Puncak Pinus Becici salah satu objek wisata yang populer di Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja. Destinasi alam yang menyajikan keindahan alam yang memukau dari ketinggian, mulai dari gunung, lembah hingga lanskap kota.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Saat berada di kota Jogja, tak lengkap rasanya jika Anda tidak berkunjung ke Puncak Becici di Kabupaten Bantul. Destinasi wisata satu ini cukup populer karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan menarik. Bahkan banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini. Apa saja daya tarik puncak ini? simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Puncak Becici

Daya Tarik Puncak Becici
Image Credit: Facebook.com @wahyu.oktavia.7

Kota yang terkenal dengan makanan khasnya yakni Gudeg ini juga populer akan wisata alam yang disuguhkan olehnya. Bahkan destinasi wisata yang ada di Jogja ini tak hanya menarik wisatawan lokal atau domestik saja. berbagai pengunjung asal mancanegara pun kerap kali memadati kawasan wisata satu ini.

Sebab, ketika Anda menghabiskan waktu di kota satu ini, Anda pun bisa menemukan banyak destinasi wisata yang unik dan menarik, salah satunya adalah Puncak Becici. Keindahan alam yang ada di lokasi satu ini memang akan membius siapa saja yang melihatnya, tak terkecuali Anda yang sedang berkunjung ke lokasi satu ini.

Berada tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke kawasan wisata Puncak Becici. Disini, Anda pun akan disuguhkan dengan keadaan alam yang eksotis sekaligus romantis. Lebihnya lagi, destinasi wisata ini juga pernah dikunjungi oleh mantan Presiden Amerika Serikat yakni Barack Obama beberapa waktu silam.

Saat Anda menghabiskan waktu di puncak bukit satu ini, tentunya keindahan alam dan panorama yang indah bisa Anda saksikan. Tentunya keunggulan tersebut dapat mengundang banyak minat wisatawan untuk datang dan berkunjung guna menikmati indahnya alam yang luas biasa tersebut.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Puncak Becici

Alamat Puncak Becici
Image Credit: Google Maps (Yohanes Sapto Prabowo)

Destinasi wisata satu ini berada sama persis dengan lokasi Hutan Pinus Mangunan yakni di Dlingo, Bantul. Umumnya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi lokasi ini, baik menggunakan kendaraan roda dua yakni motor maupun roda empat yakni mobil.

Terdapat dua rute yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. Adapun kedua rute tersebut memang telah memiliki akses jalur yang cukup bagus dan sangat nyaman untuk dilalui oleh wisatawan. Dengan begitu, Anda pun bisa melaluinya ketika ingin menempuh wisata satu ini.

Pertama, Anda bisa menempuh dari pusat kota Jogja. Kemudian, ambil arah menuju ke Jalan Wonosari. Lalu, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke perempatan Patuk Gunungkidul. Anda lalu, bisa melanjutkan perjalanan dengan belok ke kanan dan mengikuti petunjuk yang ada hingga sampai ke destinasi satu ini.

Sedangkan rute kedua yang bisa Anda lalui adalah dengan menggunakan arah ke Imogiri Timur. Kemudian, dari pusat kota Jogja ini, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Terminal Giwangan Jogja. Nantinya ketika telah mencapai arah perempatan yang dekat dengan terminal, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah selatan.

Dimana arah tersebut merupakan tempat wisata yakni pemakaman dari raja raja Imogiri. Selanjutnya, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Mangunan. Anda pun nantinya akan bertemu dengan destinasi wisata hutan pinus. Ikuti petunjuk ke atas hingga Anda sampai ke arah Puncak Becici.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket
Image Credit: Google Maps (Fauzan Azim)

Apabila Anda berencana untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka Anda pun bisa datang pada hari Selasa hingga Minggu. Untuk jam bukanya sendiri yakni mulai pukul 7 pagi hingga jam 5 sore. Sedangkan untuk tiket masuk lokasi satu ini pun cukup murah dan terjangkau, Anda hanya perlu membayar tiket yakni sekitar 3 ribu rupiah saja.

Jika Anda membawa kendaraan bermotor yakni sepeda motor maka Anda pun bisa membayar yakni sekitar 2 ribu rupiah saja untuk tiket parkir. Sedangkan bagi Anda yang datang dengan membawa mobil, tiket parkir yang harus Anda bayarkan adanya sekitar 5 ribu rupiah. Harga tersebut sangat murah dan juga ramah di kantong.

Dan bagi Anda yang datang bersama dengan rombongan, maka Anda pun diharuskan membayar yakni sekitar 20 ribu rupiah untuk tiket parkir saja. oleh karena itu, dengan biaya yang sangat terjangkau ini tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengunjungi lokasi satu ini. akan tetapi, apabila Anda ingin berkemah dan menyewa tenda di pengelola tentunya Anda harus menambahkan biaya tambahan untuk harga tenda tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Becici

Aktivitas di Puncak Becici
Image Credit: Facebook.com @rachmawatinuswantoro

1. Menjelajah Puncak Becici Dengan Jeep Wisata

Kegiatan pertama yang wajib Anda lakukan ketika berada di destinasi satu ini pastinya adalah menjelajah. Namun, ketika Anda dalam kondisi yang kurang prima tak perlu memaksakan untuk trekking. Sebab, Anda pun bisa menjelajah Puncak Becici dengan menggunakan jeep wisata yang dapat dengan mudah untuk Anda temukan di lokasi satu ini.

