Wonosari merupakan ibukota dari Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memang terkenal dengan banyak wisata pantai menawan. Banyak pilihan pantai yang bisa anda kunjungi sebagai tujuan wisata bersama keluarga tercinta dan pemandangannya yang indah menjadi daya tarik tersendiri. Berikut daftar rekomendasi pantai di Wonosari yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Pantai Timang

Pantai Timang
Photo by Google Maps Xuan You

Pantai Timang menawarkan sensasi menikmati pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Anda tidak lagi melihat indahnya ombak dan pemandangan dari bibir pantai, namun anda akan diajak untuk menyeberang laut dengan kereta gantung tradisional. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan untuk anda yang suka dengan tantangan.

Pantai hits ini menetapkan biaya Rp 150 ribu bagi pengunjung yang ingin menaiki kereta atas laut ini. Dari kereta ini, anda bisa melihat deburan ombak yang cukup tinggi. Setelah itu, anda bisa menikmati sajian lobster yang ditangkap langsung oleh nelayan di sekitar pantai ini. Tertarik mencoba?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok
Photo by Google Maps Ahmad Paryanto

Pantai yang hits di Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa kepada anda. Nama yang terdengar unik ini ternyata memang merepresentasikan adanya dua batu karang besar di pantai yang mirip dengan kodok atau katak, sehingga diberi nama Watu Kodok. Ada fasilitas gazebo dan area camping yang bisa anda gunakan untuk camping di sini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: .Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Photo by Google Maps Jamie Jamilah

Pantai yang menghadap ke laut lepas ini memiliki pemandangan yang sangat elok dan memanjakan mata. Deburan ombaknya yang indah berpadu dengan perbukitan yang mengelilingi pantai sejauh mata memandang menyajikan pesona alam yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini juga cukup bersih, sehingga anda akan merasa nyaman berlibur di sini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Kukup

Pantai Kukup
Photo by Twitter Ai

Pantai kukup memiliki air laut yang sangat jernih dan pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Di sini anda bisa melakukan banyak kegiatan, seperti snorkeling atau fotografi. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya bukit karang di dekat pantai dan terdapat sebuah jembatan yang terhubung ke bukit tersebut. Dari bukit ini akan tampak sunset yang sempurna.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Baron

Pantai Baron
Photo by Twitter hello

Saat berkunjung ke Wonosari, Pantai Baron bisa menjadi destinasi pantai yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Daya tarik dari pantai ini adalah adanya bangunan mercusuar di sekitar pantai yang biasa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan dari ketinggian. Selain itu, jejeran perahu nelayan di bibir pantai juga bisa anda sewa untuk berkeliling pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Siung

Pantai Siung
Photo by Twitter Seo Yeaji Fans Unity

Pantai Siung memiliki ciri khas berupa perbukitan karang yang ada di sekitar pantai dan ombak yang cukup tenang, sehingga anda bisa berenang dengan tenang di sini. Perbukitan karang yang ada di sini juga sering digunakan untuk olahraga panjat tebing. Dengan pesona alam yang sangat indah, banyak fotografer yang mengabadikan keindahannya melalui jepretan kamera.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta

7. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Photo by Twitter jogjaupdate.com

Suasananya yang tenang menjadi Pantai Wediombo menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan untuk melepas penat dengan memandangi keindahan alamnya. Pantai dengan pasir putih bersih ini memiliki banyak batu karang yang bertebaran. Terkadang juga muncul laguna alami di tengah serukan batu yang bisa digunakan untuk berenang.

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di sini adalah snorkeling karena didukung oleh air laut yang jernih, sehingga pemandangan cantik di bawah laut terlihat dengan jelas. Pantai ini juga bisa menjadi pilihan jika anda ingin menikmati sensai matahari tenggelam yang indah dari laut. Tertarik berkunjung ke sini?

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Balong, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Slili

Pantai Slili
Photo by Google Maps Idris Siddiq

Pantai Slili juga menjadi salah satu destinasi bahari hits di Wonosari yang menawan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan banyak batu karang di sekelilingnya. Karena keindahan alam yang ditawarkan, pantai ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding oleh para pasangan. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap, ada gazebo, kamar mandi, warung makan, dan penginapan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Krakal, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng
Photo by Twitter naka

Anda akan disuguhi pemandangan pelabuhan Sadeng saat berkunjung ke sini, sehingga anda juga bisa melihat pelelangan ikan yang baru saja ditangkap oleh para nelayan. Pesona alamnya juga dihiasi dengan beberapa batu karang di sekitar pantai. Kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Sadeng diantaranya bersantai, menikmati seafood, atau berenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Photo by Twitter Wali Sarung™

Pantai yang satu ini tidak kalah indah dengan pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Hamparan pasir putihnya yang berpadu dengan ombak yang cukup besar menghasilkan pemandangan khas pantai yang luar biasa. Di sebagian sisi pantai terdapat batu karang yang cukup besar, sehingga menambah keindahan dari pantai ini.

