Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Gunung Kidul terkenal dengan pantai-pantainya yang luar biasa indah. Ketika berada di Jogja, anda tidak hanya bisa wisata sejarah, belanja atau ke objek wisata yang lainnya. Wisata bahari juga menarik saat berada di Gunung Kidul, salah satunya adalah Pantai Kukup. Pantai ini menawarkan panorama alam yang memukau dan akan menjadi destinasi yang tawarkan wisata berkesan. Simak ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Hits di Gunung Kidul

Sekilas Pantai Hits di Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Novie Eviany)

Keindahan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul memang tidak bisa diragukan lagi. Dari deretan pantai pantainya, anda bisa menjadikan Pantai Kukup. Pantai ini termasuk wisata bahari yang populer di Kabupaten Gunung Kidul yang belum terlalu dikenal seperti layaknya Pantai Indrayanti atau pantai lainnya. Namun keindahan yang ditawarkan tidak akan membuat anda kecewa.

Pantai satu ini juga memiliki pasir putih yang memiliki jalan setapak untuk menembus perbukitan, yang ternyata juga langsung menghubungkan dengan Pantai Baron. Jika melihat secara kondisi fisiknya, pantai ini tak jauh berbeda dengan pantai Selatan pada umumnya. Anda bisa menemukan ombak yang ganas dan tinggi di pantai ini.

Tidak hanya itu, kisah mistis juga ritual juga masih menyelimuti pantai ini. Dimana di Kukup, anda bisa menemukan ritual berupa upacara sedekah. Umumnya akan dilakukan ketika Bulan Muharam atau jika dalam bahasa jawa dikenal Satu Suro. Pada ritual ini, masyarakat akan menyiapkan berbagai sesajen dan akan dilarung di laut lepas.

Tujuan melakukan ritual ini untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas semua berkah yang diberikan. Atas hasil laut juga semua rezeki yang telah diterima dalam satu tahun tersebut. Bukan berarti masyarakatnya menyembah pada lautan, tetapi hanya untuk mengucapkan syukur saja. Adanya ritual ini tentu membuat pantai ini semakin menarik.

Terlepas dari ritual yang ada di pantai ini, anda juga bisa menemukan keindahan yang luar biasa di pantai ini. Pantai Kukup juga dikenal dengan Tanah Lot nya Gunung Kidul. Karena anda bisa menemukan pulau karang yang membuatnya mirip dengan karakteristik Tanah Lot. Beberapa batuan karang juga tersebar di beberapa bagian pantai.

Daya Tarik Wisata Pantai Kukup

Daya Tarik Pantai Kukup
Image Credit: Twitter.com @m_infowisata

1. Hadirkan Bentang Alam Luar Biasa

Dari sekitar 69 pantai yang berada di Gunung Kidul, memang hampir semuanya memiliki panorama yang begitu indah. Begitu juga dengan Pantai Kukup yang pasti akan membuat siapapun jatuh hati. Pantai ini hadir dengan pasir putih lembut yang terhampar cukup luas. Pantai ini juga telah dikelilingi dengan bebatuan karang yang dipenuhi tumbuhan hijau.

Air lautnya memiliki warna biru yang jernih dan tidak ketinggalan ombaknya yang tinggi. Terutama ketika sedang pasang, ombaknya akan lebih tinggi lagi. Maka dari itu, anda akan menemukan peringatan untuk tidak mandi di area lautnya. Garis pantai yang dimiliki pantai ini landai, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan pantainya dengan lebih puas.

2. Memiliki Pulau Jumpino

Seperti yang sebelumnya disinggung, pantai ini memiliki pulau karang yang menjadi ikon nya. Bukit Karang yang menjorok ke laut ini dikenal dengan Pulau Jumpino. Pulau karang ini cukup besar, dengan bagian atas yang dibangun seperti gazebo. Dengan mengunjungi pulau ini, pengunjung bisa menikmati panorama pantainya dari atas ketinggian.

