Pantai Parangendog, Menikmati Panorama Sunset dari Atas Bukit di Gunung Kidul

Pantai Parangendog, Menikmati Panorama Sunset dari Atas Bukit di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girijati, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Parangendog merupakan destinasi wisata alam berkonsep pantai yang indah menawan dengan bebatuan karang berbentuk telur besar di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Parang berasal dari bahasa jawa, dalam bahasa Indonesia bermakna batuan karang yang ada di pantai. Sedangkan Endog juga bahasa Jawa, bahasa Indonesia berarti telur.

Tempat piknik yang asyik dan menarik ini memiliki beragam daya tarik, seperti batu karang berbentuk telur raksasa, panorama bukit yang cantik dan eksotik, serta yang lainnya. Selain itu, kawasan wisata ini dapat digunakan beragam kegiatan yang menarik, baik aktivitas santai, romantis hingga yang dapat memacu adrenalin.

Beberapa diantaranya yaitu menikmati keindahan sunset bersama pasangan, memancing, panjat tebing, dan aktivitas yang seru dan menarik lainnya. Begitu juga fasilitas yang tersedia di lokasi Pantai Parangendog, kebutuhan standar pengunjung, seperti toilet, area parkir, warung makan dan lainnya, semua untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Daya Tarik Wisata Pantai Parangendog

Daya Tarik Wisata Pantai Parangendog
Photo by Google Maps annuu iray

Pantai Parangendog memiliki daya tarik yang berbeda dengan destinasi wisata alam pantai pada umumnya. Sebab tempat berlibur ini sangat cocok bagi anda yang sedang dilanda gundah-gulana dan sedang mencari hiburan bersama keluarga.

1. Batu Berbentuk Telur Raksasa

Batuan karang selalu menjadi salah satu hiasan yang ada di pantai, begitu juga saat wisatawan berkunjung ke Pantai Parangendog. Para pengunjung akan dikejutkan dengan batu berbentuk telur raksasa yang begitu artistik dan eksotik, tidak hanya berjumlah satu atau dua saja, namun jumlahnya hingga mencapai puluhan.

Itulah daya tarik utama dari tempat piknik yang asyik dan menarik, sehingga banyak pelancong mengambil foto, serta selfie berlatar belakang batuan tersebut. Bukan hanya wisatawan lokal yang memadati area wisata ini, namun ada juga pengunjung domestik bahkan turis mancanegara.

Tempat berlibur ini sangat cocok dinikmati dari berbagai usia, mulai anak kecil, remaja milenial dan juga orang dewasa. Akan tetapi, yang mendominasi lokasi wisata tersebut, kebanyakan dari kalangan pemuda milenial. Daya tarik yang ada di kawasan piknik ini selalu mereka maksimalkan dengan mengambil gambar dari berbagai sudut yang ada untuk menghiasi media sosial yang ada.

2. Panorama Bukit yang Cantik dan Eksotik

Selain batu berbentuk telur raksasa, daya tarik lain yang ada di Pantai Parangendog yaitu panorama bukit yang cantik dan eksotik. Bukit tersebut ditumbuhi berbagai jenis pohon hijau, sehingga terlihat begitu asri dan memukau. Sebuah destinasi wisata alam pantai dambaan banyak wisatawan, keindahan alam dengan bukit hijau yang dapat memanjakan dan menyehatkan mata.

Bukan hanya itu, kawasan wisata tersebut juga dibalut dengan hawa sejuk, udara segar bebas polusi, serta kaya akan oksigen. Berlibur di area ini bisa membuat hati terhibur, sekaligus dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Itulah beragam keindahan bukit saat disaksikan sambil bermain air di pantai, namun saat pengunjung berada di puncak bukit, pesona kecantikannya akan semakin sempurna.

3. Medan untuk Paralayang

Apabila wisatawan belum puas dengan daya tarik batu berbentuk telur raksasa dan panorama bukit yang cantik di Pantai Parangendog, pengunjung bisa mencoba medan untuk paralayang. Pada zona ini, digunakan khusus bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi baru terbang dengan menggunakan paralayang sambil melihat pemandangan.

Lokasi olahraga yang dapat memacu adrenalin ini berada di bukit dengan tebing yang menjulang tinggi dan langsung menjorok ke samudera biru. Angin yang bertiup di kawasan ini tidak terlalu kencang dan relatif stabil, sehingga sangat cocok untuk aktivitas tersebut. Bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan area ini dengan kegiatan paralayang, maka gunakan peralatan yang standard dan pastikan didampingi oleh profesional.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Parangendog
Photo by Instagram Chintia Ela Irawan

Adapun alamat lengkap Pantai Parangendog berada di Dusun Parangrejo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda ke lokasi ini dan memulai perjalanan dari Jalan Raya Panggang Wonosari Kabupaten Gunung Kidul, jarak tempuh sekitar 44 kilometer, waktu yang dibutuhkan 1 jam 11 menit.

