Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sogo Sanden, Desa Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Salah satu daya tarik wisata utama di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah pantainya yang langsung menghadap laut selatan Jawa. Salah satu pantai yang menyajikan pemandangan yang spektakuler adalah Pantai Samas di Bantul. Untuk itu, berikut telah kami sajikan paparan lengkap mengenai daya tarik yang ditawarkan oleh pantai cantik ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Samas

Daya Tarik Pantai Samas Bantul
Photo by Google Maps Achdiat Septiawan

1. Pantai yang Indah

Salah satu daya tarik utama adalah pantainya yang bersih dan luas. Karena belum terlalu ramai dan popular, pantai yang satu ini tergolong masih terjaga keasliannya. Selain itu, pantai eksotis ini juga tidak terlalu dipenuhi pengunjung, sehingga area pantai masih cukup bersih dan terawat.

Sama seperti pantai-pantai di selatan Jawa lainnya, Pantai Samas juga memiliki warna pasir yang cokelat gelap. Meski demikian, hal inilah yang menghadirkan daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Buktinya, ada banyak wisatawan terutama anak-anak yang dengan leluasa bermain pasir dan melakukan ragam aktivitas menarik lainnya di bibir pantai.

Karena pesona alamnya yang menakjubkan ini, banyak sekali wisatawan yang memilih lokasi pantai ini untuk bersantai sambil menikmati deburan ombak dan hembusan angin sepoi-sepoi yang menyenangkan. Tak hanya itu saja, karena keaslian alamnya yang masih terjaga ini, sering kali wisatawan dapat melihat hewan-hewan cantik yang berkeliaran, seperti burung pantai dan juga penyu.

2. Konservasi Penyu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Pantai Samas ini memang banyak ditemukan hewan lucu yang menggemaskan, yakni penyu. Oleh sebab itu, sejak tahun 2010 akhirnya dibuatlah sebuah konservasi atau penangkaran penyu agar keberadaan hewan ini dapat terus dilestarikan. Jenis penyu yang dilestarikan di pusat konservasi penyu ini antara lain adalah Penyu Sisik, Penyu Belimbing, dan Penyu Lekang.

Pada umumnya, penyu dewasa akan bertelur sekitar bulan Mei sampai Agustus. Telur-telur penyu ini akan tersebar di sekitar area pantai, dan akan dibawa ke penangkaran oleh para staff agar terhindar dari para predator hingga menetas. Apabila sudah menetas, penyu yang masih bayi akan dilepas ke habitat asalnya yakni laut.

3. Taman Bunga

Di sebelah utara kawasan pantai, terdapat sebuah taman bunga yang cukup indah. Taman bunga ini letaknya sangat dekat dengan area pantai, yakni tepatnya di Dusun Tegalsari, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun luas areanya cukup kecil, namun keindahan bunga-bunga yang ditampilkan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Biasanya, wisatawan yang mengunjungi Pantai Samas akan melanjutkan wisatanya dengan mampir ke taman bunga ini. Karena keindahan pemandangan taman bunga, banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan lokasi ini sebagai spot berfoto. Untuk dapat masuk ke area taman bunga, wisatawan dapat membeli tiket tambahan pada loket yang telah tersedia.

4. Kuliner Seafood

Apabila berkunjung ke pantai, tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi kuliner seafood (makanan laut) yang disajikan. Biasanya, resto makanan yang terletak dekat dengan pantai menyediakan menu ragam hidangan laut yang segar, karena langsung diperoleh dari laut di dekatnya.

Di sekitar area pantai juga terdapat resto “Rumah Apung” yang menyediakan ragam hidangan seafood yang nikmat dan segar. Selain itu, harga yang ditetapkan untuk per porsi hidangannya juga cukup terjangkau. Oleh sebab itu, hidangan laut ini patut dicoba apabila sedang berkunjung ke kawasan pantai ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Samas Bantul
Photo by Google Google Maps Deasy A.desiliani

5. Spot Foto Menarik

Keindahan alam yang terdapat di Pantai Samas memang sangatlah mengagumkan. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung yang berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai beserta laut yang sangat menarik.

Selain berfoto dengan latar pemandangan alam, pengunjung juga dapat berfoto pada sejumlah spot foto menarik yang telah disediakan oleh pihak pengelola seperti jembatan bambu, atau pun gardu pandang.

6. Jembatan Bambu

Daya tarik selanjutnya adalah jembatan bambu. Jembatan ini bukanlah sembarang jembatan bambu, karena ukurannya yang cukup panjang yakni mencapai hingga 210 meter. Jembatan bambu yang satu ini memang dirancang secara khusus dan memanjang dari bibir pantai dan melintasi laut hingga ke gundukan pasir di seberangnya.

Jembatan bambu ini memang memiliki latar belakang pemandangan yang sangat indah, yakni birunya laut selatan serta gumuk pasir yang masih alami. Selain indah, jembatan bambu yang satu ini juga menawarkan pengalaman wisata yang cukup menantang, karena letaknya yang tepat di atas laut. Untuk dapat mengakses jembatan ini untuk berfoto, atau sekadar menikmati pemandangan, wisatawan dapat membayar biaya tiket tambahan sebesar Rp 5.000 per pengunjung.

7. Mercusuar

Salah satu hal yang cukup menarik di sekitar lokasi pantai ini adalah adanya gedung mercusuar, yang dinamakan sebagai Mercusuar Samas. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1997, dan awalnya difungsikan untuk membantu navigasi kapal. Namun, sekarang mercusuar ini difungsikan juga sebagai objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan umum.

