Pantai Slili salah satu wisata pantai yang cantik di Tepus, Gunung Kidul, Jogja yang menarik dikunjungi. Pantai pasir putih yang masih asri dihiasi batu-batu karang di tepi pantai dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Krakal, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Gunung Kidul menjadi wilayah andalan bagi setiap wisatawan untuk berlibur ke Jogja. Kabupaten ini menjadi rumah bagi deretan pantai eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi pantai andalan Gunung Kidul adalah Pantai Slili. Tahukah Anda seperti apa pantai tersebut? Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Daya Tarik Wisata Pantai Slili

Daya Tarik Pantai Slili
Image Credit: Twitter.com @djunrahmatw

Pantai Slili merupakan sebuah pantai yang memiliki pasir berwarna putih dengan lautan yang berwarna biru. Pemandangan tersebut terlihat indah dan menjadi magnet bagi para wisatawan. Orang yang sudah menapakkan kaki di atas pasirnya yang lembut selalu betah berlama lama di sana. Pemandangannya juga elok sehingga dapat memanjakan mata setiap pengunjung.

Di pantai ini juga terdapat banyak spot menarik yang dapat Anda gunakan sebagai background foto yang estetik dan hasilnya dijamin instagramable. Selain memiliki panorama yang memukau, pantai ini juga ternyata memiliki kisah unik dibalik namanya. Nama Slili kabarnya diambil dari bahasa Jawa yaitu Mlili yang artinya mengalir.

Menurut cerita yang beredar, dulunya ada seorang pencari rumput yang tidak sengaja menemukan sebuah goa di pantai ini. Kemudian, pencari rumput itu memberi tahu warga sekitar dan membuat semua orang penasaran. Pada akhirnya, warga berbondong bondong datang ke pesisir dan menggali doa tersebut. Tiba tiba muncullah air yang mengalir dari goa.

Daya Tarik Slili
Image Credit: Twitter.com @herryherraherry

Pantai yang ramai pasti memiliki daya tarik yang mampu membuat wisatawan merasa penasaran. Pantai Slili juga ternyata memiliki faktor tersebut. Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, pantai ini sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata andalan.

Di pantai ini Anda dapat menemukan banyak sekali gazebo untuk bersantai sekaligus berbagai warung yang menyediakan berbagai kuliner yang lezat. Para wisatawan juga dapat dimanjakan dengan panorama bukit yang ada di sekitar pantai. Bahkan jika merasa tertantang, Anda juga bisa menaiki bukit tersebut untuk melihat keindahan laut Pantai Slili yang sangat mempesona.

Menghabiskan waktu berjam jam di pantai tidak akan terasa membosankan, terlebih jika Anda datang bersama dengan keluarga. Anda bisa menggelar tikar sembari menyantap perbekalan yang telah Anda bawa dari rumah. Di waktu inilah pantai ini menjadi destinasi yang cocok bagi Anda untuk bercengkrama serta berbagi keseruan dengan anggota keluarga yang lain.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Slili

Alamat Pantai Slili
Image Credit: Google Maps (F H)

Sebagai informasi final, Anda perlu tahu dimana lokasi dan bagaimana rute untuk sampai ke Pantai Slili. Pantai ini berada di Gunung Kidul, lebih tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Yogyakarta. Rutenya, jika Anda datang dari pusat Kota Jogja, arahkan saja kendaraan Anda menuju Wonosari kemudian menuju Pantai Baron. Setelah masuk ke kawasan tersebut, ambillah jalur kiri menuju Pantai Kukup. Teruskan perjalanan hingga Anda sampai ke lokasi Pantai Krakal kemudian belok kanan ketika sampai di pertigaan, disanalah letak pantai cantik ini.

Rute ini sangatlah mudah karena Anda bisa menemukan banyak plang penunjuk arah. Hal ini tidak perlu Anda herankan, karena lokasi ini berada di kawasan pantai wisata. Di sekitar sana juga banyak warga yang bisa Anda tanyai. Mereka pasti tahu dimana letak Pantai Slili karena destinasi ini cukup terkenal, sama seperti pantai lainnya.

Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan google maps. Anda bisa memasukkan nama pantai ke kolom pencarian. Teknologi ini akan mempermudah Anda menemukan destinasi yang hendak Anda kunjungi. Ada baiknya jika handphone Anda menggunakan provider yang kuat sinyal sehingga google maps dapat beroperasi meskipun sedikit susah sinyal.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Slili

Harga Tiket Pantai Slili
Image Credit: Twitter.com @wulan_agt

Tidak berlebihan rasanya jika kita semua menyebut Pantai Slili sebagai salah satu destinasi wisata yang ekonomis. Kabarnya, setiap wisatawan yang hendak masuk hanya perlu membayar biaya mulai dari 10 ribu saja. Itupun sudah termasuk retribusi untuk singgah ke pantai pantai sekitarnya, seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sundak, Pantai Sepanjang, dan masih banyak lagi.

Lantas bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, biaya parkir di pantai ini juga tidak mahal dan tergolong standar, yaitu mulai dari 2 ribu hingga 5 ribu tergantung jenis kendaraan yang Anda gunakan. Anda bisa memarkirkan kendaraan selama yang Anda mau karena pantai ini buka selama 24 jam penuh.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Slili

Aktivitas di Pantai Slili
Image Credit: Instagram.com @isti_15t

1. Bersantai di Pinggir Pantai

Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan di Pantai Slili adalah bersantai di pinggir pantainya. Pantai ini memiliki panorama yang dapat membuat mata dan jiwa menjadi tenang. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak menyempatkan waktu sejenak untuk menikmati keindahan yang telah diciptakan oleh Tuhan ini.

Anda bisa duduk di bagian tepi dengan bersandar di pepohonan atau menggunakan gazebo yang ada di sekitar pantainya. Gazebo ini jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga Anda harus pandai pandai mencari yang kosong, terlebih saat high season seperti libur tahun baru atau libur keagamaan.

Bahkan katanya, pantai cantik ini tidak pernah sepi pengunjung meskipun hanya liburan akhir pekan. Bukan hanya warga luar kota yang datang ke sana, namun warga sekitar juga banyak yang masih saja menyempatkan waktunya untuk bermain di sana. Meskipun lumayan ramai, Anda tidak perlu khawatir jika waktu bersantai akan terganggu karena banyak spot lain yang bisa dipakai.

2. Menikmati Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika selama perjalan wisata tidak dibarengi dengan mencicipi berbagai hidangan yang lezat dan menggugah selera. Pengalaman ini juga bisa Anda dapatkan di Pantai Slili. Di sekitar pesisir banyak sekali warung penjual makanan yang bisa Anda temukan. Menunya juga beragam sehingga Anda dan keluarga bisa leluasa memilih yang sesuai dengan selera.

Sekedar rekomendasi, akan kurang rasanya jika Anda datang ke pesisir pantai namun tidak menikmati olahan seafood. Akan tetapi, bagi Anda yang kurang menyukainya, masih banyak menu lain yang bisa Anda pilih yang pastinya tidak kalah menggugah selera. Sebelum memesan, pastikan Anda bertanya dulu berapa harganya agar tidak mendapatkan harga yang tidak wajar.

Tips ini hendaknya Anda terapkan kemanapun Anda pergi agar terhindar dari perilaku kecurangan yang kerap dilakukan pedagang nakal. Terlebih, jika warung yang Anda datangi tidak mencantumkan harga dengan jelas. Anda tidak perlu sungkan, karena hal ini cukup wajar dilakukan oleh seorang pembeli.

3. Menaiki Bukit dan Menikmati Panorama Alam

Dalam kawasan pantai terdapat sebuah bukit yang disebut dengan Bukit Kobengan. Bukit ini menjadi spot andalan bagi Anda yang ingin melihat Pantai Slili dengan view yang lebih leluasa. Dari atas sana, Anda bisa melihat seberapa indahnya bentangan alam ini. Air lautnya yang biru dan tampak tidak berujung terlihat mengagumkan.

Belum lagi hembusan angin di bukit ini cukup segar. Anda bisa menyempatkan waktu untuk duduk di sana dan menikmati angin khas laut yang sepoi sepoi. Pengalaman semacam ini pastinya akan sangat menyenangkan. Anda juga bisa menjadikan bukit ini sebagai spot foto yang menarik. Keindahan pantai yang masuk ke dalam hasil jepretan pasti terlihat sangat menawan.

