Harga Tiket: Mulai Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, tiada hentinya menawarkan berbagai pesona wisata bagi masyarakat. Wisata alam sampai wisata kekinian bisa dengan mudah ditemukan di kabupaten ini, sehingga mampu menarik minat turis lokal maupun mancanegara. Salah satu yang belakangan tengah naik daun dan disebut sebagai surga tersembunyi di balik pegunungan karst yaitu Pantai Pok Tunggal. Keindahan alamnya bahkan masih terjaga dan sangat asri.

Meski nama Pantai Pok tidak seterkenal Pantai Indrayanti atau kompleks wisata alam pantai lainnya di Gunung Kidul. Namun pantai satu ini layak disebut sebagai the hidden paradise yang tidak boleh dilewatkan. Ekosistem pantai memang berada di letak yang tersembunyi, yaitu di balik perbukitan karst yang terbentang di depannya.

Sejak diketahui ada pantai nan indah di balik perbukitan karst tersebut. Destinasi ini kemudian mulai dikenal dan tidak pernah sepi pengunjung meskipun letaknya terpencil di balik bukit. Bahkan di akhir pekan sekalipun, di sini bisa dengan mudah ditemukan turis yang sedang berlibur.

Kendati demikian, Pantai Pok Tunggal juga tidak seramai pantai Gunung Kidul lainnya sehingga membuat siapapun merasa betah berwisata dan berlama lama di pantai ini. Sebab keadaannya cukup tenang dan jauh dari keramaian serta hingar bingar perkotaan. Sangat cocok bagi Anda yang tengah mencari kedamaian untuk menjernihkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari hari.

Daya Tarik Wisata Pantai Pok Tunggal

Daya Tarik Wisata Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

1. Keindahan Alam yang Asri

Keindahan alam Pok Tunggal masih begitu asri karena letaknya yang tersembunyi. Layaknya sebuah pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, pantai satu ini juga mempunyai pasir yang putih, bersih, serta terasa halus ketika Anda berjalan di atasnya dengan kaki telanjang tanpa alas.

Putihnya pasir nan lembut yang bersih ini berpadu secara kontras dengan warna laut yang biru, membuatnya tampil makin mempesona. Belum lagi dengan bingkaian tebing tebing batu karang yang dipenuhi dengan tanaman hijau dan pepohonan lebat di bagian barat dan timur pantai. Membuat perpaduan warna di area pantai ini semakin rupawan dan memanjakan mata.

Lalu tidak lupa dengan pegunungan karst yang membentengi pantai tersebut. Karena adanya pegunungan ini justru membuat pantai terlihat makin eksotis. Saat berada di sana, Anda akan merasa seperti di pulau pribadi lantaran letaknya yang berada di balik pegunungan karst. Pegunungan tersebut bahkan acap kali menjadi latar belakang foto saat mengabadikan momen di sini.

2. Memiliki Nama yang Unik

Mendengar nama Pantai Pok Tunggal, rasanya saja sudah membuat banyak orang penasaran. Nama pantai ini memang sangat unik, yang mana nama tersebut diambil dari sebuah pohon tua dan langka di pantai tersebut. Pohon langka ini memiliki nama lain pohon duras yang sampai sekarang masih berdiri kokoh di pinggir pantai. Tidak jarang pohon ini dijadikan sebagai spot foto pengunjung.

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Instagram.com @mochammadarifin98

3. Aliran Sungai Bawah Tanah

Hal lainnya yang membuat salah satu pantai di Gunung Kidul ini menjadi unik adalah keberadaan aliran sungai bawah tanah yang ada di sana. Aliran sungai bawah tanah tersebut merupakan mata air tawar, dan dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk yang tinggal di sekitar pantai. Menarik bukan bagaimana air tawar ini tidak bercampur dengan asinnya air laut ?

