Pantai Parangtritis salah satu pantai terindah di Bantul, Jogja yang kental dengan cerita mitosnya. Pantai berpasir yang ramai pengunjung ini menawarkan panorama alam yang menawan, sunset yang romantis, wahana permainan menarik dan memiliki fasilitas wisata cukup lengkap.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata impian bagi sebagian besar orang. Daerah yang dipenuhi berbagai destinasi wisata cocok untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pecinta bahari, Pantai Parangtritis di Bantul ini terkenal dengan panorama indah yang sangat mempesona. Wisatawan dalam negeri hingga mancanegara pun mengunjungi pantai cantik ini sebagai tujuan utama untuk mengeksplor wisata bahari di Jogja. Informasi lengkapnya, simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Pantai Parangtritis

Tentang Pantai Parangtritis
Image Credit: Twitter.com @haedaradhkiya

Anda pasti tidak familiar lagi dengan Parangtritis bukan? Tempat wisata yang bisa dibilang sebagai wisata favorit wisatawan ini memiliki ciri khas yang unik. Pemandangan pantai yang indah dan dipadukan dengan kisah misteri mistis membuat pantai cantik ini banyak diminati oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi tempat ini pada umumnya terletak di Kabupaten Bantul. Tentu saja, lokasi tersebut sangat mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Tempat wisata yang satu ini bahkan memiliki garis pantai yang sangat luas hingga berkilo-kilo meter. Tak ayal jika banyak orang datang kesini untuk mendapatkan berbagai pengalaman menarik.

Cerita Mitos di Pantai Parangtritis

Image Credit: Google Maps (Lilik Ayatulah)
Image Credit: Google Maps (Lilik Ayatulah)

Mitos tentang Parangtritis seperti cerita legenda yang sudah sangat melekat dengan keberadaan pantai ini. Cerita tentang Ratu Nyi Roro Kidul sudah sangat terkenal di tengah masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Singkat cerita, Ratu Nyi Roro Kidul inilah seorang yang memiliki takhta di selatan Pulau Jawa, sangat dekat dengan Pantai Parangtritis.

Awal mula cerita sejarah penamaan Parangtritis dimulai dari pelarian salah seorang bagian kerajaan Majapahit, Panembahan Senopati. Kemudian, seorang tersebut bersemedi di sekitar pantai yang berombak besar. Ketika bersemedi, terdapat banyak air yang menetes atau ‘tumaritis’ dari celah batu karang. Hal ini menyebabkan tempat tersebut dikenal dengan nama Parangtritis.

Kepercayaan tentang legenda tersebut dimulai dari pertemuan Panembahan Senopati dengan Ratu Nyi Roro Kidul saat bersemedi di pantai selatan. Panembahan Senopati yang akhirnya mendirikan Kerajaan Mataram Islam ini menghasilkan perjanjian khusus. Ratu Nyi Roro Kidul bahkan akan terus berhubungan dan membantu keturunan Panembahan Senopati.

Mitos lain yang dihadirkan tentang wisata pantai ini adalah kerajaan Ratu Nyi Roro Kidul. Lazimnya, Pantai Parangtritis merupakan gerbang masuk utama menuju kerajaan Ratu Nyi Roro Kidul. Untuk itu, penduduk setempat seringkali melakukan upacara Labuhan setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk meminta keselamatan, kesejahteraan dan keselamatan seluruh masyarakat.

Selain perjalan kisah tersebut, kerajaan zaman dahulu pun banyak yang mempercayai tentang keberadaan Ratu Nyi Roro Kidul. Hasil perjanjian yang dilakukan oleh Panembahan Senopati dan Ratu Nyi Roro Kidul menyebabkan raja-raja di Jawa memiliki hubungan erat dengan beliau.

Mitos Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Hubert Trapp)

Mitos lain yang sering terdengar adalah kepercayaan tentang warna hijau. Pasalnya, warn aini merupakan warna kesukaan Ratu Nyi Roro Kidul dan warna yang digunakan oleh para tentaranya. Mengetahui kondisi tersebut, wisata pantai ini memiliki pantangan tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau ketika berlibur kesini.

Seseorang yang mengenakan pakaian berwarna hijau diduga dapat menghilang ketika berenang di pantai. Hal ini karena ombak besar yang menghempas laut lepas di pantai ini memiliki keterkaitan yang erat dengan keberadaan Ratu Nyi Roro Kidul. Terlebih lagi pernah ada beberapa korban yang hilang dan terseret ombak di tempat ini.