Terdapat jembatan penghubung yang bisa membantu anda untuk sampai di Pulau Jumpino. Setelah melewati jembatannya, anda akan bisa langsung melewati beberapa tangga sampai akhirnya di puncak bukit. Kehadiran Pulau Jumpino tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini. Bahkan menjadi ikon yang sangat dikenal dari Pantai Kukup.

3. Perairan Jernih

Daya tarik selanjutnya adalah airnya yang sangat jernih. Biru kehijauan yang sangat cantik jika berpadu dengan pasir putihnya. Dari permukaan lautnya, anda bahkan bisa mengintip biota lautnya yang ada di dalamnya. Berbagai jenis ikan laut tampak berenang bebas di area pantainya. Membuatnya wisata satu ini cocok untuk aktivitas snorkeling.

Karena inilah, wisata pantai ini juga mendapatkan julukan sebagai Akuarium Alami di Jogja. terumbu karang yang dimiliki Pantai ini memiliki luas lebih dari 100 meter dari pantai ini. Selain snorkeling, anda juga bisa menikmati pemandangan ini ketika air sedang surut. Ada banyak ikan atau biota lautnya yang terjebak di bagian karang karangnya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat dan Rute Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Dina Soedir)

Anda bisa menemukan Pantai Kukup di Dusun Ngepung, Desa, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul. Jika melakukan perjalanan dari pusat kota Jogja, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan berkendara. Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di pantai cantik ini. Karena masih belum ada kendaraan umum yang bisa digunakan.

Perjalanan pertama, anda harus menuju daerah Wonosari terlebih dahulu jika dari pusat Kota Jogja. Jaraknya cukup jauh, yakni sekitar 40 km dan jika dari Wonosari anda harus menempuh jarak sekitar 22 km. Jalan untuk menuju lokasi pantai sudah mudah untuk dijangkau dengan akses yang telah memadai.

Rute yang bisa ambil dari Jogja adalah jalan ringroad timur dan juga selatan. Nanti ketika sudah memasuki Wonosari, anda bisa mengambil kemudi belok kiri ketika sampai di perempatan setelah Terminal Giwangan. Ikuti saja jalan yang ada untuk sampai menuju Pantai Baron juga Pantai Ngobaran.

Anda bisa memilih Pantai Baron, nantinya akan ada pos retribusi menuju Pantai Baron. Di pos ini, anda mengambil arah kiri ketika menuju pertigaan. Dari sini anda sudah tidak jauh dengan Pantai Kukup. Jika anda bingung, anda bisa memanfaatkan maps yang terpasang pada smartphone ataupun kendaraan anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Agung Jaya)

Untuk menikmati keindahan Pantai Kukup, anda tidak perlu merogoh dalam kantong anda. Harga tiketnya terbilang ramah kantong dan justru terjangkau jika dibandingkan dengan pesona yang ditawarkan. Pengunjung harus menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk ini telah termasuk dengan tiket Pantai Baron juga Pantai Ngrawah.

Namun harga tiket masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan anda. Untuk tarif parkir kendaraan roda dua sekitar Rp 3 ribu, sementara kendaraan roda empat berkisar Rp 5 ribu. Dan harga tiket juga bisa berubah sewaktu waktu, tergantung dari kebijakan dari pengelola pantainya.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Jam bukanya mulai dari pukul 05.00 pagi sampai dengan pukul 21.00 WIB. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini yakni saat pagi juga sore hari. Karena pada saat itu udaranya masih sangat sejuk, sehingga akan memberikan suasana yang berbeda dibanding saat siang hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas di Pantai Kukup
Image Credit: Facebook.com @wisataistimewa

1. Menikmati Keindahan Panoramanya

Perlahan namun pasti, pengunjung wisata satu ini memang sangat tinggi. Keindahan yang ditawarkan memang akan membuat siapapun terpesona. Walaupun demikian, Pantai Kukup tetap nyaman untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Begitu anda menginjakkan kaki di pantai ini, anda sudah akan disambut dengan suasana pantai yang menyenangkan.

