Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Apa yang muncul di benak Anda saat mendengar wisata Jogja? Pada umumnya, jawabannya adalah Malioboro atau wisata sejarah. Namun jangan salah, Jogjakarta juga punya deretan pantai yang indah. Seperti contohnya Pantai Jungwok di kabupaten Gunung Kidul. Lokasi yang tersembunyi layaknya pantai pribadi dan paling cocok untuk menghilangkan penat. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Jungwok

Sekilas Tentang Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja285)

Bagi para penggemar hal yang berkaitan dengan Korea, pasti ada kalanya menganggap bahwa pantai ini berasal dari negeri Ginseng. Jelas saja kalau anggapan tersebut melenceng jauh, pasalnya pantai indah yang satu ini justru terletak di pesisir Jogja. Bahkan, tidak sedikit pula yang memanggil pantai ini sebagai kembaran Tanah Lot, Bali.

Lantas apa yang menjadi dasar dari nama Pantai Jungwok yang berkesan Korea tersebut? Saat dikulik lebih dalam, ternyata asal mula dari nama Jungwok adalah dari bahasa Jawa Krowok. Krowok sendiri berarti keropos, yang mana merujuk akan bentuk dan penampakan dari pantai ini sendiri. Dijelaskan juga bahwa bentuk tersebut terjadi karena efek letusan gunung Manjung.

Pemerintah sekitar menekankan bahwa letusan tersebut telah terjadi ratusan juta tahun yang lalu. Kemudian, ada pula sebuah cerita lokal yang menyebutkan adanya keberadaan sebuah kapal di pantai. Kapal ini sendiri disebut Jung. Jika digabung, maka muncullah nama Jungwok. Sayangnya, tidak ada rincian atau konfirmasi sebenarnya akan peristiwa tersebut.

Daya Tarik Wisata Pantai Jungwok

Daya Tarik Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Devry Setyadi)

Beralih dari nama pantai di Jogja ini, Anda pun tidak akan dibuat kecewa saat berkunjung. Berbagai daya tarik muncul sebagai alasan untuk mampir di Pantai Jungwok yang masih sangat asri. Anggap saja pasir putihnya yang sangat bersih dan juga terjaga keasriannya. Begitu Anda menjejakkan kaki di area pantai, maka pemandangan cantik pun menyapa.

Hamparan pasir putih bersih, laut biru, dan bongkahan batuan karang besar akan menghias mata. Deburan ombak yang cukup besar pun seakan terbelah dan semakin jinak karena adanya batuan karang tersebut. Anda pun bisa bermain air di sekitar pantai dan menikmati segarnya air laut yang bersih.

Duduk santai dan menikmati suasana pantai yang segar pun seakan memberi kesan daerah tersembunyi. Lokasinya masih asri dan terjaga, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk bersantai di daerah berpasirnya. Pemandangan sekitarnya pun layak untuk diabadikan. Dengan pesona tersebut, tidak heran jika Jungwok disebut menyerupai pantai Tanah Lot Bali.

Berada jauh dari keramaian kota, suasana yang sepi menjadi salah satu alasan untuk bermalam. Pantai Jungwok sendiri menjadi salah satu lokasi favorit untuk para penikmat camping. Selagi bercamping, suasana alam yang indah dan asri akan memberi waktu yang lebih tenang untuk bermeditasi.

Tidak hanya itu, pantai ini juga memberikan banyak pilihan aktivitas seru bagi mereka yang ingin menghilangkan penat di tengah kota. Mulai dari aktivitas santai layaknya menikmati pemandangan hingga hal seru seperti trekking pun bisa dicoba. Tidak perlu khawatir seram, karena ada banyak pengunjung yang melakukan hal yang sama.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Jungwok

Alamat Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja285)

Pantai Jungwok adalah salah satu rana wisata alam yang ada di daerah kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Lokasi ini sudah tidak lagi asing di telinga wisatawan. Terutama jika melihat bahwa lokasinya tepat berada di timur pantai Wediombo. Untuk lebih jelasnya, pantai mungil tersembunyi ini masih masuk dalam kawasan Desa Jepitu.

