Pantai Ngeden, Pantai Pasir Putih & Bukit Karang Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Ngeden, Pantai Pasir Putih & Bukit Karang Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Krambil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Setiap orang memiliki selera yang berbeda jika berkenaan dengan tempat wisata. Beberapa orang memilih untuk datang ke tempat wisata yang lokasinya berada di pusat kota. Namun tidak jarang orang yang memilih cara lain untuk menikmati liburan, yakni dengan berkunjung ke tempat wisata dengan pemandangan alam yang luar biasa. Jika Anda termasuk golongan yang kedua, Pantai Ngeden harus masuk dalam daftar tujuan ketika musim libur tiba.

Pantai cantik ini merupakan salah satu permata yang tersembunyi di Gunung Kidul. Lokasi pantai yang berada di kawasan terpencil dan akses yang terbatas tidak menghalangi wisatawan untuk datang dan melihat dengan mata kepala sendiri betapa indahnya panorama yang terbentang di depannya. Berada di sebuah teluk kecil, Pantai Ngeden menjadi primadona baru di Gunung Kidul.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngeden

Wisata Pantai Ngeden Yang Memukau Dan Menarik Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Simon Joni S

1. Pagar Bukit Karang

Salah satu daya tarik utamanya adalah keindahan alam yang bisa dinikmati wisatawan dari dua tempat yang berbeda. Mengingat lokasinya yang tersembunyi di balik perbukitan dan diapit oleh dua buah batu karang yang sangat besar, wisatawan bisa melihat keindahan alam dari bibir pantai ataupun puncak bukit yang ada di sebelahnya.

Dari bibir Pantai Ngeden, wisatawan bisa bermain air sekaligus melihat luasnya Samudera Hindia yang berada tepat di depan mata. Namun jika Anda ingin melihat panorama indah yang berbeda, cobalah untuk naik ke atas bukit di sebelahnya yang bentuknya seperti kepala Penyu. Sekilas, bukit yang memanjang ke arah laut itu memang terlihat seperti kepala Penyu laut.

Untuk naik ke atas bukit wisatawan harus meniti tangga dengan gagang bambu sepanjang 400 meter. Tentu saja dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa melihat pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin naik ke atas bukit sebaiknya beristirahat sejenak di bibir pantai sembari memulihkan tenaga. Apalagi perjalanan jauh dari pusat kota tentu sudah menguras energi.

Sesampainya di atas wisatawan akan disuguhi pemandangan indah yang membentang di depan mata. Birunya Samudera Hindia terasa sedap dipandang. Pun saat kita melihat bagian pantai yang dihiasi pasir putih dengan air yang sangat jernih. Dari Gardu Pandang yang tersedia, wisatawan juga bisa foto-foto dengan latar belakang yang memukau. Selain keindahan laut, kawasan bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau yang terlihat mempesona.

2. Pantai Pasir Putih Halus

Pantai Ngeden juga dikenal sebagai pantai dengan pasir putih yang sangat halus. Meski beberapa pantai di Gunung Kidul juga memiliki pasir putih, namun hamparan pasir putih di pantai ini terasa berbeda karena lebih lembut ketika dipijak. Garis pantai yang pendek dan terpusat di bagian tengah batu karang besar membuat pantai ini terasa nyaman untuk beraktivitas tanpa alas kaki.

Wisatawan juga bebas bermain air karena dua bukit yang mengapit berperan sebagai pemecah ombak alami. Bongkahan batu karang yang berada di dekat pantai juga berfungsi sebagai pelindung agar wisatawan bisa bermain air dengan tenang. Meski demikian, kita harus tetap waspada karena pantai selatan pulau Jawa dikenal memiliki ombak ganas yang bisa datang kapan saja. Inilah yang membuat wisatawan selalu ingin datang lagi meskipun baru pernah datang ke pantai indah ini.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajah bagian tengah pantai yang dipisahkan bebatuan karang, diharapkan untuk berjalan pelan karena permukaan batu karang yang diselimuti ganggang laut terasa licin.

3. Pantai Gratis Favorit Wisatawan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika kota Yogyakarta dikenal dengan kota yang ramah bagi pelajar dan juga wisatawan. Kota Gudeg dikenal memiliki biaya akomodasi yang sangat murah. Apalagi warga kota Yogyakarta juga dikenal ramah, membuat Yogyakarta layak disebut sebagai daerah istimewa.

Selain aneka jenis kuliner yang enak dan murah, beberapa tempat wisata di Yogyakarta juga gratis untuk dikunjungi wisatawan. Di kabupaten Gunung Kidul yang terkenal dengan keindahan alamnya juga memiliki beberapa pantai indah yang tidak dipungut biaya sama sekali.

