Pantai Peyuyon, Pantai Eksotis yang Diapit Dua Tebing Karst di Gunung Kidul

Pantai Peyuyon, Pantai Eksotis yang Diapit Dua Tebing Karst di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Salah satu deretan pantai tersembunyi di Gunung Kidul adalah Pantai Peyuyon. Dikatakan tersembunyi karena untuk menjangkaunya tidaklah mudah. Wisatawan yang ingin datang harus menempuh perjalanan lama, baik dengan kendaraan maupun berjalan kaki. Akses jalan di sini masih sangat terbatas sehingga dibutuhkan perjuangan.

Faktanya, kesulitan apapun yang terlihat di depan mata tidak pernah mengurungkan niat pengunjung yang datang. Jika sudah ada niat, pantang untuk kembali pulang sebelum tiba. Apalagi keindahan pantai ini begitu mempesona dan tidak kalah dengan pantai lain di dekatnya. Pastinya semua perjuangan yang dilakukan terbayar lunas setelah tiba di lokasi.

Pantai Peyuyon hanya satu diantara banyaknya pantai yang ada di Gunung Kidul. Seperti yang di ketahui, salah satu kabupaten di Jogja ini memiliki banyak sekali wisata pantai. Sebagian pantai bahkan lokasinya berdekatan, tour dengan mengunjungi satu pantai dilanjutkan ke pantai di sebelahnya sangat mungkin dilakukan dalam satu waktu.

Daya Tarik Wisata Pantai Peyuyon

Daya Tarik Wisata Pantai Peyuyon
Photo by Google Maps Satria Raka Siwi

Nama yang asing bukan berarti tidak ada yang berarti di dalamnya. Bisa jadi nama tersebut jarang didengar karena memang masih jarang yang mengekspos. Contohnya dalam kasus objek wisata kali ini, ada banyak daya tarik Pantai Peyuyon yang perlu anda ketahui meski tidak banyak yang memberikan informasinya.

1. Diapit Dua Tebing Karst

Keunikan dan sekaligus menjadi daya tarik utama dari pantai cantik di Gunung Kidul yaitu diapit oleh dua tebing tinggi. Batuan karst memang menjadi ikon dari beberapa pantai yang ada di kawasan Jogja dan sekitarnya. Batu padat berwarna putih ini tinggi menjulang di sisi Timur dan Barat pantai seolah ingin melindungi wisatawan yang berkunjung.

Uniknya, salah satu tebing memiliki ceruk yang cukup dalam sehingga mirip gua. Sebagian orang mengatakan bahwa gua ini menjadi salah satu tempat bertapa nenek moyang dahulu. Mengenai benar atau tidaknya, yang jelas saat ini banyak digunakan wisatawan sebagai lokasi camping. Ini bisa dibuktikan dari banyaknya bekas kayu yang terbakar di dalamnya.

2. Pantai Sunyi dan Damai

Lokasi Pantai Peyuyon yang terletak diantara dua tebing tingi menjulang membuat tidak banyak wisatawan yang datang. Meski demikian, setiap hari tetap saja ada pelancong yang bertekad menaklukkan medan dan ingin melihat pesonanya. Sedikitnya pengunjung yang datang membuat suasananya semakin sunyi, kondisinya pun masih alami.

Wisatawan yang pernah datang ke sini menjulukinya sebagai surga tersembunyi. Asalan lain dari julukan ini tidak lain dari sunyinya suasana. Bagi wisatawan yang ingin menjernihkan pikiran karena aktivitas sehari-hari, pantai cantik di Gunung Kidul ini cocok dimasukkan ke dalam daftar kunjungan utama.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Peyuyon
Photo by Google Maps R A

3. Biota Laut yang Cantik

Daya tarik Pantai Peyuyon selanjutnya dari banyaknya biota laut yang ditemui. Ini masih berhubungan dengan kondisinya yang masih alami. Pantai ini jarang dikunjungi sehingga masih bisa dikatakan perawan. Biota laut yang ada di sekitarnya sekaan tidak terganggu oleh kedatangan pengunjung, karena memang tidak terlalu banyak.

Di sela batuan karang, pengunjung dapat melihat ikan kecil yang bersembunyi dari predator. Ada juga gurita yang menempel di batu karang atau tanah berpasir ketika mencari makanan. Jika air surut, terlihat bulu babi yang cantik tersebar di beberapa titik di sela batuan. Dibalik kecantikannya, sebagaiknya tetap waspada karena durinya tajam dan beracun.

4. Pemandangan Sempurna Pantai Peyuyon

Pemandangan alam di Pantai Peyuyon dikatakan sempurna dan layak menyandang status surga tersembunyi. Di sekeliling bibir pantai diapit oleh dua tebing menjulang tinggi. Sementara di bawah tebing terdapat batu karang yang cukup eksotis memanjakan mata. Di sekitar pantai banyak ditumbuhi pohon pandan yang menjadikan nuansa selalu hijau.

Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, namun tetap menjadikan pemandangannya semakin sempurna. Panjang garis pantai cantik ini hanya puluhan meter, namun untuk lebarnya lumayan. Panorama alamnya dilengkapi dengan air jernih tanpa limbah yang pastinya menyegarkan. Air jernih ini ombaknya lumayan, jadi tidak cocok untuk berenang.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Peyuyon
Photo by Google Maps shmily henonk

Alamat Pantai Peyuyon Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Apabila tidak memiliki gambaran sama sekali menuju ke lokasi, silahkan menuju ke Pantai Widodaren. Jarak antara kedua pantai ini tidak terlalu jauh, bahkan lokasi parkir nya pun sama. Dari Gunung Kidul butuh waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke tempat parkir.

Waktu tersebut digunakan untuk menempuh jarak kurang lebih 26 kilometer. Memang tidak harus satu jam, karena bisa lebih cepat atau lambat sesuai dengan kecepatan kendaraan. Perjalanan dari Gunung Kidul dimulai dengan menuju ke Jalan Baron. Mengikuti sepanjang rute ini, anda akan tiba di Jalan Pantai Selatan Jawa.

Setelah tiba di kawasan Ngresik Kanigoro, anda akan melalui perjalanan yang tidak biasa melewati perkebunan warga. Akses jalan di titik ini tidak bisa dikatakan baik karena masih belum teraspal. Hanya batuan dan tanah yang menemani sepanjang perjalanan. Oleh sebab itu, pastikan kondisi kendaraan prima, dan disarankan menggunakan sepeda motor.

Harga Tiket Masuk Pantai Peyuyon

Harga Tiket Masuk Pantai Peyuyon
Photo by Google Maps Firgita Febriyani

Meski saat ini masih dikelola sederhana oleh warga setempat, namun Pantai Peyuyon tetap memberlakukan biaya tiket masuk. Tidak terlalu mahal tentunya seperti tiket masuk pantai di Gunung Kidul pada umumnya. Satu orang wisatawan hanya diwajibkan membayar 5.000 rupiah dan ditambah biaya parkir kendaraan yang juga murah.

Menariknya, biaya yang murah ini sudah sekaligus menikmati pesona Pantai Widodaren. Dengan satu tiket masuk, anda dapat menikmati panorama alam dua pantai sekaligus. Apalagi anda bisa melakukan semua aktivitas di dalamnya. Demikian juga untuk camping, tidak ada biaya tambahan untuk aktivitas ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Peyuyon
Photo by Google Maps Firgita Febriyani

Dikatakan tadi bahwa Pantai Peyuyon termasuk karakteristik pantai dengan ombak tinggi, jadi tidak cocok untuk berenang. Namun jangan khawatir, masih banyak aktivitas menarik sebagai gantinya. Aktivitas yang dimaksud juga aman, seperti foto, santai di tepi pantai, hingga camping.

1. Memancing di Pantai Peyuyon

Apabila di tepi pantai saja terdapat banyak biota laut dari ikan kecil, pastinya sedikit ke tengah ada ikan yang berukuran besar. Aktivitas memancing cocok dilakukan di sini sambil menikmati pesona alamnya yang indah. Ada juga warga setempat yang memancing lobster dengan alat khusus di bawah batu tebing diantara karang Pantai Peyuyon.

2. Camping di Bibir Pantai

Meskipun direkomendasikan camping di puncak bukit yang mengapit, namun tidak ada salahnya mendapatkan sensasi berbeda dengan camping di bibir pantai cantik ini. Beralaskan pasir putih dan atap tenda sederhana, bermalam di sini pastinya lebih seru. Apalagi suasananya selalu ramai dari suara ombak yang memecah batuan karang.

3. Mendaki Bukit Widodaren

Letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Widodaren membuat anda mendapatkan double aktivitas. Setelah puas menikmati pesona alam indah di Pantai Peyuyon, sempatkan diri mendaki bukit yang menjadi pembatas Pantai Widodaren. Aktivitas ini banyak dilakukan wisatawan selama berkunjung ke sini, bahkan dianggap wajib.

Fasilitas Penunjang di Pantai Peyuyon

Fasilitas di Pantai Peyuyon
Photo by Google Maps Dimas Rendra

Tidak perlu membayangkan ada apa saja fasilitas di sini, pastinya sangat minim. Tidak ada toilet di sekitar pantai, apalagi mushola. Fasilitas yang ada untuk saat ini hanya tempat parkir yang lumayan luas. Apabila ingin buang air, silahkan kembali ke area parkir kendaraan. Oleh karena jaraknya lumayan jauh, sepertinya hal ini jarang dilakukan.

Itulah informasi penting yang wajib anda ketahui sebelum mengunjungi Pantai Peyuyon Gunung Kidul. Jika dilihat dari harga tiket yang murah dan daya tariknya yang mempesona, maka objek wisata ini masih layak dikunjungi. Namun ketika melihat fasilitas dan akses jalan, maka sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dari awal, mulai dari perbekalan hingga obat.