Karena pamor dan juga area yang cukup ternama, maka jalur transportasi yang tersedia pun cukup mudah untuk dilalui. Bahkan dengan adanya rencana pembangunan bandara baru, maka akses lokasi dan jalur pun mulai diperbaiki. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mendapati jalan bergelombang dan terjal.

Hal ini memberikan perjalanan mulus bagi pengendara roda empat ataupun dua. Hamparan sawah dan pemandangan alam sekitar pun akan menemani perjalanan. Dalam artian lain, perjalanan sekitar 2 jam 30 menit melalui 85 km dari pusat kota pun akan terasa lebih nyaman. Untuk rutenya sendiri, Anda hanya perlu menuju daerah Gunung Kidul.

Begitu mengikut rute ke gunung kidul, pastikan untuk menuju arah ke Pasar Wonosari. Dari pasar tersebut, ambil jalur lurus dan belok ke kanan untuk menuju ke jalan baron. Lanjutkan sampai ke pertigaan Mulo dan belok kiri. Saat mencapai pertigaan Siung, lurus saja dan belok kanan di pertigaan Wediombo. Ikuti jalur yang tersedia hingga Anda mencapai pantai Jungwok.

Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Jungwok

Harga Tiket Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Dewi Lestari)

Karena menjadi salah satu area camping ground, jangan kaget jika tidak ada jam operasional di Pantai Mungil yang satu ini. Anda bisa mengakses pantai mulai dari hari senin hingga minggu selama 24 jam nonstop. Meski demikian, beberapa fasilitas seperti warung makan cenderung sudah tutup saat menjelang malam.

Jam operasional tersebut memberikan kesan terbuka bagi para pendamba waktu damai di Jogjakarta. Anda bisa betah menghabiskan waktu di pantai cantik nan asri ini. Meski demikian, ada baiknya untuk mempersiapkan segala perbekalan untuk berkunjung. Mengingat tidak semua fasilitas yang tersedia akan buka selama 24 jam.

Pantai Jungwok juga menarik harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp 5 ribuan per orang. Tentunya angka ini akan terus berganti dan naik, mengingat bertambahnya kebutuhan untuk perawatan dan retribusi. Meski demikian, hal tersebut sudah cukup baik karena para pencinta alam dapat menikmati waktu berlibur dengan lebih leluasa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Jungwok

Aktivitas Seru di Pantai Jungwok
Image Credit: Instagram.com @125pantaijogja

1. Berfoto Ria

Menikmati dan mengabadikan pemandangan menjadi salah satu aktivitas wajib bagi para pengunjung pantai. Anda yang gemar fotografi akan dimanjakan dengan objek jepret yang begitu memukau. Beberapa spot foto alam yang tersebar pun akan menjadi pelengkap galeri foto. Tak heran, jika para pelancong tidak akan pernah lupa kamera kesayangan.

Salah satu ikon terkenal dari Pantai Jungwok adalah Watu Topi, yang mana merupakan batu karang besar di pinggiran pantai. Dengan lantai bebatuan terumbu karang yang tampak jelas karena air laut jernih, jepretan foto pun tidak akan mengecewakan. Tidak hanya itu, pasir putih dan laut biru jernih pun kerap menjadi latar belakang yang apik.

Jika Anda ingin jepretan yang lebih cantik, sempatkan diri untuk mendaki dan mengabadikan keindahan alam dari ketinggian. Jangan salah, meski harus bersusah payah mendaki hasil foto pun akan memberi kesan tersendiri. Seperti salah satunya adalah pemandangan memukau matahari yang mulai terbenam di ufuk barat.

2. Bersepeda

Ada satu hal unik yang bisa Anda lakukan selama di Pantai Jungwok, yakni bersepeda. Meski belum menjadi suatu atraksi atau fasilitas utama yang tersedia, namun tidak jarang para warga bersedia menyewakan sepeda gowesnya. Pantai ini sendiri memiliki ukuran yang cukup mungil, sehingga Anda tidak akan capek untuk berkeliling dengan bersepeda.

