Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: .Pendowo, Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Gunung Kidul diakui sebagai tempat yang menawarkan banyak pantai indah yang dapat dinikmati oleh pengunjung baik pengunjung lokal hingga internasional. Sudah banyak nama-nama pantai dari Gunung Kidul yang melesat di dunia wisatawan. Namun, pernahkah anda mendengar mengenai Pantai Sedahan?

Sedahan merupakan satu dari deretan pantai yang terletak di Gunung Kidul. Pantai yang baru-baru ini sedang naik daun dan banyak diperbincangkan di sosial media karena pemandangannya yang indah dan cocok untuk penikmat senja. Hamparan garis pantai yang luas serta pasir putih yang bersih merupakan salah satu aspek yang menambah keindahan dari pantai eksotis satu ini. Semakin penasaran mengenai pantai cantik satu ini?

Daya Tarik Utama Pantai Sedahan

Daya Tarik Pantai Sedahan
Photo by Facebook Jelajahi Indonesia

Pantai ini menawarkan banyak keindahan dan objek alam yang dapat anda nikmati di waktu bersamaan di lokasi yang sama. Berikut merupakan daya tarik yang ditawarkan Pantai Sedahan untuk anda pecinta wisata pantai

1. Bukit Karang

Terdapat dua bukit karang yang cukup besar yang terletak mengapit pantai dan cenderung menjorok ke laut. Selain dapat menikmati keunikan dan keindahan karang besar yang jarang ditemui di pantai lain ini, anda dapat mendakinya dan duduk di atasnya untuk memandang pantai sehingga pemandangan pantai yang anda dapatkan semakin luas. Selain itu, anda dapat berfoto mengabadikan pemandangan saat anda berada di sekitar karang besar tersebut dimana spot ini cukup hits dikalangan pemburu foto-foto wisatawan.

Bukit karang ini selain menambah keindahan pantai juga membantu dalam mengurangi potensi derasnya ombak. Hal ini menguntungkan pengunjung karena akan meningkatkan keamanan anda dalam menyusuri pantai maupun kegiatan camping. Bukit karang ini terletak tepat di barat dan timur pantai.

2. Spot Camping

Spot camping merupakan salah satu daya tarik utama Pantai Sedahan. Pasalnya hanya ada sedikit dari banyak sekali pantai yang menyediakan spot camping. Pantai cantik ini sangat hits di kalangan anak muda yang menyukai kegiatan berkemah dekat dengan alam. Akan banyak camp yang berdiri di atas indahnya pasir putih pantai ini.

Terdapat beberapa alasan yang membuat pantai unik ini sesuai dijadikan lokasi camping yaitu suasananya yang sepi karena tidak terlalu banyak pengunjung sehingga anda dapat menikmati kegiatan camping dengan baik; area garis pantai yang cukup luas sehingga pendirian camp terbilang sangat efektif; ombak pantai yang tidak terlalu besar sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat melakukan kegiatan camping. Dengan kegiatan ini, anda dapat menikmati kegiatan camping dengan pemandangan yang indah dan cerah pada siang hari, serta indahnya Bintang dengan desiran air yang menyejukkan pada malam hari. Anda dapat membawa rombongan keluarga atau teman untuk melakukan kegiatan camping di pantai eksotis ini.

3. Panorama Sunrise dan Sunset

Untuk anda pemburu view sunset dan sunrise, Pantai Sedahan sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Pasalnya panorama matahari ini dapat anda nikmati secara penuh di pantai luas ini dengan menaiki bukit karang yang sudah dijelaskan di atas. Namun, untuk anda yang tidak mau mendaki bukit karang besar tersebut dapat juga menikmati indahnya sunset dan sunrise dari bibir pantai saja.

