Pantai Ngrenehan, Pantai Cantik yang Diapit Bukit Kapur Eksotis di Bantul

Pantai Ngrenehan, Pantai Cantik yang Diapit Bukit Kapur Eksotis di Bantul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbicara mengenai tempat wisata di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya apalagi wisata baharinya. Tanah ibu Pertiwi ini seakan menyimpan sebagian keindahan alamnya di bawah air. Hal ini pun nampaknya berkaitan dengan fakta bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Maka sangat wajar bila pantai dan laut yang ada di Indonesia dinobatkan sebagai yang terindah di dunia.

Hampir semua pulau di Indonesia memiliki pantai yang mayoritasnya sudah terbuka untuk wisatawan. Di pulau Jawa sendiri, Yogyakarta dan Banten merupakan daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki banyak pantai nan eksotis. Daerah dengan persebaran pantai terbanyak di Jogja berada di wilayah Gunung Kidul dan Bantul.

Pantai Ngrenehan adalah salah satu wisata bahari yang berlokasi di Bantul. Pantai ini menyajikan keunikan dan kekhasan yang belum tentu ditemukan di lokasi lainnya. Oleh karena itu, jika Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk singgah di Pantai Ngrenehan ini. Di mana jarak antara kedua kota tidak begitu jauh.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngrenehan

Wisata Pantai Ngrenehan Yang Memukau dan Menarik Di Bantul
Photo by Google Maps Reza Rahman

Hal yang paling menonjol dari objek wisata yang ada di wilayah Saptosari ini adalah pantainya yang diapit gunung kapur pada bagian kiri dan kanan. Sehingga menyerupai teluk dan memberikan kesan eksklusif bagi para pengunjung. Sudah menjadi rahasia umum bahwa daerah Saptosari tersohor dengan perbukitan karst (kapur) yang sangat menarik.

Keberadaan bukit kabur yang agak menjorok ke laut nyatanya dapat menahan hantaman ombak. Dengan begitu ombak di pantai cantik ini tidak terlalu besar. Jadi pengunjung merasa lebih aman sebab deburan ombaknya tidak terlalu besar.

Bentuk pantai Ngrenehan sangat khas dan unik dan jarang ditemui di Indonesia sekalipun, dimana menyerupai kurva lingkaran sempurna. Dari ketinggian, bentuk pantai eksotis di Bantul mirip seperti corong.

Yang paling khas dari pantai ini adalah bukit karang di sisi kanan dan kiri dipenuhi cangkang dan kerang laut. Ini terjadi akibat proses pengangkatan permukaan bumi pada jutaan tahun lalu. Proses inilah yang menghasilkan kondisi sekarang ini dimana kerang dan cangkang laut itu terdorong naik dan ikut terangkat di atas bukit.

Selain disebut dengan dua bukit besar, pengunjung akan diberi ucapan selamat datang dari jejeran perahu-perahu saat tiba di Pantai Ngrenehan. Perahu itu adalah milik warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Maka tidak jarang pantai di Desa Kanigoro disebut pula sebagai pantai nelayan.

Tidak jarang, pengunjung juga akan melihat aktivitas para nelayan saat mempersiapkan jala, perahu dan peralatan penunjang lainnya. Pemandangan ini jelas amat jarang terlihat di pantai-pantai lainnya.

Wisata Pantai Ngrenehan Yang Asyik Dan Lagi Hits Di Bantul
Photo by Google Maps Imam 120975

Citra pantai cantik di Bantul ini tesohor sebagai pantai nelayan pun tercermin sejak saat memasuki objek wisata ini. Dimana banyak ditemukan pedagang ikan yang menjajarkan hasil tangkapannya maupun hasil olahan seafood. Hasil laut itu pun masih sangat segar bahkan di pantai hidden paradise Bantul ini pun terdapat lokasi pelelangan ikan. Jadi selain pulang membawa pengalaman berharga, pengunjung juga dapat membawa buah tangan berupa ikan segar hasil tangkapan nelayan Desa Kanigoro.

Halusnya deburan ombak berpadu dengan lembutnya pasir putih menambah kesempurnaan pantai yang berad di sebelah barat Gunung Kidul. Belum lagi, jernih dan birunya air pantai yang membuat pengunjung semakin terkesima. Tebing-tebing dari bukit yang melingkupi pantai membuat siapa pun enggan untuk cepat-cepat beranjak.

