Jogja selalu memiliki tempat tersendiri di hati para traveller, mengingat kota ini mampu menawarkan banyak atraksi wisata yang menyenangkan. Anda bisa menjelajah wisata sejarah, wisata alam hingga pantai-pantainya yang menakjubkan. Berikut beberapa wisata pantai hits di Jogja dengan hamparan pasir putih yang lembut dan wajib Anda jelajahi.

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Photo by Google Maps Kang Didno

Siapa yang tidak kenal dengan pantai Indrayanti? Pantai ini memang termasuk pantai yang begitu kondang di Jogja. Pantai yang berada di Gunung Kidul ini memang dibekali dengan pasir putih lembut yang membentang. Ketika musim liburan tiba, Indrayanti tidak pernah sepi para pengunjung yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pantai ini tidak hanya memiliki pasir putih saja, melainkan juga ombaknya yang cukup tinggi. Kendati demikian para pengunjung masih bisa bermain air atau berenang ketika berada di pantai ini. Hanya saja, harus benar benar mematuhi aturan terutama ketika ombaknya sedang tinggi tingginya. Pemandangan sekitar Indrayanti juga sangat menawan dan memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Photo by Twitter Pantai Pok Tunggal

Untuk melanjutkan petualangan anda menjelajah pantai yang indah di Jogja, kini saatnya anda singgah di Pantai Pok Tunggal. Pantai satu ini belakangan menjadi favorit karena akses menuju lokasi sudah mulai mudah untuk diakses. Daya tarik utamanya juga terletak pada pasir putihnya yang siap menyambut anda ketika tiba.

Hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut biru sangat memanjakan mata siapapun. Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi tebing tebing yang berada di bagian kiri dan kanannya. Membuat pantai ini memiliki kesan asri dalam satu waktu. Pemandangan alam yang ditawarkan akan membuat siapapun yang berada di pantai ini betah lama lama.

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga pengunjung bisa bebas bermain main di pinggir pantainya. Suasananya juga masih begitu bersih dan juga terjaga kealamiannya. Pengunjung juga bisa menikmati panorama dari atas ketinggian dengan menaiki bukit atau tebing yang ada. Anda juga bisa diving maupun snorkeling untuk mengintip bawah lautnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa tepus, kec. tepus, Kab. Gunung kidul, Yogyakarta.

3. Pantai Drini

Pantai Drini
Photo by Twitter SAR Baron

Petualangan anda menjelajah bahari di Jogja masih belum akan berakhir. Karena masih ada banyak pantai pantai cantik yang bisa anda kunjungi, salah satunya Pantai Drini. Pantai ini dikelilingi perbukitan hijau lengkap dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda dari pantai lainnya.

Hal tersebut terletak pada adanya Pulau kecil yang lokasinya berada di Selatan Pantai Drini. Lokasinya tidak jauh dan bisa dengan mudah dijangkau oleh para pengunjung. Anda hanya perlu untuk menaiki beberapa anak tangga agar sampai di pulau kecil ini. Dari Pulau karang ini, pengunjung bisa menyaksikan pesona pantai ini dari atas ketinggian.

Sejauh mata memandang, anda bisa melihat ombak yang bergulung menyentuh tepi pantainya. Ombaknya juga tidak terlalu besar, bahkan terbilang tenang sehingga pengunjung bebas bermain main. Hadirnya beberapa gazebo juga bisa dimanfaatkan untuk bersantai di pantai ini. Yang jelas pantai ini tak akan membuat anda kecewa sudah berkunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Pantai Baron

Pantai Baron
Photo by Google Maps Taufik Rahman

Pantai Baron juga masuk dalam deretan pantai dengan hamparan pasir pantai putih yang lembut. Di samping kiri dan juga kanannya diapit oleh perbukitan hijau yang tak kalah cantik dengan pantai lainnya. Airnya yang berwarna biru jernih membuat pemandangan Pantai Baron semakin sempurna. ditambah lagi hadirnya beberapa perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai.

Yang menjadikan pantai Baron menawarkan pemandangan yang begitu cantik. Nama pantai ini diambil dari orang Belanda yang bernama Baron Skeber. Dimana kapalnya pertama kali mendarat di pantai selatan ini sehingga diberi nama Pantai Baron. Pantai ini cukup unik karena merupakan pantai yang berupa cekungan.

Dan di bawahnya juga terdapat sungai bawah tanah yang mengalir hulu ke hilir. Menjadikan anda bisa menemukan aliran air sungai tawar yang berpadu dengan air asin. Aliran sungai ini seringkali menjadi tempat bermain air karena tidak dalam. Pengunjung yang lelah beraktivitas juga bisa sekalian mencicipi berbagai kuliner seafood yang banyak dijual di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta

5. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Photo by Google Maps Rizzu

Pantai selanjutnya yang juga menarik untuk dijadikan tujuan wisata adalah Pantai Wediombo. Jika melihat namanya, Pantai Wediombo dalam bahasa Indonesia berarti Pantai pasir luas. Walaupun sebenarnya, area pasir putihnya tidak begitu luas juga. Karena bagian pantainya lebih banyak dipenuhi dengan bebatuan karang.

