Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wiloso, Girikarto, Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Gunungkidul, Jogja memang terkenal dengan deretan pantainya yang menawan. Salah satu pantainya yang patut untuk dikunjungi adalah Pantai Wohkudu. Kendati namanya belum sepopuler Pantai Indrayanti atau Pantai Parangtritis, tapi pesona yang ditawarkan tidak kalah dengan pantai lainnya.

Pantai cantik ini berada di antara tebing besar dengan pemandangan yang sangat menawan. Cocok untuk anda yang sedang mencari hiburan dan ketenangan. Untuk mengintip pesonanya, anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Cantik di Gunung Kidul

Sekilas Pantai Cantik di Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Haiban Najid)

Jogja memang termasuk kota yang menawarkan wisata dengan begitu lengkap. Bagaimana tidak, anda bisa menjelajah wisata sejarah, wisata pegunungan juga perbukitan sampai pantai pantainya yang cantik. Dan menariknya, masih ada banyak pantai perawan yang memiliki pesona luar biasa. Pantai Wohkudu misalnya yang masuk dalam jajaran pantai perawan.

Pantai satu ini memang masih belum tersentuh pengelolaan pemerintah atau pihak swasta. Hal ini membuat pantai cantik ini masih sangat terjaga kealamian dan keasriannya. Sangat cocok untuk anda yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota. Mengingat di Jogja sendiri sudah banyak sekali pantai yang selalu jadi jujugan wisatawan.

Membuat pantainya menjadi begitu nyaman dan tidak nyaman untuk menghabiskan waktu liburan. Karena memang ada beberapa orang yang justru lebih nyaman di tempat yang sepi. Pantai menawan di Gunungkidul ini berada di antara dua tebing yang membuatnya terkesan tersembunyi. Lokasinya dekat dengan Pantai Kesirat, yang artinya akan melewati desa penduduk.

Sehingga anda bisa memanfaatkan untuk bertanya atau berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Begitu juga ketika anda mendengar beberapa mitos tentang pantai satu ini. Menanyakan kebenarannya kepada masyarakat sekitar, siapa tahu anda justru mendapatkan tambahan cerita cerita yang menarik.

Daya Tarik Wisata Pantai Wohkudu

Daya Tarik Wisata Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Marlindha Aji Pamungkas)

1. Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Daya tarik utama yang menjadikan pantai ini banyak direkomendasikan adalah belum banyak dikunjungi wisatawan. Terutama wisatawan yang berasal dari luar kota, umumnya mereka akan mengunjungi pantai-pantai yang sudah terkenal. Pantai Wohkudu termasuk dari destinasi yang tidak banyak dikunjungi dan tersembunyi.

Mereka yang mengunjungi pantai ini kebanyakan adalah masyarakat lokal. Atau mereka yang memang menyukai hal hal yang menantang. Tetapi hal ini tentu menjadi kelebihan dari pantai perawan ini. Anda bisa menikmati pantai yang seakan akan milik pribadi. Suasananya masih sangat asri dan tenang, dijamin anda ingin berlama lama di pantai ini.

2. Berada di Dua Tebing

Tebing yang mengapit pantai satu ini memang sangat besar dan tinggi. Memang fakta ini membuatnya terkesan menakutkan, tetapi justru memberikan daya tarik tersendiri. Dibalik kokohnya tebing ini, justru menawarkan pesona yang begitu menawan. Memang anda tidak bisa mendakinya, karena tebing ini dipenuhi oleh tumbuhan hijau yang memberi suasana asri.

3. Menjadi Pantai Paling Sempit

Tidak hanya hadir sebagai pantai dengan panorama indah, ternyata Pantai Wohkudu juga termasuk pantai yang paling sempit di Gunung Kidul. Garis pantainya memiliki panjang sekitar 20 km saja. Area pasirnya juga tidak terlalu besar, namun hal ini membuatnya makin menarik. Benar benar layaknya hidden paradise dan seakan akan seperti pantai milik pribadi.

Daya Tarik Pantai Wohkudu
Image Credit: Twitter.com @zizanzan13

4. Berpadu Dengan Padang Rumput Luas

Biasanya anda akan menikmati pantai dengan hamparan pasir putih luas atau tebing tebing yang mengelilingi. Beberapa pantai juga ada yang dipenuhi dengan bebatuan karang di area pantainya. Namun tidak dengan Pantai Wohkudu, anda akan menikmati indahnya pantai dengan air jernih dan area pasir yang tidak terlalu luas.