Garis pantai yang dimiliki pantai kece di Bantul ini mungkin tidak sepanjang mayoritas pantai lainnya. Panjangnya hanya sekitar 100 meter saja. Namun, lanskap dari salah satu pantai eksotis di Jogja bisa diadu bahkan bisa dinobatkan sebagai hidden beach di Bantul.

Nikmatnya pantai elok ini dapat pengunjung eksploitasi secara maksimal. Mengingat objek wisata bahari ini belum banyak dikunjungi masyarakat sehingga masih sepi dan asri. Faktor yang menyebabkan pantai yang sering dijadikan tempat upacara adat saat perayaan Nyepi ini masih sepi peminat karena kalah pamor dari pantai Ngobaran yang letaknya tidak jauh. Wisatawan akan semakin dimanjakan dengan kehadiran batuan karang yang gagah di sekitar pantai.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah aksesnya yang mudah. Selain itu, Pantai Nelayan ini pun mematok harga retribusi atau harga tiket masuknya murah. Berbanding terbalik dengan pemandangan yang ditawarkan begitu eksklusif nan menawan. Lokasinya pun sangat strategis karena berdekatan dengan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan yang berjarak kurang lebih 1 kilometer.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Pantai Ngrenehan Bantul
Photo by Google Maps Taufiq Ardi

Pantai cantik di Bantul ini tepatnya berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. dari pusat kota Gudeg, wisatawan perlu menempuh sekitar 53,7 km dengan asumsi waktu 1,5 jam. Rute perjalanan yang pengunjung tempuh antara lain: Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading (Lapangan AAU) – Pertigaan Gading, ambil arah kanan ke Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pertigaan yang ada tulisan “Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran” belok kiri – Pantai Ngrenehan.

Akses jalan yang mudah sehingga memungkinkan ditempuh menggunakan roda dua maupun roda empat. Namun, wisatawan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja sebab transportasi publik di sini masih belum bersahabat.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Tiket Masuk Di Wisata Pantai Ngrenehan Bantul
Photo by Google Maps Teguh setia aribowo

Dengan segala keunggulan dari pantai eksotis di Bantul ini, pengunjung tidak perlu menyiapkan budget yang besar bahkan harga tiket masuknya sangat ramah di kantong. Setiap pengunjung hanya membayar Rp 5.000 belum termasuk pembayaran parkir. Tarif parkir ini bervariasi yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dibawa oleh wisatawan.

Untuk kendaraan motor tarif parkirnya sebesar Rp 3.000 dan kendaraan mobil dikenakan tarif Rp 5.000. Sedangkan untuk mode transportasi bus ukuran kecil harus membayar Rp 15.000 dan bus ukuran besar Rp 20.000.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Pantai Ngrenehan Bantul
Photo by Google Maps Anita Fadaly Symsiar

Kurang asyik rasanya jika ke Pantai Ngrenehan hanya duduk di pinggiran saja tanpa mengeksplorasi potensi lainnya. Berikut kegiatan-kegiatan seru yang wajib Anda coba saat berkunjung.

1. Menikmati Alam dan Treking ke Bukit Karang

Terpaan ombak yang tidak terlalu keras dan lembutnya pasir akan memberi ketenangan bagi jiwa dan raga. Sejauh mata memandang hanya hamparan birunya laut dan hijaunya pepohonan di dua bukit kapur dan pohon lainnya di sekitar pantai. Hembusan angin pantai yang menerpa kulit seakan membuat wisatawan untuk menutup mata agar lebih menghayatinya.

Namun kalau hanya menikmati, keindahan lukisan Tuhan yang terpatri di pantai Ngrenehan dari pinggir pantai sangat monoton. Mengingat bentuk yang khas dari pantai sehingga terlihat seperti teluk berpadu dengan jernihnya air dan warna biru yang selaras antara air sangat sayang jika disia-siakan begitu saja. Supaya anti mainstream, maka Anda bisa melihatnya dari ketinggian.

Bagaimana caranya, harus menggunakan drone? Tentu saja tidak. Manfaatkan apa yang sudah sediakan di pantai Ngrenehan berupa bukit karang. Anda hanya perlu trekking tipis-tipis ke atas bukit tersebut sampai dirasa posisi Anda sudah cukup tinggi dan pantai cantik ini dapat terlihat secara keseluruhan.

Kapan lagi bukan trekking menaiki bukit di Pantai. Anggap saja liburan ke Labuan Bajo atau Raja Ampat versi murah. Tapi jangan salah, panorama yang akan dilihat dari ketinggian akan sangat berbeda bahkan mulut Anda mungkin secara otomatis terbuka. Karena tidak percaya akan eksotis dan menawan itu.

