Jika berkunjung ke Gunung Kidul, Jogja, jangan sampai lewatkan keindahan Pantai Nglambor. Pantai eksotis ini menawarkan keindahan bawah laut yang memukau. Sedangkan kontur pantainya terbilang cukup unik dan menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Pantai Nglambor menjadi salah satu destinasi wisata memukau yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai yang satu ini menjadi incaran bagi para pelancong karena keindahan alam bawah laut dan sekitarnya yang cukup menawan. Seperti apa pesona dari Nglambor yang ada di Gunung Kidul ini? Daripada penasaran, cek informasi lengkapnya berikut ini!

Mengenal Pantai Nglambor Jogja

Mengenal Pantai Nglambor
Image Credit: Twitter.com @rismariyanto

Pantai Nglambor terkenal dengan pesona bawah laut yang cukup menawan dan juga menakjubkan. Selain memiliki keindahan yang memukau, ternyata pantai ini memiliki sebuah kisah yang cukup menarik untuk diperdengarkan. Cerita ini menjadi salah satu kisah yang mengiringi perjalanan tempat wisata ini.

Awalnya penduduk sekitar yang ada di pantai ini hanya mengandalkan mencari ikan dilaut dan bercocok tanam sebagai mata pencaharian utama. Namun, di wilayah pesisir pantai Laut Selatan memiliki wilayah yang bisa dibilang kurang subur. Hal inilah yang menyulitkan penduduk sekitar tidak bisa bercocok tanam dan lahan menjadi kurang produktif.

Belum lagi, di wilayah pantai tersebut terdapat banyak kera ekor panjang yang sering memakan habis tanaman milik warga setempat. Selain itu, mencari ikan juga sulit diandalkan sebagai mata pencaharian. Pasalnya nelayan setempat terkadang tidak mendapat tangkapan yang melimpah, bahkan ada beberapa waktu yang tidak menghasilkan sama sekali.

Pada sekitar tahun 2000 pemerintah setempat berupaya untuk menemukan potensi yang ada di Pantai Nglambor dengan cara memperbaiki akses jalan menuju destinasi wisata tersebut. Penduduk mengira dengan adanya perhatian pemerintah akan meningkatkan wisatawan yang berkunjung. Nyatanya, wisatawan yang datang hanya bisa dihitung dengan jari.

Kondisi tersebut akhirnya berubah ketika seorang pemuda datang ke lokasi pantai dan melakukan beberapa aksi. Pemuda ini mengaku cukup prihatin dengan perputaran perekonomian yang terjadi di wilayah tersebut. Hal inilah yang membuat dirinya untuk membentuk sebuah kelompok bernama Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) bersama penduduk sekitar.

Bersama dengan kelompok tersebut, berbagai upaya dilakukan dengan cara mempromosikan keindahan bawah laut Pantai Nglambor melalui media sosial. Semenjak saat itu, pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun pelancong mancanegara.

Karena alasan tersebut, warga yang tinggal di sekitar pantai ini dapat merasakan efek dari potensi wisata yang dihasilkan tersebut. Bahkan BNS menyediakan berbagai fasilitas, termasuk persewaan alat snorkeling bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor yang menawan.

Daya Tarik Wisata Pantai Nglambor

Daya Tarik Pantai Nglambor
Image Credit: Facebook.com @gunungkidulonline

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai ini memiliki keunggulan berupa pesona kehidupan bawah lautnya. Tak heran jika laut merupakan salah satu pesona dari Pantai Nglambor. Pengunjung akan disuguhi dengan keindahan terumbu karang yang tersusun indah dengan ribuan biota laut.

Gugusan karang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Tidak salah jika snorkling menjadi aktivitas yang wajib dilakukan ketika Anda bertandang ke wisata yang satu ini. Pengunjung akan diajak menikmati betapa indahnya pesona bawah laut yang ditemani dengan ikan ikan yang berenang di sekelilingnya.

Selain keindahan bawah lautnya, pemandangan sekitar dari Pantai Nglambor juga cukup unik. Hal ini karena bentangan tebing karang menghiasi sekeliling kawasan wisata alam ini. Di atas tebing dan bebatuan tumbuh berbagai macam pepohonan dan tanaman hijau. Sementara itu, pasir pantai yang sedikit kasar memberikan sentuhan yang cukup unik.