4. Spot Memancing

Pantai dengan keindahan dan daya tarik yang tidak main-main ini juga menawarkan kegiatan memancing. Kegiatan ini akan sangat jarang anda temui di pantai lainnya. Terdapat beberapa pemancing yang rutin melakukan kegiatan memancing di pantai cantik ini sembari menikmati indahnya pemandangan. Untuk anda yang belum terbiasa dengan kegiatan memancing sebaiknya berhati-hati arena lokasi memancing di pantai indah ini terbilang sangat licin sehingga besar potensi untuk tergelincir.

5. Melihat Penyu

Pantai Sedahan ini dijadikan lokasi mendarat dan bertelur oleh penyu. Penyu yang ditemukan di pantai indah ini bukan hanya penyu biasa, namun sesekali anda akan menjumpai penyu langka di pantai eksotis ini. Namun, anda hanya diperbolehkan memandang atau mengambil gambar dari satwa langka satu ini. Anda tidak diperbolehkan mengambil dan membawa pulang penyu-penyu tersebut karena satwa ini dilindungi dan perlu dilestarikan di lokasi seharusnya yaitu pantai.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sedahan
Photo by Google Maps Ircham Manthof

Pantai Sedahan terletak di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Anda dapat mengunjungi pantai cantik ini dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps pada perangkat anda. Dari pusat Jogja, anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam dengan jarak 79 km.

Lokasi dari pantai cantik terdapat di perbukitan dan jalanan yang harus dilalui pun terbilang terjal sehingga tidak dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat hingga lokasi pantai, namun anda menggunakannya hingga ke lokasi parkir. Anda dapat menggunakan sepeda motor atau melakukan tracking. Jika menggunakan cara tracking, anda menggunakan memulainya dari lokasi parkir pantai Greweng.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Sedahan
Photo by Google Maps Vini Ramadhani

Dengan pemandangan yang indah, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena tiket masuk pantai eksotis ini sangat murah yaitu hanya Rp 5000 per orang. Untuk anda yang membawa kendaraan roda empat dikenakan biaya retribusi parkir sebesar Rp 5000 dan Rp 3000 untuk sepeda motor.

Untuk anda yang ingin melakukan kegiatan camping di Pantai Sedahan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per tenda. Murah bukan?

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Sedahan
Photo by Twitter Radio Elshinta

Sejuta pemandangan yang ditawarkan untuk anda nikmati tentunya membawa anda untuk melakukan aktivitas-aktivitas beragam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Berikut merupakan beberapa aktivitas menarik yang dapat anda lakukan di Pantai Sedahan:

1. Camping Seru

Kegiatan camping sangat direkomendasikan saat anda mengunjungi Pantai Sedahan. Anda akan memiliki banyak teman baru yang akan melakukan kegiatan camping juga di pantai indah ini. Kegiatan camping ini akan terasa lengkap jika anda membawa sanak keluarga atau teman-teman anda sehingga anda dapat menghabiskan siang dan malam dengan indahnya pemandangan pantai secara langsung. Anda tidak perlu repot untuk membawa tenda dari rumah, karena di pantai ini terdapat tempat untuk menyewa tenda.

2. Memancing Ikan

Tersedianya spot memancing memberikan anda dan pengunjung lainnya untuk menikmati pengalaman memancing di perairan bebas yaitu pantai. Anda akan menemui beberapa jenis ikan yang mungkin akan jarang anda temui di perkotaan. Kegiatan memancing ini akan dilengkapi dengan pemandangan hijau yang mengelilingi sekitar pantai.

3. Melihat Biota Laut

Pantai eksotis satu ini menawarkan pemandangan biota-biota laut seperti kerang, penyu, dan lainnya. Anda dapat melihat bagaimana biota laut ini hidup khususnya penyu. Anda dapat melihat penyu-penyu akan mendarat di sekitar Pantai Sedahan. Selain itu, penyu juga sering menggunakan pasir hangat dari pantai hits ini sebagai lokasi bertelur. Jadi, jika anda beruntung anda dapat melihat bayi-bayi penyu di pantai cantik ini.