Lokasi dari mercusuar ini tidak terlalu jauh dari pantai, dan hanya sekitar 1 km saja menyusuri garis pantai. Di atas mercusuar, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan yang sangat spektakuler, dari birunya laut serta hamparan pasir yang luas. Untuk dapat mencapai puncak mercusuar, wisatawan harus menaiki anak tangga melingkar hingga 8 lantai.

Mercusuar Samas ini dikelola oleh Kementerian Perhubungan. Oleh karena itu, wisatawan yang hendak mengakses lokasi mercusuar dapat membayar tiket khusus sebesar Rp 5.000 per pengunjung.

8. Tempat Bersantai

Di Pantai Samas ini, ada banyak sekali spot bersantai yang sangat nyaman bagi para pengunjung. Salah satu spot bersantai yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung di tempat wisata hits ini adalah bangku pantai dengan payung yang langsung menghadap pemandangan laut yang sangat mempesona. Selain itu, ada pula pendopo yang dapat digunakan untuk bersantai ataupun menyantap makanan ringan.

9. Tempat Pemancingan

Bagi pengunjung yang hobi memancing, kawasan pantai ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Di pantai yang indah ini, pengunjung dapat memancing di berbagai lokasi yang tersedia, di antaranya yakni di sekitar pembatas pantai, ataupun di sekitar pohon cemara. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa perahu nelayan untuk memancing agar hasil tangkapannya dapat menjadi lebih maksimal.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Alamat Pantai Samas Bantul
Photo by Google Maps norbertus yuni Artanto

Pantai cantik ini terletak di Jl. Samas, Dodogan, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak dari pantai memang tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni sekitar 28 km, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Perjalanan dapat dimulai dengan mengakses Jl. Bantul hingga ke Jl. Lintas Sel. atau Jl. Samas di Karang Suwung. Setelah itu, tetap lanjutkan perjalanan selama beberapa menit di Jl. Samas hingga sampai ke pantai di daerah Dodogan.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Pantai Samas, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 4.000 per orangnya.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Samas Bantul
Photo by Google Maps Icunk obid

Sebenarnya, ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan Pantai Samas, di antaranya yaitu:

1. Bermain di Pantai

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung adalah bermain di pantai. Banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai, seperti bermain dan melukis di pasir, bermain layang-layang, dan masih banyak ragam aktivitas menarik lainnya. Selain itu, apabila gelombang laut sedang memungkinkan, aktivitas lain yang sangat seru untuk dicoba adalah berenang, ataupun sekadar berendam air laut di dekat deburan ombak.

2. Berfoto

Di kawasan wisata eksotis ini, sangat disayangkan apabila pengunjung tidak mengabadikan momen dengan berfoto. Rasanya, Pantai Samas ini tidak kehabisan spot foto menarik karena keindahan alamnya yang spektakuler. Oleh karena itu, ada baiknya pengunjung mempersiapkan kamera yang memadai serta properti agar hasil foto menjadi lebih menarik.

Aktivitas Seru Pantai Samas Bantul
Photo by Google Maps Mytha Nura

3. Memancing

Di sekitar pantai, ada banyak spot memancing yang patut dicoba, seperti pembatas pantai, area sekitar pohon cemara, ataupun dengan menyewa perahu nelayan. Biasanya, hasil tangkapan dari sekitar pantai ini cukup memuaskan, sehingga banyak sekali orang yang rela datang jauh-jauh hanya untuk memancing ikan segar di lokasi pantai.

Bagi Anda yang tertarik untuk memancing, ada baiknya untuk mempersiapkan peralatan pancing sendiri dari rumah. Dengan demikian, maka aktivitas memancing dapat berjalan lebih lancar dan menyenangkan.

4. Mencicipi Hidangan Seafood

Aktivitas menarik lainnya yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung di kawasan wisata hits ini mencicipi hidangan seafood di “Rumah Apung”. Ragam menu seafood yang disajikan di tempat ini sangatlah segar, karena merupakan hasil laut yang didapatkan secara langsung oleh nelayan. Selain itu, letak dari resto ini cukup dekat dengan laut, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan nikmat sambil ditemani pemandangan pantai dan laut yang mempesona.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Samas

Fasilitas Pantai Samas Bantul
Photo by Google Maps Aku Ingin Tau

1. Area Parkir

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat memarkirkannya di lokasi parkir yang terletak di sekitaran area pintu masuk Pantai Samas. Di area parkir ini, keamanannya sangat terjamin karena selalu dijaga oleh petugas keamanan.

2. Spot Foto

Salah satu fasilitas utama yang tersedia di tempat wisata alam ini adalah ragam spot foto menarik yang tentunya patut dimanfaatkan. Ragam spot foto ini di antaranya yaitu jembatan bambu, gardu pandang, ataupun pemandangan pantai yang indah.

3. Kedai Makanan

Selain resto seafood, di sekitar area pantai ini juga terdapat sejumlah kedai makanan sederhana yang menyediakan ragam makanan atau minuman ringan yang cocok disantap sambil bersantai di area pantai.

4. Mushola

Tempat wisata hits ini juga menyediakan fasilitas Mushola sederhana bagi pengunjung yang hendak menunaikan ibadah.

5. Toilet dan Kamar Ganti

Di kawasan pantai terdapat sejumlah toilet serta kamar ganti yang cukup bersih dan terawat yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam menarik di kawasan Bantul, yakni Pantai Samas. Wisata pantai ini memang sudah menjadi salah satu destinasi unggulan di Jogja, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai ini, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama teman ataupun keluarga.

Give a Comment