Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daerah wisata hits yang bernama Yogyakarta. Bahkan semua orang juga mengakui bahwa Yogyakarta merupakan daerah wisata yang populer karena kebudayaannya yang masih sangat kental, keindahan alamnya, serta kulinernya yang terkenal hingga tembus ke kancah Internasional. Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tujuan destinasi bagi para wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Saat hari libur tiba, Daerah Istimewa Yogyakarta akan ramai wisatawan dari berbagai daerah, baik wisatawan lokal maupun turis.

Banyak sekali jenis wisata yang terdapat di daerah istimewa ini. Mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata kekinian, hingga wisata alam. Alamnya yang masih asri dan pemandangannya yang indah, membuat banyak wisatawan yang gemar berkunjung ke sini. Wisata pegunungan, goa, hutan, bahkan pantai, semua ada di Yogyakarta. Masing-masing jenis wisata tersebut juga memiliki daya tariknya tersendiri.

Namun kali ini, yang akan dibahas adalah wisata baharinya. Salah satu destinasi favorit jika di Yogyakarta adalah pantainya yang menawan. Pantai yang berada di arah selatan yang menyimpan banyak sejarah, yaitu Pantai Mesra. Selain sejarahnya, panorama alam yang tersaji juga tidak kalah menariknya.

Daya Tarik Wisata Pantai Mesra

Daya Tarik Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Google Maps Sidiq Firmanto

Banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh wisata pantai yang hits Gunung Kidul ini. Selain indahnya pemandangan di sekitar pantai, ada juga fasilitas yang sangat memanjakan sehingga anda akan merasa betah berada di sini. Pada artikel ini, akan dirangkumkan berbagai macam daya tarik yang terdapat di sini. Berikut rangkumannya:

1. Tebing Batu Karang yang Indah

Di pinggiran laut terdapat tebing batu karang berukuran besar dan tinggi. Nyatanya tebing ini merupakan daya tarik yang sangat khas dari Pantai Mesra. Ramai orang berebut untuk mengambil foto berlatarkan dengan tebing ini. Tebing ini terbentuk secara alami sejak dahulu.

Anda bisa mengambil foto atau merekam video berlatarkan tebing yang tinggi ini. Karena tebing ini akan membuat foto anda terlihat eksotis. Seperti di Bali, tebing ini terus-terusan terkena deburan ombak. Anda bisa mengabadikan momen deburan ombak ini karena sangat indah.

Tebing batu karang yang berada di pinggir laut ini membuat keeksotisan pantai bertambah. Tebing tersebut diterjang deburan ombak namun tetap kokoh. Walaupun di bagian atasnya terdapat tumbuhan lumut yang menyelimuti, namun keindahan dari batu ini tidak berkurang. Nyatanya, banyak orang yang mengincar tebing batu ini sebagai salah satu spot foto.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Twitter jahe`,-

2. Spot Foto Menarik

Pastinya terasa kurang jika berlibur tanpa berfoto. Tentunya momen berada di Pantai Mesra yang sangat instagramable ini harus diabadikan untuk kenang-kenangan. Pantai yang indah, pasirnya yang berwarna coklat muda, deburan ombak yang memukau, bahkan kawasan pantai yang sangat bersih, membuat anda ingin berfoto di sudut manapun. Anda juga bisa menyewa jasa fotografer yang akan membantu anda untuk mengabadikan momen indah di sini, tarif yang dikenakan yaitu berkisar Rp3.000 per satu kali foto.

Anda bisa berfoto di area pantai atau laut, serta berlatar belakang tebing batu raksasa. Taman yang terdapat di area pantai juga dapat menjadi spot foto menarik. Karena terdapat deretan lampu hias yang menambah keindahan taman ini. Dan masih banyak sudut yang bisa dijadikan latar berfoto.

3. Taman yang Bersih dan Hijau

Di area pantai, terdapat taman yang telah dibuat. Memiliki rumput yang hijau, rapi, dan bersih, serta terdapat pepohonan yang asri. Selain itu, terdapat beberapa kursi panjang untuk anda menikmati kawasan pantai dan taman. Di taman yang bersih ini, anda bisa berfoto karena ini merupakan salah satu spot foto yang menarik.

Taman ini nyatanya juga menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Mesra. Pengelola sendiri menyediakan taman untuk dijadikan tempat bersantai. Adapun terdapat gazebo yang dekat dengan taman tersebut. Membuat banyak orang ingin menikmati udara segar serta menyaksikan matahari terbenam.

Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan jika ingin bersantai di gazebo. Karena gazebo telah disediakan untuk anda yang ingin beristirahat setelah lelah bermain di sekitar pantai. Gazebo tersebut juga berukuran lumayan besar sehingga muat untuk anda yang membawa keluarga atau pergi bersama teman-teman. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai yang indah ini.

4. Ombak yang Menakjubkan

Pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang menakjubkan. Di Pantai Mesra, anda bisa menyaksikan deburan ombak yang memukau. Deburan ombak itu akan mengenai batu karang yang besar. Jika anda melihatnya secara langsung, maka akan terlihat lebih indah dan sangat eksotis.

Ombak di sini terkadang tenang, namun juga kencang. Hal itu semua tergantung cuaca. Jika anda ingin menikmati deburan ombak, tentu pastinya pantai ini menjadi tujuan yang sangat tepat.