Aktivitas di Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Dewi Lestari)

3. Trekking

Setelah puas menikmati pantai mungil ini dengan berfoto dan bersepeda, Anda juga bisa mencoba trekking. Trekking mendaki bisa menjadi salah satu aktivitas menantang bagi para pecinta alam. Pasalnya, Anda akan ditemani dengan keindahan alam asri yang masih terjaga dari tangan jahil. Perjalanan trekking pun terasa lebih tenang.

Menariknya, meski disebut trekking, jalur yang tersedia termasuk sederhana. Dalam kata lain, Anda tidak perlu takut akan rute terjal dan berbahaya. Jalur trekking yang tersedia kerap digunakan bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan panorama dari puncak. Namun, ada pula trekking untuk menjelajah batuan karang yang mana lebih menantang.

Meski cukup sederhana dan mudah ditaklukkan, pastikan Anda memiliki perbekalan yang memadai. Mengingat bahwa suhu dan cuaca daerah pantai yang cukup panas, maka pastikan untuk membawa minum dan kudapan yang cukup. Peralatan dan kelengkapan berpakaian pun penting untuk diperhatikan. Gunakan alas kaki yang tepat untuk menghindari cedera.

4. Berkemah

Masih belum puas dengan waktu berlibur di Pantai Jungwok? Jangan terburu untuk beranjak pulang. Pemandangan matahari terbenam dan ketenangan waktu malam sering kali diabadikan dengan cara berkemah. Hal ini sudah tidak lagi asing di daerah pantai Gunung kidul, jadi Anda tidak perlu khawatir akan keamanan, fasilitas, dan lingkungannya.

Yang menjadi daya tarik dari camping di Jungwok adalah lokasi camping ground. Anda bisa memilih posisi bukit untuk mendapat panorama Pantai dari ketinggian. Ada pula lokasi camping ground di atas hamparan pasir putih. Lokasi ini berhadapan langsung dengan bibir pantai. Area yang dekat pantai membuat waktu bermalam dihiasi dengan suara ombak yang menghipnotis.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Siti Khomsatun)

Meski memiliki kesan tersembunyi, namun pantai Jungwok sudah memiliki fasilitas yang memadai. Mengingat pantai bersih ini menjadi favorit para camper, maka tidak heran jika pengelola meningkatkan fasilitasnya. Anggap saja kebutuhan dasar layaknya toilet dan tempat beribadah, semuanya sudah tersedia dengan baik, layak, cukup, bersih, dan aman.

Tidak hanya itu, para camper yang ingin berkemah di sekitar pantai pun bisa merasa lega karena telah tersedia tempat persewaan tenda dan peralatan terkait. Tentu saja ada biaya tambahan untuk setiap barang yang disewa. Namun, hal ini sendiri sudah menjadi nilai plus tersendiri yang tidak bisa dilewatkan para pencinta alam begitu saja.

Agar para pengunjung lebih betah di area wisata, pihak pengelola pun telah menyediakan fasilitas tempat kuliner. Bagi para pelancong yang hadir untuk sekedar mampir atau bahkan bermalam, sudah jelas tempat kuliner ini akan sangat membantu. Hal ini pun tidak terlepas dari meningkatnya animo masyarakat untuk berkunjung ke Pantai Jungwok.

Nilai plus dari tempat kuliner sendiri adalah ketersediaan menu khas Daerah Yogyakarta. Pengunjung dari luar kota bisa menyantap berbagai jenis porsi masakan, kudapan, atau minuman. Namun sayangnya, warung makan yang tersedia pun akan tutup menjelang waktu malam. Bagi para camper, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan matang.

Untuk fasilitas penunjang keamanan kendaraan sendiri, bisa dikatakan sudah sangat mumpuni. Area parkir yang tersedia sudah cukup luas, sehingga dapat menampung motor dan mobil sekaligus. Untuk mendapat keamanan tersebut, setidaknya Anda harus membayar tarif parkir kurang lebih Rp 5 ribuan.

Sering juga disebut sebagai pantai pribadi, tak heran jika terdapat banyak muda mudi yang siap menghabiskan malam di camping groundnya. Area yang masih asri, segar, deburan ombak, dan hembusan anginnya pun bisa menjadi penghilang penat. Masih banyak hal yang bisa dilakukan di pantai Jungwok, yang mana tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Give a Comment