Pantai Watu Kodok, Pesona Pantai Pasir Putih & Panorama Sunset di Gunung Kidul

Pantai Watu Kodok, Pesona Pantai Pasir Putih & Panorama Sunset di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pernahkah anda berkunjung ke pantai dengan keindahan yang memberi anda kesan relaksasi dan rekreasi sekaligus? Pantai Watu Kodok Gunung Kidul merupakan sebuah pantai yang terletak di sebelah Pantai Drini. Pantai ini memberikan keindahan mulai dari keasrian pepohonan, pasir yang indah dan terang, serta perairan yang menyejukkan. Keindahan ini dapat anda rasakan baik pada pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Destinasi ngehits ini merupakan salah satu tempat yang memberi ketenangan karena belum terlalu ramai oleh pengunjung. Pantai ini akan sesuai untuk anda yang sedang mencari lokasi yang membantu anda menenangkan pikiran, relaksasi, dan mencari inspirasi. Pantai ini menyediakan fasilitas lengkap yang akan membantu anda memenuhi kebutuhan liburan anda beserta sahabat atau keluarga anda. Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi lokasi liburan satu ini, yuk simak artikel berikut ini hingga akhir!

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Kodok

Wisata Pantai Watu Kodok Yang Menakjubkan Dan Lagi Hits Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Ahmad Paryanto

Pantai Watu Kodok merupakan sebuah objek tamasya yang diberi nama unik karena terdapat sebuah patung mirip kodok di dalam gua. Selain itu terdapat juga batuan karang yang membentuk seperti kodok sehingga diberi nama Watu kodok. Berikut merupakan beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh pantai unik ini.

1. Perairan Jernih

Kawasan pantai eksotis ini memiliki perairan yang sangat jernih dan bersih dengan warna biru yang akan membantu anda untuk merelaksasi pikiran anda. Perairan jernih ini dapat anda nikmati pada saat pagi hari dimana matahari baru terbit sehingga pantulan warna yang diberikan akan semakin indah. Anda dapat melakukan aktivitas air seperti berenang dan lainnya di tepi pantai. Namun, pastikan anda melakukan aktivitas saat air pantai stabil,ya.

2. Pasir Putih

Pantai ini memiliki pasir yang putih dan bersih sehingga memberikan gradasi warna yang sangat indah dengan warna biru air pantai. Anda dapat menikmati kegiatan berjalan santai di atas pasir putih pantai dan bermain pasir di atas permukaan pantai. Untuk anda yang menyukai kegiatan swafoto, pasir putih menjadi latar foto yang akan sangat bagus dan instagramable.

Wisata Pantai Watu Kodok Yang Menawan Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Raden Oktova Gamma Star

3. Panorama Sunset dan Sunrise

Untuk anda yang menyukai kegiatan mengamati fenomena matahari seperti matahari terbenam dan terbit, lokasi Pantai Watu Kodok akan sangat sesuai dan tepat untuk anda kunjungi. Sunset akan dilengkapi dengan pemandangan burung-burung yang melakukan migrasi dari suatu lokasi ke lokasi lain. Sunset dan sunrise juga akan memberi kesan yang indah ke warna air sehingga perairan pantai akan semakin indah karena diberi pantulan warna orange dari matahari.

4. Kegiatan Camping

Anda dapat melakukan kegiatan camping di lokasi tamasya satu ini. Anda dapat dengan santai menghabiskan waktu di lokasi unik satu ini. Kawasan wisata populer ini memungkinkan kamu untuk menikmati kegiatan api unggun dan menikmati indahnya bintang-bintang di langit yang gelap pada malam hari. Kegiatan camping akan terasa aman dan nyaman karena pantai ini menyediakan spot camping untuk anda yang ingin mendirikan tenda dan bermalam di objek wisata unik satu ini.

