Plunyon Kalikuning, Spot Foto Keren dengan View Alam Eksotis di Sleman

Plunyon Kalikuning, Spot Foto Keren dengan View Alam Eksotis di Sleman
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Menikmati keindahan alam Jogja seakan tidak pernah habisnya. Dari deretan wisata alam yang ada, salah satu yang menarik dikunjungi adalah Plunyon Kalikuning di Sleman. Ojek wisata ini menyuguhkan panorama alam hijau nan asri dari pepohonan rindang yang ada di sekitarnya. Landscape dari Gunung Merapi pun terlihat indah dan gagah di salah satu titiknya.

Saking indahnya, bahkan tempat ini pernah dijadikan syuting salah satu film yang dulu ceritanya sempat viral di media sosial. Apabila anda pernah melihat adegan pertama ketika mahasiswa datang ke sebuah tempat, lokasi wisata inilah yang dijadikan tempat syuting. Apalagi kalau bukan KKN di Desa Penari dari Film yang dimaksud.

Plunyon Kalikuning dulunya sempat sepi karena dampak dari erupsi Gunung Merapi di tahun 2010. Hampir tidak ada yang tersisa setelah itu, kecuali bangunan kokoh yang terbuat dari beton atau semen. Selebihnya hangus dan tidak elok lagi dipandang mata. Tetapi setelah lama semenjak musibah besar tersebut berlalu, kini kawasan ini semakin ramai dikunjungi.

Daya Tarik Wisata Plunyon Kalikuning

Daya Tarik Wisata Plunyon Kalikuning
Photo by Google Maps Bachtiar Firgiawan

Pengelola dengan sigap dan cermat membangun kembali objek wisata di Jogja ini. Tambahan spot khusus menambah daya tarik yang dimiliki sehingga wisatawan tertuju pada hal yang dimaksud. Selain itu, pada dasarnya Plunyon Kalikuning memiliki keindahan alam yang menakjubkan sebagai daya tarik utamanya.

1. Suasana Alam Penuh Pesona

Apabila datang ke sini kemudian kecewa, mungkin selera anda dalam berwisata alam sangat tinggi. Pasalnya, segala keindahan alam bisa didapatkan di satu tempat ini. Sebut saja pohon rindang yang tampak hijau bersemi. Sejauh mata memandang ke depan dan sekitar lokasi, hampir semua warna menghijau.

Bukan tanpa alasan, bekas erupsi Gunung Merapi memang menjadikan lahan menjadi lebih subur dari sebelumnya. Tanaman hias liar pun dapat di saksikan dengan bunganya yang cantik berwarna-warni. Tidak lupa adanya Gunung Merapi yang seringkali dijadikan latar belakang foto karena jaraknya tidak terlalu jauh dari spot wisata.

Kontur perbukitan di Plunyon Kalikuning cukup terlihat dengan undakan khasnya. Warnanya juga hijau karena penuh dengan semak dan rumput. Tidak jauh dari lokasi terdapat aliran sungai yang lumayan curam. Sungai inilah yang dinamakan Kali Kuning, penuh batuan alam yang menghalangi aliran airnya menambah eksotisme nya.

2. Jembatan Ikonik Plunyon Kalikuning

Daya tarik selanjutnya dari jembatan yang ada di objek wisata alam di Jogja ini. Meskipun banyak jembatan yang dapat ditemui, namun semuanya tidak seperti yang ada di sini. Keberadaan jembatan seperti ikon dan ciri khas dari Plunyon Kalikuning. Wisatawan yang datang wajib melintasi jembatan ini untuk menuju spot yang diinginkan.

Bukan hanya karena panjangnya, tetapi di bagian kanan dan kirinya memberi secerah harapan dari indahnya suasana. Berbagai macam pohon perdu dapat disaksikan diatas jembatan, salah satunya adalah pohon cemara. Saking indahnya landscape yang dimiliki, banyak wisatawan yang berhenti sejenak hanya untuk mengambil gambar.

Selain landscape pemandangan hijau, Gunung Merapi terlihat jelas di jembatan Plunyon Kalikuning. Tidak heran jika wisatawan menjadikannya spot favorit berburu foto maupun video. Suasananya pun asri, sejuk, dan bahkan dingin. Hanya dengan sedikit menambah pose, hasil jepretan dijamin memuaskan.

3. Jembatan Gantung Unik

Jembatan gantung adalah salah satu tambahan spot yang dulunya tidak ada di perbukitan cantik ini. Inilah tadi yang dikatakan bahwa pengelola dengan cermat membangun kembali Plunyon Kalikuning. Adanya pohon pinus yang berjejer rapi dimanfaatkan untuk menyambungkan satu jembatan ke jembatan lainnya.