4. Primata yang Tinggal di Pantai

Menambah keunikan pantai, di sini Anda bisa menemukan beberapa monyet monyet kecil yang seringkali melompat dari satu dahan pohon ke dahan lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir terhadap keberadaan primata tersebut, sebab mereka kebanyakan sudah jinak sehingga tidak mengganggu pengunjung. Bahkan pengunjung jika memberi makan monyet monyet ini dengan aman.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Pok Tunggal

Alamat Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @pok_tunggal

Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Yang mana letak dari pantai ini berada cukup tersembunyi, di balik pegunungan karst. Keberadaannya juga terletak di tengah dua pantai terkenal di Gunung Kidul, yaitu Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal dan Pantai Siung.

Untuk sampai di lokasi, Anda bisa melalui berbagai jalan sebab akses ke lokasi pantai terbilang cukup mudah. Anda bisa berangkat dari kota Jogja, Sukoharjo, Wonogiri, Wonosari, Solo, maupun Klaten. Dari pusat kota Jogja sendiri, pantai ini hanya berjarak sekitar 80 kilometer atau kurang lebih membutuhkan 2 jam perjalanan.

Secara singkat, Anda bisa menempuh rute dari Yogyakarta menuju ke arah Wonosari. Kemudian berbelok ke arah selatan menuju daerah Tepus. Akan tetapi, setelah melewati gerbang retribusi dan menemukan pertigaan di sana, maka pilih ke arah kiri untuk sampai ke lokasi Pantai Pok Tunggal.

Akses menuju pantainya sendiri bisa dilalui dengan berbagai moda transportasi, seperti kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bahkan Anda bisa mengandalkan transportasi umum untuk mencapai lokasi. Namun untuk benar benar sampai di pantainya sendiri, hanya ojek saja transportasi umum yang dapat dimanfaatkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Facebook.com @pantai-pok-tunggal

Sama halnya dengan pantai Gunung Kidul lainnya yang menawarkan wisata dengan harga terjangkau. Pun dengan Pantai Pok Tunggal, yang mana tarif masuknya maupun biaya kontribusi parkir relatif murah meriah dan hemat di kantong. Karena pengelola pantai sendiri hanya menetapkan tiket masuk berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 15.000 saja.

Dengan ketentuan Rp. 3.000 untuk pengunjung yang membawa motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 15.000 untuk minibus. Semua harga ini sudah termasuk tiket masuk dan biaya parkirnya, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek lagi untuk dapat berlibur dan menikmati keindahan pantai ini.

Namun jika Anda berminat untuk menikmati Pantai Pok lebih lama dengan mendirikan tenda di camping ground yang ada, maka pihak pengelola telah menetapkan tarif tersendiri. Tidak Perlu khawatir, karena biayanya pun terbilang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 saja per malamnya. Biaya ini belum termasuk sewa peralatan tenda dan berkemah lainnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pok Tunggal

Aktivitas di Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Google Maps (Taufik Sae)

1. Menikmati Keindahan Pantai

Terkenal sebagai surga tersembunyi, tentu menikmati keindahan pantai menjadi salah satu kegiatan yang tidak akan pernah bosan dilakukan para pengunjung. Terlebih dengan pemandangan di sekeliling yang memang benar benar memanjakan mata. Mulai dari hamparan pasir putih, lautan biru nan luas, pepohonan rimbun, hingga tebing tebing yang eksotis.

Apabila berkunjung ke sini, jangan lewatkan menyusuri garis pantainya yang cukup panjang sembari menikmati ombak sesekali menerpa kaki. Di sini memang sebaiknya tidak bermain air terlalu tengah, sebab ombak pantai cukup besar terutama pada waktu waktu tertentu. Oleh karena itu, bagi Anda yang datang bersama anak anak sebaiknya jangan pernah melepaskan pengawasan.

2. Diving dan Snorkeling

Meski pada beberapa waktu ombak pantai cukup besar, namun Pantai Pok Tunggal juga tetap bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati aktivitas diving dan snorkeling. Karena pada musim tertentu, air laut cenderung tenang. Sehingga pengunjung bisa bebas menikmati keindahan alam bawah laut dari pantai satu ini.