5. Spot Foto Unik

Untuk wisatawan pasti sudah tidak asing dengan kegiatan swafoto untuk melengkapi kegiatan liburannya. Sepinya pengunjung menjadi salah satu keuntungan bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan foto dengan puas tanpa harus buru-buru karena harus mengantri. Terdapat spot foto yang cantik dan unik yang dilengkapi dengan properti-properti yang memberi perpaduan indah dengan pemandangan alam yang sangat indah ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Photo by Google Maps Surya Pangestu

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Anda dapat menemukan lokasi kawasan liburan ini menggunakan aplikasi Google Maps di perangkat anda masing-masing. Anda hanya perlu mengetik alamat pantai dan anda akan langsung diarahkan ke lokasi pantai unik ini berada.

Rute yang dapat anda tempuh adalah dengan menggunakan arah Wonosari kemudian ke arah Pantai Baron kemudian ke Kawasan Wisata Bahari Gunung Kidul. Selanjutnya menuju arah Pantai Krakal dan anda akan menemukan papan nama Pantai Watu Kodok. Anda akan dipandu oleh papan tanda atau papan arah untuk sampai ke lokasi wisata cantik satu tanpa tersesat dan sampai ke tujuan dengan baik.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

Tiket Masuk Di Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Photo by Google Maps Ai Zen

Untuk menikmati pemandangan yang indah dan unik ini anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Anda hanya perlu membayar kontribusi sebesar Rp 10.000 per orang yang akan anda bayarkan di pintu masuk. Dan untuk anda yang ingin melakukan camping di pantai unik ini diwajibkan membayar Rp 10.000 per orang lagi untuk dapat memperoleh spot camping.

Selain itu, anda harus membayar biaya parkir untuk menitipkan kendaraan pribadi anda sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan membayar retribusi parkir, keamanan kendaraan pribadi anda akan dijamin oleh pihak pengelola.

Ragam Aktivitas Menarik yang Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Photo by Google Maps Francesca Nathania

Dengan membayar tiket masuk, anda dapat melakukan aktivitas menarik di kawasan tamasya Pantai Watu Kodok. Beberapa aktivitas menarik uang dapat anda lakukan di lokasi eksotis satu ini adalah sebagai berikut:

1. Berswafoto

Untuk anda yang menyukai kegiatan berburu foto, pantai ini akan memberi kepuasan untuk anda. Hobi anda akan sangat cocok anda lakukan di kawasan eksotis satu ini karena kawasan hijau, biru, dan putih dengan gradasi sempurna akan sangat indah untuk anda abadikan dalam sebuah foto. Anda tidak perlu membayar lebih untuk untuk mendapat kualitas foto yang sangat bagus. Karena kawasan yang belum ramai maka anda akan semakin leluasa untuk memperoleh waktu dan ruang yang lebih untuk melakukan swafoto.

2. Camping

Untuk menikmati keindahan alam pantai satu ini mulai pagi hingga malam hari dapat melakukan kegiatan camping. Kegiatan ini dapat anda lakukan bersama teman atau keluarga anda karena kegiatan camping akan sangat menyenangkan jika anda lakukan secara beramai-ramai. Tersedia tempat camping yang luas di pinggir pantai unik ini dan juga akan diawasi dan diamankan oleh petugas keamanan di sekitar daerah kemah sehingga akan semakin nyaman untuk melakukan kegiatan camping ini.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Photo by Google Maps Joko Sriyanto

3. Piknik

Anda dapat melakukan piknik di gazebo yang disediakan oleh kawasan Pantai Watu Kodok. Di daerah gazebo ini akan dapat dengan mudah bersantai untuk menikmati udara segar dan keindahan pantai. Anda dapat melakukan perbincangan dengan keluarga dan teman anda karena daerah yang belum ramai sehingga kualitas perbincangan anda akan semakin baik dan menyenangkan.

4. Melakukan Wisata Kuliner

Untuk wisatawan yang ingin mengisi perut dan tenaga setelah lelah melakukan kegiatan wisata, anda dapat melakukan wisata kuliner di pantai unik satu ini. Menu yang disediakan di kawasan tamasya ini terdiri dari makanan khas tradisional bahkan makanan internasional. Selain banyak menu yang ditawarkan, harga yang ditawarkan pun cukup murah dan terjangkau.