Aktivitas Pantai Slili
Image Credit: Instagram.com @elynling_ce

4. Menangkap Udang

Perlu Anda ketahui, bahwa Pantai Slili merupakan kawasan penghasil udang yang cukup banyak. Apabila Anda datang saat musim kemarau, Anda bisa merasakan pengalaman untuk menangkap udang secara langsung di tepian pantai. Udang udang ini biasanya bersembunyi di balik batuan. Anda juga bisa membantu warga sekitar untuk mencarinya.

Kegiatan ini cukup unik dan menarik karena tidak dapat Anda lakukan di sembarang tempat. Hanya pantai tertentu saja yang memungkinkan pengunjungnya untuk merasakan sensasi menangkap udang seperti ini. Tidak heran jika pada akhirnya setiap musim kemarau, pantai ini akan semakin ramai oleh pengunjung.

5. Snorkeling

Kegiatan lain yang juga bisa Anda lakukan adalah snorkeling. Bagi Anda yang belum tahu, snorkeling merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan jika Anda ingin melihat keindahan dasar laut. Tentu saat melakukannya, Anda harus menggunakan alat bantu yang bernama snorkel. Alat tersebut berbentuk menyerupai huruf “J”.

Alat tersebut dapat membantu Anda memperoleh oksigen dari permukaan air tanpa mengangkat kepala. Dengan begitu, Anda bisa melihat panorama laut dengan lebih nyaman dan leluasa. Lantas bagaimana cara untuk melakukan kegiatan ini? Anda tidak perlu bingung, karena di sana sudah tersedia alat snorkeling yang bisa disewa sekaligus instrukturnya.

6. Menyaksikan Tradisi Pesta Laut

Setiap tahunnya, Pantai Slili menjadi lokasi dilaksanakannya pesta laut yang disebut dengan Sandrana atau Nyandrana. Di momen ini setiap warga sekitar menghanyutkan sajian berupa tumpeng, lauk, ayam jago, lendah hijau, serta buah buahan. Kegaiatn ini dilakukan sebagai bentuk doa agar mendapatkan keselamatan serta memperoleh hasil panen yang melimpah.

Tradisi semacam ini jarang diketahui oleh masyarakat yang tidak tinggal di daerah pesisir. Bagi Anda yang penasaran, ritual ini biasanya dilakukan setiap Minggu Pahing sesuai dengan perhitungan tanggalan Jawa. Sebenarnya prosesi ini tidak hanya dilakukan di pantai ini saja, namun juga lumayan sering dilaksanakan oleh setiap penduduk yang tinggal di daerah pantai di Indonesia.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Slili Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Slili
Image Credit: Google Maps (Ayi Susanto)

Akan sangat menyenangkan jika Anda datang ke sebuah tempat wisata yang memiliki fasilitas memadai untuk para pengunjungnya. Tampaknya, pihak pengelola Pantai Slili sudah menyadari hal tersebut. Di pantai ini, Anda dapat menemukan deretan warung dan gazebo. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan hendak beristirahat karena fasilitasnya sudah menunjang.

Faktor lain yang juga mempengaruhi kenyamanan wisatawan adalah tempat parkir. Anda juga tidak perlu bimbang karena di kawasan wisata sudah tersedia area parkir yang lumayan luas untuk menampung kendaraan para wisatawan. Anda bisa meletakkan mobil atau sepeda motor dengan aman dan nyaman. Meskipun begitu, jangan lupa untuk menjaga keamanan dengan kunci ganda.

Bagi Anda yang datang dari luar kota, di sekitaran pantai ini juga terdapat banyak sekali penginapan. Akomodasi ini mempermudah para pengunjung yang hendak bermalam sembari menikmati udara pantai. Jumlah kamar yang disediakan juga lumayan banyak sehingga Anda bisa memilih beberapa kamar yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Perjalanan wisata akan selalu menyenangkan jika Anda datangi bersama dengan keluarga. Agar tidak mubazir, lebih baik Anda datang di pagi hari agar juga bisa menyambangi setiap pantai yang ada di sekitar Pantai Slili, Gunung Kidul. Seperti yang telah disebutkan tadi, tiket masuknya sangat terjangkau sehingga sayang untuk dilewatkan.

Give a Comment