Pantai Nguluran, Menikmati Panorama Indah dari Teras Kaca di Gunung Kidul

Pantai Nguluran, Menikmati Panorama Indah dari Teras Kaca di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Wisata Jogja seolah tidak pernah ada habisnya. Satu lokawisata viral dan langsung diserbu wisatawan, maka tidak lama kemudian muncul tempat wisata baru yang tidak kalah mempesona. Ritme seperti ini selalu terulang di kota Yogyakarta, yang memang menjadi surga wisata yang tidak pernah mengecewakan pengunjung. Di Gunung Kidul, Pantai Nguluran menjadi salah satu pantai yang populer beberapa tahun terakhir.

Pantai Nguluran memang tidak seperti pantai lain yang memiliki gugusan pasir putih yang indah. Namun ada sesuatu yang membuatnya berbeda. Dan wisatawan pun setuju bahwa meski mereka tidak bisa bermain air, tapi aneka wahana menarik menjadi pengganti yang sepadan karena tetap bisa memberikan kebahagiaan saat liburan. Apa saja daya tarik dari pantai ini?

Daya Tarik Wisata Pantai Nguluran

Wisata Pantai Nguluran Yang Memukau Dan Lagi Hits Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Budi Sutrisno

1. Teras Kaca

Daya tarik utama dari Pantai Nguluran adalah aneka spot foto selfie anti-mainstream di kota Yogyakarta. Jika biasanya spot foto selfie berada di tengah hutan atau di perbukitan, wisatawan justru bisa datang ke spot selfie menantang yang ada di tepi jurang.

Salah satu wahana yang menjadi favorit wisatawan adalah Pantai Teras Kaca. Sesuai dengan namanya, tempat selfie ini terlihat seperti sebuah teras rumah. Hanya saja bagian lantai tidak menggunakan keramik, melainkan kaca transparan yang tebal sehingga aman untuk dipijak dengan kaki telanjang.

Wisatawan tidak perlu takut jatuh karena konstruksi bangunan telah dirancang khusus dapat menahan beban meski berada di tepi jurang. Dari Teras Kaca, wisatawan bisa melihat batu karang dan ombak yang saling beradi di bawahnya. Kaca transparan memberikan pemandangan yang jelas akan keindahan alam di sekitar tebing batu karang.

Untuk bisa mencoba wahana Teras Kaca, wisatawan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 25.000,- dan harus rela antri jika ada banyak pengunjung. Demi keamanan konstruksi, wisatawan yang ingin berada di Teras Kaca dibatasi sehingga harus rela bergantian dengan pengunjung lain.

2. Glass Boat

Jika Teras Kaca sedang ramai, Anda bisa mencoba wahana Glass Boat terlebih dahulu. Ukurannya memang tidak terlalu besar seperti Teras Kaca, namun ornamen berbentuk kapal dengan kaca transparan di bagian bawah tetap menyajikan pemandangan sekaligus pengalaman yang sangat menantang.

Bentuk wahana di Pantai Nguluran yang terlihat seperti geladak kapal berwarna putih dan kaca transparan membuat kita teringat film Titanic. Tidak heran jika wisatawan juga rela antri untuk bisa foto-foto di wahana ini. Sama dengan Teras Kaca pengunjung juga dikenakan biaya tambahan untuk berada di Glass Boat. Hanya dengan membayar Rp 30.000,- Anda berkesempatan untuk berada di Glass Boat sembari menikmati keindahan alam di depan mata.

3. Becak Terbang

Wisata Pantai Nguluran Yang Unik Dan Menarik Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Tambang Raras

Teras Kaca dan Glass Boat memang cukup menantang dan memberikan rasa takut kepada beberapa wisatawan. Oleh karena itu, pengelola Pantai Nguluran memberikan alternatif lain yang bisa dipilih bagi wisatawan yang ingin tetap foto apik tanpa perlu menguji keberanian.

Becak Terbang adalah sebuah wahana yang letaknya berada di tepi tebing, namun tidak menjorok ke bagian luar tebing seperti halnya Teras Kaca dan Glass Boat. Miniatur becak yang memiliki sayap ini ditopang oleh besi yang membuatnya terlihat seperti terbang.

Jika wisatawan pandai dalam mengambil gambar, hasil fotonya terlihat luar biasa karena kita bisa terlihat seperti menaiki becak yang sedang terbang di tepi pantai. Biaya yang dikenakan kepada wisatawan sebesar Rp 10.000,- untuk bisa bebas foto-foto di Becak Terbang.

4. Giant Chair

Pantai Nguluran memiliki aneka pilihan wahana yang menantang, unik, dan juga tidak biasa. Tidak percaya? Giant Chair buktinya. Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah miniatur kursi kayu yang berukuran jumbo. Bahkan untuk bisa menaikinya, wisatawan harus meniti tangga dan menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan.

Sesampainya di atas Giant Chair, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dari tempat yang lebih tinggi. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk foto-foto sembari mengabadikan momen. Banyak pasangan tua muda yang memilih Giant Chair sebagai tempat berpose mesra. Tidak heran jika Giant Chair merupakan tempat yang paling romantis dan paling disukai oleh wisatawan yang datang bersama pasangan.

5. Giant Teras

Jika Teras Kaca dan Glass Boat tidak cukup menantang, cobalah untuk melihat keunikan sekaligus kemegahan Giant Teras yang letaknya tidak jauh dari wahana-wahana lain. Ukuran yang lebih besar dengan lubang besar di bagian tengah memberikan keseruan. Memang di bagian lubang telah ditutup dengan jaring pengaman, namun tetap saja ketiadaan kaca di area tengah memberikan tantangan tersendiri.