2. Menyusuri Pantai dengan Perahu

Banyak perahu milik warga setempat yang bersandar di pantai Ngrenehan sebagiannya disewakan sebagai sarana alternatif menikmati keindahan pantai dengan cara tidak biasa. Kegiatan menyusuri pantai akan memberikan pengalaman yang berkesan.

3. Menyantap Kudapan Seafood

Dari julukan sebagai pantai Nelayan maka wajib hukumnya untuk mencicipi kudapan berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Menu yang paling direkomendasikan adalah ikan goreng sambal hijau dimana sambal ijonya lah yang menjadi “bintangnya”. Rasanya tentu berbeda dengan hidangan seafood di restoran. Pasalnya ikan yang diolah adalah ikan segar sehingga meningkatkan cita rasa dan kelezatannya.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Pantai Ngrenehan Bantul
Photo by Google Maps andri gandhi

Ikan yang tersedia mulai dari kakap, gurame, nila, kerapu merah, cumi, udang, hingga kepiting. Anda juga harus mencoba saus asam manis yang segar menggoda lidah. Warung di sini menghadap ke arah laut sehingga sambil menyantap makanan bisa sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin.

4. Wisata Budaya Kearifan Lokal

Selain menikmati wisata alam dan wisata kuliner, Pantai Ngrenehan pun menyuguhkan wisata budaya. Setiap bulan purnama ataupun 15 hari sebelum perayaan nyepi tiba akan dilaksanakan upacara adat.

Kegiatan yang masih dipegang teguh oleh masyarakat ini dinilai penuh dengan aroma mistis. Sehingga saat menyaksikannya pengunjung jangan sampai bengong atau dalam pikiran kosong dan tetap berhati-hati. Upacara adat ini menambah pengalaman bertualang Anda di pantai indah ini semakin berwarna.

5. Bermain Pasir

Pasirnya yang lembut bisa menjadi sarana bermain-main dengan teman atau anak-anak. Kegiatan mengubur teman sampai sebatas leher seperti menarik untuk dilakukan. Apalagi melakukannya secara bersama-sama dengan teman-teman. Atau mungkin membuat istana pasir menjadi aktivitas menyenangkan bagi sang buah hati.

6. Berswafoto dan Hunting Foto

Pemandangan yang indah di Pantai Ngrenehan harus secepat mungkin diabadikan lensa kamera. Khawatir wisatawan akan terbuai dengan keindahan dan aktivitas lainnya sehingga lupa untuk mengabadikan panorama alamnya yang menakjubkan.

Setelah puas dan dirasa cukup mengabadikan setiap sudut pantai eksotis ini, kini giliran Anda yang bergaya layaknya model papan atas. Dengan latar belakang birunya laut dan sedikit ujung bukit kapur menghasilkan gambar yang indah. Siapa pun yang melihat akan penasaran dimana tempat itu berada.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Ngerenah

Fasilitas Di Wisata Pantai Ngerenah Bantul
Photo by Google Maps lathifah aini

Bagi pengunjung kelengkapan fasilitas sebuah tempat objek wisata kurang lebih akan menentukan jadi atau tidaknya mengunjungi tempat tersebut. Untuk menyiasatinya, pengelola tempat wisata pun harus sadar untuk menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang. Sehingga menambah rasa kenyamanan dari para pengunjung dan memungkinkan pengunjung akan kembali lagi.

Fasilitas yang diminta para pengunjung pun tidak muluk-muluk. Pra-saranannya pun tidak harus mewah, asalkan bersih dan terawat saja pengunjung sudah sangat bahagia. Fasilitas itu pun tidak harus ada dari A sampai Z, sediakan saja fasilitas yang dianggap perlu dan penting, Misalnya mushola dan toilet, karena di pantai wajib juga disediakan ruang ganti.

Di Pantai Ngrenehan sendiri, fasilitas yang tersedia sudah baik dan lumayan lengkap, antara lain:

  • Mushola
  • Kamar mandi dan toilet umum
  • Warung makanan dan minuman
  • Lokasi pelelangan ikan
  • Area parkir kendaraan

Dari ulasan di atas masih belum yakin untuk bertandang ke Pantai Ngrenehan atau sudah tidak sabar. Pantai cantik ini merupakan pesona tersembunyi yang ada di Bantul yang dapat menyihir dan mengesankan di mata maupun di hati para pengunjung. Jadi, saat Anda bertandang ke kota Pelajar, jangan lupa menjadikan pantai cantik di Bantul sebagai prioritas tujuan liburan.