Selain mitos di atas, larangan penggunaan warna pakaian hijau juga hadir karena Ratu Nyi Roro Kidul memiliki pembantu setia bernama Nyai Rara Kidul. Karena kesukaannya yang menyerupai Ratu Nyi Roro Kidul dengan warna hijau, ia diduga akan mengambil setiap orang yang berenang di laut dengan pakaian hijau untuk dijadikan pelayan dan pasukannya.

Meskipun memiliki mitos yang terkenal menyeramkan, Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan utama bagi pelancong. Wisatawan lokal hingga luar negeri masih banyak yang berdatangan kesana untuk menikmati keelokannya. Namun yang pasti, mengunjungi kawasan pantai ini sangat tidak disarankan untuk mengenakan pakaian berwarna hijau. Termasuk pantai selatan Jogja lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parangtritis

Daya Tarik Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Choky Rice)

Pantai eksotis ini dikenal memiliki panorama yang tak terkalahkan. Pantai landai dengan kombinasi pemandangan pasir hitam, bukit berbatu dan bukit pasir membuat siap pengunjung terpesona. Selain digunakan sebagai tempat wisata, keunikan fenomena alam yang terdapat di tempat ini juga sering digunakan untuk kegiatan penelitian.

Beberapa ekosistem yang terdapat di Pantai Parangtritis sangat erat kaitannya dengan kondisi lingkungan sekitar. Pasalnya, pantai ini memiliki 3 aliran air yang berbeda dari segi suhu, tingkat keasaman dan evaporasi laut. Fenomena menarik inilah yang sering membentuk keindahan alam yang banyak dikagumi oleh para wisatawan.

Meski demikian, Parangtritis nyatanya memiliki fenomena berbahaya yang harus dikenali ketika bermain air di laut. Mitos pengunjung yang hilang karena terseret ombak karena keberadaan Ratu Nyi Roro Kidul ini nyatanya memiliki fenomena ilmiah yang dikenal dengan nama ‘Rip Current’ yang sering dikenal oleh masyarakat dengan nama hisapan ombak aneh.

Parahnya lagi, arus rip current tidak berada dalam satu tempat. Kedatangan gelombang yang sangat menyesuaikan dengan hembusan air laut menuju darat sangat menentukan keberadaan arus rip current. Untuk itu, Anda tidak disarankan untuk berenang di laut ketika mengunjungi Pantai Parangtritis.

Selain fenomena di atas, area pantai ini biasa dimanfaatkan oleh petani udang setempat untuk mendapatkan penghasilan. Lokasi ini menghadirkan besaran kolam yang berbeda. Mulai dari 1000 meter hingga 2500 meter. Peningkatan ekonomi masyarakat yang didapatkan dari kegiatan ini terus meningkat karena permintaan pasar dari dalam negeri hingga luar negeri.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Parangtritis

Rute Pantai Parangtritis
Image Credit: Facebook.com @septy.r.wahyuni.73

Sebagai salah satu pantai yang sangat strategis untuk ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis berada sekitar 27 km ke selatan dari Kota Jogja. Pantai ini berada di Jl. Parangtritis Km 8, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Rute dan kondisi jalan yang relatif datar membuat tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau.

Lazimnya, Anda bisa mengunjungi pantai ini dari dua jalur arah Kota Yogyakarta. Jalur utama yang biasa dilalui oleh masyarakat menjadi salah satu pilihan untuk menjangkau Parangtritis. Anda hanya perlu melalui jalan lurus Jogjakarta untuk memilih Jalan Parangtritis. Kemudian pilih jalur menuju Kecamatan Kretek hingga sampai ke Parangtritis.

Begitu pula, Anda bisa menikmati jalur yang lebih jauh hingga tiba di Pantai Parangtritis. Meskipun tergolong jauh, jalur kedua ini menjanjikan panorama yang indah dan sangat luar biasa. Anda dijamin betah untuk melalui jalanan menghijau yang terbentang mulai dari arah jalur Yogyakarta menuju Imogiri, lalu melanjutkan ke arah Siluk hingga mencapai Parangtritis.

