Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jambon, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Puncak Sosok Bantul, Yogyakarta merupakan tempat wisata hits yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah di Kota Jogyakarta. Pemandangan pegunungan yang begitu indah, sehingga menjadikan tempat wisata keren ini menjadi pilihan tempat bagi Anda untuk berlibur.

Tempat ini dulunya bukan ditujukan untuk destinasi wisata, tempat ini hanyalah bukit yang berada disekitar rumah warga. Akan tetapi, karena banyak pesepeda datang ke sini dan membuat tempat ini menjadi ramai oleh pengunjung. Tempat sering kali dijadikan tempat wisata hits bagi para pemburu spot foto yang instagramable. Sehingga karena meningkatnya para pengunjung dari waktu ke waktu sehingga warga memutuskan untuk mengelola tempat tersebut menjadi tempat wisata.

Daya Tarik Wisata Puncak Sosok

Daya Tarik Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps Sastro Gowes

1. Pemandangan yang Indah dari Atas Bukit

Pemandangan yang indah dapat Anda dinikmati jika berada di Puncak Sosok Bantul. Pada sore hari Anda akan disuguhi pemandangan sunset (sinar matahari yang tenggelam) yang begitu indah dan membuat mata Anda berbinar memandangnya. Anda dapat menyaksikan pemandangan sunset jika cuaca sedang cerah dan baik. Jangan sampai Anda kelewatan momen tersebut bersama dengan orang tersayang Anda.

Daya tarik utama adalah berburu foto pemandangan gunung. Waktu yang tepat untuk Anda mengunjungi wisata hits ini adalah pada saat sore hari. Tetapi, jangan datang terlalu sore karena tempat sudah ramai akan pengunjung. Anda disarankan datang sekitar jam 4 sore dan mencari tempat yang dirasa cocok dan nyaman untuk menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

2. Spot Foto yang Instagramable

Karena pemandangan pegunungan yang Indah dan alami. Puncak sosok dapat dijadikan sebagai tempat pemburu spot foto yang kekinian. Berlatarkan sunset, Anda dapat berfoto dengan manis dan syahdu. Sunset menghidupkan suasana tenang dan nyaman pada foto Anda karena keindahan warna matahari yang akan tenggelam.

Sehingga disarankan bagi Anda, jika ingin mendapatkan latar foto berupa Sunset maka Anda harus datang pada sore hari yang cerah. Area perbukitan yang tenang dan nyaman serta banyak pendopo yang tersedia akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Cahaya dari lampu-lampu di Kota Jogyakarta dapat menjadi latar belakang foto yang ikonik Anda sehingga foto yang dihasilkan dapat hasil foto sungguh mempesona dan begitu indah.

Salah satu spot foto favorit oleh wisatawan Puncak Sosok adalah jembatan kayu. Jembatan kayu yang unik dan berlatarkan pemandangan alam yang indah membuat banyak orang datang berfoto di sini. Anda juga bisa berfoto dengan panorama yang berlatarkan Tempat Pembuangan Akhir Piyungan. Walau dikira terkesan jorok tetapi TPA ini lebih terlihat seperti bukit pasir yang estetik.

3. Arena Bersepeda yang Memacu Adrenalin

Daerah wisata ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk kompetisi downhill baik skala lokal maupun nasional. Anda bisa menuruni gunung dengan sepeda ataupun motor dengan kecepatan yang tinggi.

Rute yang ditawarkan ketika Anda downhill (menuruni gunung) akan memacu adrenalinmu Anda. Sehingga Anda diwajibkan untuk selalu keselamatan ketika sedang melakukan aktivitas downhill tersebut.

Untuk kamu yang menyukai pacu adrenalin, Anda bisa mencoba track downhill yang ada di Puncak Sosok ini yang memiliki lintasan sepanjang 1,5 km. Tempat ini juga sering dijadikan tempat nobar yakni menonton bareng pertandingan sepak bola di area perbukitan. Tentunya membuat tempat wisata hits ini semakin ramai oleh pengunjung.

