Pantai Mbirit, Pantai Cantik dengan Tebing Karang Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Mbirit, Pantai Cantik dengan Tebing Karang Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krambil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Bagi sebagian orang, Jogja hanya dikenal dengan wisata kuliner nya yang nikmat. Padahal banyak alasan lain untuk mengunjungi Kota Gudeg ini, salah satunya adalah pantainya. Pantai Mbirit menjadi salah satu destinasi wisata utama untuk mengisi waktu liburan di Gunung Kidul. Saat ini memang tidak ramai pengunjung karena terbilang masih baru.

Selain itu, dalam hal promosi juga masih minim, jadi tetap tidak terlalu ramai meskipun hari libur. Tetapi jangan ditanya soal keindahannya, spot pemandangan alam sangat menakjubkan di sini. Perpaduan antara birunya air laut dan pasir putih seperti membentuk satu kesatuan yang indah. Belum lagi batuan tebing yang mengapit nya begitu eksotis.

Pantai ini memang tidak terlalu besar, bahkan ukurannya hanya beberapa puluh meter saja. Ini dikarenakan batasan tebing karang di kiri dan kanannya. Tebing inilah yang menjadikan daya tarik utamanya sehingga pemandangan begitu berbeda. Hijaunya dedaunan dari pohon perdu menghiasi ketinggian tebing yang menjulang.

Daya Tarik Wisata Pantai Mbirit

Daya Tarik Wisata Pantai Mbirit
Photo by Google Maps Willy Heramus

Untuk lokasi Pantai Mbirit tidaklah mudah, perlu stamina ekstra supaya sampai dengan selamat. Faktanya, hal ini tidak menghalangi niat wisatawan yang ingin berkunjung. Alasannya sudah pasti karena daya tarik yang dimiliki, seperti yang akan kami ulas berikut!

1. Tebing Karang Eksotis

Seperti yang disinggung sebelumnya, pantai di Gunung Kidul ini diapit oleh tebing karang dengan ukuran yang sangat besar. Untuk mencapai puncak tebing pun harus melalui tracking jalan setapak. Ukurannya yang kecil bukan berarti menghilangkan pesonanya. Justru karena kondisi inilah Pantai Mbirit disebut sebagai surga tersembunyi di Jogja.

Pesona batu karang bukan hanya dari tebing yang menjulang, namun hampir di semua titik pantai tersebar batu karang berbagai ukuran. Dengan ukurannya yang kecil, batu karang tersebut bersatu dengan pasir putih yang tampak berkilau. Batu yang tidak sepenuhnya terendam oleh air biasanya digunakan sebagai pijakan untuk berburu spot foto.

2. Suasana Pantai Damai

Kondisinya yang tidak terlalu ramai ternyata menjadi daya tarik oleh sebagian wisatawan, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan suasana liburan yang nyaman dan damai. Tidak selalu ada pengunjung yang datang ke sini, kalaupun ada jumlahnya hanya beberapa rombongan. Ini menjadikan suasananya tenang dan cocok sebagai tempat relaksasi.

Daya Tarik Dimiliki di Pantai Mbirit
Photo by Instagram Haycinema

3. Pesona Air Laut Biru

Daya tarik Pantai Mbirit berikutnya dari pesona air laut yang tampak biru dan jernih. Ombaknya terkadang tinggi dan menimbulkan suara keras bergemuruh ketika menghantam batu tebing. Namun untuk anginnya sungguh sejuk dan sepoi-sepoi, ini dikarenakan batu karang tebing yang menghalaunya.

Di siang hari yang cerah, air laut tampak lebih biru karena pantulan dari langit di angkasa. Perpaduan sempurna antara hijau dari daun pohon rindang, birunya air laut dan langit, serta putih pasir pantai memberikan pesona yang luar biasa. Tidak heran jika wisatawan yang datang ke sini merasa betah dan tidak ingin pulang.

4. Spot Foto Terbaik

Pantai Mbirit tidak cocok dijadikan objek wisata keluarga, meskipun berupa pantai yang indah. Bukan tanpa alasan, tracking nya lumayan panjang dan berat. Sebagian besar yang datang ke sini dari pemuda milenial yang ingin berburu spot foto berlatar pemandangan alam. Walaupun tidak ada spot khusus, banyak spot liar yang cantik mempesona di sini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mbirit
Photo by Instagram ponkge_

Selain menempuh perjalanan panjang dengan jalan kaki, menuju lokasi selama berkendara pun lumayan jauh jika anda datang dari pusat Gunung Kidul. Butuh waktu 1 jam lebih dengan jarak yang harus dilalui sepanjang 35 kilometer. Alamat Pantai Mbirit yang di tuju yaitu Dusun Bedalo, Desa Krambilssawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Meskipun perjalanan panjang, namun untuk akses jalannya sudah sangat baik, setidaknya mendekati lokasi wisata. Dari Gunung Kidul, rute terbaik adalah melewati Jalan Wunut yang kemudian menuju ke Jalan Raya Wonosari. Selanjutnya mengikuti arah yang menuju ke Jalan Palyen Paliyan, terus ikuti jalan hingga tiba di Jalan Raya Panggang Wonosari.

