Pantai Mbuluk, Pantai Indah dengan Panorama Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Mbuluk, Pantai Indah dengan Panorama Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Pantai Mbuluk merupakan salah satu destinasi wisata bahari dari ratusan pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini tidak terlalu populer seperti Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Krakal atau pantai yang sudah terkenal di daerah tersebut. Akan tetapi, daya tarik seperti panorama alam yang eksotik, deburan ombak, kicauan burung camar dan suasana menarik lainnya, tidak kalah dari pantai yang sudah terkenal di Gunung Kidul.

Wisata bahari ini belum banyak dikunjungi wisatawan, namun di situlah menariknya dari tempat ini, karena berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan dengan tenang dan nyaman. Sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan rasa penat, membangun hubungan romantis, hingga berlibur bersama keluarga.

Daya Tarik Wisata Pantai Mbuluk

Daya Tarik Wisata Pantai Mbuluk
Photo by Google Maps Mesha Christina

Selalu menjadi hal menarik saat membahas wisata pantai yang ada di Indonesia, dan tidak akan pernah habisnya. Sebab Indonesia memiliki ribuan, bahkan puluhan ribu pantai yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Baik yang sudah populer maupun belum, seperti Pantai Mbuluk. Meski tidak terlalu populer, wisata pantai ini memiliki berbagai daya tarik berikut!

1. Memiliki Garis Pantai Hanya 25 Meter

Pada umumnya, tempat wisata pantai memiliki garis pantai diatas 50 meter. Akan tetapi, Pantai Mbuluk memiliki garis pantai hanya 25 Meter saja. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Bukan karena keindahannya saja, namun juga karena unik dan menjadi ciri khas nya tersendiri.

Karena semakin dekat garis batas pertemuan antara daratan dan lautan, akan memudahkan wisatawan untuk beraktivitas di tempat tersebut. Selain itu, gemuruh suara ombak menggulung dari tengah menuju bibir pantai, menambah kecantikan serta dapat memanjakan mata dan telinga wisatawan.

2. Dua Karang Besar Mengapit Pantai

Selain daya tarik utama, Pantai Mbuluk juga memiliki dua karang besar yang mengapit pantai. Bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografer, baik digunakan untuk posting media sosial atau hanya sekedar mengabadikan momen, dua karang tersebut sangat cocok untuk didokumentasikan. Sebab dua benda yang berdiri kokoh di tengah pantai tersebut sangat cantik dan eksotik.

Selain memberikan panorama yang indah, dua karang tersebut juga berfungsi sebagai pemecah gelombang. Sehingga ombak besar yang akan menuju bibir pantai terpecah menjadi ombak kecil yang tidak terlalu berbahaya bagi wisatawan. Akan tetapi bagi pelancong yang bermain air di bibir pantai, harus tetap waspada karena pantai selatan ombaknya tidak bisa diprediksi.

3. Pemandangan Pantai yang Eksotik

Meski tidak terlalu viral dan masih sedikit yang berkunjung di Pantai Mbuluk, namun tempat ini sangat menarik dan memiliki pemandangan pantai yang eksotik. Pesona keindahannya tergambar nyata dari pohon hijau di tepi pantai, ombak yang menggulung, dua batu karang besar, dan karang kecil di sekitar pantai, serta burung yang berkicau. Berbagai suasana tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Bagi wisatawan yang ingin menyusuri pantai, di sana terdapat jembatan dari kayu yang panjangnya sekitar 500 meter. Letaknya berada di sekitar tebing dengan ketinggian mencapai 2 meter. Eksotisme pantai akan semakin tampak sempurna saat pengunjung berjalan santai menyusuri pantai sambil menghirup udara segar, melihat ombak menggulung dan menerpa batu karang.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mbuluk
Photo by Google Maps subkhi kuncorojati

Bagi wisatawan yang penasaran tentang keberadaan Pantai Mbuluk, wisata bahari ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika ingin pergi ke tempat wisata ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Pasalnya, lokasi tersebut belum tersedia alat transportasi umum. Jika pengunjung memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju lokasi wisata sekitar 2 jam saja.

Sepanjang perjalanan menuju area wisata dapat dilalui dengan aman dan nyaman, meskipun ada sebagian jalan yang belum beraspal. Apabila terjadi kebingungan dalam mengambil rute menuju lokasi, anda bisa bertanya kepada warga sekitar. Akan tetapi jika tidak ada warga, maka gunakan Google maps untuk membantu perjalanan, karena destinasi indah mempesona ini bisa diakses dengan aplikasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbuluk

Harga Tiket Pantai Mbuluk
Photo by Google Maps Matthew One

Meski berbagai daya tarik yang cantik dan menarik ada di Pantai Mbuluk, namun harga tiket masuk untuk menikmati lokasi wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya membayar biaya retribusi parkir kendaraan bermotor saja. Bagi wisatawan yang membawa motor, karcis parkir hanya Rp. 3.000, sedangkan untuk mobil dikenai tarif parkir sebesar Rp. 5.000.

