Pantai Ngedan, Pantai Cantik yang Diapit Dua Bukit Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Ngedan, Pantai Cantik yang Diapit Dua Bukit Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krambil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Pantai Ngedan adalah salah satu yang memberikan panorama cantik di gugusan pantai yang ada di Gunung Kidul. Keberadaannya dibalik bukit dan cukup tersembunyi, jadi masih belum banyak yang mengetahuinya. Pantai ini tergolong masih sepi jika dibandingkan pantai lain yang tidak jauh dari lokasi, namun tetap saja ada pengunjung yang datang setiap hari.

Dikenal dengan nama lain Pantai Ngeden, rupanya garis pantainya tidak terlalu luas. Meski demikian, kecantikan dan eksotisme nya tidak kalah dengan pantai lain. Sebut saja pasir putih yang dimiliki, teksturnya lembut dan biasa digunakan untuk permainan sederhana. Selain itu, ombaknya cukup besar yang menjadikan pemandangan cantik tersendiri.

Pantai Ngedan memang tidak cocok dijadikan untuk berenang, namun masih banyak hal lain yang bisa dilakukan. Bukan hanya karena ombak yang tinggi, namun juga banyak karang tajam yang tersebar di sepanjang garis pantai. Keberadaan karang ini rupanya dimanfaatkan banyak wisatawan sebagai spot foto selfie.

Daya Tarik Pantai Ngedan

Daya Tarik Pantai Ngedan
Photo by Google Maps Candra Kirana

Meskipun kurang terkenal, bukan berarti Pantai Ngedan tidak memiliki daya tarik. Pantai dengan nama sedikit unik dan menggelikan ini memiliki nuansa alam yang lengkap sebagai daya tarik yang memikat, berikut diantaranya!

1. Diapit Oleh Dua Bukit Eksotis

Tidak semua pantai di Gunung Kidul memiliki hiasan perbukitan, kebanyakan hanya berupa bentangan garis pantai yang cukup luas. Berbeda untuk kali ini, karena kedua sisinya diapit oleh bukit menjulang tinggi. Kehadiran bukit ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi pemandangan hijau didapatkan dari atas puncaknya.

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai memang tidak mudah, butuh perjalanan lumayan panjang dengan medan seadanya. Di musim hujan, jalan setapak yang dilalui akan becek dan licin, maka dari itu disarankan datang ketika musim cerah. Namun bukan berarti anda harus mengurungkan niat untuk datang ke lokasi, tentunya rugi jika meninggalkan eksotisme bukit yang dimiliki.

2. Gugusan Batu Karang Cantik

Pantai Ngedan memiliki gugusan batu karang yang cantik, selain bukit karang yang mengapit nya. Batuan karang ini tersebar hampir di seluruh titik garis pantai. Jika air sedang surut, tampak jelas batu karang yang terendam air laut. Ada juga batu karang besar yang masih terlihat meskipun air pasang.

Di sepanjang garis pantai bahkan dihiasi dengan karang besar yang biasanya digunakan sebagai pijakan. Suara ombak yang menghantam batu ini memang sedikit menakutkan bagi sebagian orang, namun sebagian lain menganggapnya sebagai suara alam yang indah. Hembusan angin yang seringkali kencang menjadikan suasana semakin syahdu dan melenakan.

3. Bentuk Pantai yang Unik

Daya tarik Pantai Ngedan berikutnya adalah dari bentuknya, dimana tidak umum dimiliki oleh pantai di tempat lain. Memang tergolong sempit, namun bentuknya yang menyerupai lingkaran memberikan daya tarik yang memikat bagi wisatawan. Tidak butuh waktu lama untuk menelusuri garis pantai, hanya perlu beberapa menit dari satu ujung ke ujung lainnya.

Bentuk yang dimiliki semakin indah karena adanya pasir putih dan gugusan batu karang yang dimiliki. Terlebih, karakteristik tanah dari pantai cantik ini termasuk landai, jadi semakin terlihat luas meskipun sebenarnya sempit. Di bagian tengah pantai biasanya digunakan untuk aktivitas camping atau berkemah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngedan
Photo by Google Maps Reni Sudibyo

Apabila anda berminat atau penasaran dengan keindahan Pantai Ngedan, silahkan datang ke Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Mengingat lokasinya yang lumayan terpencil, maka disarankan menggunakan kendaran pribadi ketika berkunjung.

Objek wisata pantai di Jogja ini masih belum ada akses kendaraan umum, tetapi anda bisa memanfaatkan transportasi online jika perlu. Meski demikian, tetap saja kendaraan pribadi lebih diutamakan karena lebih menghemat waktu dan biaya. Untuk rute nya sendiri, silahkan menuju ke Imogiri sebagai titik pertama.