Tempat berlibur tersebut letaknya cukup strategis, sehingga mudah diakses. Apabila wisatawan dari pusat kota Gunungkidul, rute perjalanannya yaitu arahkan kendaraan menuju ke Jalan Parangtritis. Saat tiba di jalan tersebut, kemudiaan ambil arah lurus hingga tiba di Jalan Raya Panggang, lalu tetap di jalur utama hingga tiba di pertigaan, arahkan kendaraan menuju ke Timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog

Harga Tiket Pantai Parangendog
Photo by Instagram Khaton Nugroho

Destinasi wisata yang berkualitas tidak harus menguras isi tas atau dompet. Pantai Parangendog merupakan area wisata kelas atas dengan biaya masuk sangat terjangkau. Harga tiket masuk ke lokasi piknik ini hanya Rp. 5.000 per orang.

Selain itu, biaya lain yang harus dikeluarkan yaitu karcis parkir sepeda motor sebesar 2.000, sedangkan untuk retribusi parkir mobil 5.000 rupiah.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Instagram Uke Ardian

Selain beragam daya tarik yang cantik dan memikat hati, berbagai kegiatan menarik, seru, dan menantang di Pantai Parangendog juga bisa di lakukan, baik sendiri maupun bersama keluarga. Berikut beberapa ulasan aktivitas menarik yang bisa dikerjakan di lokasi wisata ini!

1. Menikmati Sunset Bersama Pasangan

Ada dua tempat yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menikmati sunset bersama pasangan saat di Pantai Parangendog, yaitu di pantai dan area perbukitan. Jika menyaksikan matahari tenggelam di pantai, maka keindahan pesona alam pantai terasa datar dan biasa saja. Sebab posisi sejajar dengan pantai, sehingga pandangan mata tidak begitu maksimal.

Namun, berbeda ketika pengunjung menyaksikan fenomena sunset di puncak bukit, matahari perlahan mulai tenggelam berwarna rona merah kekuningan, tampak begitu jelas. Bukan hanya itu, gelombang dan deburan ombak pantai, batuan karang, pepohonan hijau, serta kicauan burung camar, semua begitu jelas disaksikan dari ketinggian.

2. Berenang dan Memancing

Selain menikmati sunset, aktivitas menarik lain yang santai di Pantai Parangendog adalah berenang dan memancing di pantai cantik ini. Bagi wisatawan yang ingin berenang dan memancing, kawasan wisata ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan tersebut. Karena destinasi wisata alam ini, arus ombaknya tidak terlalu ganas seperti di pantai Parangtritis.

Sehingga pengunjung yang memiliki hobi berenang, bisa atraksi di lokasi tersebut. Namun tetap harus waspada, jangan sampai kebablasan ke tengah pantai. Sedangkan untuk mancing, siapkan joran, kail dan umpan untuk memancing di daerah ini. Sebab di sekitar area wisata, tidak ada orang yang berjualan alat tersebut.

3. Memacu Adrenalin dengan Panjat Tebing

Jika wisatawan ingin kegiatan menarik yang seru dan menantang, ada aktivitas yang memacu adrenalin yaitu panjat tebing. Banyak spot tebing menarik, eksotik dan berbagai jalur untuk memanjat di Pantai Parangendog, batuan karst mendominasi area perbukitan ini. Beragam jalur tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

Bagi pengunjung yang masih baru mengenal olahraga panjat tebing, sebaiknya gunakan dan taklukkan jalur yang biasa dan sederhana. Akan tetapi, tetap harus di dampingi oleh pihak professional. Aktivitas ini hanya untuk wisatawan yang berani atau mencoba sejauh mana keberaniannya. Jadi jika masih ragu, sebaiknya tidak melakukannya dan tunggu hingga memiliki tekad bulat.

Fasilitas Penunjang di Pantai Parangendog

Fasilitas di Pantai Parangendog
Photo by Instagram Cornelia Niken Pratiwi

Meski tiket masuk ke lokasi Pantai Parangendog murah meriah, namun sarana yang tersedia terjaga keamanan, kebersihan dan kenyamanan nya. Adapun fasilitas tersebut antara lain yaitu toilet umum bagi pengunjung yang sudah tidak tahan lagi untuk menahan buang hajat. Selain itu ada tempat ibadah yaitu Musholla, area parkir kendaraan, warung makan dan lainnya.

Jika anda mencari tempat berlibur berkonsep pantai dengan aktivitas asyik, menarik, santai, seru, menantang dan dapat memacu adrenalin, cobalah berkunjung ke Pantai Parangendog. Semua yang dibutuhkan tersebut dapat dinikmati, akan lebih berkesan dan menjadi kenangan yang tidak terlupakan ketika pergi piknik ke destinasi wisata tersebut bersama keluarga.