Aktivitas Seru Pantai Sedahan
Photo by Twitter @NugieTja

4. Berswafoto

Wisata tidak akan lengkap tanpa adanya kegiatan foto. Momen anda saat berada di tengah-tengah indahnya pasir putih, air pantai yang jernih, hijaunya pepohonan sekitar, dan eksotisnya kerang yang mengapit pantai merupakan kejadian yang jarang dan langka untuk anda. Agar lebih berkesan, anda harus mengabadikan momen tersebut di dalam sebuah gambar. Indahnya sunset dan sunrise juga dapat anda abadikan di kamera anda masing-masing.

5. Jalan-Jalan di Sekitar Pantai

Bagi anda yang sedang mengalami hari-hari yang berat dan membuat anda stres, berjalan-jalan sekitar pantai atau membaca buku di pasir pantai adalah kegiatan yang dapat membantu anda mengurangi stress anda. Anda akan sejenak dijauhkan dari kesibukan dan kepadatan kegiatan dan aktivitas anda. Menyatu dengan alam akan membantu anda untuk dapat berpikir lebih jernih.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan

Fasilitas Pantai Sedahan
Photo by Google Maps Mas Apry

Pantai Sedahan merupakan objek wisata yang masih terbilang baru dan masih sepi pengunjung. Oleh karena itu, fasilitas penunjang belum terlalu lengkap, namun sudah cukup untuk mendukung aktivitas yang akan anda lakukan di pantai. Berikut merupakan fasilitas umum yang disediakan di pantai hits satu ini:

1. Toilet Umum

Toilet di pantai eksotis ini dapat anda gunakan untuk aktivitas ekskresi maupun hanya untuk sekedar mandi atau berganti pakaian. Toilet di pantai cantik ini juga terbilang bersih sehingga akan membuat anda nyaman dalam menggunakannya. Toilet disediakan sebagai penunjang dalam menjalankan aktivitas wisata pengunjung

2. Mushola

Untuk anda penganut Agama Islam tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menemukan tempat ibadah. Pasalnya pantai ini sudah menyediakan Mushola yang cukup untuk anda gunakan untuk menjalankan Sholat. Jadi, anda dapat menikmati kegiatan wisata anda tanpa perlu memikirkan lokasi untuk menjalankan kewajiban sebagai Umat Muslim.

3. Tempat Sewa Tenda

Camping adalah salah satu kegiatan yang terkenal di pantai ini, pengelola menyediakan tempat sewa tenda. Anda dapat menyewa tenda sesaat anda tiba di kawasan pantai. Hal ini memungkinkan anda tidak perlu membawa tenda yang berat dari rumah sehingga perjalan atau tracking anda menuju pantai tidak terlalu berat.

4. Warung Makan

Terdapat warung-warung yang menyediakan makan-makanan dan minuman yang dapat dibeli oleh pengunjung. Namun, warung makan di Pantai Sedahan masih terbilang sedikit dan belum terlalu lengkap. Jadi, sebaiknya anda juga membawa persediaan makanan dari rumah anda sehingga anda dapat menikmati makanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

5. Tempat Parkir

Tersedia area parkir yang dapat anda gunakan untuk memarkirkan kendaraan pribadi anda. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan keamanan kendaraan anda. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir sehingga kendaraan pribadi anda dapat dijamin keamanannya.

6. Sewa Tungku dan Kayu Bakar

Kegiatan camping terasa kurang lengkap jia tidak ada kegiatan penyalaan api untuk menghangatkan badan. Untuk itu, anda dapat menyewa tungku dan membeli kayu bakar di sekitar pantai. Dengan begitu, kegiatan camping anda akan semakin baik dan menyenangkan. Anda dapat menghangatkan badan sekaligus bercengkerama dengan teman-teman anda.

Demikianlah uraian mengenai daya tarik pantai serta fasilitas yang menunjang kegiatan wisata, serta aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Pantai Sedahan. Semoga uraian ini dapat anda gunakan sebagai referensi saat berkunjung, sehingga aktivitas wisata anda semakin seru dan menyenangkan.

Give a Comment