Pantai Ngetun, Pesona Pantai Indah yang Sarat Mitos di Gunung Kidul

Pantai Ngetun, Pesona Pantai Indah yang Sarat Mitos di Gunung Kidul
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sureng, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Menjelajah pantai-pantai indah di Gunung Kidul akan menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan saat liburan. Pasalnya, ada beragam pantai eksotis dengan pasir putih yang menawan. Menariknya, masih banyak pantai tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Seperti Pantai Ngetun, sebuah pantai indah yang letaknya diantara dua bukit besar dengan pasir putih yang menakjubkan.

Pantai Ngetun hanya dikenal di kalangan tertentu saja, khususnya anak muda yang suka menjelajah ke tempat-tempat yang baru. Sebagai pantai yang hits beberapa tahun terakhir, berikut apa saja hal menarik yang wajib diketahui!

Daya Tarik Wisata Pantai Ngetun

Wisata Pantai Ngetun Yang Unik Dan Menakjubkan Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Bernadus ADP

1. Kebenaran Mitos Batu Besar

Salah satu daya tarik dari Pantai Ngetun yakni tentang benar atau tidaknya mitos yang beredar. Ketika berjalan dari arah parkiran ke bibir pantai, kita bisa melihat area pantai dengan pasir putih yang memang tidak terlalu luas.

Di tengah pantai, terdapat sebuah batu karang besar yang seperti terdampar di pasir putih. Sejauh ini, warga setempat juga tidak mengetahui asal muasal batu karang besar tersebut. Sejak ditemukan, batu besar tersebut sudah terdampar di pinggir pantai.

Uniknya, batu karang ini memang sendirian, tidak ada jejak patahan atau pecahan batu di sekitarnya sehingga sejak jaman dulu batu ini dianggap sakral. Hingga akhirnya beredar mitos yang menyebut bahwa siapa saja yang menyentuh batu besar ini akan kena sial.

Wisatawan sendiri berusaha menghormati cerita tersebut dengan tidak menyentuh batu dan lebih fokus untuk menikmati keindahan alam yang terhampar di depan mata. Apalagi masih banyak spot menarik yang bisa menjadi tempat untuk melakukan aktivitas seru di sekitar pantai.

2. Kehidupan Bawah Laut yang Indah

Selain menawarkan keindahan alam yang terdiri dari bukit indah yang penuh pepohonan dan kawasan pantai pasir putih dengan air yang jernih, Pantai Ngetun juga memiliki pemandangan indah yang ‘tidak kasat mata’. Di balik jernihnya air dan batu karang yang tumbuh asri di dasar pantai, ternyata ada banyak ikan kecil yang menjadikan kawasan pantai sebagai habitat asli mereka.

Batu karang kecil yang tersebar di bawah dua bukit besar menjadi tempat hidup ikan-ikan. Wisatawan yang tertarik melihat kehidupan bawah air bisa berjalan di atas bebatuan karang dan memperhatikan aktivitas yang terjadi di dalamnya. Ikan-ikan kecil terlihat berenang di bawah batu karang dan sesekali tersapu ombak.

Menurut penuturan warga setempat, selain ikan-ikan kecil juga terdapat beberapa ikan berukuran sedang seperti ikan kakap dan ikan kerapu. Selain itu, terdapat banyak lobster yang tinggal di sela-sela batu karang yang berada di bawah kedua bukit. Warga sekitar juga memanfaatkan telur lobset dan sesekali menangkap lobster besar yang memiliki nilai jual tinggi.

Aneka ubur-ubur, kerang, hingga penyu laut pun sering terlihat berada di kawasan bibir pantai. Untuk penyu laut, wisatawan diharapkan untuk berhati-hati dan tidak diperbolehkan mendekat karena penyu laut sering takut untuk muncul. Warga juga menghimbau untuk tidak mengganggu keberadaan penyu laut jika ditemukan di tepi pantai karena beberapa lokasi di Pantai Ngetun dijadikan sebagai tempat bertelur bagi penyu laut tersebut.

Wisata Pantai Ngetun Yang Memukau Dan Menarik Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Triyanto Codot

3. Dua Bukit dengan Pemandangan Menakjubkan

Posisi Pantai Ngetun memang diapit oleh dua bukit karang yang ditumbuhi pepohonan hijau yang sangat teduh. Keberadaan bukit tersebut membuat kawasan pantai memiliki ombak yang cenderung lebih tenang. Ombak besar yang datang akan segera menghantam dinding bukit, menjadikannya lebih tenang ketika sampai di bibir pantai.

