

Bagi wisatawan yang penasaran dan ingin berkunjung ke Pantai Grigak, destinasi wisata ini berada di Desa Giriwungu, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika pengunjung memulai perjalanan dari Yogyakarta, maka membutuhkan waktu selama lebih dari 1 jam, sedangkan jarak tempuh yang di lalui sekitar 40 km. Saat menjelang tiba di lokasi, driver membutuhkan konsentrasi, sebab jalur yang di lalui mulai naik dan turun, serta berkelok.

Apabila melihat medan seperti demikian, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selain itu, sopirnya juga harus yang lebih berpengalaman. Apabila terjadi kebingungan saat perjalanan, bertanya kepada warga sekitar atau melihat papan penunjuk arah adalah langkah yang tepat dan cerdas.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Grigak
Photo by Google Maps iwan ciwawa

Apabila perjalanan menuju kawasan wisata Pantai Grigak begitu menantang dan menegangkan, maka semua akan terbayar saat melihat panorama alam pantai yang indah mempesona. Selain itu, harga tiket masuk menuju lokasi juga tidak ada tarif khusus, yaitu alias gratis. Sehingga dana yang dimiliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain, misalnya membeli air mineral untuk perjalanan menyusuri pantai tersebut.

Karena di area sekitar pantai sulit untuk menemukan air tawar atau mineral, tidak ada tempat penjualan makanan di tempat ini. Sehingga membawa bekal makanan ringan maupun air mineral untuk perjalanan selama beraktivitas di pantai merupakan strategi yang tepat.

Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps Engcahucul motovlog

Pada saat berbagai daya tarik sudah menghiasi kawasan wisata, maka di sana pasti banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Seperti halnya Pantai Grigak, banyak hal menarik di area ini, sehingga beragam aktivitas menarik juga dapat dilakukan di zona wisata tersebut.

1. Menikmati Keindahan Panorama Sunset

Bisa dibayangkan, ketika menyaksikan keindahan alam dari atas bukit, maka apapun yang ada di bawah maupun diatas lokasi tersebut akan terlihat begitu sempurna. Apalagi jika memandangnya dengan menggunakan alat bantu seperti teropong. Panorama alam lautan yang membentang luas, burung camar yang terbang, pohon hijau yang asri, semua terlihat begitu jelas dan nyata ketika teropong menemani anda.

Begitu juga saat menikmati keindahan panorama sunset, matahari yang mulai meninggalkan lokasi pantai menuju arah Barat, perlahan mulai menghilang saat jam 17.25 WIB. Moment indah, cantik, menarik dan eksotik saat sunset tiba, dapat disaksikan dengan maksimal ketika menggunakan teropong.

2. Memancing Ikan di Pantai

Selain menikmati keindahan panorama sunset, aktivitas menarik lain di Pantai Grigak yaitu memancing ikan di pantai eksotis ini. Kawasan wisata ini berada di tempat yang terpencil, sehingga masih jarang dikunjungi wisatawan. Oleh karena pantainya masih alami, hal ini menunjukkan bahwa di area wisata ini banyak dihuni berbagai jenis ikan dengan berbagai ukuran.

Beragam spot untuk melempar joran juga masih sangat luas dan banyak area menarik, namun harus tetap waspada. Sebab bebatuan yang ada di zona ini cukup licin dan ombaknya juga cukup besar. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan memancing, seperti joran, kail dan umpan. Sebab di sana tidak ada tempat menjual perlengkapan tersebut.

3. Hunting Foto Instagramable

Beragam daya tarik di Pantai Grigak begitu menggoda, berbagai aktivitas menarik asyik, menarik dan seru dilakukan, kini saatnya hunting foto instagramable di lokasi wisata ini. Karena berlibur ke zona Surga dunia, sangat disayangkan jika terlewatkan begitu saja tanpa ada kenagan di dalamnya.

Berada di atas bukit dengan berbagai pose terbaik dan latar belakang samudera yang indah mempesona, merupakan spot yang menarik untuk diabadikan. Begitu juga daya tarik lain di lokasi ini dan berbagai aktivitas menarik yang dilakukan, jangan lupa untuk diabadikan, sebagai kenangan dan upload di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Pantai Grigak
Photo by Google Maps Toni Wibowo

Meski kawasan wisata Pantai Grigak masih cenderung baru, namun fasilitas yang tersedia cukup membantu wisatawan. Berbagai fasilitas tersebut yaitu area parkir untuk kendaraan pengunjung, toilet umum bagi wisatawan yang ingin buang hajat, dan gazebo untuk tempat bersantai. Sayangnya, masih belum banyak tersedia warung di lokasi utama.

Destinasi wisata ini terbuka untuk umum dan jam operasional selama 24 jam, serta tidak ada hari libur. Oleh karena itu, berlibur ke area wisata ini bisa di jadwal sesuai dengan waktu senggang wisatawan dan keluarga. Karena berlibur ke Pantai Grigak akan semakin asyik dan menarik jika dilakukan bersama mereka.