Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan View Sunset Memesona di Gunung Kidul

Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan View Sunset Memesona di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Siapa sangka jika hewan bersayap yang keluar di malam hari ini memiliki tempat yang indah mempesona, daerah tersebut bernama Pulau Kalong di Gunung Kidul. Destinasi wisata ini berada dalam satu kawasan yang sangat terkenal di kancah nasional maupun internasional. Area daratan yang cantik, eksotik, dan dikelilingi air laut namun tidak tenggelam ini menjadi zona peristirahatan hewan bernama kalong atau kelelawar di saat pagi, siang, hingga sore hari.

Namun, ketika menjelang malam, tepatnya saat matahari perlahan mulai tenggelam, hewan yang hidup berkoloni ini keluar kandang atau pulau tersebut. Pada moment itulah, kawasan ini dipadati oleh wisatawan untuk menyaksikan kalong keluar kandang untuk mencari makan. Melihat sunset yang cantik disertai dengan pekikan kelelawar bersahutan keluar pulau, membuat zona wisata ini semakin eksotik.

Daya Tarik Pulau Kalong

Daya Tarik Pulau Kalong
Photo by Google Maps Ariyanto

Menyaksikan segerombolan hewan terbang saat jam 17.00 petang keluar dari Pulau Kalong adalah sebuah pengalaman yang asyik, unik dan menarik. Karena hal itu merupakan salah daya tarik yang ada di pulau ini, selain itu ada beberapa hal menarik lain yang perlu diketahui.

1. Habitat Para Kalong atau Kelelawar

Hewan kalong atau kelelawar memang agak menggelikan, bahkan bau kotorannya terasa sangat menyengat. Akan tetapi, saat menyaksikan mereka hidup bergerombol di Pulau Kalong, memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ketika matahari terang benderang, habitat para kalong atau kelelawar bergelantungan di dalam goa di pulau tersebut, hingga membentuk formasi tidak beraturan, namun terlihat indah.

Pada saat itulah banyak wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara mengabadikan situasi ini. Selain itu, pulau yang masih sangat alami ini juga memberikan panorama lain yang lebih cantik dan eksotik, yaitu ketika pasukan kelelawar keluar dari goa menyambut hari mulai malam. Suasana seperti inilah yang menjadi daya tarik utama di pulau ini, sehingga tidak jarang para pengunjung mengambil foto maupun video untuk koleksi pribadi mereka.

2. Panorama Sunset Indah Mempesona

Beragam tempat yang indah ada di Jogja, salah satunya adalah Pulau Kalong. Destinasi wisata ini selain memiliki daya tarik habitat para kalong atau kelelawar, juga terdapat panorama sunset indah mempesona. Banyak lokasi yang bisa dipakai untuk melihat matahari tenggelam, seperti di pantai, gunung atau tempat lainnya. Akan tetapi, menyaksikan hari mulai senja di pulau ini sungguh berbeda.

Sebab jika memandang matahari tenggelam di pantai, gunung atau lainnya, bonus yang didapatkan adalah melihat puluhan burung camar. Namun saat melihat pesona sunset berwarna kuning jingga di pulau ini, wisatawan mendapatkan surprise dengan kehadiran ribuan bahkan puluhan ribu kelelawar yang beterbangan.

3. Snorkeling dan Diving

Apabila pengunjung masih belum puas dengan daya tarik panorama sunset indah mempesona dan habitat para kalong atau kelelawar di Pulau Kalong, masih ada snorkeling dan diving. Air laut yang ada di pulau ini sungguh bersih dan jernih, sehingga aktivitas hewan biota laut dapat dilihat dari permukaan dengan snorkeling atau sedikit menyelam.

Keindahan, kecantikan, eksotisme kehidupan laut semakin sempurna saat melakukan diving atau menyelam ke dasar laut. Menyaksikan keindahan alam bawah laut, seperti terumbu karang, ikan aneka warna dan hewan lainnya, sungguh merupakan pengalaman yang seru dan mengasyikkan. Daya tarik inilah yang menjadi andalan wisatawan saat berkunjung di pulau ini, bahkan seolah menjadi penyempurna dari berbagai hal menarik yang ada di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Kalong
Photo by Google Maps C. Sierra

Ketika ulasan daya tarik membuat anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Kalong, destinasi wisata ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gungkidul, Provinsi DI Yogyakarta. Berlibur ke area ini dapat diakses dari mana saja anda berada, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Dari pusat Jogja, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Bausasran. Lanjutkan lagi hingga menuju ke Jalan Kenari dan bertemu pertigaan. Terus lurus sampai menemukan perempatan, kemudian belok yang mengarah ke Jalan Kusumanegara. Ketika tiba di Jalan Wonosari, perhatikan papan petunjuk yang disediakan pengelola, lokasinya tidak jauh lagi.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pulau Kalong
Photo by Google Maps Irfan dPriyanto

Pulau Kalong merupakan destinasi wisata yang sangat indah, di sekitarnya juga terdapat beragam pulau dan tempat yang cantik lainnya. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini sebesar Rp. 6.000 per orang. Jauh lebih murah dari eksotisme pulau yang bakal selalu dikenang meskipun anda tidak lagi berada di lokasi.