Dari tepi pantai, kita melihat dua bukit dengan puncak yang sangat menawan. Kabar baiknya, wisatawan bisa menjelajah ke puncak bukit dengan meniti setapak alami yang membelah pepophonan yang sangat rindang. Di sebelah timur pantai, wisatawan bisa mengambil jalur setapak yang letaknya berada di sebelah Mushola Al Hajar untuk meniti dua puncak bukit sekaligus, yakni puncak Watu Bangku dan Watu Gentong.

Bukit Watu Gentong merupakan puncak yang tidak terlalu tinggi, namun sudah cukup untuk melihat pemandangan indah di tepi Pantai Ngetun. Jika masih bertenaga, teruslah berjalan hingga sampai ke puncak Watu Bangku.

Dari dua puncak tersebut, wisatawan bisa melihat area pantai yang memiliki pasir putih indah yang berpadu dengan air laut berwarna hijau toska. Angin yang bertiup di atas bukit juga lebih kencang, namun tetap menyejukkan. Bagi wisatawan yang ingin trekking, disarankan untuk datang pada musim kemarau karena saat musim hujan, jalanan yang licin bisa membahayakan keselamatan pengunjung.

4. Pesona Sunset

Daya tarik yang paling membuat wisatawan bahagia ketika datang ke Pantai Ngetun adalah menikmati panorama yang cantik di sore hari. Perubahan warna langit dari biru cerah menjadi kuning kemerahan yang ditutup dengan pemandangan sunset yang indah membuat wisatawan ingin selalu datang untuk menikmati keindahan sunset.

Dari bibir pantai saja, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah ketika matahari mulai tenggelam. Namun jika ingin melihat pemandangan yang sempurna, mendaki ke bukit Watu Bangku dan Watu Gentong akan menyajikan pesona sunset yang tiada duanya. Dari atas bukit, gradasi warna langit terlihat lebih tajam dan dramatis.

Bahkan saat cuaca sedang cerah wisatawan bisa melihat dengan jelas matahari tenggelam secara perlahan. Perubahan warna langit terlihat lebih sempurna ketika kita bisa merasakan angin sepoi-sepoi dan suara kicau burung yang mulai bersarang di atas pohon. Kesempatan seperti ini membuat wisatawan tidak rela untuk turun dan pulang kembali ke penginapan.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Pantai Ngetun Gunung Kidul
Photo by Google Maps Helmi Afif

Pantai Ngetun berada di desa Sureng, Purwodadi, Tepus, dan bertetangga dengan Pantai Timang dan Pantai Nglambor di sebelah timur. Dari pusat kota Yogyakarta, jarak 76 kilometer bisa ditempuh selama 2,5 jam perjalanan menyusuri jalan berliku dan hutan pohon jati khas Gunung Kidul.

Bagi wisatawan yang ingin datang, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi mengingat akses angkutan umum yang terbatas. Apalagi, perjalanan panjang juga harus dilakukan sejak pagi agar bisa puas berwisata di pantai yang indah ini.

Dari Yogyakarta, wisatawan memulai perjalanan ke arah Wonosari dan mengambil jalur yang menuju ke Pantai Baron. Sesampainya di kecamatan Tepus, ambil ke arah kanan mengikuti jl. Pantai Selatan Jawa. Ikuti jalan menuju desa Sureng yang menjadi satu-satunya jalan menuju ke lokawisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Tiket Masuk Di Wisata Pantai Ngetun Gunung Kidul
Photo by Google Maps Fradana Subagya

Sebagai lokawisata yang masih asri dan tersembunyi, tarif parkir dan harga tiket di Pantai Ngetun tergolong murah. Wisatawan hanya dikenakan biaya parkir Rp 3.000,- untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Sedangkan pengelola tidak menarik biaya masuk alias gratis.