5. Berjalan Santai

Anda dapat melakukan kegiatan bersantai dengan berjalan santai di atas pasir putih yang bersih di pinggir pantai. Dengan kegiatan ini anda dapat mengurangi beban pikiran anda dan membantu anda menghilangkan sedikit kesan hiruk pikuk perkotaan. Berjalan santai akan sangat menyenangkan karena Pantai Watu Kodok yang unik nan indah ini juga terbilang sepi sehingga anda tidak perlu bertemu dengan keramaian yang mungkin akan membuat anda semakin pusing dan stres.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Watu Kodok

Fasilitas Di Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Photo by Google Maps lukmanarif hidayat

Banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan liburan satu ini membutuhkan fasilitas yang menunjang aktivitas tersebut. Walaupun kawasan ini masih terbilang sepi, namun fasilitas yang tersedia masih terbilang lengkap dan layak pakai. Anda akan dapat menikmati kegiatan wisata anda dengan baik karena ditunjang oleh fasilitas yang lengkap. Berikut merupakan beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Kodok:

1. Area Parkir

Tersedia area parkir yang disediakan untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Anda hanya perlu membayar retribusi yang murah untuk menitipkan kendaraan anda. Dengan retribusi ini, pengelola dapat memastikan keamanan dari kendaraan pengunjung. Anda akan dapat menikmati kegiatan liburan anda tanpa khawatir akan keamanan dari kendaraan anda yang anda tinggalkan di area parkir.

2. Kamar Mandi

Anda dapat menggunakan kamar mandi di area pantai dengan bebas dan gratis. Anda dapat melakukan kegiatan MCK atau hanya untuk ganti baju saja. Hal ini sangat menguntungkan karena pengunjung memiliki potensi yang tinggi untuk basah dan membutuhkan tempat untuk mengganti baju. Toilet yang disediakan nyaman dan bersih sehingga akan sangat layak untuk anda gunakan.

3. Area Camping

Terdapat area camping yang disediakan di sekitar pinggiran Pantai Watu Kodok. Area camping yang disediakan pun cukup luas dan murah. Anda dapat menggunakan area ini dengan membayar kontribusi seperti yang dijelaskan di atas. Kemanan dan kenyaman merupakan hal yang dapat dipastikan di lokasi wisata yang sedang viral ini karena petugas keamanan akan melakukan patroli tetap untuk memastikan keamanan pengunjung yang melakukan camping.

4. Gazebo

Gazebo merupakan salah satu fasilitas yang dapat anda gunakan dengan leluasa untuk sekedar beristirahat atau bercengkerama dengan teman-teman anda. Gazebo yang disediakan memungkinkan anda menikmati keindahan lokasi wisata cantik ini secara keseluruhan dengan santai dan udara yang sejuk. Untuk anda yang berencana mengunjungi tempat unik ini pastikan untuk singgah ke gazebo yang disediakan, ya.

5. Warung Makan

Tersedia warung makan yang menyediakan makan dan minuman yang beraneka ragam mulai dari makanan berat, ringan, tradisional, bahkan internasional. Warung makan ini terbilang cukup murah sehingga anda akan tidak akan menghabiskan uang yang banyak untuk menikmati kuliner. Warung makan ini akan terbuka untuk pengunjung secara bebas.

6. Villa

Untuk anda yang ingin menginap namun tidak menyukai kegiatan camping, anda dapat menyewa villa yang disediakan oleh pihak pengelola. Harga dan fasilitas villa yang disediakan pun cukup bervariasi. Anda dapat menyewa villa sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Pastikan anda memilih villa yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang tersedia, ya.

Demikianlah uraian mengenai Pantai Watu Kodok di Gunung Kidul. Pantai satu ini merupakan salah satu lokasi wisata yang wajib anda kunjungi karena daya tarik yang ditawarkan serta fasilitas yang lengkap yang mendukung kegiatan wisata anda. Semoga uraian ini bermanfaat dan dapat anda gunakan sebagai referensi sebelum mengunjungi pantai unik satu ini.