Alternatif satu ini bisa Anda pilih dan nantinya pengunjung pun akan diajak mengelilingi sembari menikmati pemandangan alam yang ada di kawasan wisata satu ini. dengan mengendarai jeep, Anda pun akan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan trekking atau berjalan kaki.

Disini, Anda bisa menggunakan salah satu komunitas jeep wisata yang ditemui di lokasi satu ini yaitu Dlingo Adventures Community atau yang dikenal dengan DAC. Adanya komunitas tersebut menjadi salah satu sarana bagi Anda yang ingin menyewa jeep. Ketika menggunakan paket wisata ini, biasanya Anda akan dikenakan biaya yakni sekitar 250 hingga 500 ribu rupiah.

2. Trekking Menuju Puncak

Kegiatan selanjutnya yang wajib Anda lakukan saat berada di Puncak Becici ini adalah trekking atau melakukan hiking. Jika Anda termasuk salah satu pecinta olahraga satu ini, kawasan wisata ini akan menjadi tempat berlibur yang cocok dan sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mencobanya di akhir pekan.

Sepanjang perjalanan, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah yakni berupa deretan pohon pinus yang eksotis. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan. Jalur yang bisa Anda tempuh juga beragam. sebab, Anda bisa menempuh jalur yang masih asri dan sedikit terjal karena tidak disemen.

Ketika Anda menempuh jalur satu ini, tentunya Anda tak hanya akan mendapatkan olahraga saja. melainkan kejernihan pikiran pun juga bisa Anda rasakan sebab, jalur ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan memukau. Hawa yang sejuk dan suasana yang masih asri tentunya akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan.

3. Hunting Foto Keren

Kegiatan berfoto dengan latar belakang alam yang cantik tentunya menjadi salah satu aktivitas yang harus Anda lakukan saat berada di lokasi satu ini. Hal tersebut dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan latar belakang suasana yang sangat apik nan eksotis. Ditambah lagi pemandangannya dan panorama yang asri akan menjadi daya tarik tersendiri.

Disini, Anda pun akan menemukan banyaknya spot yang bisa digunakan untuk berfoto. Tentu saja lokasi lokasi atau spot foto tersebut akan membuat hasil foto Anda nampak cantik dan pastinya instagramable. Ketika malam tiba, Anda jangan terburu buru untuk beranjak. Sebab, kerlap kerlip lampu akan mampu membuat pengunjung yang ada disini menjadi makin betah.

Selain itu, apabila Anda ingin mencari lokasi foto pre wedding dengan alam, maka Puncak Becici ini akan menjadi lokasi yang pas. Hal ini juga didukung dengan pihak pengelola yang telah menyediakan paket. Dimana paket tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin berfoto di lokasi satu ini.

Dengan beragam paket yang bisa Anda pilih tersebut, tentunya akan memudahkan proses pengambilan gambar. Disini, Anda pun akan bisa mendapatkan foto dengan nuansa hutan pinus yang indah dan asri lengkap dengan panorama alam dari Puncak Becici. Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati momen sunset, kawasan ini juga bisa menjadi lokasi foto pre wedding Anda.

Aktivitas Puncak Becici
Image Credit: Google Maps (Puncak Pinus Becici)

4. Melihat Indahnya Matahari Terbenam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, saat berada disini Anda pun tidak boleh melewatkan untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam saat berada di puncak ini adalah menikmati indahnya sunset. Sebab lukisan yang indah tersebut akan bisa Anda nikmati saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Puncak Becici memang sangat pas untuk dikunjungi saat senja hingga malam tiba.

5. Camping di Kawasan Puncak

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini adalah camping atau berkemah. Aktivitas ini banyak diminati oleh wisatawan terutama anak muda. Hal tersebut dikarenakan pemandangan alam yang indah bisa Anda nikmati selama seharian penuh yakni mulai dari pagi hari hingga bertemu pagi lagi.

Disini, Anda pun bisa menyewa tenda yang memang telah disediakan oleh pihak pengelola. Sehingga, bagi Anda yang memang dadakan mengunjungi lokasi ini dan ingin berkemah, maka hal tersebut bisa Anda lakukan hanya dengan menyewa tenda yang ada di lokasi tersebut. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk menyempatkan mengunjungi destinasi satu ini.

6. Berpiknik

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini. wisata yang memang terkenal dengan keindahan alam dan juga deretan pohon pinusnya ini akan menjadi lokasi yang sangat tepat bagi Anda yang ingin berpiknik ketika siang tiba.

Di tempat satu ini, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk menikmati liburan di tempat yang indah dan sangat menakjubkan ini. selain itu, Anda pun juga bisa membawa karpet maupun tikar dan makanan ringan saat berada di lokasi ini. pemandangan yang indah dan makanan yang enak, tentunya akan menjadi salah satu perpaduan yang pas.

Namun, jika Anda ingin untuk menyelenggarakan piknik di dalam ruangan, pihak pengelola pun juga telah menyediakannya. Sehingga, Anda pun bisa memilih yang terbaik dan sangat nyaman untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Hal yang pasti pemandangan yang disuguhkan akan tetap sama, sama-sama indah dan memanjakan mata.

Jika Anda bingung dan ingin menghabiskan waktu akhir pekan di Jogja, destinasi Puncak Becici ini dapat menjadi pilihan untuk Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengajak keluarga menikmati suasana yang alami, pastikan untuk mengajak keluarga Anda mengunjungi wisata yang ada di Bantul, Jogja ini.

Give a Comment