Pantai Ngobaran salah satu pantai yang indah dan unik di Saptosari, Gunung Kidul, Jogja yang kaya pesona. Pantai ini dikelilingi tebing karang eksotis dan pura dengan nuansa ala Bali yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Sudah bukan rahasia lagi jika Jogja dan sekitarnya menjadi kota yang cocok untuk dipilih sebagai andalan destinasi wisata. Pada ulasan kali ini, Anda akan mengetahui sebuah objek wisata bahari yang terkenal di wilayah Gunung Kidul. Destinasi yang dimaksud adalah Pantai Ngobaran. Pantai ini mampu memberikan sensasi liburan yang menarik bagi wisatawan sekaligus menjadi simbol toleransi keagamaan. Penasaran bagaimana pesonanya? Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Daya Tarik Wisata Pantai Ngobaran

Daya Tarik Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Pantai Ngobaran memiliki panorama alam yang sangat indah. Hal tersebut rupanya menjadi magnet bagi para wisatawan yang hendak datang mengunjunginya. Pantai tersebut memiliki air yang cukup bersih, pesisir yang rindang, serta ombak yang besar. Hingga saat ini, lokasi tersebut tidak pernah sepi pengunjung, bahkan di hari hari biasa.

Jumlah wisatawan akan semakin membludak saat hari libur tiba, misalnya saat libur sekolah, tahun baru, atau libur hari raya keagamaan. Bahkan setiap weekend, tempat ini juga masih saja ramai dan tidak kalah seperti momen libur panjang. Warga Gunung Kidul atau warga lokal di sekitar lokasi juga masih sering mengunjungi pantainya meskipun sudah tidak asing lagi.

Bukan sekedar pantai biasa, Pantai Ngobaran ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi peribadatan. Di sana, Anda dapat menemukan sebuah masjid yang berdiri berdampingan dengan pura. Kedua rumah ibadah itu dibangun dengan menghadap ke laut. Tata letaknya yang strategis membuat orang yang beribadah di sana merasa nyaman.

Masih di lokasi yang sama, Anda juga dapat menemukan sebuah tempat ibadah aliran kejawen. Aliran kepercayaan kejawen atau kejawan ini merupakan peninggalan dari Pabu Brawijaya V. Di sana juga terdapat sebuah arca yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan upacara keagamaan tertentu.

Daya Tarik Ngobaran
Image Credit: Twitter.com @teaflavin

Selain menjadi tempat peribadatan, pantai ini juga menjadi salah satu lokasi wisata bersejarah. Kabarnya, di bagian puncak bukit karang terdapat sebuah rumah joglo yang di bagian depannya tedapat sebuah kotak kayu. Konon katanya, kotak tersebut menjadi tempat Prabu Brawijaya V yang merupakan keturunan dari Kerajaan Majapahit membakar dirinya.

Berdasarkan kepercayaan itulah. Pantai Ngobaran memiliki makna spesial bagi warga Gunung Kidul dan sekitarnya, termasuk penganut aliran kejawen. Selain itu, di lokasi tersebut sering dijadikan tempat upacara Galungan dan Melasti oleh penganut agama Hindu. Upacara Galungan dilakukan setiap bulan purnama sedangkan Melasti merupakan rangkaian upacara Nyepi.

Walaupun kental dengan nuansa khidmat, pantai eksotis ini tetap menarik untuk dikunjungi. Apabila datang di sore hari, Anda dapat melihat para nelayan yang mulai berangkat ke laut untuk berburu berbagai binatang, seperti landak laut, lobster, kerang, dan bintang laut. Hewan hewan itu banyak ditemukan di cekungan cekungan atau sela sela batu karang.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Ngobaran

Alamat Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (John Stefanus Chandra)

Pantai cantik ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya di Jalan Ngobaran, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Akses ke Pantai Ngobaran sangatlah mudah dan dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau sepeda motor. Jika mulanya Anda berada di pusat kota Jogja, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Panembahan Senopati.