Keindahan dari pantai yang satu ini akan semakin memukau jika cuaca sedang dalam kondisi yang sangat cerah. Langit akan terlihat kebiruan dengan awan yang muncul di sekitarnya. Berkat cuaca cerah ini, tentunya wisatawan bisa melihat lebih dekat bagaimana kehidupan di bawah laut lebih mudah dan jelas.

Daya Tarik Nglambor
Image Credit: Twitter.com @muhtadi_001

Hal unik lainnya yang bisa Anda temukan ketika berada di kawasan wisata ini yaitu zona susah sinyal. Dimana sinyal di wisata ini tidak ada sama sekali karena lokasinya yang cukup jauh dari perkotaan. Sangat cocok bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan dari sosial media atau pekerjaan yang seringkali menguras pikiran.

Pengunjung bisa menemukan ketenangan dari panorama laut dan lingkungan sekitar dengan menikmati keindahan yang ada di depan mata. Sisi lainnya wisatawan harus bersabar untuk mengunggah foto ke sosial media pada waktu tersebut. Pasalnya, Anda baru bisa menggunakannya ketika sudah keluar dari wilayah.

Selain terkenal dengan snorkeling, ternyata ada hal menarik yang cukup memukau dari wisata yang satu ini. Hal ini karena pantai yang merupakan bagian dari Samudra Hindia yang terkenal dengan karakter gelombang laut. Tak heran jika memunculkan kekhawatiran yang cukup mengganggu. Beruntungnya hal ini tidak masalah karena adanya dua pulau yang ada di lepas pantai ini.

Semakin lengkap, keindahan pantai yang satu ini menjadi menawan dengan adanya pulau karang yang tidak dapat diabaikan. Berdiri gagah di lepas pantai, pantai ini cukup menantang kerasnya gelombang ombak. Tak heran jika dua pulau ini juga menjadi centerpiece untuk dinikmati ketika berkunjung ke pantai cantik ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Nglambor

Alamat Pantai Nglambor
Image Credit: Google Maps (Arie Cendana)

Sebelum mengunjungi pantai yang satu ini, wisatawan perlu mengetahui beberapa hal. Pasalnya, pantai ini tidak memiliki akses bagi transportasi umum. Hal inilah yang membuat pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi agar sampai ke wisata ini. Bagi Anda yang dari luar kota Jogja, maka bisa juga menyewa kendaraan sebelum menuju Pantai Nglambor.

Jika Anda datang dengan kendaraan roda empat, maka juga tidak dapat menjangkau area parkiran yang dekat dengan pantai. Sehingga, wisatawan diimbau untuk memarkirkan kendaraannya di pinggir jalanan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi karena sudah tersedia penjaga parkir.

Agar tiba di kawasan pantai ini, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan sekitar 1 km. Selain itu ada alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan ojek dari warga sekitar. Jika wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua, maka bisa mengakses langsung menuju area parkir yang tersedia di dekat pantai.

Pantai yang satu ini berjarak sekitar 71 kilometer dari pusat kota Jogja. Maka dari itu setidaknya diperlukan dua jam untuk sampai di lokasi tujuan. Perjalanan yang dimulai dari Jogja perlu mengarahkan kendaraannya ke Jalan Wonosari dan melewati Piyungan. Dari sini, pengunjung bisa berjalan menuju Pemda Wonosari dan lokasi Desa Purwodadi tak berjauhan dari rute tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Nglambor
Image Credit: Google Maps (Fis Ihsani)

Pantai yang satu ini sebenarnya berada satu kawasan dengan pantai pantai indah lainnya. Karena alasan tersebut, pengunjung hanya perlu membayarkan satu buah tiket masuk untuk menikmati keindahan yang tersaji di pantai. Sehingga, wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam dalam jika mengunjungi wisata alam yang satu ini.

Wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu sampai dengan 10 ribu saja untuk mengunjungi tiga pantai yaitu pantai Nglambor, Siung, dan Jogan. Selain biaya tiket masuk, wisatawan juga hanya perlu merogoh kocek untuk biaya parkir berkisar lima ribu untuk kendaraan roda empat dan dua ribu rupiah untuk sepeda motor.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nglambor

Aktivitas di Pantai Nglambor
Image Credit: Twitter.com @liburmuluid

1. Menikmati Kehidupan Bawah Laut yang Menawan

Keindahan bawah laut Gunung Kidul memang tidak bisa diragukan lagi untuk ditelusuri. Tak ayal jika Pantai Nglambor mengundang siapa saja untuk menikmatinya dari dekat dengan Snorkeling. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai ini dengan cara

Pesona kehidupan bawah laut pantai yang satu ini merupakan keindahan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pasalnya, pengunjung akan disuguhi dengan adanya gugusan terumbu karang yang cantik dan berwarna warni. Selain itu, terumbu karang juga menjadi rumah bagi berbagai macam spesies ikan yang berenang aktif mengelilingi lautan.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan yang satu ini, ada baiknya memperhatikan cuaca terlebih dahulu. Mengingat pantai ini merupakan bagian dari laut selatan, maka ombaknya cenderung tinggi. Kabar baiknya, pantai ini berada pada wilayah pasang surut laut. Hal inilah yang membuat pengunjung harus menentukan waktu tepat untuk kegiatan snorkeling.

Pemilihan waktu ini harus dilakukan untuk mengetahui kondisi laut yang ada di Pantai Nglambor apakah cocok atau tidak untuk melakukan kegiatan tersebut. Karena ketika laut dalam kondisi surut, para pengunjung tidak bisa menikmati keindahan bawah laut. Sementara itu jika air laut tinggi, maka akan berbahaya.

Informasi tambahan, para wisatawan dapat menyewa peralatan di kawasan pantai jika yang tak memiliki peralatan snorkeling. Biaya untuk satu kali penyewaan juga cukup terjangkau dan tentunya tidak menguras kantong. Jika Anda berniat datang pada musim liburan atau hari hari tertentu, ada baiknya menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu.

2. Mengabadikan Momen

Aktivitas snorkeling dan keindahan bawah laut akan sangat sayang jika tidak diabadikan dengan baik. Saat sedang menyelam, pengunjung dapat sekalian mengabadikan momen tersebut ke dalam sebuah jepretan foto. Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan jika dapat membawa pulang foto saat Anda sedang berada di lokasi wisata tersebut.

Aktivitas Pantai Nglambor
Image Credit: Twitter.com @area_jogja

3. Trekking di Sekitar Pantai

Meskipun garis pantai Nglambor tidak terlalu panjang, namun kawasan sekitar pantai bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jelajahi. Bukan hanya dari bibir pantai, para pengunjung yang datang juga bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai dan laut dari atas tebing. Hal ini semakin lengkap dengan adanya kontur pantai yang cukup unik dan menawan.

4. Menikmati Kuliner Khas Laut

Setelah puas menyelami kehidupan bawah laut, para pengunjung bisa memanjakan lidah dengan hidangan khas laut yang disediakan di kawasan pantai ini. Wisatawan dapat menikmati sajian ikan bakar atau goreng serta berbagai menu seafood yang disediakan di rumah makan atau kios warung warung sekitar pantai.

Jika Anda termasuk orang yang menyukai tantangan, maka bisa memancing dan mengolah sendiri makanan laut yang diinginkan. Apabila beruntung, Anda bisa saja menemukan lobster, gurita sampai dengan berbagai jenis kerang laut. Peluang ini semakin besar ketika wisatawan datang pada musim yang tepat.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Nglambor Jogja

Fasilitas di Pantai Nglambor Jogja
Image Credit: Google Maps (Ekohm Abiyasa)

Sebagai salah satu destinasi alam yang populer, pantai ini memiliki fasilitas cukup memadai. Di pantai ini sudah tersedia toilet, kamar bilas, musholla, ruangan penitipan barang dan beberapa gazebo. Pengunjung juga tak perlu khawatir jika berada seharian di sini dan kelaparan, sebab sudah tersedia rumah makan yang menyediakan berbagai menu hidangan.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui dari Pantai Nglambor. Menjadi destinasi yang memiliki keindahan lengkap, pantai ini menyuguhkan keindahan bawah laut hingga atas laut. Hal inilah yang membuat kawasan ini sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga maupun rombongan.

Give a Comment