Tujuan berikutnya yakni ke Jalan Krambisawit, banyak belokan selama melintasi jalan ini, jadi sebaiknya hati-hati. Terus ikuti jalan hingga ke Pantai Butuh, kemudian cari lokasi parkir dan mulai tracking berjalan kaki. Memang untuk sementara, pantai dengan eksotisme batu tebing ini hanya dapat diakses dari Pantai Butuh dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbirit

Harga Tiket Masuk Pantai Mbirit
Photo by Google Maps Akbar Nandatama

Pantai Mbirit masih belum resmi menjadi objek wisata karena merupakan hasil perluasan dari Pantai Butuh. Jadi jika ditanya soal harga tiket masuk, saat ini masih gratis dan wisatawan bebas masuk ke lokasi. Namun karena pengunjung harus memasuki kawasan Pantai Butuh, jadi harga tiket masuknya mengikuti sebesar 10.000 rupiah.

Untuk tambahan biaya yang diperlukan adalah retribusi parkir. Mengingat harga masuknya yang murah, jadi untuk parkir ya juga murah. Cukup sediakan uang sebesar 2.000 untuk parkir motor dan 5.000 bagi yang membawa mobil. Wisata pantai cantik ini dibuka setiap hari selama 24 jam, banyak wisatawan yang bermalam dengan mendirikan tenda di sini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Mbirit
Photo by Google Maps Willy Heramus

Oleh sebab Pantai Mbirit dipenuhi dengan batuan karang tajam yang tersebar di bibir pantai dan terendam air laut, maka kawasan ini tidak cocok untuk berenang. Tetapi jangan berkecil hati, ada banyak aktivitas yang dapat menggantikan kegiatan yang umum dilakukan di pantai tersebut.

1. Bermain Air  Ditepi Pantai

Meskipun tidak dapat berenang, bukan berarti ada tidak dapat menikmati kesegaran dan kehangatan airnya. Ditepi  pantai, anda dapat bermain air sesuka hati bersama rombongan. Adanya batu karang bisa dijadikan pijakan jika tidak ingin basah. Tetapi pastikan berhati-hati, karena karakteristik pantai ini terkadang memiliki ombak besar.

2. Menikmati Eksotisme Pantai Mbirit

Pesona Pantai Mbirit yang hampir sempurna membuat aktivitas menarik selanjutnya adalah menikmatinya. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan berbagai gaya, misalnya duduk santai diatas bebatuan atau sambil berteduh dibawah batu tebing. Eksotisme pantai akan semakin sempurna jika anda rela mendaki bukit, sangat indah dengan hiasan ombak dan pasirnya.

3. Berkemah di Bibir Pantai

Memang banyak pantai yang ada di Jogja, namun tidak semuanya cocok dijadikan lokasi camping. Mendirikan tenda di pegunungan atau perbukitan sudah bisa dilakukan dan tidak ada yang istimewa jika sering melakukannya. Lain hanya jika berkemah di pantai eksotis ini, suasana malam diselimuti gemuruh ombak yang menghantam tebing memberikan sensasi tersendiri.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Mbirit
Photo by Google Maps Aurora Kids Collections

4. Memancing

Karakteristik Pantai Mbirit sebenarnya tidak cocok dijadikan lokasi memancing karena ombaknya lumayan tinggi. Tetapi karena diapit oleh batu tebing raksasa, ada spot khusus untuk aktivitas ini. Spot memancing yang dimaksud yaitu bagian yang terhalang oleh tebing dan memiliki banyak batuan karang di dalamnya.

5. Berburu Spot Foto

Aktivitas selanjutnya adalah berburu spot foto cantik berlatar pesona alam. Tidak peduli apakah anda suka fotografi atau tidak, aktivitas ini sepertinya wajib. Setidaknya, anda mendapatkan kenang-kenangan dari liburan yang istimewa. Apalagi banyak spot foto yang ditemukan, baik berlatar laut lepas, tebing, atau pepohonan rindang.

Fasilitas Penunjang di Pantai Mbirit

Fasilitas di Pantai Mbirit
Photo by Google Maps Rhefida Muthia Ghadati

Jika dilihat dari penjelasan diatas, pastinya anda mengetahui bahwa Pantai Mbirit tidak memiliki fasilitas apapun. Tetapi anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di Pantai Butuh karena memang masih dalam satu kawasan. Apabila ingin berkemah, silahkan bawa tenda dan perlengkapan sendiri, termasuk perbekalan nya.

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata alam memang banyak manfaatnya. Seperti menghilangkan beban pikiran sementara, mendapatkan relaksasi, dan bahkan kesehatan. Tetapi pastikan mengetahui setiap informasi sebelum berkunjung. Seperti di Pantai Mbirit yang minim fasilitas ini, jadi anda dapat menyiapkannya dari rumah.