Pantai Pasir Kadilangu, Pesona Hutan Mangrove yang Menawan di Kulon Progo

Pantai Pasir Kadilangu, Pesona Hutan Mangrove yang Menawan di Kulon Progo
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Objek wisata yang ada di Jogja sepertinya tidak pernah habis untuk di bahas. Jika di Gunung Kidul terkenal akan gugusan pantainya yang menawan, Kulonprogo sepertinya tidak mau kalah. Ini bisa dibuktikan dari adanya Pantai Pasir Kadilangu yang saat ini semakin hits dan mulai banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Destinasi wisata kali ini cukup unik karena berbeda dengan pantai pada umumnya. Meskipun ada nama Pasir yang melekat, faktanya butiran halus tersebut tidak ditemukan di sini. Hamparan pasir putih luas tergantikan dengan keindahan hutan mangrove yang sekaligus menjadikan pemandangan lebih asri, tidak kering seperti halnya pantai di tempat lain.

Pantai Pasir Kadilangu cocok dijadikan tujuan wisata oleh semua kalangan, baik pemuda maupun mereka yang sudah berkeluarga. Tidak ada ombak besar dan tinggi di sini, jadi relatif aman untuk anak-anak. Angin pun berhembus sepoi-sepoi dan perlahan membelai lapisan kulit bagian luar. Ini tidak lepas dari adanya hutan mangrove yang lebat, jadi angin kencang tidak mampu menembusnya.

Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Kadilangu

Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Kadilangu
Photo by Google Maps restam

Seperti halnya pantai pada umumnya, anda pun menemukan berbagai daya tarik di sini. Alasan ini pula yang membuat Pantai Pasir Kadilangu semakin hits dan terkenal dikalangan pelancong nusantara. Apalagi adanya teknologi yang mengekspos pesonanya sehingga semakin mudah menyebar.

1. Hamparan Hutan Mangrove

Tidak adanya pasir yang membentang luas seperti halnya di pantai pada umumnya bukan berarti menghilangkan pesona dari pantai di Kulonprogo ini. Pengunjung mendapatkan ganti pemandangan yang tidak kalah menarik dari hamparan hutan mangrove atau yang lebih dikenal dengan hutan bakau.

Warga setempat dan dibantu pemerintah daerah sengaja menanam pohon yang biasanya hidup di tepi pantai. Tujuan utamanya untuk menahan abrasi dari air laut yang kadang pasang dan surut, serta menahan ombak besar yang kemungkinan datang. Siapa sangka jika adanya hutan bakau di Pantai Pasir Kadilangu ini justru menjadi daya tarik utamanya.

2. Berbagai Spot Foto Cantik

Daya tarik berikutnya dari adanya berbagai spot foto selfie, bisa jadi anda tidak menemukannya di pantai lain yang ada di Jogja. Spot foto ini bisa ditemukan di beberapa titik sepanjang jalur penghubung atau akses utama wisatawan yang berkunjung. Salah satu spot di Pantai Pasir Kadilangu yang paling banyak diminati yaitu bangunan mirip Menara Eifel.

Tentu bukan yang sebenarnya, karena kali ini dibuat cukup unik dengan bahan berupa bambu dan papan kayu. Ketinggiannya sekitar 10 meter dengan konstruksi meruncing ke atas mirip aslinya. Spot lain diantaranya adalah jembatan cinta yang terbuat dari papan kayu dan patung naga.

3. Jembatan Penghubung yang Unik

Pantai Pasir Kadilangu dibuat unik dengan jembatan penghubung sebagai daya tariknya. Jembatan ini menghubungkan antara satu titik lokasi dengan lokasi lainnya, juga beberapa spot foto cantik yang menjadi alasan utama wisatawan datang berkunjung. Keunikan semakin terlihat dari bahan pembuatan jembatan, hanya dari bambu dan kayu.

Menariknya lagi, jembatan dibuat tidak hanya mendatar, melainkan berundak sehingga ada banyak tangga yang wajib dilalui. Panjangnya menghubungkan antara satu daratan dengan daratan lainnya. Pastinya butuh waktu lama untuk menyusuri semua titik spot yang disediakan. Dengan demikian, wisatawan pun tidak merasa bosan karena bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pasir Kadilangu
Photo by Google Maps Yok Jejalan!

Jarak Pantai Pasir Kadilangu dengan pusat tidak terlalu jauh, hanya sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu 40 menit atau lebih. Akses jalannya cukup baik dan kondisi jalan mulus jarang ada kelokan. Silahkan menuju ke Pasir Kadilango, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta jika anda berminat.

Untuk rute nya sendiri sebenarnya tergantung dari lokasi anda saat ini. Dari Kulonprogo, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Pengasih, kemudian mengambil arah ke Jalan Margosari. Setelah menemukan pertigaan, silahkan belok kanan menuju ke arah Samsat Kulonprogo dan melewati daerah Wates.