Nantinya, setelah sampai di perempatan Jalan Brigjen Katamso, Anda ikuti saja jalannya hingga sampai ke Jalan Raya Panggang Wonosari. Apabila sudah sampai, Anda hanya perlu mencari lokasi pantainya saja. Total waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan yang telah disebutkan tadi hanya sekitar 1 jam 35 menit tergantung kondisi lalu lintas saat itu.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga sebenarnya bisa menggunakan kendaraan umum berupa bis. Akan tetapi, bagi wisatawan hal ini tergolong sangat merepotkan. Bis yang Anda tumpangi tidak bisa langsung mengantarkan Anda ke lokasi yang dimaksud. Anda harus turun di terminal Gunung Kidul kemudian menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran Jogja

Harga Tiket Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Yoto Chanel)

Wisata Bahari Ngobaran merupakan tempat rekreasi yang sangat terjangkau. Pasalnya, wisatawan yang datang hanya perlu membayar biaya masuk mulai dari 3 ribu rupiah saja. Menariknya, biaya 3 ribu ini sudah termasuk retribusi masuk ke pantai Ngrenehan yang lokasinya tidak jauh dari Ngobaran.

Sementara itu, untuk biaya parkirnya tergantung kendaraan yang Anda gunakan. Bagi Anda yang datang menggunakan sepeda motor, biaya parkirnya adalah sekitar 3 ribu rupiah. Sedangkan untuk mobil adalah 5 ribu rupiah. Dengan biaya ini, Anda bisa meletakkan kendaraan dengan aman dan nyaman.

Lantas bagaimana dengan rombongan yang datang menggunakan bis? Anda tidak perlu khawatir karena tempat parkirnya yang luas mampu menampung kendaraan tersebut. Retribusi parkirnya juga tidak terlalu mahal, yaitu hanya sekitar 20 ribu saja. Dengan alasan inilah akhirnya pantai ini dikenal sebagai tempat wisata yang ekonomis.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Pantai Ngobaran

Aktivitas di Pantai Ngobaran
Image Credit: Twitter.com @nizarzainury

1. Mengagumi Keindahan Panorama Laut dari Tebing

Sebenarnya Pantai Ngobaran ukurannya tidak sebesar pantai pada umumnya. Hal ini menyebabkan para wisatawan tidak dapat melakukan kegiatan bahari seperti berenang, snorkeling, atau bahkan bermain pasir. Hanya saja, tempat ini terkenal akan keindahan panoramanya yang berupa tebing.

Dari spot itulah dan bisa melihat hamparan laut yang luas. Melihat pantai dan laut dari atas ketinggian merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Sensasi ini hanya bisa didapatkan jika Anda mampir ke pantai yang memiliki topografi yang berbukit dan berbatu. Keunikan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Saat melihat kearah laut lepas dari atas tebing, Anda akan merasa rileks dan tenang. Anda juga akan dibuat kagum atas Kebesaran Tuhan yang mampu menciptakan landscape yang indah itu. Sejauh mata memangdang, Anda akan melihat lautan lepas berwarna biru yang memiliki ombak yang cukup besar. Hembusan anginnya juga lumayan kencang sehingga terasa sedikit segar.

2. Melihat Keindahan Arca di Bagian Gerbang Pantai

Destinasi wisata alam dan religi ini memiliki bentuk gerbang yang tidak biasa dan tidak seperti pantai pada umumnya. Saat berkunjung ke Pantai Ngobaran, Anda akan disambut oleh gerbang yang memiliki gaya arsitektur mirip dengan kawasan Bali. Gerbang tersebut berdekorasi mirip dengan gerbang menuju pura karena di setiap sudutnya terdapat patung dewa dewi.

Keunikan ornament itu membuat para wisatawan yang datang merasa tertarik untuk masuk ke dalamnya. Bahkan banyak juga diantara mereka yang berswafoto di dekat arca tersebut. Akan tetapi, Anda harus tetap menjaga sopan santun karena pantai ini adalah tempat peribadatan berbagai kepercayaan. Anda harus menghargai setiap ornamen yang terletak di sana.

3. Mengambil Swafoto di Tebing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keunikan Pantai Ngobaran dibandingkan dengan pantai lain adalah konturnya yang bertebing tebing. Dari atas sanalah Anda bisa menikmati keindahan laut lepas dengan leluasa. Panorama inilah yang membuat banyak orang menggunakannya sebagai spot foto.

Setiap hasil jepretan yang Anda ambil di sana akan terlihat sangat indah. Hamparan laut berwarna biru dengan langit yang cerah serta ombak yang tinggi akan masuk ke dalam hasil gambarnya. Tidak heran jika kemudian foto tersebut layak untuk Anda unggah ke halaman social media seperti instagram maupun facebook.

