Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Pantai Siung dikenal sebagai destinasi yang menawarkan paket lengkap liburan di Gunung Kidul, Jogja. Bagaimana tidak? Setiap pengunjung dapat merasakan berbagai hal unik dan menarik, contohnya memberi makan kera yang lalu lalang di area pantai. Daripada penasaran, yuk cari tahu selengkapnya tentang destinasi tersebut di sini!

Sekilas Tentang Pantai Siung

Sekilas Tentang Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Toni Ambarukmo)

Wisata alam di jogja dan sekitarnya sangat beragam. tidak heran jika kota tersebut masuk dalam list teratas destinasi wisata unggulan warga Indonesia, terlebih di pulau Jawa. Pantai Siung sejatinya merupakan sebuah pantai yang terkenal atas keindahan wilayah pesisirnya yang dikeliling oleh tebing tebih yang tinggi.

Menariknya lagi, wisatawan yang datang dapat menjajal sensasi panjat tebing loh! Terkait dengan keamanannya, anda tidak perlu ragu. Semuanya telah dibuat sesuai dengan standar internasional. Para instruktur nya juga telah berpengalaman sehingga dapat menjaga wisatawan dengan baik. SOP nya pun ketat dan disusun dengan baik.

Masih di lokasi yang sama, pengunjung pun kerap kali dibuat takjub dengan segerombolan kera yang datang dari rerimbunan pohon. Kera-kera ini memanggil kembali kenangan, saat anda berkunjung ke Ubud Bali. Hal itu lah yang menarik dan menjadi alasan Pantai Siung ini semakin ramai. Namun tetap saja, anda harus menjaga barang agar tidak dicuri monyet.

Kawasan wisata ini juga dekat dengan deretan pantai eksotis yang lain. Beberapa spot pantai tersebut adalah Pantai Wedi Ombo, Pantai Nglambor, Pantai Sepanjang, Pantai Kwaru, dan Pantai Kukup. Setiap pengunjung yang datang ke sana selalu menyempatkan singgah ke pantai nan indah ini. Fasilitas pantai pun sangat lengkap mendukung kebutuhan wisatawan.

Daya Tarik Wisata Pantai Siung

Daya Tarik Pantai Siung
Image Credit: Twitter.com @echabulet

1. Pantai yang Indah dan Eksotis

Kita semua pasti tidak akan pernah bosan dengan keindahaan pantai yang ada di Indonesia. Anginnya yang terasa semilir dengan deburan ombak yang merdu menjadi ciri khas yang tidak akan pernah lepas darinya. Daya tarik itu pula yang ditawarkan oleh Pantai Siung. Setiap pengunjung akan dibuat terpesona dengan kenampakan alamnya.

Air lautnya yang jernih, pasirnya yang putih, dan jajaran pohon di sekitar pantai terlihat indah, menyatu dengan cerahnya langit Jogja. Di sekitar pantai juga terdapat deretan tebing tinggi yang semakin membuat pemandangannya semakin menakjubkan. Akan sangat disayangkan jika anda melewatkan spot yang satu ini ketika berkunjung ke Gunung Kidul Jogja.

2. Spot Panjat Tebing

Sempat disinggung sebelumnya, Pantai Siung merupakan spot panjat tebing berskala internasional. Hingga saat ini, pemerintah setempat masih terus mengembangkan potensi tersebut sebagai daya tarik utama dengan tujuan untuk memikat wisatawan. Ternyata, pantai ini telah menjadi rujukan para pecinta alam yang berasal dari Jepang untuk menjajal aktivitas panjat tebin.

Menariknya lagi, destinasi ini pernah digunakan sebagai venue lomba panjat tebing dalam acara ASEAN Climbing Gathering. Di event tersebut, banyak sekali perwakilan negara di Eropa dan Asia yang datang berkunjung ke sana. Tentu hal ini menjadi kebanggana tersendiri bagi Kora Jogja. Kareena kepopuleran nya, destinasi wisata tersebut dijuluki The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Daya Tarik Wisata Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Nur H)

3. Kera yang Lalu Lalang dan Imut

Bagi sebagian orang, mungkin kera adalah binatang yang mengerikan. Sejatinya, wajah mereka cukup imut jika terus dipandang. Tingkah lakunya yang menggemaskan, terlebih yang ukurannya masih kecil atau masih bayi. Mereka pun tergolong jinak dan tidak akan mengganggu wisatawan, selama anda pun tidak mengganggu mereka.