Menempuh jalur kedua menuju kawasan pantai ini dapat Anda lakukan dengan menaiki jalur naik turun bukit. Kendati demikian, Anda bisa mengamati area persawahan yang luas, sungai yang mengalir jernih hingga deretan perbukitan karst. Tentu saja, jalur ini dijamin membuat setiap mata terpesona karena keelokan yang ditawarkan. Terlebih lagi jika melalui jalur ini ketika pagi hari.

Untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan, Anda bisa memilih kendaraan pribadi dalam menyusuri keelokan Jogjakarta bersama teman maupun keluarga. Kendaraan roda dua maupun kendaraan pribadi roda empat menjadi pilihan yang tepat dalam mengulik keindahan Kota Yogyakarta beserta tempat wisata yang dihadirkan.

Selain itu, mengunjungi Pantai Parangtritis nyatanya dapat dilakukan oleh Anda yang sedang melakukan kegiatan liburan menggunakan kendaraan umum. Kota Yogyakarta menyediakan kendaraan umum berupa bus yang bisa Anda pilih dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Hanya dengan memilih rute Yogyakarta-Parangtritis, Anda bisa menjangkau area pantai ini dengan waktu sekitar 1,5 jam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis

Aktivitas di Pantai Parangtritis
Image Credit: Instagram.com @senjaphotograph

Selain panorama yang mengagumkan, Pantai Parangtritis memiliki fasilitas lengkap yang tak tertandingi. Keberadaan fasilitas pendukung membuat siapa saja mendapatkan pengalaman menarik. Tentu saja, hal ini dapat menambah kepuasan pengunjung yang menghabiskan waktu liburan disini. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan di wisata pantai ini.

1. Bermain Layang-Layang

Bermain layang-layang merupakan permainan lokal yang terus dibudayakan di tempat ini. pasalnya, keberadaan angin laut yang cukup kencang menjadi tempat yang cocok untuk memainkan permainan ini. Terlebih lagi Pantai Parangtritis memiliki lokasi yang tergolong cukup luas untuk berlarian menerbangkan layang-layang.

Perpaduan panorama alam akan semakin cantik dengan keberadaan layang-layang yang beterbangan. Anda bahkan bisa mendapatkan momen permainan layang-layang yang menyenangkan pada waktu tertentu. Hal ini karena pantai ini kerap dijadikan tuan rumah festival layang-layang mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

2. Berkuda Menyusuri Pantai

Garis pantai yang panjang menyuguhkan pengalaman unik lain yang bisa Anda nikmati. Kegiatan menunggangi kuda sambal menyusuri keindahan pantai bisa Anda lakukan bersama. Lazimnya, kuda yang dihadirkan di pantai ini telah dilengkapi dengan gerobak yang bisa membawa beberapa pengunjung untuk menikmati keelokan pantai.

Menyusuri pantai dengan berkuda dijamin aman. Hal ini karena kegiatan berkuda akan ditemani dengan pemandu profesional yang sudah berkompeten di bidangnya. Selain menyusuri pantai, Anda juga bisa bertanya banyak hal kepada pemandu yang menemani selama perjalanan terkait sejarah Pantai Parangtritis maupun hal menarik lainnya.

Tentu saja, pengalaman ini termasuk pengalaman menakjubkan yang jarang Anda dapatkan. Kegiatan berkuda dapat dilakukan dengan menyusuri garis pantai maupun menuju tebing karang yang mempesona. Hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp20 ribu, Anda bisa mendapatkan aktivitas menarik dan tak terlupakan.

3. Menyewa ATV

Pantai Parangtritis juga menyuguhkan fasilitas modern yang bisa Anda dapatkan, yaitu kendaraan ATV. Kendaraan lebar yang memiliki roda empat ini ada yang dihadirkan dengan pengaturan otomatis dan kopling. Mengendarai secara pribadi maupun secara bersama dapat dilakukan menggunakan ATV.

Dengan menyewa ATV, Anda bisa menikmati waktu bermain menyusuri pantai dengan kendaraan yang menyenangkan. Belajar menggunakan ATV melewati pasir pantai dapat memicu adrenalin yang cukup menantang. Menggunakan kacamata hitam pun sangat direkomendasikan ketika hendak menyusuri pantai dengan ATV di siang hari.

Jika Anda tertarik menggunakan kendaraan ini, ATV dapat diperoleh dengan mudah dan praktis. Menyewa kendaraan dengan berbagai pilihan bisa Anda lakukan. Lazimnya, Anda perlu menyewa kendaraan dengan biaya sekitar Rp50 ribu untuk menyusuri pantau selama 15 menit pemakaian. Menarik bukan?