Daya Tarik Dimiliki Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps Puncak Sosok

4. Pementasan Akustik

Terdapat pementasan akustik di Puncak Sosok Bantul ini sehingga menghidupkan suasana yang paling romantis bersama dengan pasangan Anda tentunya. Sambil menikmati indahnya pemandangan Kota Jogyakarta pada malam hari.

Pertunjukan musik Akustik diadakan di panggung terbuka yang sudah disediakan pengelola pada akhir pekan. Akustik ada ketika cuaca cerah dan tidak hujan karena dilaksanakan di panggung yang terbuka. Bahkan panggung terbuka ini juga sering digunakan untuk pentas seni tradisional Khas Jogyakarta tentunya.

Live musik akustik biasanya berlangsung dari sore hingga malam hari sambil menikmati indahnya pemandangan alam pegunungan. Momen ini dapat Anda rasakan bersama dengan keluarga, sahabat, orang terdekat Anda bahkan pasangan Anda.

5. Menikmati Berbagai Macam Kuliner yang Lezat

Sambil menikmati suasana malam diiringi dengan lantunan musik akustik. Di sini juga tersedia berbagai macam warung yang menyediakan makanan dengan harga yang terjangkau tentunya, tidak ada salahnya Anda menikmati kuliner yang ada di Puncak Sosok Jogyakarta ini. Terdapat beberapa warung yang menyajikan berbagai jenis makanan baik makanan ringan maupun makanan berat.

Terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai makanan seperti bakso tusuk, tahu walik, siomay, sate gajih dan berbagai makanan khas Jogja lainnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps zulistya adi

Objek wisata ini terletak di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Kawasan wisata perbukitan ini bisa berjarak kurang lebih 16 Kilometer dari Kota Yogyakarta. Dapat ditempuh dalam waktu 45 menit berkendara Untuk jarak tempuh. Wisatawan harus menempuh jarak 15 kilometer. Perjalanan bisa ditempuh dengan motor, sepedaan, mobil pribadi, atau minibus.

Waktu operasional yaitu mulai pukul 05.00-00.00 WIB. Jika ada yang menginap atau camping, mereka dapat meminta izin kepada pengelola destinasi keren ini.

Harga Tiket Masuk

Tiket Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps Ayu Windia

Untuk harga tiket masuk, Puncak Sosok belum menerapkan harga tiket masuk. Harga tiket masuk tidaklah dipatok, Anda hanya diminta biaya seikhlasnya. Tentunya Anda dapat menikmati tempat wisata hits ini tanpa mengeluarkan kocek yang besar.

Untuk biaya parkir Anda hanya dikenakan Rp 2.000 untuk tarif parkir motor dan Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil. Anda dapat menikmati tempat ini dengan tenang, dan kendaraan Anda dijamin keamanannya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps arif riyanto

1. Bersepeda

Bagi Anda yang gemar bersepeda maka Puncak Sosok bisa jadi pilihan tempat Anda untuk memacu Adrenalin Anda. Anda bisa menuruni gunung dengan sepeda ataupun motor dengan kecepatan yang tinggi. Rute yang ditawarkan ketika menuruni bukit dijamin seru dan memacu adrenalin Anda. Sehingga Anda juga perlu tetap menjaga keselamatan ketika sedang melakukan kegiatan tersebut.

2. Berfoto di Spot-spot Instagramable

Keindahan lampu-lampu kota yang Jogyakarta dapat menjadi latar belakang foto Anda. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor telah menambahkan beberapa ornamen berfoto yang instagenic bagi Anda para pemburu foto.

Pemandangan yang disajikan dari ketinggian membuat Anda tidak tahan untuk segera mengambil foto di sana. Anda dapat berfoto pada sore hari dengan pemandangan sunset yang begitu menawan. Jangan lupa membawa kamera terbaik Anda dan pakailah baju yang bisa menambah keindahan saat Anda berfoto.

3. Menikmati Aneka Sajian di Warung Makan

Warung menjadi fasilitas penunjang wisata di Puncak Sosok yang menyediakan berbagai macam makanan baik makanan ringan maupun makanan berat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika sudah berada di tempat wisata keren ini. Terdapat aneka makanan dan minuman yang dapat Anda pesan untuk menemani Anda menikmati indahnya panorama sore pegunungan.