Dengan satu spot yang membuat panoramanya berbeda yakni hadirnya Padang rumput hijau membentang. Perpaduan laut biru dengan padang rumput ini membuat Pantai cantik ini begitu istimewa. Padang rumput ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Membayangkan sembari dibelai angin laut, pasti akan sangat menyegarkan.

5. Pantai Tenang dan Indah

Daya tarik selanjutnya adalah keindahan yang dimiliki oleh pantai ini. Pantai satu ini sangat tenang dan juga indah, memang cocok untuk lari sebentar dari padatnya aktivitas. Pasirnya begitu putih dan juga bersih, anda bisa bebas duduk duduk di atasnya. Dan menariknya lagi, pantai satu ini adalah pantai yang jarang sampah dan terjaga kebersihannya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat dan Rute Perjalanan Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Atik Dinarti)

Alamat Pantai Wohkudu masih dalam administratif Kampung Nglaos, Desa Girikerto. Masuk dalam Kecamatan Panggang, Kab. Gunungkidul. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Kesirat, tepatnya ke sebelah Timur dengan jarak sekitar 1 km. Lokasinya memang jauh dari perkotaan, namun bukan berarti tidak bisa anda jangkau.

Dari pusat kota Jogja, anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 sampai dengan 2 jam. Anda akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat atau roda dua. Ada dua pilihan rute yang bisa anda gunakan untuk sampai di lokasi wisata pantai. Rute pertama adalah melalui wonosari atau bisa menggunakan rute kedua di Jl. Raya Imogiri.

Untuk anda yang menggunakan jalur Wonosari, anda bisa langsung mengarahkan kendaraan anda untuk menuju ke arah Piyungan. Dari Piyungan perjalanan akan dilanjutkan untuk menuju Pantul dan Kapangan tebang Gading. Jika anda sudah sampai silahkan ambil jalur kanan untuk menuju Pasar Playen. Dilanjutkan ke Paliyan, Girikarto dan tiba di Pantai Wohkudu.

Sementara jika anda menggunakan jalur Imogiri, bisa mengarahkan kendaraan untuk menuju Pasar Imogiri. Dari pasar ini, anda bisa melanjutkan perjalanan melewati Jembatan Sungai Oyo untuk menuju arah Pantai Gesing. Atau juga bisa dari Banguntapan menuju Imogiri, dilanjutkan ke daerah Siluk, Panggang dan sampai di Girikarto.

Rute tersebut adalah rute yang paling cepat untuk sampai di kawasan pantai. Walaupun semuanya pasti akan berjalan terlebih dahulu dari tempat parkirnya. Jalanan memang tidak bisa dilalui oleh kendaraan, sekalipun memaksa menggunakan roda dua akan berbahaya. Hal ini karena jalanannya berbupa cor blok juga bebatuan yang lebih aman dengan jalan kaki.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Wisata Pantai Wohkudu Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Dadun ID)

Harga tiket masuk kawasan wisata satu ini sangat ramah kantong. Bagaimana tidak, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sejumlah Rp 3 ribu saja. Harga tersebut tentu sangat terjangkau jika dibandingkan dengan alamnya yang luar biasa. Harga tiket masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan anda.

Parkir kendaraan dibanderol mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000 tergantung kendaraan yang anda bawa. Nantinya jika anda ingin mendirikan tenda, anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20 ribu untuk setiap tenda. Perlu anda ketahui, jika semua biaya yang berlaku di Pantai Wohkudu ini tentu bisa berubah kapan saja.

Anda bisa mengunjungi pantai ini dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Kawasan pantainya memang buka selama 24 jam. Hanya saja, bagi anda yang tidak berniat camping, sebaiknya tidak datang ketika gelap. Sebelum matahari turun sebaiknya juga sudah kembali. Mengingat akses trekingnya masih belum dilengkapi dengan penerangan memadai.

Kegiatan Seru dan Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan

Kegiatan Seru Yang Dilakukan Pantai Wohkudu
Image Credit: Instagram.com @anagatourjogja

1. Trekking

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menuju Pantai Wohkudu anda harus melakukan treking terlebih dahulu. Maka dari itu, semua pengunjung pasti akan melakukan kegiatan ini. Perjalanan trekking tidak terlalu panjang, membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Trekking ini terbilang menguras energi dengan medan yang beragam.