Tambahan biaya diperlukan untuk parkir kendaraan, 3.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 bagi yang membawa mobil. Pulau cantik di Jogja ini terhubung dengan Desa Jepitu dengan akses jalan berupa jembatan. Untuk dapat memasuki jembatan tersebut, setiap pengunjung diwajibkan membayar biaya tambahan sebesar 25.000 rupiah.

Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pulau Kalong
Photo by Google Maps Ariyanto

Selain memiliki beragam daya tarik, Pulau Kalong juga terdapat berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat di lokasi ini, sebab destinasi wisata ini seperti Surga yang tersembunyi. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di lokasi tersebut!

1. Menjelajahi Pulau Kalong

Panorama alam yang indah, mempesona dan menawan di Pulau Kalong sangat disayangkan jika terlewatkan, maka cara terbaik adalah dengan menjelajahi setiap lokasi yang ada di area ini. Menyewa kapal speedboat sehari tanpa bermalam untuk mengelilingi kawasan ini merupakan cara yang tepat. Berbagai pesona alam seperti keindahan samudera, air laut bersih dan jernih, sehingga kehidupan biota laut tampak jelas disaksikan dari atas kapal.

Beragam keindahan tersebut dapat disaksikan dan dinikmati secara sempurna saat menggunakan kapal speedboat. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk menyewa alat tersebut, seolah terbayar lunas dengan kepuasan yang didapatkan setelah menyusuri kawasan yang ada di pulau ini.

2. Melihat Kawanan Kelelawar

Bagi wisatawan yang memiliki pohon di depan rumah dan mulai berbuah, serta mulai ranum, tiba-tiba ada sebagian yang busuk karena gigitan kelelawar. Kejadian itu berulang dalam setiap musim panen tiba, dan kadang membuat hati kesal. Akan tetapi, saat berada di Pulau Kalong dan melihat kawanan kelelawar, kekesalan anda akan hilang dan berganti iba.

Karena melihat mereka bergelantungan di atas goa dengan berbagai ukuran, ada yang besar, sedang, kecil, bahkan hingga bayi kelelawar. Hal tersebut pasti membuat anda merasa iba sekaligus bahagia, ternyata sebagian buah yang digigit untuk keberlangsungan hidup mereka dan keluarga. Aktivitas inilah yang menarik dan sering dilakukan wisatawan, memotret dan video kelelawar bergelantungan memberikan keindahan yang jarang didapatkan.

3. Hunting Foto Instagramable

Saat kegiatan menjelajahi Pulau Kalong dan melihat kawanan kelelawar tanpa terdokumentasi dengan baik, maka tidak ada kenangan yang di dapatkan. Apalagi lokasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang cantik, menarik dan eksotik. Diantaranya yaitu berbagai pulau kecil yang hijau dan asri, laut bersih dan jernih, jembatan gantung tradisional, semua dapat diabadikan untuk kenangan dan bahan cerita ke teman.

Oleh karena itu hunting foto instagramable di lokasi wisata ini memang harus dilakukan, karena banyak spot cantik, menarik, dan eksotik. Apalagi saat fenomena matahari tenggelam dan momen ketika matahari terbit, tempat wisata alam tersebut semakin indah mempesona. Apapun pose anda saat itu, hasil foto dipastikan menarik jika mengambil sudut yang tepat.

Fasilitas yang Tersedia

Photo by Google Maps ricky rianto

Destinasi wisata Pulau Kalong tidak memiliki fasilitas utama maupun penunjang, sebab di lokasi wisata ini hanya ada pepohonan hijau dan goa atau pulau saja. Hanya satu fasilitas saja yaitu jembatan gantung tradisional yang membentang menuju area pulau tersebut. Namun beragam fasilitas ada di perkampungan, seperti area parkir, mushola, dan kamar mandi.

Apabila anda dan keluarga liburan ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Kalong. Sebab destinasi wisata ini menawarkan berbagai daya tarik dan aktivitas menarik yang tidak mudah untuk dilupakan. Oleh karena itu, berlibur ke kawasan wisata ini menjadi sebuah impian yang harus diwujudkan.