Wisatawan bebas datang kapan saja, namun kawasan pantai biasanya mulai sepi ketika malam hari. Meski demikian, di akhir pekan lokawisata ini ramai hingga malam karena banyak wisatawan yang mendirikan tenda di tepi pantai.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Pantai Ngetun Gunung Kidul
Photo by Google Maps Arif Nurismanto

1. Camping

Pengelola Pantai Ngetun memperbolehkan wisatawan untuk mendirikan tenda di tepi pantai. Akan tetapi, wisatawan juga wajib menghormati lingkungan dengan menjaga kebersihan dan tidak berbuat hal-hal yang dilarang. Di akhir pantai kita bisa menemukan beberapa tenda berdiri di tepi pantai hingga tengah malam.

Wisatawan yang ingin camping juga harus meminta izin kepada pengelola. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada buruk terjadi di sekitar pantai. Di malam hari kita bisa melihat langit Gunung Kidul yang dipenuhi bintang. Jika beruntung, sinar bulan menjadi teman yang akan setia menyinari sepanjang malam.

2. Mancing

Mancing merupakan aktivitas menarik di Pantai Ngetun yang disukai banyak orang. Jangankan wisatawan, warga lokal juga banyak yang memancing di pagi dan sore hari. Aktivitas ini terasa menyenangkan karena setiap orang berkesempatan mendapatkan lobster yang sangat besar.

Spot mancing favorit penduduk lokal adalah bebatuan karang yang terletak di tepi bukit. Menurut penuturan warga, kawasan tersebut banyak terdapat lobster dengan aneka ukuran. Jika beruntung, wisatawan juga bisa mendapatkan ikan laut berukuran sedang. Namun wisatawan perlu berhati-hati ketika berdiri atau berjalan menginjak batu karang. Terkadang karang yang diselimuti rumput laut atau ganggang laut membuat permukaannya terasa lebih licin.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Pantai Ngetun Gunung Kidul
Photo by Google Maps heru prasetyo

3. Foto Bawah Air

Seperti Pantai Nglambor yang terkenal karena kehidupan bawah laut yang asri, Pantai Ngetun memungkinkan wisatawan melihat aktivitas ikan-ikan dibalik batu karang. Jika membawa peralatan snorkeling, wisatawan bisa melihat kehidupan yang berlangsung di sekitar bebatuan karang. Tidak hanya itu saja, kamera anti air yang dibawa akan membuat liburan terasa sempurna.

Saat snorkeling di kawasan pantai, wisatawan bisa mengabadikannya dengan kamera anti air. Hasil foto terasa istimewa karena air laut yang sangat jernih. Bahkan dasar laut yang diselimuti pasir putih bisa terlihat dengan jelas.

4. Jelajah Tebing Karang

Para pecinta alam tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berjalan menyusuri tebing hingga bertemu dengan pantai lain di sekitarnya. Seperti yang kita tahu bahwa daerah selatan Gunung Kidul dihiasi dengan aneka pantai indah yang tersembunyi. Bahkan wisatawan bisa mengunjungi pantai tetangga, seperti Pantai Timang di sebelah timur dan Pantai Ilung di sebelah Barat.

Untuk mencapai keduanya, wisatawan hanya perlu berjalan menyusuri tebing dan kawasan perbukitan yang indah dengan sesekali melewati perkebunan milik warga. Perjalanan menuju ke pantai di sekitarnya terasa menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Wisatawan bisa melihat keindahan alam dari sudut pandang yang berbeda, memberikan pengalaman yang akan sulit untuk dilupakan.

Fasilitas Wisata di Pantai Ngetun

Fasilitas Di Wisata Pantai Ngetun Gunung Kidul
Photo by Google Maps Heru Hartanto

Sebagai pantai yang belum dikenal masyarakat luas, pengelola wisata pantai berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan fasilitas terbaik yang mendukung kebutuhan pengunjung. Di tepi Pantai Ngetun, terdapat mushola serta toilet dan kamar mandi. Area parkir pun dikelola dengan baik oleh warga setempat.

Hanya saja, akses jalan utama menuju lokasi pantai masih alakadarnya. Jalanan setapak tanah terkadang memberikan tantangan tersendiri bagi pengunjung, terutama ketika berkunjung saat musim hujan.

Terlepas dari segala kekurangan fasilitas yang tersedia, keindahan dan panorama alam di Pantai Ngetun layak diacungi dua jempol sekaligus. Wisatawan bebas menikmati suasana pantai dari berbagai sudut yang berbeda, dari tepi pantai pasir putih yang indah atau dari puncak bukit yang menyajikan pemandangan yang mempesona.