Nantinya foto ini dapat Anda gunakan sebagai kenang kenangan sekaligus pengingat bahwa Anda pernah singgah ke pantai berpanorama indah yang kental dengan unsur keagamaan. Saat mengambil foto, Anda harus berhati hati agar tidak jatuh dari tebing. Meskipun di sekitarnya sudah ada pagar, Anda tetap perlu memperhatikan setiap langkah agar tidak terperosok.

Aktivitas Pantai Ngobaran
Image Credit: Facebook.com @wego.indonesia

4. Mengenal Berbagai Upacara Keagamaan

Pantai Ngobaran menjadi spot bagi warga Gunung Kidul dan sekitarnya untuk melakukan berbagai upacara keagamaan. Jika Anda datang di saat waktu yang tepat, Anda dapat melihat bagaimana masyarakat setempat menjalankan ritualnya. Pengalaman ini sangat jarang ditemukan dan pastinya sangat mengesankan.

Walaupun mungkin ritual yang dilakukan tidak sejalan dengan agama yang Anda anut, tidak ada salahnya untuk mengenalnya lebih dalam. Anda akan menyadari bahwa Indonesia memang benar benar memiliki kebudayaan yang unik dan menarik. Walaupun setiap agama memiliki cara penyembahan yang berbeda, kita tetap dapat bersatu menjadi sebuah negara yang utuh.

5. Mempelajari Indahnya Toleransi

Meskipun pantainya tidak terlalu besar, di sana terdapat banyak rumah ibadah. Anda dapat menemukan masjid dan pura, bahkan tempat ritual kejawen yang berhubungan dengan Prabu Brawijaya V. Keunikan ini memiliki makna yang sangat dalam. Hal tersebut menjadi bukti bahwa masyarakat yang menggunakan kawasan ini untuk beribadah memiliki toleransi yang tinggi.

Bayangkan saja, saat ritual kejawen dilakukan, di sisi lain ada orang yang sedang sholat di dalam masjid. Mereka bisa saling menghargai dan tetap khusyuk dengan apa yang mereka lakukan masing masing. Saat ada perayaan keagamaan tertentu, setiap orang juga bertanggung jawab untuk menjaga agar rumah ibadah lain yang ada di sana tetap bersih.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Anung Nugroho Jati)

Dari segi fasilitas, Pantai Ngobaran bisa dibilang sangat lengkap dan memadai. Bahkan rasanya tidak berlebihan jika lokasi ini diberi gelar tourism friendly. Pengunjung yang datang tidak perlu pusing mencari tempat parkir karena di sana terdapat halaman luas yang langsung berhadapan dengan gapura pantai. Hal tersebut membuat wisatawan tidak perlu berjalan jauh untuk masuk ke sana.

Selain lokasi dan luas area parkir yang cukup baik, pantai ini juga memiliki toilet yang bersih. Pastinya hal ini sangatlah penting, karena objek wisata yang baik adalah mereka yang memiliki toilet yang bersih. Hal ini menjadi bukti bahwa pihak pengelola mengurus pantai ini dengan baik. Hal tersebut pada akhirnya akan membuat wisatawan merasa nyaman.

Bukan hanya itu saja, pengunjung dapat menemukan berbagai warung atau kios penjual makanan sehingga Anda dan keluarga bisa beristirahat sekaligus mengisi perut. Harga yang mereka tawarkan juga cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu cemas dan khawatir. Menu yang disediakan juga beragam dengan rasa yang lezat.

Saat hendak pulang, Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh dari toko souvenir. Karena selalu ramai pengunjung, penduduk sekitar akhirnya membuka sebuah toko yang digunakan untuk menjual berbagai barang khas dan beridentitas Ngobaran. Misalnya saja, Anda bisa membeli gantungan kunci yang memiliki gambar atau ukiran bertuliskan Pantai Ngobaran.

Demikianlah informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Ngobaran. Jika ada waktu, sempatkan diri Anda untuk datang ke sana. Walaupun kegiatan yang bisa dilakukan tidaklah banyak, setidaknya Anda dapat melihat secara langsung bagaimana keunikan destinasi ini. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto untuk kenang kenangan.

Give a Comment