Pemandangannya pun tidak kalah indah dari jembatan pertama yang terbuat dari beton. Bedanya, kali ini ada sensasi bergoyang ketika wisatawan melewatinya. Ada lagi yang menarik, yaitu adanya gardu pandang di setiap pohon pinus yang digunakan sebagai penghubung. Di gardu pandang ini, anda dapat menikmati indahnya alam sambil berfoto.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Plunyon Kalikuning
Photo by Google Maps blantara jogja

Plunyon Kalikuning masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Adanya beberapa objek wisata lainnya membuat lokasi wisata ini tidak sulit ditemukan. Apalagi banyak petunjuk jalan yang dapat dijadikan panduan. Alamatnya di Umbulharjo, Cangkringan, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jarak dari Alun-alun Sleman sekitar 20 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 40 menit. Dengan mengikuti jalan raya, rute pertama yang ditempuh yaitu melewati Jalan Palagan Tentara Pelajar. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Turi, Jalan Pakem, hingga di Jalan Kaliurang.

Terus ikuti jalan utama, kemudian anda akan menemukan Taman Wisata Sato Loka, silahkan belok kanan di pertigaan sebelumnya. Dengan perjalanan yang sedikit meliuk, lanjutkan hingga tiba di Jalan Raya Merapi Golf. Terus ikuti sepanjang jalur ini sampai tiba di Jalan Bebeng. Selanjutnya anda hanya perlu mencari lokasi parkir yang disediakan.

Harga Tiket Masuk Plunyon Kalikuning

Harga Tiket di Plunyon Kalikuning
Photo by Google Maps dwi suci hartini

Mengunjungi Plunyon Kalikuning tidak perlu menabung terlebih dahulu. Sebab harga tiketnya sangat murah dan ramah kantong. Cukup sediakan dana 10.000 rupiah untuk satu orang pengunjung. Meskipun membawa serta keluarga, berkunjung ke sini tidak membuat dompet kosong. Apalagi satu tiket tersebut sudah termasuk bonus dua wisata lainnya.

Dua objek wisata yang dimaksud adalah Kali Kuning dan Kali Urang. Perlu diketahui, satu tiket tersebut hanya untuk satu kali masuk, jadi anda harus membayar lagi jika berkunjung keesokan harinya. Objek wisata di Sleman ini dibuka setiap hari mengikuti jam operasional mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Plunyon Kalikuning
Photo by Google Maps zulistya adi

Aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di Plunyon Kalikuning? Mungkin sebagian dari anda menanyakan hal tersebut. Oleh sebab termasuk objek wisata alam, pastinya ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan. Berikut sudah kami rangkum beberapa yang dijamin seru!

1. Menikmati Pemandangan Alam

Alamnya yang indah mampu menghipnotis siap saja yang berkunjung. hijau, asri, dan segar, itulah yang anda dapat seketika menginjakkan kaki di lokasi. Lirih merdu terdengar suara aliran sungai memberikan kesan semakin damai. Hijaunya suasana alam dengan lantunan air yang berlagu tersebut seolah menjadi teman setia selama perjalanan.

2. Berburu Spot Foto Cantik

Selain keluarga dan anak-anak, wisatawan yang mengunjungi Plunyon Kalikuning Jogja lebih didominasi oleh pemuda. Tujuan mereka tidak lain adalah untuk berburu spot foto. Banyak spot foto yang cantik di sini, baik yang disediakan pengelola maupun spot liar. Salah satunya sudah disinggung diatas, yakni jembatan ikonik dengan mengambil latar Gunung Merapi.

Jembatan gantung tidak kalah menarik dijadikan objek foto. Cukup mendaki sedikit tangga dan menemukan gardu pandang yang cocok, anda dapat beruang kali mengambil foto. Selain itu, tersedia spot lain dengan bangunan mirip sangkar burung yang terbuka. Di dalamnya terdapat sayap kupu-kupu yang dapat dijadikan teman pose.

3. Bersepeda Santai

Sebagian besar warga yang mengunjungi Plunyon Kalikuning memilih waktu di pagi atau sore hari. Tujuannya untuk bersepeda santai menyusuri jembatan yang menjadi ciri khasnya. Apabila ada datang diluar kota tidak masalah, karena disediakan tempat penyewaan sepeda di sekitar lokasi dengan harga murah.

Fasilitas Penunjang di Plunyon Kalikuning

Fasilitas di Plunyon Kalikuning
Photo by Gooogle Maps Didi Widjanarko

Objek wisata ini seringkali dijadikan rute bagi wisatawan yang touring Lava Merapi. Tentunya pengelola Plunyon Kalikuning menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Selain area parkir dan toilet, ada mushola yang termasuk fasilitas umum. Jembatan, spot foto, gazebo, dan warung semakin melengkapi fasilitas yang ada.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu objek wisata alam yang ada di Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman. Tidak ada batasan usia di sini, artinya semua orang boleh mengunjunginya. Usahakan berkunjung ramai-ramai, karena keindahan dan pesona Plunyon Kalikuning sungguh sayang jika tidak dibagikan ke orang terdekat.