Tidak hanya menikmati sajian di tempat duduk yang telah disediakan oleh pengelola. Anda juga bisa memesan tikar dan bersantap makanan bersama orang-orang terdekat Anda sembari menikmati pemandangan dan musik akustik yang berada di lapangan terbuka.

Aktivitas Seru Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps Mirza Ibdaur Rozien

4. Menikmati Musik Akustik

Kebanyakan wisatawan Puncak Sosok biasanya datang bersantai sambil menikmati pementasan musik akustik yang begitu Indah. Pengelola telah menyediakan panggung terbuka dan set sound serta alat musik sehingga bagi Anda ingin yang tampil maka akan diperbolehkan.

Pertunjukan akustik biasanya diselenggarakan ketika akhir pekan saat cuaca sedang cerah. Anda bisa menikmati pertunjukkan musik dari sore hingga malam hari. Bagi Anda yang ingin menampilkan pertunjukan akustik Anda diharuskan menghubungi pengelola terlebih dahulu. Selanjutnya Anda menentukan jadwal dengan pengisi acara lainnya.

5. Berburu Foto Keren

Cahaya lampu hias dari lampu kota Yogyakarta seakan menjadi perpaduan yang begitu sempurna untuk latar belakang foto Anda yang menawan. Anda harus menyiapkan kamera terbaik Anda agar tidak kelewatan momen tersebut.

6. Nobar Pertandingan Sepak Bola

Kegiatan nonton bareng menjadi salah satu kegiatan rutin di Puncak Sosok ini. Kegiatan acara nonton bareng dilaksanakan saat ada pertandingan besar seperti piala dunia.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Puncak Sosok

Fasilitas Puncak Sosok Bantul
Photo by Google Maps Ela-na Eko Wibowo

Banyak fasilitas yang tersedia di tempat hits ini seperti gazebo tempat istirahat, tempat duduk, tikar, aula, spot foto keren dan banyak pendopo serta terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman yang sangat terjangkau kantung Anda.

Warung menjadi fasilitas penunjang wisata di Puncak Sosok yang menyediakan berbagai macam makanan baik makanan ringan maupun makanan berat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika sudah berada di tempat wisata keren ini.

Terdapat jembatan kayu yang dapat Anda jadikan spot foto yang indah dilatari dengan indahnya gemerlap lampu kota Jogyakarta yang Indah. Anda akan mendapatkan foto yang instagenic tentunya.

Menikmati sajian makanan dan minuman Anda tidak hanya dilakukan di tempat duduk yang telah disediakan. Anda dapat memesan tikar untuk mendapatkan suasana akrab dan santai bersama keluarga dan orang terdekat Anda. Anda dapat menyantap makan sambil menikmati musik akustik yang disajikan di lapangan terbuka di Puncak Sosok.

Pengelola objek wisata juga menyediakan area parkir yang cukup luas dan terdapat juga musholla untuk Anda bisa beribadah. Dan terdapat juga fasilitas lainnya seperti toilet dan tempat duduk yang nyaman bagi Anda untuk beristirahat.

Disarankan bagi Anda Untuk mencapai lokasi wisata hits ini, pastikan aplikasi peta (GPS) Anda tepat, karena jika Anda salah Anda bisa kesasar hingga TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Anda juga harus memastikan untuk memakai kendaraan yang bagus karena perjalanan Anda akan cukup curam ketika melakukan downhill. Untuk melewati rute down hill Anda hanya bisa melalui dengan kendaraan roda dua saja. Jika sedang berada disini Anda disarankan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dipakai. Untuk mendapatkan foto yang luar biasa, maka pastikan baterai HP atau kamera Anda Anda penuh untuk mengabadikan foto-foto di sini.

Demikian informasi mengenai wisata keren Puncak Sosok di Bantul. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk memilih tempat untuk berlibur. Jangan lupa mengajak keluarga, sahabat, orang-orang terdekat Anda, maupun pasangan Anda untuk menikmati liburan akhir pekan Anda.

Give a Comment