Pantai Ngeden menjadi salah satunya yang paling disukai wisatawan, khususnya mereka yang mengadopsi gaya liburan backpacker. Hanya dengan budget yang tipis, seorang backpaker harus bisa menjelajah sebanyak mungkin tempat wisata. Tidak heran jika kawasan pantai ini menjadi tujuan para backpacker yang ingin menikmati keindahan alam selama liburan.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Pantai Ngeden Gunung Kidul
Photo by Google Maps dwi susanti

Pantai Ngeden beralamat di Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang cukup jauh dari pusat kota membuat wisatawan harus merencanakan perjalanan dengan baik. Apalagi ada banyak pantai indah di sekitarnya yang layak untuk dikunjungi

Dari pusat kota, wisatawan harus menempuh 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi yang tersembunyi dan status pantai yang tidak terlalu populer membuat kendaraan umum seperti bus kota tidak bisa menjangkau area ini. Dari Imogiri, wisatawan mengambil jl. Siuk Panggang hingga sampai ke Perempatan Legundi dan belok ke kiri. Ikuti jalan Raya Panggang Wonosari yang akan menuju ke kecamatan Saptosari. Setelah sampai di Saptosari, wisatawan hanya perlu mengikuti penunjuk arah yang mengarah ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngeden

Tiket Pantai Ngeden
Photo by Google Maps Fitri Anana

Sejauh ini wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk menikmati keindahan yang ditawarkan kawasan Pantai Ngeden. Wisatawan hanya dikenakan parkir kendaraan Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Mengingat tidak ada loket dan sekretariat, pantai cantik ini bisa dikunjungi kapan saja. Namun di malam hari, tidak ada lampu penerangan di sekitar pantai sehingga wisatawan hanya bisa mengandalkan penerangan sendiri.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

 

Wisata Pantai Ngeden Yang Menawan Dan Lagi Hits Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Aminu Anafia

1. Menjelajah Pantai Sekitar

Lokasi yang terpencil ternyata memberikan berkah tersendiri bagi wisatawan. Meski telah menempuh perjalanan jauh dari pusat kota, wisatawan bisa sekalian mengunjungi pantai-pantai indah lain yang ada di sekitarnya.

Pasalnya, area Pantai Ngeden yang hanya dipisahkan oleh perbukitan kapur membuat wisatawan bisa berjalan kaki naik turun bukit untuk sampai di pantai ‘tetangga’. Di sebelah barat, ada Pantai Nglimun dan Pantai Njanganan. Dua pantai tersebut dikenal memiliki bongkahan batu karang besar yang memecah ombak. Terdapat jalan setapak semen yang membuat wisatawan bisa berjalan nyaman.

Berjalan ke barat sedikit, kita sudah sampai di Pantai Ngluwen yang juga memiliki pasir putih dan bukit karang indah. Sedangkan di sebelah timur, wisatawan bisa berjalan kaki untuk sampai di Pantai Pringjono yang juga tersembunyi dibalik perbukitan.

2. Memancing

Selain dikenal oleh kalangan backpacker, Pantai Ngeden juga dikenal oleh pemancing lokal yang tinggal di kawasan Gunung Kidul. Bebatuan karang yang berada di tepi pantai merupakan rumah bagi lobster besar. Selain itu, warga lokal juga sering mendapatkan ikan kerapu dengan ukuran sedang.

Di beberapa titik yang menjadi favorit pemancing, mereka bisa mendapatkan ikan berukuran besar namun membutuhkan joran khusus. Jika Anda hobi memancing ikan, datanglah dengan peralatan lengkap karena tidak ada tempat penyewaan alat pancing di sekitar pantai.

3. Camping

Tiket Masuk Di Wisata Pantai Ngeden Gunung Kidul
Photo by Google Maps dwi susanti

Jika Anda tertarik untuk merasakan sensasi camping di tengah gelapnya malam Gunung Kidul, Pantai Ngeden menawarkan pengalaman yang cukup menantang. Pengelola sendiri memang memperbolehkan wisatawan untuk mendirikan tenda di bibir pantai atau di kawasan bukit. Namun penerangan yang minim membuat para pecinta alam harus membawa penerangan sendiri.

Di sisi lain, minimnya penerangan justru akan menambah keindahan malam. Langit yang bertabur bintang terlihat lebih jelas saat minim penerangan. Kawasan sekitar yang dikelilingi bukit karang membuat angin malam tidak terlalu besar dan aman bagi tenda wisatawan.

Bagi yang ingin camping, disarankan untuk membawa teman yang berpengalaman karena kawasan pantai yang sepi di malam hari. Selain itu, camping juga hanya boleh dilakukan di musim kemarau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Wisata di Pantai Ngeden

Fasilitas Pantai Ngeden
Photo by Google Maps Reni Nur Safitri

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, fasilitas yang dibangun pengelola masih apa adanya. Akses jalan menuju Pantai Ngeden juga masih berupa setapak semen yang hanya bisa dilalui 1 mobil. Kendaraan besar belum bisa menjangkau area parkiran pantai. Fasilitas ibadah pun belum tersedia sehingga umat muslim yang mau beribadah harus pergi ke perkampungan yang ada di Dusun Bibis.

Di sekitar pantai, warung-warung milik warga menyediakan aneka makanan dan minuman bagi wisatawan yang tidak membawa bekal. Sedangkan area parkir sangat aman karena dijaga oleh warga dan pemilik warung.

Meski memiliki fasilitas yang terbatas, keindahan Pantai Ngeden dan kawasan perbukitan di sekitarnya tidak mengurangi niat wisatawan untuk datang dan menjelajah lokawisata. Wisatawan bahkan rela menempuh perjalanan jauh dari pusat kota hanya untuk bisa menikmati keindahan alam yang tersembunyi.

Perjalanan panjang terbayar lunas karena Pantai Ngeden tidak terlalu ramai oleh wisatawan sehingga kita bisa bebas bermain air dan foto-foto tanpa terganggu aktivitas pengunjung lain. Ibarat kata, wisatawan serasa berada di pantai pribadi yang ekslusif.