Pantai Krakal, Pesona Pantai Indah dengan Batu Karang Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Krakal, Pesona Pantai Indah dengan Batu Karang Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Apakah Anda merasa stress atau bosan, dan ingin refreshing tetapi tidak tahu ke mana? Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia, misalnya di DI Yogyakarta. Yogyakarta itu sendiri merupakan satu di antara sekian kota di Pulau Jawa selaku pulau terpadat milik Indonesia yang masih cukup terkenal di kalangan wisatawan, dikarenakan oleh prestasi akademik, unsur budaya, keindahan alam, dan juga keramahan lokal.

Jogja tidak akan pernah berhenti memanjakan siapapun yang berlibur di kota tersebut karena terdapat berbagai kawasan wisata dengan daya tarik tersendiri, terutama di Gunung Kidul. Jika Anda berkunjung, Anda dapat mengunjungi Pantai Krakal, satu di antara sekian deretan pantai di jalur selatan dengan daya tarik yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lainnya. Nah, jika Anda penasaran, berikut ini informasi selengkapnya.

Daya Tarik Wisata Pantai Krakal

Daya Tarik Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Google Maps PakBe Auto

Sebagai salah satu pantai yang berlokasi di Gunung Kidul, Pantai Krakal menyediakan berbagai daya tarik tersendiri yang dijamin dapat menarik perhatian Anda untuk mengunjungi pantai yang dianggap berpotensial dijadikan salah satu ikonnya GK. Adapun daya tarik dari pantai tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sejarah-Asal Usul Pantai Krakal

Sebelum membahas daya tarik lebih jauh, alangkah baiknya jika dibahas mengenai asal-usul dan sejarah berhubung kawasan pantai tersebut memiliki catatan sejarah. Jadi, berdasarkan rumor yang beredar di masyarakat, awalnya tempat tersebut berada di dasar laut namun pembentukannya kemudian dipicu oleh sebuah aktivitas bumi yang bernama epirogenesa negatif. Akibatnya, kerak bumi yang sedang bergerak memicu naiknya lapisan bumi ke atas hingga terbentuklah Pantai Krakal.

2. Karang Besar nan Indah

Ternyata, peristiwa epirogenesa negatif yang dialami tempat ini tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Peristiwa tersebut menyebabkan terbentuknya dua karang besar berwarna hitam dengan warna yang cukup kontras dengan pasir putihnya. Batu karang yang berdiri di sisi kiri dan kanan tersebut menjadi pembatas antara Pantai Krakal dengan pantai-pantai lainnya. Bahkan, nama Krakal ini pun diambil dari bebatuan karang yang diterjemahkan dalam Bahasa Jawa.

Menariknya lagi, Anda dapat menaiki karang tersebut di mana telah dibuatkan jalan setapak menuju ke atas dan Anda bisa menyaksikan keindahan pantai yang menghadap ke Samudera Hindia tersebut. Setelah sampai di atas, selain dapat menikmati pemandangan yang luar biasa, Anda juga akan dibuat takjub dengan kesuburan bukit tersebut karena terdapat berbagai tanaman dan bunga hias yang dapat mempercantik perbukitan tersebut.

3. Keindahan Biota Laut

Daya Tarik Dimiliki Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Google Maps RIP DENZ

Pantai Krakal juga menyediakan keindahan biota di bawah laut yang tentu saja dapat membuat liburan Anda lebih berkesan. Terdapat berbagai ikan yang hidup di sana, misalnya ikan damselfish kuning dengan aksen bernuansa biru di punggungnya, ikan kupu-kupu atau butterflyfish bergaris-garis biru muda dan biru tua, dan juga sekelompok ikan kecil berwarna biru terang-benderang. Selain itu, terdapat pula bintang laut berwarna hitam dan juga umbal yang biasanya diolah menjadi rempeyek yang gurih. Jadi, apakah anda tertarik untuk menyelam ke dalamnya?