Karena ukuran yang lebih besar, Giant Teras mampu menampung lebih banyak orang. Giant Teras cocok dijadikan sebagai spot foto bagi wisatawan yang datang bersama rombongan. Area yang lebih lebar tentu menyenangkan jika dikunjungi bersama-sama sembari berpegangan tangan. Dan tentu saja, pemandangan alam indah terbentang luas dengan angin sepoi-sepoi memberikan rasa yang menenangkan.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Pantai Ngulura Gunung Kidul
Photo by Google Maps Gix Antoro

Pantai dengan tebing indah ini beralamatkan di Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Lokasinya berada di tepi tebing dan ini merupakan pantai dengan tipe bebatuan serta batu karang. Karakter pantai membuat wisatawan tidak bisa bermain air karena tidak ada garis pantai yang landai.

Sebagai tempat wisata baru yang langsung populer, tidak terlalu sulit untuk menemukan rute menuju Pantai Nguluran. Dari pusat kota Yogyakarta wisatawan bisa menuju ke jl. Wonosari – Patuk dan mengambil jalur ke arah Paliyan. Hanya dengan mengikuti jalan saja, wisatawan segera sampai di Girikarto. Selanjutnya, ikuti papan petunjuk yang terpampang jelas di tepi jalan utama.

Harga Tiket Masuk Pantai Nguluran

Tiket Masuk Di Wisata Pantai Ngulura Gunung Kidul
Photo by Google Maps Trisno Ary Budi

Tiket masuk ke kawasan wisata hanya sebesar Rp 5.000,- per orang. Hanya saja wisatawan harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin mengunjungi spot foto. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 25.000,- untuk Teras Kaca, Rp 30.000,- untuk Glass Boat, Rp 10.000,- untuk Becak Terbang, dan Rp 10.000,- untuk Giant Chair. Sedangkan fasilitas lain seperti Gazebo dan taman bunga gratis untuk wisatawan.

Wisatawan bisa datang setiap hari karena pengelola tidak pernah libur. Sedangkan kawasan wisata baru dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Di akhir pekan dan tanggal merah, jam operasional dibuka lebih awal, yakni mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Pantai Ngulura Gunung Kidul
Photo by Google Maps Wisata Jogja 988

1. Foto-foto

Alasan utama wisatawan datang ke Pantai Nguluran tentu saja untuk menambah koleksi foto. Berada di lokasi yang sangat strategis, terdapat aneka wahana yang unik dengan latar Samudera Hindia yang menakjubkan. Spot foto seperti Teras Kaca, Becak Terbang, Giant Chair, Glass Boat, dan bahkan taman-taman indah di sekitarnya selalu ramai dipadati oleh wisatawan. Pengunjung bahkan rela antri hanya untuk mendapatkan kesempatan untuk mengabadikan momen liburan di Teras Kaca yang menjadi ikon tempat ini.

Bahkan pengelola juga menyediakan fotografer profesional yang bisa disewa dengan tarif khusus. Di tangan tukang foto berpengalaman, tentu saja hasil tangkapan kamera terlihat jauh lebih memuaskan. Tidak jarang juga lokawisata dijadikan sebagai spot pre-wedding bagi pasangan yang hendak menggelar resepsi pernikahan.

2. Uji Keberanian

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Pantai Ngulura Gunung Kidul
Photo by Google Maps Vita Nugroho

Siapa bilang jika di Pantai Nguluran kita tidak bisa melakukan hal-hal seru yang menyenangkan? Justru beberapa wahana yang tersedia memberikan tantangan tersendiri yang wajib untuk dicoba. Wisatawan pun harus menguji keberanian mereka ketika berada di Glass Boat, Teras Kaca, atau Giant Teras. Jarak konstruksi yang cukup tinggi dan letaknya yang berada di bibir jurang kerap membuat kaki terasa kesemutan.

Dan jika wahana spot foto tersebut dianggap tidak menakutkan, cobalah wahana baru yang bernama Jogja Swing. Ini merupakan wahana yang menguji adrenalin karena wisatawan akan berayun di tepi tebing. Meskipun dilengkapi dengan tali pengaman, namun berayun dari atas tebing tetap memberikan pengalaman yang mendebarkan.

3. Menikmati Keindahan Alam

Uniknya, meski banyak wisatawan yang penasaran dengan aneka wahana di Pantai Nguluran mereka justru takut ketika sudah melihatnya langsung. Hal ini menyebabkan beberapa wisatawan hanya menjadi penonton, menyaksikan pengunjung lain mencoba aneka wahana yang menantang. Akan tetapi, meskipun tidak berfoto di wahana ikonik, wisatawan tetap bisa bahagia dengan menyaksikan panorama dan kemegahan Samudera Hindia.

Bahkan hanya duduk manis di Gazebo dan berjalan di taman-taman bunga saja sudah memberikan rasa nyaman. Dengan kata lain, Pantai Nguluran tetap bisa memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan tanpa harus mencoba wahana yang dianggap menyeramkan untuk sebagian orang.

Fasilitas Wisata di Pantai Nguluran

Fasilitas Di Wisata Pantai Ngulura Gunung Kidul
Photo by Google Maps Dewiosa

Soal kenyamanan berwisata, Anda akan mendapatkan pelayanan prima dari pengelola wisata pantai ini. Akses jalan yang mudah, tempat parkir yang luas, hingga fasilitas pendukung seperti Mushola, toilet bersih, area bermain anak dan gazebo juga tersedia di kawasan pantai.

Warung makan juga ada disekitar lokasi pantai yang menyajikan aneka makanan lezat siap memulihkan tenaga Anda setelah Lelah menjelajah pantai ini. Harga menu yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Pantai Nguluran akan menjadi destinasi wisata di Gunung Kidul yang cocok bagi rombongan keluarga yang ingin menikmati liburan seru dari tempat yang memiliki pemandangan yang menawan.