Agar lebih aman, anda dapat berfoto dengan kera dari kejauhan. Hal ini dilakukan, karena anda tidak pernah tahu apa yang dirasakan oleh mereka. Takutnya, si kera malah merasa terancam dan balik menyerang. Jika memang tetap ingin mendekat, maka berhati hatilah dan jaga barang bawaan anda, jangan sampai ditarik dan dibawanya kabur.

4. Spot Camping Terbaik

Jika belum puas bermain main di pantai, anda bisa terus menikmati keindahan itu sampai pagi dengan acar camping. Anda bisa mendirikan tenda di spot camping yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola. Dengan begitu, keberadaan tenda anda tidak akan mengganggu wisatawan yang lain. Adapun spot untuk membangun tenda berada di sebelah timur pantai.

Saat malam tiba, anda dapat merasakan semilir angin di tepi pantai. Anda pun dapat melihat indahnya bintang yang bertabur di atas langit. Pengalaman semacam ini pasti akan sangat menyenangkan, terlebih jika anda datang bersama dengan keluarga atau sahabat. Di area camping ini juga tersedia rumah panggung yang dapat memuat 15 orang, dan dapat digunakan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Siung

Alamat Pantai Siung
Image Credit: Facebook.com @Cream-Hurin-In-Pak-Haji

Pantai Siung berada di Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tapus, Yogyakarta. Ada berbagai rute yang bisa anda tempuh untuk sampai ke sana. Adapun rute paling populer adalah berasal dari kota Jogja. Jika anda pun berasal dari lokasi tersebut, maka arahkan kendaraan anda untuk menuju Wonosari dan ambil jalur menuju Pantai Baron.

Setelah menempuh jarak 9 Km, anda akan menemukan pertigaan di Desa Mulo. Jika sudah sampai sana, ambil saja jalan lurus sampai anda masuk ke jalur Mentel. Lanjutkan perjalanan hingga anda sampai pertigaan Winangun. Setelah itu, belok ke kanan untuk masuk menuju lokasi pantai. Adapun total perjalanan anda dari Wonosari ke sana adalah 40 Km.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Siung
Image Credit: Facebook.com @sun.tersenyum

Jarang sekali kita menemukan destinasi wisata pantai yang harganya mahal di Indonesia. Rata rata, harga HTM dari pantai pantai tersebut adalah sekitar 5 hingga 25 ribu rupiah. Namun untuk spot yang satu ini, biaya HTM yang perlu anda bayarkan adalah sekitar 10 ribu rupiah saja. Retribusi ini sudah termasuk biaya untuk ke Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Selain HTM, anda juga perlu membayar biaya parkir sekitar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Biaya ini cukup lumrah dan tidak terlalu berlebihan, sehingga wisatawan pun merasa nyaman untuk memberikannya. Namun jika anda ingin camping, maka ada sedikit biaya tambahan yang perlu dibayarkan.

Biaya untuk camping ini dikeluarkan sebagai upah dari warga yang menjaga kendaraan anda semalaman. Biaya tambahan itu juga tidak terlalu tinggi dan masih wajar. Mengambil parkir di kawasan wisata ini jauh lebih aman, dibandingkan anda meletakkan kendaraan secara sembarangan di pinggir jalan. Tentu hal tersebut jauh lebih beresiko.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Siung

Aktivitas di Pantai Siung
Image Credit: Instagram.com @novanurlia.gufron

1. Menjajal Panjat Tebing

Karena Pantai Siung adalah menjadi tempat panjang tebing terbaik, lantas sudah sewajarnya jika anda menjajal kegiatan tersebut. Di sana, sudah ada instruktur yang siap menjaga anda dengan baik. Ikuti saja arahan mereka dan siapa tahu, anda bisa sampai ke puncak. Pemandangan pantai dan laut pun akan terlihat semakin menakjubkan jika anda melihatnya dari ketinggian.