Anda bisa menyusuri batu karang yang ada di pantai saat air laut sedang surut. Di balik batu karang tersebut anda juga sangat mungkin menemukan siput laut, bintang laut, kerang, dan butterfly fish. Anda bisa bersantai sambil menikmati indahnya pantai yang menjadi salah satu andalan Gunung Kidul.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngastiharjo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Photo by Google Maps Raditya Hendra Pratama

Pantai Sadranan menjadi pantai yang sangat populer di kalangan traveler muda. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat luas dan banyak tebing karang yang semakin menambah keindahan pantai. Daya tarik dari pantai ini adalah keindahan bawah lautnya yang bisa anda nikmati dengan snorkeling.

Anda bisa menjumpai ikan neon, kerapu, botana kuning, dan lain-lain. Keindahan ini juga bisa diabadikan melalui jepretan kamera untuk fotografi underwater. Selain itu, masih banyak spot foto menarik yang bisa anda coba di pantai cantik ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gundes II, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

12. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Photo by Google Maps Wisata Jogja285

Meski berada di pesisir selatan yang umumnya berombak tinggi, Pantai Ngrenehan memiliki ombak yang tenang dan pemandangan yang sangat cantik. Pantai Ngrenehan memiliki pasir putih dan beberapa batu karang yang berjejer, sehingga semakin indah pesonanya. Jika anda datang di pagi hari, anda bisa melihat nelayan yang sedang melelang ikan setelah berlayar di laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kanogoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

13. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Photo by Google Maps MW AV

Anda ingin menikmati keindahan bawah laut yang indah? Pantai Nglambor ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain pemandangan alamnya yang menakjubkan, anda juga bisa melihat keindahan bawah laut yang tidak kalah cantiknya. Beberapa jenis terumbu karang masih bisa ditemui di pantai cantik ini.

Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Jogja yang digandrungi para wisatawan. Dengan keindahan bawah lautnya, Pantai Nglambor juga cocok jika dijadikan lokasi foto underwater yang bagus. Banyak ikan-ikan yang cantik berenang bebas di antara terumbu karang. Anda tertarik mencobanya?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

14. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Photo by Google Maps Wisata Jogja

Pantai hits di Wonosari yang satu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Pasalnya, terdapat tempat peribadatan umat Budha yang terletak di dekat pantai, sehingga atmosfer Budha pun sangat terasa di sini. Bahkan, gapura untuk masuk pantai pun dibuat seperti gapura Budha yang ada di Bali. Menarik, bukan?

Menariknya lagi, terdapat bangunan masjid yang menghadap ke arah pantai. Karena keunikan inilah, banyak para wisatawan yang mengabadikan momen dengan latar belakang bangunan yang ada di sekitar pantai. Tidak hanya itu, pemandangan dari pantai ini juga sangat indah saat dilihat dari ketinggian dan pastinya sangat cocok untuk fotografi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

15. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Photo by Google Maps AURORA KIDS COLLECTIONS

Pantai Jogan juga tidak kalah hits dengan pantai lainnya. Dengan pemandangan alam yang sangat indah, tidak heran jika pantai ini ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Suguhan pasir pantai yang putih dengan air laut yang biru menjadikan pantai ini sangat memanjakan mata.

Daya tarik lainnya terletak pada air terjun yang berada di sisi pantai. Air terjun dengan tinggi 12 meter ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan karena sangat unik. Saat musim hujan tiba, air yang mengalir dari air terjun di sisi Pantai Jogan akan jauh lebih deras dari sebelumnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

16. Pantai Watulawang

Pantai Watulawang
Photo by Google Maps Hey Tsan!

Pantai yang tidak menarik untuk dieksplor adalah Pantai Watulawang yang diapit oleh Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Pantai ini terbagi menjadi dua bagian dan dipisah oleh gua batu dan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Nama dari Watulawang atau batu pintu berasal dari adanya sebuah batu berbentuk pintu di mulut gua.

Di sini anda juga bisa menjumpai cekungan seperti kolam renang yang bisa anda gunakan untuk berenang sembari disiram guyuran ombak pantai. Bagi masyarakat setempat, Pantai Watulawang memiliki kekeramatan dan sering digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara adat Nyadran saat tiba bulan Sya’ban dalam kalender Islam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Kec. Tepus, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Berlibur ke pantai memang dipercaya dapat mengembalikan semangat usai lelah dengan kesibukan. Pemandangannya yang indah dan berpadu dengan suara ombak menciptakan harmoni yang menenangkan. Beberapa pantai hits di Wonosari tersebut bisa menjadi pilihan wisata alam bersama keluarga atau orang tercinta. Sudah tentukan pilihan?

Give a Comment