Bebatuan karang dan bukit karang ini memberikan pemandangan yang berbeda di pantai Wediombo. Airnya sangat bersih dan mengundang siapapun untuk segera bermain. Keunikan lain yang bisa temukan adalah adanya kolam alami yang berbentuk di balik bebatuan karangnya. Membuat pengunjung bisa berenang dengan aman di balik karang ini.

Walaupun ketika ombaknya sedang sangat tinggi, ombaknya bisa melampaui bagian karang tersebut. Pengunjung bisa bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar di pantai. Dikelilingi perbukitan hijau, segala penat akan hilang jika liburan di pantai ini. Aktivitas yang dilakukan juga beragam, mulai dari surfing hingga memancing bisa anda lakukan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta

6. Pantai Siung

Pantai Siung
Photo by Google Maps Hanifah Azizah

Menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja, anda bisa sampai di Pantai Siung. Pantai satu ini juga menawarkan pesona pasir putih dan pemandangan yang menyejukkan penglihatan. Hanya saja anda membutuhkan perjuangan yang sepadan untuk sampai di pantai ini. Aksesnya memang sudah mudah, tetapi tidak dengan menggunakan angkutan umum.

Akan lebih baik jika anda mengunjungi Pantai Siung dengan kendaraan pribadi. Begitu tiba di area pantai, anda akan disambut dengan birunya laut dan juga hamparan pasir putih luas. Rumah rumah kayu nampak berjajar rapi di pinggir pantai. Tidak ketinggalan bebatuan karang yang terlihat menonjol di bagian barat hingga timur.

Ada satu karang yang menjorok ke laut dan memiliki bentuk seperti gigi kera sehingga nama pantai ini menjadi pantai Siung. Hingga saat ini , pengunjung masih bisa menikmati batu karang tersebut. Ketika tersapu oleh ombak, akan memberikan pemandangan yang luar biasa indah. Pantai Siung sangat cocok untuk anda yang mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul,DI Yogyakarta.

7. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Photo by Google Maps Arya the Sneakerhead Pirate

Pantai Sadranan termasuk pantai yang memiliki pasir putih dan lokasinya terbilang tersembunyi. Namun pantai ini siap untuk memberikan pengalaman liburan di pantai yang berbeda. Karena selain memiliki pasir putih, pantai ini juga memiliki alam yang masih terjaga. Tipe pantai ini termasuk pantai dengan pesisir yang landai.

Sepanjang mata memandang, anda bisa melihat perairan jernihnya yang cukup tenang berwarna biru kehijauan. Bebatuan karang di pantai ini lebih sedikit, dan kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah snorkeling atau diving. Karena pantai ini memang memiliki pemandangan bawah laut yang akan membuat siapapun terpesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gundes II, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Photo by Google Maps Atif Andrian

Selanjutnya anda masih bisa melanjutkan perjalanan anda menuju Pantai Ngrenehan. Pantai satu ini dikelilingi perbukitan kapur yang menjadi daya tarik lainnya selain pasir putihnya. Air lautnya tampak jernih dengan warna biru kehijauan. Berpadu dengan ombak yang tenang, membuat siapapun ingin berlama lama di pantai ini.

Pengunjung juga bisa sekalian menikmati aktivitas para nelayan yang sedang menangkap ikan. Di waktu tertentu kapal kapal para nelayan yang berjajar di pinggir pantai. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan seafood di pantai ini. Yang jelas, pantai Ngrenehan sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama sama orang terkasih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kanogoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Photo by Google Maps Dwi Ratnasari Lewi

Pantai yang juga menawarkan pesona luar biasa adalah Pantai Sundak. Pantai Sundak juga termasuk deretan pantai dengan pasir putih yang lembut. Pesona alam yang dimilikinya juga akan membuat anda siapapun terpesona. Airnya yang landai, membuat pengunjung bisa bebas bermain di pinggir pantainya.

Menyusuri pinggir pantai juga bukan ide yang buruk, banyak pengunjung yang mengabadikan setiap momen di pantai ini. Mengingat pantai Sundak termasuk deretan pantai yang instagramable. Pantai ini juga dikelilingi dengan tebing tebing karang yang membuatnya terlihat lebih asri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Slili

Pantai Slili
Photo by Google Maps Idris Siddiq

Jika anda masih ingin snorkeling di pantai pantai cantik Jogja, maka anda bisa menjadikan Pantai Slili sebagai pilihan. Pantai ini juga memiliki pasir putih dengan pemandangan bawah laut yang indah. Pantai Slili juga dikenal dengan Pantai Waru Lawang karena memiliki pulau kecil yang di bawahnya terdapat seperti gerbang.

Di sepanjang tepi pantai, anda bisa bermain dengan puas mengingat ombaknya tak terlalu besar walaupun merupakan bagian dari pantai Selatan. Pasirnya yang lembut juga sangat cocok untuk melakukan aktivitas selama di pantai ini. Tidak ketinggalan beberapa spot kekinian yang sayang jika tidak diabadikan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Krakal, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa pantai dengan pesona pasir putih di Jogja yang bisa anda jadikan tujuan. Pantai di kota ini memang kebanyakan memiliki pasir putih dengan air yang jernih. Pemandangan alamnya juga masih terjaga, membuat anda bisa bersantai dan menikmati ketenangan di sekitar pantainya.

Give a Comment