Pantai Timang, Wisata Pantai Hits dengan Wahana Menantang di Gunung Kidul

Pantai Timang, Wisata Pantai Hits dengan Wahana Menantang di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Kota Yogyakarta memiliki begitu banyak wisata pantai yang dapat Anda coba. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Pantai Timang di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai cantik ini begitu populer dikalangan para wisatawan karena memiliki daya tarik yang berbeda dari pantai lain yang ada di Kota Yogyakarta.

Anda tidak hanya akan melihat panorama keindahan lautnya tetapi juga memiliki sebuah wahana yang dapat memacu dan menantang adrenalin serta membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan, terlebih ketika Anda adalah seorang pencinta tantangan yang dapat memacu adrenalin.

Daya Tarik Wisata Pantai Timang

Daya Tarik Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps Budi Sutrisno

Walaupun memiliki daya tarik yang dapat menantang adrenalin Anda, Pantai Timang juga merupakan sebuah tempat yang cocok untuk berlibur menikmati dan menghabiskan waktu luang bersama dengan keluarga atau teman.

Salah satu wisata pantai populer yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik hari biasa maupun pada hari pekan terlebih ketika sudah masuk ke musim liburan sekolah. Daya tarik yang bisa ditemukan di pantai cantik ini berbeda dari pantai lainnya, antara lain:

1. Bukit Karang

Salah satu yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan berkunjung adalah adanya sebuah Bukit Karang. Bisa dikatakan Bukit Karang ini sudah menjadi sebuah ikon dari wisata pantai ini. Bukit ini memiliki ukuran cukup besar dan luas ini terletak di tengah laut.

Para pengunjung bisa mengunjungi Bukit Karang ini dengan menggunakan Gondola Tradisional dan Jembatan Gantung, Anda akan mendapatkan sebuah sensasi pengalaman yang berbeda ketika berada di atas bukit yang letaknya ada ditengah laut dan melihat panorama keindahan laut yang begitu eksotis. Disini Anda juga dapat melihat para nelayan yang mencari lobster.

2. Gondola Tradisional

Daya tarik yang tak kalah seru dari Pantai Timang adalah Gondola Tradisional. Gondola ini sebenarnya digunakan sebagai alat agar Anda bisa menyeberang ke Bukit Karang. Tetapi, tidak jarang para wisatawan yang berkunjung memang ingin mencoba Gondola Tradisional ini karena dapat memacu adrenalin siapapun yang mencobanya.

Gondola ini terbuat dari kayu dan ditarik oleh warga menggunakan tali tambang, ketika Anda naik Anda akan merasakan sensasi di atas deburan ombak pantai yang kuat serta angin yang sangat kencang. Untuk naik Gondola Tradisional ini Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 150.000 untuk perjalanan pergi ke Bukit Karang dan kembali lagi.

3. Jembatan Gantung

Daya Tarik Dimiliki Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps Alif Farhan

Pantai Timang memiliki sebuah spot unik dan menjadi salah satu daya tarik yaitu Bukit Karang yang berada di tengah laut. Karena spot unik ini berada ditengah pantai tentu dibutuhkan sebuah akses untuk dapat pergi ke sana, maka pihak pengelola membangun sebuah Jembatan Gantung. Fasilitas Jembatan Gantung ini juga begitu populer dikalangan para wisatawan karena ketika Anda menaiki jembatan gantung ini Anda akan merasakan sebuah sensasi adrenalin.

Untuk menuju Bukit Karang, Anda harus berjalan menuju tengah pantai dengan deburan ombak pantai yang begitu kuat yang berada di bawah Anda. Untuk menikmati fasilitas Jembatan Gantung ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 untuk perjalanan pergi Bukit Karang dan kembali lagi.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps Carolyn Sing

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata pantai yang indah dan menarik. Jika Anda ingin berkunjung ke kawasan pantai ini, Anda tidak perlu khawatir karena rute jalan yang dilalui tidak sulit dan mudah untuk bisa dilalui oleh kendaraan pribadi Anda, khususnya kendaraan beroda empat.

Alamat dari Pantai Timang berada di Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari arah pusat Kota Yogyakarta, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 50 km dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Rute perjalanan jika Anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta adalah Anda bisa ambil jalan ke arah Wonosari lalu jika Anda sudah sampai di Pusat Wonosari ambil jalan ke Pantai Baron hingga nanti Anda sampai dipertigaan Mulo, jika sudah sampai dipertigaan ini Anda belok ke arah kiri menuju Pantai Siung dan sampai ke Pasar Dakbong, selanjutnya Anda akan menemukan petunjuk arah yang akan membawa Anda ke lokasi pantai. Rute dari arah pusat Kota Yogyakarta ini sangat mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps liholim

Jika Anda sedang berkunjung atau berlibur ke Kota Yogyakarta dan ingin datang berwisata ke Pantai hits satu ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena Pantai Timang dibuka setiap hari oleh pihak pengelola, sehingga Anda bisa datang kesini hari apa saja dan tidak ada jam buka atau jam tutup. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal Kota Yogyakarta maupun yang datang dari luar daerah karena pantai ini merupakan salah satu destinasi bahari hits dan populer yang wajib untuk Anda masukan ke dalam list destinasi liburan.