4. Bermain Paralayang

Anda juga bisa mendapatkan pengalaman menarik lain dengan mencoba bermain paralayang. Permainan paralayang pada awalnya hanya dihadirkan untuk para profesional dan komunitas paralayang Jogja. Namun, permainan paralayang ini bisa Anda coba dengan mendapat arahan dari para profesional tersebut.

Untuk mencoba permainan jenis ini, Anda bisa memilih bulan Maret hingga Desember untuk mengunjungi Pantai Parangtritis. Hal ini karena pada bulan tersebut sekitar pantai memiliki angin yang cukup kencang untuk mendukung aktivitas ini. Tentu saja, Anda bisa mendapatkan suasana pantai yang mengagumkan dengan melihat pemandangan dari sudut pandang yang berbeda.

Aktivitas Pantai Parangtritis
Image Credit: Facebook.com @jogjaku

5. Berburu Foto Keren

Mengunjungi pantai cantik terasa kurang lengkap jika tidak berburu foto. Garis pantai yang luas dengan banyak spot foto yang dihadirkan dapat menyuguhkan berbagai background foto ciamik. Anda bahkan bisa mendapatkan momen menyenangkan dengan menangkap pesona sunset di tempat ini.

Selain hamparan pasir yang luas, tempat ini juga memiliki hamparan gumuk pasir yang langka di Asia Tenggara. Kekuatan angin yang cukup kuat membuat timbulnya gumuk paris yang dikenal dengan Gumuk Pasir Parangkusumo. Tentu saja, tempat ini adalah salah satu spot menarik yang tidak boleh dilewatkan.

Tak hanya pengunjung yang ingin melepas lelah maupun menikmati liburan menyenangkan, Pantai Parangtritis nyatanya juga sering dimanfaatkan untuk melakukan foto prewedding. Gugusan karang yang unik, gumuk pasir maupun pemandangan pantai yang indah seringkali dimanfaatkan untuk mengabadikan momen ini. Anda bisa memanfaatkan momen senja untuk suasana yang mengagumkan.

6. Berenang di Parangwedang

Pantai ini memang terkenal dengan kondisi ombak yang besar. Tak ayal jika wisatawan lebih disarankan untuk bermain air dan dilarang berenang di sekitar pantai. Meski demikian, pantai yang satu ini nyatanya memiliki fasilitas umum yang nyaman dan dijamin aman.

Pemandian yang menjadi bagian dari fasilitas Parangtritis memiliki nama Parangwedang. Lazimnya, pemandian ini menghadirkan air yang mengandung belerang. Pemandian Parangwedang yang berada di tempat ini diduga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

7. Camping di Sekitar Pantai

Suasana pantai yang indah dan menyenangkan juga sangat nikmat digunakan untuk aktivitas camping. Pasalnya, Anda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan bersama keluarga maupun teman-teman untuk bercengkrama di tempat ini. Sekedar duduk-duduk bercerita dan mencoba berbagai aktivitas menjadi pengalaman menarik yang tak terlupakan.

8. Menikmati Sajian Kuliner

Selain permainan yang menyenangkan, kawasan pantai juga menyuguhkan kuliner lezat yang bisa Anda cicipi. Jagung bakar, es kelapa maupun berbagai makanan tradisional bisa Anda dapatkan disini. Tentu saja, berbagai makanan khas Jogja ini dijamin mampu memberikan kepuasan selama Anda mengeksplor tempat ini.

Pantai Parangtritis dengan destinasi laut juga menyuguhkan restoran pesisir dengan menu laut yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Menu khas undur-undur goreng atau keripik jengking bisa dinikmati dengan biaya terjangkau. Lebih dari itu, Anda bisa mencicipi menu lezat hasil laut di tempat ini.

Itulah beberapa ulasan terkait Pantai Parangtritis yang harus Anda ketahui. Pantai terkenal di Jogjakarta ini menjadi salah satu wisata favorit yang banyak dikenal dan dikunjungi oleh berbagai wisatawan. Tentu saja, kemudahan akses, fasilitas lengkap dan panorama yang menarik adalah daya tarik tersendiri. Cerita mistis yang tersimpan pun menjadi salah satu cerita yang tak ada habisnya.

Give a Comment