Harga tersebut suatu saat bisa berubah, tergantung kebijakan pengelola, tetapi keamanan dan kenyamanan parkir tetap terjaga. Sehingga wisatawan bisa lebih fokus dan lebih serius dalam menikmati liburan di pantai bersama keluarga. Pantai cantik di Gunung Kidul ini dibuka setiap hari selama 24 jam, pastikan anda mengambil waktu terbaik ketika berkunjung.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai Mbuluk
Photo by Google Maps Trisno Ary Budi

Selain daya tarik yang cantik, menarik dan eksotik, di Pantai Mbuluk juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang menarik, mulai aktivitas santai hingga memacu adrenalin. Sehingga hal tersebut membuat wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

1. Sensasi Memancing yang Seru

Memancing di kolam, itu adalah hal biasa, memancing di danau sudah banyak yang melakukan. Akan tetapi, memancing di laut dengan suara gemuruh dan deburan ombak merupakan sensasi memancing yang seru dan menantang. Saat menunggu umpan dimakan ikan, bersantai sambil melihat pemandangan bisa dilakukan, namun harus tetap fokus pada joran. Saat strike, sensasi menarik ikan akan menjadi pengalaman yang tidak akan mudah dilupakan.

Bagi anda yang hobi memancing, tidak ada salahnya menyalurkan hobi sambil liburan di Pantai Mbuluk. Karena banyak spot menarik dan ikan besar di pantai tersebut. Berlibur bersama keluarga sekaligus menambah kesempurnaan hobi, yaitu memancing di laut merupakan keseruan yang tiada lawan.

2. Hunting Foto

Keberadaan dua batu karang besar mengapit pantai, dan batuan karang ukuran sedang dan kecil yang tampak saat air surut memberikan kesan tempat yang cantik dan eksotik. Suara gemuruh gelombang ombak yang berkejaran menuju bibir pantai, dan kicauan burung bersahutan sangat disayangkan jika terlewatkan begitu saja. Oleh karenanya, hunting koto di destinasi wisata Pantai Mbuluk ini akan menambah koleksi dokumentasi anda.

Selain itu, keindahan lainnya yaitu banyak pohon hijau yang tumbuh rimbun di sekitar pantai dan bukit, serta sunset dan sunrise semakin menambah elok dipandang mata. Dari berbagai jepretan, bisa digunakan untuk mengisi akun media sosial, seperti facebook, instagram, youtube, tiktok, dan lainnya. Kenangan berlibur di pantai tidak akan hilang dan bisa digunakan untuk bahan cerita ke teman dan saudara. Aktivitas menarik ini biasa dilakukan oleh mereka para pemuda milenial.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Mbuluk
Photo by Google Maps Dumami Hadisumitro

3. Bermain Pasir Putih dan Lembut

Aktivitas menarik berikutnya yaitu bermain pasir putih dan lembut. Beberapa permainan yang biasa dilakukan adalah seperti membuat istana pasir, mengubur kaki atau sebagian tubuh. Aktivitas ini semakin asyik dan menarik jika dilakukan bersama keluarga. Selain pasir putih dan lembut, ada juga biota laut lainnya seperti keong laut, kerang, bintang laut dan terumbu karang yang berserakan di dalam pasir putih tersebut.

4. Berjalan Santai Menyusuri Pantai

Pada umumnya, dalam melakukan perjalanan menyusuri pantai, medan yang digunakan cenderung lurus. Hal tersebut kadang membuat wisatawan mudah jenuh dan bosan. Namun berbeda saat berada di Pantai Mbuluk karena lokasi yang dilalui berkelok dan jalan atau jembatannya terbuat dari kayu sepanjang sekitar 500 meter.

Hal tersebut memberikan sensasi tersendiri dan wisatawan tidak akan jenuh, apalagi bosan. Banyak manfaat yang didapat dari berjalan santai di pantai indah ini, diantaranya yaitu badan segar dan bugar, serta penat pun hilang. Karena jarak yang lumayan jauh, udara bersih mengandung banyak oksigen, dan keindahan panorama pantai yang mempesona, membuat stabilitas jiwa dan raga tetap terjaga.

Fasilitas Penunjang di Pantai Mbuluk

Fasilitas di Pantai Mbuluk
Photo by Google Maps MR_PAIJO

Meski berbagai daya tarik di pantai cantik ini tergolong indah mempesona, walaupun berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di sana, namun fasilitas yang tersedia masih terbatas. Adapun berbagai fasilitas penunjang Pantai Mbuluk yang ada yaitu tempat parkir, kapasitasnya puluhan mobil dan puluhan motor.

Selain itu, ada juga toilet umum, untuk wisatawan yang ingin buang hajat. Saat perut lapar, ada 2 warung makan yang tersedia di sana. Jika ingin melakukan ibadah sholat, musholla juga sudah ada. Fasilitas yang unik dan menarik adalah terdapat gazebo di lokasi wisata dengan berbagai ukuran. Ukuran kecil berkapasitas 4 orang, ukuran sedang sekitar 6 orang, hingga ada bangunan besar tempat peristirahatan wisatawan.

Sesuatu yang tersembunyi belum tentu buruk dan tidak layak untuk dikunjungi, seperti halnya Pantai Mbuluk. Meski keberadaan dan nama wisata bahari ini tidak viral di Indonesia maupun Yogyakarta, namun keindahan pantainya begitu mempesona dan dapat menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Oleh karena itu, tempat ini sangat recommended untuk lokasi berlibur bersama keluarga.