Harga tiket masuk ke Pantai Timang tergolong masih sangat terjangkau untuk Anda bisa dapat menikmati keindahan yang tersaji di kawasan pantai. Tarif tiket masuk yang diberikan oleh pihak pengelola adalah sebesar Rp 5000 per orang, berlaku untuk setiap wisatawan yang datang dari Kota Yogyakarta maupun dari luar Kota Yogyakarta, bahkan juga termasuk untuk para turis dari mancanegara.

Ragam Aktivitas Menarik yang Dilakukan

Aktivitas Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps Dodi Dodi

Selain Anda melihat dan menikmati suasana panorama keindahan laut, ada aktivitas menarik lain yang dapat Anda lakukan disini, yaitu:

1. Berburu Foto Keren

Sama seperti tempat wisata hits yang lain, Pantai Timang Gunung Kidul juga memiliki beberapa spot menarik yang dapat Anda pakai untuk berfoto. Salah satunya adalah ketika Anda sedang berada di Bukit Karang, banyak dari wisatawan yang menjadikan spot unik ini sebagai tempat untuk berfoto dengan latar panorama laut dari pantai yang begitu indah.

2. Menikmati Keindahan Sunset

Tentu menikmati pemandangan saat matahari tenggelam merupakan hal yang menyenangkan dan begitu indah. Anda juga bisa menikmati momen matahari tenggelam di pantai ini sembari menikmati panorama alam yang tersaji.

3. Olahraga Pagi

Jika Anda datang kesini pada pagi hari, maka Anda dapat melakukan olahraga pagi seperti jogging. Udara Pantai Timang saat pagi hari begitu sejuk terlebih disekitar pantai juga banyak di tumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang sehingga membuat tempat ini tidak begitu panas.

4. Mencoba Wahana Menantang

Ketika berkunjung, Anda bisa mencoba wahana permainan menarik seperti naik Gondola dan menyeberang menggunakan Jembatan Gantung menuju bukit karang yang dekat dengan kawasan pantai.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Timang

Fasilitas Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps نور

Seperti yang sudah diketahui bahwa Pantai Timang merupakan salah satu destinasi pantai favorit yang ada di Jogja. Jika Anda berkunjung, Anda akan merasakan suasana yang begitu sejuk di pagi hari karena Anda dapat melihat banyak pohon yang tumbuh disekitar pantai. Selain itu, Anda dapat melihat pemandangan yang begitu indah ketika Anda menikmati sunset di pantai ini.

Tidak hanya memiliki suasana yang sejuk dan pemandangan indah yang tidak ada duanya, ada banyak daya tarik lain yang bisa Anda temukan ketika Anda menjelajah di pantai ini. Melihat antusiasme para wisatawan yang datang begitu tinggi tentu membuat pihak pengelola melakukan yang terbaik dalam memberikan fasilitas yang memadai dan dapat digunakan oleh para wisatawan dengan aman dan nyaman agar para wisatawan merasa puas setelah berkunjung ke Pantai Timang. Fasilitas yang diberikan dan dapat Anda gunakan ketika berkunjung kesini:

1. Lahan Parkir

Pantai Timang merupakan salah satu destinasi wisata hits yang ada di Kota Yogyakarta, maka dari itu akan ada banyak para wisatawan yang berkunjung ke pantai favorit satu ini. Area lahan parkir merupakan fasilitas yang begitu penting dan Anda tidak perlu khawatir karena pihak pengelola menyediakan Anda tempat untuk dapat memarkirkan kendaraan pribadi Anda.

Jika Anda membawa kendaraan beroda dua Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan beroda empat akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000. Tidak ada waktu batasan, Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda disini selama apapun tanpa perlu membayar tiket parkir lagi.

2. Instalasi Panel Listrik Tenaga Surya

Jika Anda berkunjung ke pantai hits ini pada malam hari atau memutuskan untuk bermain berlama lama disini hingga malam hari, Anda tidak perlu khawatir karena Pantai Timang Gunung Kidul dilengkapi dengan instalasi panel listrik tenaga surya yang berguna sebagai alat bantu penerangan pada malam hari.

Fasilitas Di Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by Google Maps Ting Yong Ong

3. Kuliner Seafood

Jika Anda berkunjung ke kawasan pantainya, maka Anda jangan sampai melewatkan moment mencoba olahan makanan laut yang ada disini. Ada olahan laut terkenal yaitu Lobster, yang diolah merupakan hasil dari tangkapan nelayan di bukit karang. Untuk menikmati kuliner olahan laut Pantai Timang, harga lobster memiliki harga sekitar Rp 400.000 per kilogram. Mungkin harganya cukup mahal tetapi harga tersebut sebanding dengan rasa yang diberikan.

Menjadi destinasi bahari yang begitu populer dan menjadi favorit di kalangan wisatawan, membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk berkunjung. Pantai Timang di Gunung Kidul begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal yang datang dari Jogja atau daerah lain, bahkan Anda dapat menemukan turis datang berkunjung ke wisata pantai populer ini. Pantai cantik ini begitu ramai walau sedang hari biasa dan akan semakin ramai ketika hari pekan apalagi sudah masuk ke musim liburan anak sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published