Ombak tersebut akan terlihat berwarna putih karena deburan tersebut lumayan kencang. Jika anak anda berenang atau bermain di area laut, maka anda harus selalu menjaganya. Karena deburan ombak yang lumayan besar. Namun anda juga bisa menikmati suara deburan ombak tersebut sambil bersantai.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Google Maps Ipong Kezia

Kunjungi lokasinya di Jalan Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881 jika anda ingin mengunjunginya. Adapun jarak dari pusat kota Jogja yaitu sekitar 58 kilometer dan akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari pusat kota Gunungkidul hanya sejauh 22 kilometer dan dengan waktu tempuh yaitu sekitar 40 menitan saja. Namun anda tidak akan kecewa dengan pemandangan yang sangat indah, maka perjalanan jauh anda akan segera terlunaskan oleh indahnya pemandangan yang membuat rileks.

Akses menuju ke Pantai Mesra ini sangat mudah. Aksesnya sudah diperbaiki sejak lama sehingga membuat anda tetap merasa nyaman saat di perjalanan. Namun anda harus melewati banyak tanjakan yang berkelok sebelum sampai ke tujuan. Maka untuk menuju ke lokasi, anda bisa berangkat dari Kota Yogyakarta kemudian melewati Jalan Imogiri, kemudian perjalanan diteruskan ke Wonosari, kemudian arahkan kendaraan ke Panggang sampai anda berada di Jalan Pantai Selatan dan terus jalan ke daerah Ngepung, kemudian anda harus melewati gerbang Pantai Baron, kemudian Pantai Mbuluk, dan sampai di Pantai Mesra, kemudian anda bisa langsung memarkirkan kendaraan anda di area parkir yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Twitter Denharsolo

Untuk dapat menikmati pantai yang memiliki pemandangan laut indah, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Nyatanya, pantai yang memiliki deburan ombak yang memukau ini hanya memasang harga untuk tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Dengan harga yang cukup terjangkau, anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga atau teman-teman untuk dapat turut menikmati sejuknya udara di sekitar Pantai Mesra. Dengan harga tersebut, anda bisa menikmati wilayah pantai sepuasnya.

Adapun terkait harga parkir yang akan dikenakan jika anda memarkirkan kendaraan anda. Biaya yang dikenakan yaitu sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 saja. Jika anda merupakan rombongan dan ingin memarkirkan bus, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk parkir bus.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Twitter Mb Muenul

Anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan, karena sebaliknya, anda akan merasa betah berada di Pantai Mesra. Untuk melepas penat, anda bisa berkunjung pada hari libur, atau bahkan saat akhir pekan tiba. Namun, area wisata yang bersih ini juga buka setiap hari. Simak aktivitas berikut yang dapat dilakukan di sini.

1. Bermain di Tepi Pantai

Pasirnya berwarna coklat muda dan sangat bersih, sehingga anda akan merasa nyaman saat bermain di tepi pantai. Sebagian besar, anak-anak sangat gemar bermain pasir di area pantai. Anda bisa ajak anak-anak atau saudara anda jika ingin berkunjung. Kemudian jangan lupa untuk membawa peralatan untuk bermain pasir di pantai agar tambah seru.

2. Berenang di Pinggir Laut

Jika pergi ke pantai, berenang di tepi laut merupakan hal wajib dilakukan. Maka sebelum anda berkunjung, pastikan untuk membawa baju ganti jika ingin berenang di pantai. Siapapun bisa berenang di tepi laut ini. Namun, ada baiknya jika anda terus mengawasi anak anda jika anak anda ikut berenang.

3. Bersantai di Gazebo Taman

Di tepi pantai, terdapat sederet gazebo dan kursi panjang. Anda bisa bersantai menikmati sejuknya udara pantai, apalagi jika anda menikmatinya di sore hari. Tentu anda bisa sambil menikmati indahnya matahari terbenam dan angin sepoi-sepoi yang berhembus. Anda juga bisa berfoto di taman yang bersih dan hijau ini.

Kegiatan Seru Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Twitter YogJo

4. Berfoto di Area Pantai

Anda bebas untuk mengambil foto di sudut mana pun. Karena setiap sudut yang berada di Pantai Mesra ini sangat bersih dan photogenic. Apalagi jika anda berfoto dengan berlatar belakang tebing batu besar, maka foto anda akan semakin terlihat eksotis. Maka, pastikan anda membawa peralatan foto baik kamera ataupun ponsel sebelum berkunjung.

5. Berfoto dan Bermain di Taman

Terdapat taman yang rumputnya hijau, ditanamkan beberapa pohon sebagai penyejuk, serta dijejerkannya kursi panjang untuk bersantai. Anda tentunya diperbolehkan bermain di area taman, serta berfoto. Karena suasananya yang sangat sejuk, akan membuat anda betah berlama-lama di area taman ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Mesra

Fasilitas Pantai Mesra Gunung Kidul
Photo by Google Maps Prabowo Hs

Kawasan wisata yang indah ini masih tergolong kawasan wisata baru. Namun, fasilitas yang tersedia di Pantai Mesra ini termasuk lengkap dan memadai untuk memenuhi kenyamanan saat berwisata. Di sekitar pantai, terdapat area parkir yang cukup luas, bahkan muat untuk parkir bus, kemudian terdapat toilet umum, gazebo untuk bersantai, kamar bilas, dan mushola bagi anda yang ingin menjalankan ibadah sholat.

Tergolong lengkap bukan? Fasilitas yang berada di kawasan wisata tersebut bukan hanya lengkap, namun juga memadai dan layak. Masih banyak fasilitas lainnya seperti kursi panjang untuk beristirahat, dan tempat berfoto. Fasilitas ini juga dikelola dan dirawat oleh pengelola sehingga kebersihannya tentu terjaga.

Demikian beberapa hal menarik seputar Pantai Mesra yang menawan di Gunung Kidul. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan lokasi wisata lainnya, namun tidak kalah menarik dengan area wisata lainnya. Jangan lupa ajak keluarga, saudara, ataupun teman anda untuk berwisata ke pantai yang eksotis ini. Karena semakin ramai tentunya akan semakin seru.

Give a Comment