Melihat bahwa kondisi pantainya masih sangat alami dan asri, maka kondisi alam bawah lautnya pun tidak jauh berbeda. Apalagi dengan air laut yang jernih dan bening, sehingga sangat mendukung aktivitas ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda membawa peralatan sendiri apabila ingin melakukan penyelaman baik itu snorkeling maupun diving.

3. Rock Climbing

Apabila Anda termasuk orang yang suka menantang adrenalin, maka melakukan rock climbing di sini akan menjadi aktivitas yang sangat berkesan. Mengingat bahwa pantai tersebut memang terdiri dari tebing tebing karst yang saling berhimpitan dan berjejeran. Sehingga Anda bisa menjajal untuk menaikinya maupun menuruni tebing karst yang cadas.

Aktivitas Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @catperku

4. Berburu Foto

Berkunjung ke objek wisata memang kurang afdol jika tidak sekaligus berburu foto untuk diabadikan dan dibagikan ke sosial media. Di Pantai Pok Tunggal sendiri, Anda bisa menemukan banyak sekali spot terbaik untuk menghasilkan foto ciamik. Misalnya dengan menaiki tangga dan menuju puncak bukit karst, lalu membidik sunset maupun sunrise dari spot tersebut.

Bahkan tanpa perlu menuju puncak bukit pun, Anda bisa menjadikan laut dan langit yang biru sebagai latar belakang untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Agar lebih bagus, Anda pun dapat memanfaatkan berbagai properti yang ada, misalnya deretan payung warna warni yang ada di pantai untuk memperindah hasil jepretan kamera.

5. Camping

Memang tidak semua pantai menawarkan camping ground. Beruntung, di Pantai Pok Tunggal Anda bisa menemukannya dengan mudah dan membuatnya menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya pada momen liburan panjang atau akhir pekan, area perkemahan ini cukup ramai dipadati oleh tenda tenda wisatawan yang ingin menikmati sunset dan sunrise.

Tentunya suasana camping di malam hari ditemani dengan suasana pantai yang khas akan menjadi pengalaman tidak terlupakan, apalagi jika Anda berkemah bersama dengan orang spesial seperti keluarga maupun sahabat karib. Akan tetapi, sebaiknya Anda membawa peralatan camping sendiri apabila ingin berkemah. Sebab persewaan peralatan camping yang ada masih sangat terbatas.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Google Maps (Vmgaming)

Meski pantai satu ini tidak mempunyai tempat penyewaan wahana air seperti jetski atau boat, namun bukan berarti fasilitas yang tersedia lantas tidak dapat memanjakan para wisatawan. Sebab pihak setempat telah menyediakan fasilitas tambahan seperti payung pantai warna warni yang bisa disewa oleh pengunjung.

Membuat Anda tidak kepanasan ketika ingin bersantai dalam waktu lama di tengah teriknya matahari di Pantai Pok Tunggal. Apabila ingin yang lebih luas, maka ada juga fasilitas tenda yang bentuknya menyerupai gazebo untuk menemani Anda bersantai. Pelancong yang datang bersama rombongan bisa menyewanya dengan harga terjangkau untuk pemakaian seharian sepuasnya.

Tidak sampai di situ saja, beberapa fasilitas lainnya yang tersedia di destinasi pantai satu ini di antaranya yaitu toilet bersih di beberapa titik, area parkir yang luas, hingga beberapa warung makan tradisional seperti angkringan. Bagi Anda yang menyukai menu olahan laut, dijamin akan terpuaskan. Sebab kebanyakan warung menyediakan santapan dengan bahan dasar ikan yang baru dipancing.

Pantai Pok Tunggal memang hanya satu dari sekian banyak pantai cantik di Gunung Kidul. Namun bukan berarti Anda dapat menyepelekan pesonanya. Sebab masing masing wisata bahari yang ada di daerah ini mempunyai daya tarik tersendiri. Pun dengan destinasi satu ini yang tentunya siap membuat Anda terkagum kagum berkat panorama alamnya. Jadi, sudah siap bertandang ke pantai satu ini?

Give a Comment