Pantai Muncar, Pantai Pasir Putih yang Dikelilingi Perbukitan Indah di Gunung Kidul

Pantai Muncar, Pantai Pasir Putih yang Dikelilingi Perbukitan Indah di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Apabila mendengar Pantai Muncar Gunung Kidul, mungkin banyak yang masih asing di telinga. Wajar saja, sebab objek wisata bahari ini memang masih baru dan hanya beberapa wisatawan yang pernah mengunjunginya. Bukan berarti tidak elok, pemandangan di sini sebenarnya tidak kalah dengan pantai di Gunung kidul lainnya.

Jogja tidak hanya dikenal sebagai wilayah khusus yang memiliki banyak makanan nikmat. Daerah ini juga memiliki banyak objek wisata alam, termasuk pantai. Di Kabupaten Gunung Kidul saja, setidaknya ditemukan 69 pantai dengan karakteristik masing-masing. Sebagian sudah banyak dikenal masyarakat, sebagian lagi masih tersembunyi dan alami.

Sebagaimana pantai di Jogja pada umumnya, Pantai Muncar juga memiliki hamparan pasir putih yang berkilau. Kilauan ini dapat disaksikan ketika terik matahari menyinari menembus sela-sela pasir. Kulit kerang dan pecahan karang semakin melengkapi warna putihnya. Perpaduan biru dari air laut yang jernih memberikan pesona tersendiri bagi wisatawan.

Daya Tarik Wisata Pantai Muncar Gunung Kidul

Daya Tarik Wisata Pantai Muncar Gunung Kidul
Photo by Google Maps munar munir

Meskipun saat ini masih sepi pengunjung, Pantai Muncar Gunung Kidul memiliki berbagai daya tarik. Beberapa daya tarik bahkan tidak dimiliki pantai lain, meskipun sama-sama di kawasan Jogja. Sebelum berkunjung, ada baiknya anda menyimak berbagai hal menarik yang dimaksud!

1. Perbukitan Indah

Jika menilik berbagai pantai yang ada di kawasan Gunungkidul, tentunya ada banyak pantai yang dikelilingi oleh bukit. Di belakang terdapat bukit tinggi, sedangkan di depan hamparan laut yang luas. Ternyata hal ini menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan. Tingginya perbukitan dipenuhi dengan tumbuhan memberikan pemandangan yang hijau.

Apalagi untuk bentuk perbukitan di Pantai Muncar Gunung Kidul ini cukup unik dan terlihat eksotis. Gundukan tanah dari batuan Karts membentuk mirip sebuah gunung kecil. Beberapa gundukan yang sedikit terpisah antara satu dengan lainnya menambah pesonanya. Melihat perbukitan ini semakin menyejukkan, ditambah semilir angin yang datang.

2. Air Laut Jernih

Jika di belakang pantai terdapat bukit tinggi menjulang yang eksotis, lain halnya jika mengarahkan pandangan ke depan. Air laut yang jernih menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Saking jernihnya air, sebagian pasir yang terendam cukup jelas terlihat. Begitu juga dengan batu karang kecil yang tersebar di bibir pantai yang juga terlihat.

Dengan air yang terkesan jernih dan menyejukkan ini, Pantai Muncar Gunung Kidul memiliki ombak yang bersahabat. Sebagian besar ombak yang datang tidak terlalu besar. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk aktivitas berenang di tepi pantai. Tetapi ada kalanya ombak tinggi hingga suara gemuruh terdengar ketika menghantam batu karang.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Muncar Gunung Kidul
Photo by Google Maps Benjamin Kufa

3. Suasana Pantai yang Damai

Masih jarang nya wisatawan yang datang membuat suasana di pantai cantik ini terkesan damai. Tidak banyak manusia yang lalu lalang dengan aktivitasnya masing-masing, yang ada hanya pemandangan indah. Suasananya pun semakin damai seiring dengan datangnya angin yang berhembus pelan menyentuh kulit.

Bagi wisatawan yang mendambakan suasana asri, sejuk, dan damai, Pantai Muncar Gunungkidul sepertinya wajib dikunjungi. Jika tidak ingin menikmati suasana di tengah bibir pantai berpasir, ada banyak pohon perdu di sini. Menikmati suasananya sambil berlindung diri dari terik panas di siang hari pastinya semakin menyenangkan.

4. Pasir Putih Berkilau

Pantai di Gunung Kidul ini memang tidak terlalu luas, total bibir pantai hanya puluhan meter. Tetapi semua sudut wilayahnya penuh dengan pasir putih yang berkilau. Ada alasan logis kenapa pasir di sini berkilau, terutama di dekat bibir pantai. Ini dikarenakan kandungan garam yang masih tersisa dari air laut yang tiba di tepi Pantai Muncar Gunung Kidul.