Pantai ini memiliki kawasan pasir putih yang cukup luas juga landai. Pasir putih kecoklatan ini juga memiliki tekstur yang lembut. Suara ombak dari kejauhan akan memberikan suasana yang berbeda dan menenangkan. Walaupun ombaknya tinggi, namun masih tetap aman untuk bermain di pinggir pantainya. Karena ada banyak batu karang yang memecah ombaknya.

Bebatuan karang ini berada di bibir pantai dan menambah keindahan yang dimiliki pantai ini. Anda bisa berjalan di area bebatuan karang ini, namun harus tetap berhati hati karena ada banyak lumut yang ada di sekitar karang ini. Kawasan pantainya juga memiliki banyak pepohonan rindang yang berada di pinggir pantai.

2. Mengunjungi Pulau Jumino

Kegiatan selanjutnya yang seru untuk dilakukan adalah menjelajah Pulau Jumino. Lokasinya juga tidak jauh dari bibir pantai. Walaupun sedang pasang, anda tetap bisa mengunjungi pulau ini karena ada jembatan yang menghubungkan keduanya. Anda bisa menikmati pemandangan dan juga berburu foto di area karang ini.

3. Snorkeling

Anda juga bisa snorkeling di Pantai Kukup, keindahan bawah laut yang dimiliki akan membuat anda terpesona. Ada banyak pesona bawah laut yang bisa anda eksplor ketika berada di pantai ini. Airnya yang jernih akan memudahkan anda untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

4. Berburu Sunset juga Sunrise

Menghabiskan waktu di Pantai secantik ini tentu sayang jika tidak mengabadikan setiap momen di pantai ini. Anda bisa menemukan spot spot instagramable ketika berada di sini. Dan tidak ketinggalan, anda juga bisa berburu sunset maupun sunrisenya yang begitu menawan. Cahaya keemasan dengan ombak yang dimiliki menjadi perpaduan yang sangat indah.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Kukup

Fasilitas di Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Ahmad Daelani)

Fasilitas yang bisa anda temukan di wisata satu ini terbilang lengkap juga memadai. Begitu anda memasuki area pantai, anda bisa menemukan tempat parkir yang cukup memadai. Sehingga anda tak perlu khawatir dengan kendaraan anda dan tentunya parkirannya terbilang luas. Bahkan bisa menampung kendaraan seperti bus.

Jika anda ingin bermain air atau basah basah, anda akan menemukan kamar mandi juga kamar bilas dengan air bersih. Jumlahnya juga tidak hanya satu, ada beberapa yang bisa anda gunakan. Anda juga tak khawatir melewatkan ibadah, karena tersedia mushola yang bisa digunakan untuk anda menunaikan ibadah anda.

Tidak ketinggalan beberapa warung makan yang menyediakan banyak menu makanan. Terutama menu khas Jogja dan juga menu ikan bakarnya yang mengundang untuk dicicipi. Selain itu, terdapat juga souvenir sehingga anda bisa sekalian berburu oleh oleh untuk keluarga di rumah. Pernak pernik khas Pantai Kukup bisa anda dapatkan di pantai ini.

Bagi anda yang ingin menikmati lebih lama panorama yang ada, anda bisa menemukan penginapan di sekitar pantai. Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan anda. Bahkan ada yang dibanderol dengan harga ratusan ribu saja, anda sudah bisa menginap di area pantai ini. Dan tentunya juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa jadi pilihan.

Bagi anda yang sedang ada di Jogja, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Kukup di Gunung Kidul. Karena pesona yang dimilikinya akan membuat siapapun jatuh hati. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik selama di Pantai cantik ini. Akan semakin menyenangkan jika berkunjung bersama keluarga.

Give a Comment