Dari Simpang Tiga Toyan, ambil arah kanan yang menuju ke Siluwok. Dari sini, ikuti jalur utama hingga tiba di Jalan nasional III. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Daendels dan belok kiri menuju Jalan Wanatirta. Lokasi Pantai Pasir Kadilangu tidak jauh lagi, ikuti papan petunjuk yang tersedia atau bertanya langsung pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Kadilangu

Harga Tiket Pantai Pasir Kadilangu
Photo by Google Maps Dwi Utomo

Penting sekali mengetahui berapa harga tiket masuk sebelum mengunjungi objek wisata. Sebagai objek wisata alam alternatif, Pantai Pasir Kadilangu tidak membebankan biaya masuk yang mahal. Wisatawan hanya dibebankan biaya sebesar 3.000 rupiah jika berkunjung di hari biasa. Sedangkan untuk hari libur sedikit naik, yakni sebesar 4.000 rupiah.

Biaya parkir kendaraan juga berlaku di sini, tidak mahal juga dan pastinya tidak menguras kantong. Cukup mengeluarkan uang 2.000 rupiah untuk sepeda motor atau 5.000 untuk mobil, kendaraan anda lebih aman karena ada petugas yang menjaganya. Silahkan datang pada pukul 07.00 – 18.00 WIB, diluar waktu tersebut masih tutup atau belum dibuka.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai Pasir Kadilangu
Photo by Google Maps Mumu Cungkris

Pantai Pasir Kadilangu memang tidak dapat dijadikan aktivitas berenang atau bermain air. Anda pun tidak bisa bermain pasir di sini karena memang tidak ada. Tetapi bukan berarti minim aktivitas, berikut berbagai kegiatan sebagai penggantinya!

1. Menikmati Pemandangan Alam

Tidak dapat di pungkiri bahwa pemandangan utama di sini adalah indahnya hutan mangrove yang hampir menutupi semua titik bibir pantai eksotis ini. Hijau dan asri didapatkan, pastinya menyejukkan mata dan menenangkan jiwa. Berkunjung ke sini tidak hanya memanjakan mata tentunya, melainkan juga lebih sehat karena kualitas udara yang sangat baik.

Alam yang indah selalu dapat diandalkan untuk refreshing dari penat yang diakibatkan aktivitas sehari-hari. Belum lagi banyaknya bangunan unik dari beberapa spot foto yang disediakan. Ketenangan air laut yang hampir menyerupai sebuah muara tidak dapat diabaikan tentunya. Panorama alam indah menyatu dengan semilir angin yang berhembus perlahan menyentuh kulit.

2. Berkeliling Pantai Pasir Kadilangu

Dilihat dari lokasi dan akses jalannya, Pantai Pasir Kadilangu cocok dijadikan aktivitas jalan-jalan santai. Tentunya yang dimaksud adalah jalan-jalan menyusuri setiap bagian pantainya. Beralaskan papan kayu dan pegangan bambu, wisatawan bebas menyusuri sepanjang jembatan dan menikmati setiap keindahannya.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Pasir Kadilangu
Photo by Google Maps Luluk Lailatul Farida

3. Wisata Kuliner

Ada beberapa warung yang berjejer rapi di sini, pengelola sengaja menyediakannya bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner. Sambil menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan, juga ditemani semilir angin yang datang berhembus, menikmati makanan pastinya lebih lezat. Apalagi pada dasarnya makanan di sini memang nikmat, kebanyakan dari makanan khas Jogja.

4. Berburu Spot Foto

Selain jalan-jala menikmati keindahan alam dan suasana pantai yang tidak baisa, aktivitas di Pantai Pasir Kadilangu yang tidak kalah menarik adalah berburu spot foto. Bahkan bisa dikatakan bahwa aktivitas ini termasuk salah satu yang wajib. Terlebih, banyak tersedia spot foto cantik yang pastinya mendapatkan banyak like dan komentar positif di media sosial.

Fasilitas Penunjang di Pantai Pasir Kadilangu

Fasilitas di Pantai Pasir Kadilangu
Photo by Instagram pantai_pasirkadilangu

Objek wisata di Kulonprogo ini dikelola baik oleh warga setempat. Ini bisa dibuktikan dari fasilitas yang lengkap dan cukup memadai. Area parkir nya luas dan kondisinya pun aman, serta tidak sulit menemukan toilet di Pantai Pasir Kadilangu. Fasilitas lainnya yaitu warung makan, tempat duduk atau bangku, dan pastinya spot foto instagenic.

Dari sedikit penjelasan di atas setidaknya anda bisa mendapatkan gambaran mengenai objek wisata pantai yang tidak biasa ini. Dilihat dari daya tarik, harga tiket murah, dan berbagai fasilitas, sepertinya anda wajib mengunjungi Pantai Pasir Kadilangu. Tidak harus sekarang, namun pastikan memasukkannya kedalam daftar tujuan wisata selanjutnya.