Jalur setapak yang nantinya akan anda lalui berpa tanah dan juga bebatuan. Jalurnya juga tidak rata, terkadang anda akan menemukan jalan menurun, kadang datang terkadang juga sempit. Di sisi kanan juga kiri dipenuhi pepohonan yang rindang dengan udara yang cukup sejuk. Pastikan selalu berhati hati dan menjaga kondisi fisik untuk menaklukkan jalur ini.

2. Bersantai

Dengan suasana pantai yang tenang juga indah, rasanya memang tidak lengkap jika tidak bersantai menikmati panoramanya. Hembusan angin laut yang lembut dengan suara gulungan ombak tentu akan memberikan sensasi tersendiri. Bermain di pinggir pantai juga tidak menjadi masalah. Karena walaupun ombaknya tidak tenang, ada banyak bebatuan yang menghalanginya.

3. Camping

Bisa dikatakan jika Pantai Wohkudu adalah destinasi camping di pantai yang paling kondang. Ada banyak pengunjung yang memilih untuk bermalam dan mendirikan tenda dibandingkan langsung pulang. Dengan begitu pengunjung bisa merasakan lebih lama panorama yang disuguhkan. Apalagi suasana pantainya tenang dan membuat siapapun betah.

Kegiatan menarik satu ini akan semakin seru jika anda datang dengan rombongan. Baik teman teman ataupun keluarga. Ketika gelap datang, anda bisa menyalakan api unggun sembari mengobrol atau bernyanyi bersama. Umumnya pantai akan banyak tenda tenda berdiri ketika di akhir pekan. Dan pengunjungnya sebenarnya tidak terlalu ramai.

Kegiatan Seru di Pantai Wohkudu
Image Credit: Twitter.com @jogjapunyaacara

4. Menikmati Sunset

Kegiatan satu ini mungkin hanya bisa dinikmati bagi mereka yang memilih untuk bermalam. Sunset di Pantai cantik ini memang sangat luar biasa. Karena berada di antara dua bukit yang memberikan panorama yang berbeda. Cahaya jingga keemasan akan memberikan suasana syahdu. Momen satu ini banyak diburu wisatawan untuk mengambil beberapa foto kekinian.

5. Memancing

Tidak hanya terkenal sebagai lokasi mendirikan tenda, Pantai Wohkudu juga lokasi tepat untuk memancing. Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan ini, jangan sampai melewatkannya. Lobster menjadi incaran para pengunjung dan memang banyak ditemukan. Di bagian timurlah menjadi tempat biasanya para lobster bersembunyi.

Anda bisa membawa alat pancing sendiri atau menyewanya di kawasan pantai. Tidak hanya bisa menyalurkan hobi, kegiatan ini juga sangat seru dan menyenangkan. Hasil tangkapan bisa dibawa pulang atau dibakar bersama ketika anda camping. Yang jelas, kegiatan satu ini tidak boleh anda lewatkan saat berada di pantai ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Wohkudu

Fasilitas di Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Noertjahjo)

Walaupun pantai satu ini termasuk dalam jajaran pantai tersembunyi, anda sudah bisa menemukan fasilitas umum yang cukup memadai. Terutama fasilitas seperti toilet umum dan juga mushola yang pasti sangat dibutuhkan wisatawan. Anda juga bisa menemukan area parkir kendaraan yang sudah cukup memadai.

Tidak ketinggalan deretan warung makan juga minuman yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Walaupun warung warung ini menjual beberapa makanan sederhana, tetapi kehadirannya sangat membantu. Anda belum bisa menemukan penginapan yang dekat dengan pantai. Tapi anda sudah bisa menyewa peralatan memancing di sekitar pantai.

Pantai Wohkudu sangat cocok menjadi destinasi liburan bagi anda yang sedang mencari ketenangan. Lokasinya masih tersembunyi dan belum banyak dikenal wisatawan. Suasananya asri dan sangat bersih, maka dari itu pastikan menjadi pengunjung yang bijak. Yakni dengan tidak meninggalkan sampah di sekitar pantai begitu saja.

Give a Comment