Ada kalanya spot panjat tebing ini sangat ramai, namun ada kalanya pula spot ini lumayan sepi. Meskipun harus mengantri, hal tersebut bukanlah masalah. Pengalaman semacam ini cukup unik dan tidak dapat anda temukan di sembarang tempat. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan apabila anda melewatkannya begitu saja.

2. Memberi Makan Kera

Kera imut yang lalu lalang di bibir Pantai Siung terlihat sangat menarik, terlebih untuk anak anak. Sayangnya, kera kera tersebut tidak akan berani mendekat jika kondisi pantai sedang sangat ramai. Oleh karena itu, anda bisa memancing mereka untuk keluar dengan menggunakan makanan. Berikan saja beberapa potong buah atau snack yang anda bawa dari rumah.

Jika perbekalan nya habis, anda bisa membeli makanan ringan dari warung yang ada di sekitar pantai. Keberadaan mereka sangat membantu wisatawan yang kehabisan makanan namun masih betah berlama lama di sana. Anda pun bisa membeli camilan untuk berbagi dengan kera. Meskipun keranya bersahabat, anda harus tetap berhati hati.

Aktivitas Seru di Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Safii Sanma)

3. Menaiki Bukit

Setibanya di pantai, coba edarkan pandangan anda untuk melihat sisi Timur pantai. Di sebelah sana, terlihat deretan bukit yang menjulang dengan kokoh. Ternyata, bukit tersebut dapat didaki oleh pengunjung. Sudah ada jalur khusus yang disediakan oleh pengelola agar pengunjung tidak merasa kesulitan untuk sampai ke puncak.

Meskipun sudah tersedia jalur, anda tetap harus berhati hati. Sebelah kiri dan kanan tebing sangat curam dan lumayan terjal. Setelah mendaki selama beberapa saat, rasa lelah yang anda rasakan akan langsung hilang begitu berputar dan melihat keindahan pantai secara keseluruhan. Spot ini juga menjadi tempat terbaik jika anda ingin melihat sunset.

4. Berfoto

Akan sangat disayangkan jika pengalaman anda berkunjung ke Pantai Siung tidak diabadikan di dalam foto. Banyak sekali momen yang perlu anda simpan agar bisa menjadi kenang kenangan. Panoramanya yang indah juga layak untuk anda foto sebagai pengingat bahwa anda pernah ada di spot yang sama dan ikut menikmatinya.

Adapun waktu terbaik bagi anda untuk berburu foto adalah di sore hari. Lebih tepatnya di saat waktu menjelang matahari tenggelam. Langit yang berubah menjadi orang terlihat sangat romantic. Selain itu, anda juga bisa mengambil foto dengan tema golden hour dan siluet. Tidak heran jika kemudian, pantai ini mendadak penuh fotografer saat menjelang maghrib.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Siung Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Febrian Fadila Rizky)

Pantai Siung populer bukan hanya karena daya tariknya yang sangat beragam. Akan tetapi, juga karena fasilitas penunjangnya yang sangat lengkap. Pemerintah Jogja telah berhasil mengembangkan pantai ini sebagai salah satu destinasi andalan warga Jogja dan sekitarnya. Tidak heran jika kemudian fasilitas yang ada di sana mampu membuat pengunjung merasa puas.

Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Siung adalah lahan parkir yang luas, kamar mandi yang banyak, dan warung warung sederhana yang menghidangkan berbagai menu lezat dan menggugah selera. Selain itu, di kawasan tepi pantainya juga tersedia rumah dari kayu yang sengaja dibangun sebagai tempat wisatawan untuk duduk dan melepas lelah.

Anda pun dapat menyantap perbekalan sambil piknik di spot tersebut. Jika memang perlu jajanan tambahan, anda bisa membelinya dari warung yang ada di sana. Warung ini dikelola oleh warga sekitar dan menjadi sumber pemasukan yang membantu perekonomiannya. Namun sebelum membeli, pastikan anda bertanya harganya terlebih dahulu.

Itulah informasi lengkap tentang Pantai Siung yang perlu anda ketahui. Akan sangat disayangkan jika anda tidak pernah mampir ke sana saat berkunjung ke jogja. Sebelum memulai perjalanan, pastikan anda memiliki stamina yang kuat dan badan yang fit karena jalurnya cukup berkelok kelok. Medannya juga naik turun sehingga pastikan kendaraan siap jalan.

Give a Comment