4. Keindahan Pantai dan Sekitarnya

Tidak hanya di laut saja, keindahan sekitar kawasan pantai juga tentu luar biasa. Pantai landai dengan garis pantai yang luasnya sekitar 4 kilometer, hempasan ombaknya sangat jernih meski sedikit besar, angin sepoi-sepoi juga memberikan kesejukan sendiri, serta batu karang yang menghiasi sebagian besar bibir pantai.

5. Pemandangan Matahari Tenggelam yang Sempurna

Rasanya, menjelajahi Pantai Krakal akan terasa kurang jika Anda tidak menghabiskan waktu di pagi dan sore hari untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam. Terutama ketika hari semakin senja, pemandangan sunset ini tentu saja tidak kalah indahnya dengan pemandangan di pantai-pantai lainnya. Suasana oranye yang seakan-akan menyelimuti wilayah Yogyakarta karena tidak terhalang oleh apa pun, ditambah lagi laut yang menghadap langsung ke samudera, tentu saja dapat membuat hati Anda merasa Bahagia dan siap untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Google Maps hlimkoe

Pantai Krakal salah satu pantai klasik di Jogja, berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Ngastiharjo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, terutama di sebelah barat Pantai Sili, Pantai Klara, dan Pantai Ngandong serta di sebelah timur Bukit Jujugan. Anda hanya bisa pergi ke kawasan wisata tersebut dengan kendaraan pribadi atau sewaan, dengan kondisi jalan yang sudah baik dan mulus namun terdapat beberapa kelokan tajam sehingga Anda harus berhati-hati dalam melintasi jalan tersebut.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 63-65 km dan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit perjalanan, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut: Jalan Mas Suharto Jambu – Jalan Tegal Panggung – Jalan Juminahan – Jalan Bausasran – Jalan Gayam-Bung Tarjo – Jalan Kenari – Jalan Gedongkuning – Jalan Wonosari – Jalan Raya Jogja-Wonosari – Jalan Nasional III – Jalan Kyai Legi – Jalan Baron – Jalan Pantai Selatan Jawa. Setelah sampai di jalan Pantai Selatan Jawa, ikuti saja alur jalan tersebut dan juga papan petunjuk yang sudah tersedia di sana hingga Anda selamat sampai di tujuan. Untuk dapat memahami rute lebih baik lagi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi maps di gadget Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Tiket Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Twitter Pantai Baron

Untuk memasuki kawasan wisata pantai yang hits ini, Anda cukup membayar Rp 10.000 (termasuk paket tiket menuju pantai-pantai lain seperti Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup, Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Sarangan, Pantai Drini, Pantai Baron, dan Pantai Ngrumput).

Anda juga perlu mempersiapkan biaya parkir Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil dan sejenisnya. Selain itu, pantai tersebut buka selama 24 jam namun tidak disarankan untuk datang ketika malam hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Google Maps Tika Puspita Sari

1. Menikmati Keindahan Alam Pantai dan Sekitarnya

Seperti yang diketahui sebelumnya, Pantai Krakal menyediakan pesona alam yang cukup unik. Hamparan pasir putih yang indah, batu karang menjulang tinggi sebagai salah satu tempat menyaksikan keindahan alam secara menyeluruh, dan berbagai spot foto menarik dapat menjadi bukti pendukung keindahan alam secara keseluruhan.

2. Berjemur dan Berenang

Kedua aktivitas tersebut tidak boleh dilewatkan saat berada di pantai menawan ini. Dikarenakan ternyata kawasan pantai tersebut memiliki luas bibir pantai mencapai 4 kilometer, Anda dapat melakukan apapun kegiatan yang menarik di sana, misalnya berjemur di beberapa spot yang disediakan atau bahkan membawa kursi dan mendirikan tikar-payung tersendiri, bermain olahraga voli dan sepak bola dengan memanfaatkan bebatuan karang sebagai gawangnya, bermain layang-layang dengan memanfaatkan angin yang berhembus sangat kencang, atau bahkan bermain istana pasir megah dengan memanfaatkan pasir pantai putih yang indah.