Pemandangan warna di sini sangat lengkap, biru dari langit cerah, hijau dari pepohonan rindang, dan putih dari pasir yang membentang. Perpaduan warnanya seolah menciptakan gradasi yang sempurna. Belum lagi jernihnya air laut yang terkadang berubah menjadi warna hijau seolah sebagai pantulan dari pohon di sekitarnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Muncar Gunung Kidul
Photo by Google Maps Suryono

Bagi yang ingin menuju lokasi pantai indah ini, tidak ada akses jalan untuk kendaraan bermotor. Wisatawan harus rela berjalan kaki dari Pantai Siung, karena lokasinya berdekatan. Alamat Pantai Muncar Gunung Kidul berada di Desa Duwet, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Gunungkidul, waktu yang dibutuhkan supaya bisa sampai ke lokasi parkir sekitar 32 kilometer. Jika mengambil kecepatan kendaraan rata-rata, maka dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Rute terbaik yakni melintasi sepanjang Jalan Semanu, kemudian mengambil arah yang menuju Pasar Cuwelo.

Lanjutkan perjalanan menuju ke pasar Regedeg, namun tetap mengambil jalan utama atau jalan raya. Selanjutnya menuju ke Jalan pantai Selatan Jawa dan ikuti arah menuju ke Jalan Pantai Siung. Sesampainya di Terminal Mudal, anda akan tiba di pintu gerbang Pantai Siung, silahkan cari lokasi parkir yang disediakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar Gunung Kidul
Photo by Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar Gunung Kidul tidak mematok harga bagi wisatawan yang datang, jadi anggap saja gratis. Tetapi karena lokasinya diakses dari Pantai Siung, maka anda harus membayar retribusi sesuai dengan ketentuan pantai yang dimaksud. Untuk saat ini, harga tiket masuk di Pantai Siung sebesar 5.000 rupiah per orang.

Tambahan biaya dibutuhkan bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor untuk menyewa lahan parkir. Tidak perlu khawatir meskipun meninggalkan kendaraan terlalu jauh, karena dijamin aman. Wisata pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Mengingat akses jalan yang kurang baik dan masih sepinya pengunjung, maka lebih baik pulang sebelum petang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Muncar Gunung Kidul
Photo by Google Maps Patricia Yunita

Meski lokasi Pantai Muncar Gunung Kidul tersembunyi, dalam hal aktivitas tetap banyak yang menarik. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aktivitas di pantai lainnya. Anda dapat bermain air, berenang, atau bahkan hanya menikmati suasana damai nya.

1. Menikmati Pemandangan Alam Pantai

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemandangan di sini sangat indah dan menawan. Anda bisa duduk dibawah rindangnya pohon yang mengelilingi perbukitan dan menikmati pesonanya. Melihat ombak berkejaran menuju bibir pantai seharusnya menarik. Apalagi ketika ombak datang dan menghantam karang, percikan airnya sangat indah.

2. Bermain Air dan Pasir

Aktivitas di Pantai Muncar Gunung Kidul berikutnya adalah bermain air. Bagi ingin lebih aman, aktivitas ini layak dilakukan. Bermain air di sini cukup menyenangkan. Ada batasan antara air dengan garis pantai, jadi anda bisa memperkirakan kedalamannya. Kesegaran air semakin terasa ketika datang semilir angin.

Photo by Google Maps Benjamin Kufa

3. Berenang di Pantai Muncar Gunung Kidul

Tidak lengkap rasanya jika datang ke pantai indah ini tanpa harus berenang. Tidak semua pantai cocok untuk aktivitas ini, alasannya tidak lain adalah ombaknya besar. Oleh karena Pantai Muncar termasuk pantai dengan karakteristik ombak tenang, jadi silahkan berenang. Namun tetap harus waspada, karena tidak menutup kemungkinan ombak besar datang.

4. Memancing

Laut adalah habitat dimana ikan kecil dan besar berada. Untuk kali ini, sebagian besar ikan yang ditemukan di tepi pantai tidak terlalu besar. Jika ingin memancing dengan target ikan besar, silahkan sewa perahu menuju ke spot khusus. Namun jika ingin menikmati waktu sambil menunggu sambaran ikan, di tepi pantai berbatu karang juga banyak ikan tangkapan.

Fasilitas Penunjang di Pantai Muncar Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Muncar Gunung Kidul
Photo by Google Maps Tambang Raras

Fasilitas di Pantai Muncar Gunung Kidul masih belum memadai, bahkan bisa dikatakan tidak ada fasilitas apapun di sini. Maka dari itu, sebaiknya bawa perbekalan yang cukup apabila berkunjung. Adapun fasilitas umum yang tersedia jaraknya lumayan jauh, yakni di pemukiman warga atau kembali ke lokasi parkir Pantai Siung.

Aktivitas sehari-hari terkadang membuat pikiran butuh istirahat. Ada banyak cara untuk mengembalikan pikiran dan membuatnya lebih rileks. Berkunjung ke Pantai Muncar Gunung Kidul adalah salah satunya. Memang saat ini masih belum ramai, namun bisa jadi suatu saat mampu menggeser popularitas pantai lain yang ada di sekitarnya.