Kemudian lanjutkan perjalanan menuju kawasan Siluk dan berakhir di daerah Panggang. Dari titik ini, akan ada papan petunjuk yang tersebar di beberapa titik, silahkan ikuti hingga menuju lokasi pantai. Jika masih bingung, silahkan tanga kepada warga setempat, lokasi pantai ini sudah dikenal oleh mereka yang tinggal di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Ngedan
Photo by Google Maps Simon Joni S

Tidak gratis tentunya jika anda ingin memasuki kawasan Pantai Ngedan. Ada biaya tiket masuk yang wajib dibayarkan sebesar 5.000 rupiah per orang, tidak ada batasan usia di sini. Selain itu, biaya lain yang wajib dikeluarkan yaitu untuk parkir kendaraan. Motor atau roda dua dikenakan 2.000 rupiah, sedangkan mobil hanya 3.000 rupiah.

Harga tiket masuk diatas tentunya sangat murah, apalagi anda bebas melakukan aktivitas dengan hanya biaya tersebut. Pantai eksotis ini dibuka setiap hari selama 24 jam, jadi silahkan datang kapan saja. Khusus bagi yang bermalam, silahkan membawa tenda sendiri dan alat penerangan dari rumah, karena di sini masih minim penerangan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai Ngedan
Photo by Google Maps imam munasir

Apa yang biasanya anda lakukan di pantai, aktivitas itu tidak jauh berbeda ketika mengunjungi Pantai Ngedan. Tetapi pantai ini tidak bisa dijadikan aktivitas berenang, jadi anda bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai gantinya!

1. Memancing di Spot Terbaik

Banyaknya batuan karang yang ada di pantai ini ternyata menjadi surga bagi pemancing. Bagaimana tidak, pada dasarnya ikan akan selalu menjadikan batu karang sebagai tempat perlindungan dan mencari makan. Di sinilah kesempatan besar menanti, tinggal mencari umpan yang tepat dan teknik memancing yang pas.

Bukan hanya wisatawan dari warga lokal saja yang menjadikan Pantai Ngedan untuk memancing, namun juga warga dari luar daerah. Pada umumnya, aktivitas memancing dilakukan etika air pasang, dimana batu karang saat itu terendam air laut. Pada saat itulah biasanya ikan-ikan akan bergerak ke pinggir pantai untuk mencari makan.

2. Sensasi Kemah yang Berbeda

Kemah di gunung sudah biasa, di pegunungan juga terlalu mainstream, bagaimana dengan kemah di pantai? Tidak semua pantai mengizinkan pengunjungnya untuk melakukan aktivitas ini. Biasanya, pantai cantik tersebut akan ditutup ketika menjelang petang dengan alasan keamanan. Lain halnya dengan Pantai Ngedan yang membebaskan wisatawan untuk mendirikan tenda.

Meski demikian, sebaiknya tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan garis pantai. Selain terganggu dengan ombak yang datang, mungkin saja hal itu menjadi berbahaya. Pengunjung yang melakukan aktivitas ini biasanya memanfaatkan air laut yang sedang surut. Dengan demikian, garis pantai menjadi sedikit lebih luas dan kemah pun lebih leluasa.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Ngedan
Photo by Google Maps Mita

3. Menjelajah Bukit

Faktanya, bukit yang mengapit Pantai Ngeden ini bukan hanya dijadikan sebagai hiasan. Banyak juga wisatawan yang melakukan aktivitas susur bukit di pagi atau sore hari. Jalan yang berkelok dan menanjak bukanlah sebuah halangan, justru dijadikan tantangan yang menarik. Apalagi deretan rimbun pohon hijau siap memanjakan mata, jadi aktivitas ini semakin menarik dilakukan.

4. Menunggu Keindahan Sunset

Banyak yang kurang tertarik dengan aktivitas menunggu, karena memang terlalu membosankan. Namun berbeda jika yang sedang anda tunggu adalah keindahan lam yang cantik dan mempesona. Matahari terbenam di sini sungguh cantik dan terlihat jelas, terutama ketika anda berada di atas bukit.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Pantai Ngedan
Photo by Google Maps Bonjour Nick!

Meskipun tidak terlalu ramai, Pantai Ngedan menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Sebut saja tempat parkir luas dan aman, toilet yang bersih, dan mushola yang disediakan bagi umat Muslim. Fasilitas yang tidak kalah penting di sebuah objek wisata adalah warung makan dan gazebo yang bermanfaat untuk tempat santai dan beristirahat.

Daya tarik dari pesona alam yang dimiliki memang tidak akan pernah terlupakan. Tidak ada ruginya jika anda mengunjunginya, paling tidak merencanakan kunjungan berikutnya menuju ke Pantai Ngedan. Mereka yang datang kebanyakan ingin kembali lagi jika ada kesempatan, maka jangan sia-siakan kesempatan yang anda miliki saat ini.