3. Snorkeling

Ternyata, di Pantai Krakal Anda juga dapat menikmati dunia bawah laut yang terbilang sangat mengesankan, didukung dengan kehidupan bawah laut seperti dari sekian banyaknya ikan yang dapat dinikmati serta terumbu karang yang indah nan elegan. Untuk dapat menikmati aktivitas di bawah laut, khususnya dengan snorkeling, Anda cukup membayar biaya sewa peralatan berkelas internasional sebesar 50 – 70 ribu rupiah.

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Aktivitas Seru Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Twitter TripnTraveling

Kawasan pantai cantik tersebut tidak mau kalah dalam menyajikan spot paling cantik dengan pesona warna oranye yang seakan-akan menyelimuti langit kota pelajar. Jadi, jangan lewatkan momen tersebut, di mana Anda bisa mengabadikannya sepuasnya di saat matahari terbenam maupun terbit.

5. Surfing

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda dapat mencoba melakukan aktivitas di kawasan Pantai Krakal. Namun, Anda harus berhati-hati karena biasanya ombak-ombak di sana terbilang besar dan sedikit ganas, serta terdapat banyaknya karang, hewan ubur-ubur yang dapat menyengat Anda serta landak laut dengan duri yang tajam. Anda cukup membayar biaya sewa papan surfing seharga 50 ribu rupiah, dan cukup menambah biaya 50 rupiah jika ingin dibimbing hingga bisa.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Krakal

Fasilitas Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Google Maps GC. Junior

1. Area Parkir yang Luas

Jika Anda mendatangi kawasan pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus memarkirkan kendaraan Anda di area lahan parkir yang tersedia. Namun jangan khawatir, dikarenakan area yang disediakan cukup luas sehingga dapat menampung puluhan motor dan mobil pribadi dan tidak perlu khawatir akan berdempetnya kendaraan-kendaraan satu sama lain.

2. Kamar Mandi/Toilet

Bagi Anda yang secara tidak sengaja mendapat hajat ingin buang air, Anda dapat memanfaatkan kamar mandi atau toilet umum yang tersedia di sekitar kawasan pantai. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kamar mandi untuk membilas dan mengganti pakaian setelah berbasah-basahan di dalam air.

3. Penginapan

Anda merasa kurang puas dalam mengelilingi kawasan pantai? Jangan khawatir, karena terdapat beberapa penginapan berbentuk home stay serta hotel yang dapat Anda nikmati. Harganya mulai dari 150 – 500 ribu rupiah per malam, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Jadi apakah Anda ingin mencoba menginap di kawasan pantai?

4. Mushola

Sebagai salah satu penganut agama Islam, tentu saja Anda berkewajiban untuk menunaikan shalat 5 waktu. Nah, bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mencari masjid dengan keluar dari kawasan pantai, Anda dapat mencoba mushola yang disediakan di sekitar pantai. Didukung dengan kawasan pantai yang masih asri dan sejuk, tentu saja hal tersebut dapat mendukung kekhusyuan ibadah Anda.

5. Warung/Kedai

Fasilitas Lain Pantai Krakal Gunung Kidul
Photo by Google Maps Sumberartatama Persada

Bagi Anda yang mencintai kuliner, Anda harus mencoba berbagai olahan makanan yang disediakan di warung yang ada di kawasan Pantai Krakal. Terdapat berbagai macam olahan seafood terutama dari ikan dalam bentuk goreng, bakar, asam manis, masak rica, dan masih banyak lagi, yang tentu saja dapat menggugah selera Anda. Menariknya, ikan dan sebagainya yang diolah berkualitas baru alias masih fresh dari laut. Selain itu, Anda juga harus mencoba camilan seperti rempeyek yang spesial terbuat dari umbal-umbal, sebuah hewan laut yang menempel di karang, yang tidak kalah abis nikmatnya.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pantai Krakal yang menawan di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain karena batu karang, berbagai olahan seafood yang mantap abis, dan keindahan terumbu karang dan sekitar laut yang tidak ada duanya, dapat membuat liburan Anda nantinya menjadi lebih berkesan. Jadi, apakah anda tertarik untuk menghabiskan liburan di pantai eksotis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published