Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Magelang tak pernah gagal membuat pengunjungnya terpukau dengan semua yang dimilikinya. Dari alam yang indah, aneka kuliner menggoyang lidah hingga wisata sejarahnya. Jika anda sudah bosan habiskan waktu di pusat kotanya, anda bisa mejelajah tempat-tempat keren di Magelang, yang sudah dikenal menghadirkan banyak atraksi wisata yang bisa jadi alternative terbaik.

Seperti Punthuk Setumbu misalnya, wisata alam ini menawarkan panorama memukau di perbukitan Menoreh. Nama bukit ini tidak hanya dikenal di kalangan wisata lokal, namun juga internasional. Terutama mereka yang berniat untuk berkunjung ke Borobudur, spot satu ini jangan sampai kelewatan. Daya tarik utamanya dalah pemandangan sunrise dari atas ketinggian dengan latar pegunungan hijau yang cantik.

Daya Tarik Wisata Punthuk Setumbu

Daya Tarik Punthuk Setumbu
Photo by Google Maps Gregori Noven

1. Menyimpan Sejarah Unik

Sebelum lebih jauh membahas bukit ini, anda harus tahu jika spot cantik ini menyimpan sejarah di balik namanya. Dimana Punthuk Setumbu merupakan gabungan kata dari bahasa Jawa. Punthuk memiliki arti sebagai gundukan atau bisa juga perbukitan. Sementara untuk setumbu dari kata tumbu yang merupakan tempat nasi yang berasal dari anyaman.

Apabila digabungkan memiliki arti sebuah bukit yang bentuknya menyerupai tempat nasi dari anyaman. Sebenarnya, di sekitarnya masih ada bukit lainnya yang tak kalah indah. Tetapi nama dari objek wisata ala mini lebih dahulu terkenal terutama di kalangan masyarakat. Sebelum menjadi destinasi wisata, bukit ini adalah ladang milik penduduk.

Hanya saja kondisinya kurang baik atau tidak terawat. Sampai akhirnya seorang fotografer datang untuk mencari spot yang cantik. Dan dari sinilah sang fotografer memotret beberapa pemandangan yang ada dan diunggah di media sosial. Dari sanalah nama Punthuk Setumbu menjadi kondang dan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena bantuan sosial media.

2. Memiliki Udara Sejuk

Selain dijadikan sebagai jujugan untuk berburu spot kekinian, bukit ini juga menawarkan udara sejuk khas pegunungan. Berada di ketinggian sekitar 400 mdpl, anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang menawan. Pepohonan hijau yang ada di sekitarnya menambah sejuk udaranya. Sehingga selain liburan, anda juga bisa memuaskan paru paru untuk hirup udara bersih.

Daya Tarik Wisata Punthuk Setumbu
Photo by Google Maps Tri Sulistiyowati

3. Bentang Alam yang Menawan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Punthuk Setumbu memiliki pemandangan indah yang akan membuat anda jatuh hati. Memang anda harus mendaki dahulu untuk sampai di atas. Kemudian akan disambut oleh deretan bangku juga kursi panjang yang dibuat dari kayu. Spot tetap duduk ini selalu jadi rebutan, sehingga anda harus cepat cepat sampai di atas.

Sebenarnya ada beberapa titik lainnya yang menjadi spot strategis untuk menikmati keindahannya. Ketika berada di puncak, anda akan melihat tebing dan juga jurang yang menambah keeksotisannya. Tak perlu takut soal keamanan, karena sudah diberikan pagat pembatas yang aman. Dari sini, anda bisa melihat megahnya Gunung Merapi juga Merbabu.

Tidak ketinggalan Candi Borobudur yang terlihat begitu cantik dari ketinggian. Perpaduan pepohonan hijau dengan spot spot keren ini membuat siapapun jatuh hati. Suasana yang syahdu menambah betah untuk berlama lama di area Punthuk Setumbu ini. Tak heran jika destinasi satu ini selalu jadi jujugan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

4. Suguhkan Sunrise Menawan

Atraksi utama dari destinasi satu ini sebenarnya tidak hanya pada bentang alamnya saja. Melainkan dari cahaya matahari terbit yang terlihat begitu mewah dari puncak ini. Ketika pagi datang, kabut kabut tipis memenuhi hamparan pemandangan di hadapan ada. Hingga cahaya keemasan dari matahari menimpa memberikan suasana magis yang cantik.

Pemandangan sunrise dari puncak bukit ini memang begitu indah. Kabut yang perlahan lahan hilang, dengan background gunung Merapi juga Merbabu. Tampak Candi Borobudur yang menjadi siluet dengan selimut kabut putih. Semuanya menjadi perpaduan yang akan membuat siapapun terpesona dan jatuh hati.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Punthuk Setumbu
Photo by Google Maps Ifandri Dwi Aryono

Untuk menikmati semua daya tarik Punthuk Setumbu, anda harus menuju Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Dari pusat kota Jogja, anda harus menempuh jarak sekitar 44 km atau membutuhkan waktu sekitar 2 jaman. Karena belum ada kendaraan umum, jalan satu satunya untuk menuju destinasi ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Memulai perjalanan anda, Candi Borobudur akan menjadi titik poinnya. Maka dari itu, anda harus menuju candi Borobudur terlebih dahulu dari pusat kota. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang tersebar di beberapa titik. Setelah itu silahkan mengikuti jalan lurus sampai menuju ke daerah perbukitan Menoreh.

Nantinya di tengah perjalanan, anda akan menemukan Hotel Manohara. Hotel ini menjadi hotel yang banyak disinggahi oleh turis dan terkenal. Dan hotel inilah yang juga menawarkan paket sunrise yang ada di candi Borobudur. Ketika anda sudah menemukan hotel ini, maka tujuan anda sudah tidak lama lagi.

Hanya butuh sekitar 10 menit setelah anda menemukan tulisan Borobudur Nirwana Sunrise. Anda tak perlu khawatir akan tersesat, karena petunjuk arahnya sudah tersebar dengan baik. Bagi anda yang memulai perjalanan dari Magelang, anda ambil rute tanjung untuk sampai di Candi Borobudur. Setelah itu belok kanan sebelum di candi Borobudur setelah Hotel Plataran.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Panthuk Setumbu
Photo by Google Maps Dwi Aryono

Keindahan yang disuguhkan oleh Punthuk Setumbu tak akan membuat kantong anda jebol. Karena harga tiket yang dibanderol masih terbilang ramah kantong. Harga tiketnya dibanderol sekitar Rp 20 ribu. Harga tiket ini tidak akan sama untuk wisatawan domestik ataupun internasional. Dan masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Namun jika dibandingkan dengan pemandangannya, tentu terbilang murah. Sementara itu jam operasional bukit ini adalah mulai dari pukul 04.00 pagi sampai dengan 17.00 sore. Anda bisa berkunjung setiap hari dari Hari Senin sampai hari Minggu. Jika ingin melihat sunrisenya, tentu anda harus datang lebih pagi yakni sekitar pukul 3 atau 4 pagi.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Seru di Panthuk Setumbu
Photo by Facebook Jelajahi Indonesia

1. Mendaki

Hal pertama yang pasti akan dilakukan oleh pengunjung di Punthuk Setumbu adalah mendaki. Pengunjung yang singgah tidak hanya butuh pakaian yang tebal, tetapi juga fisik yang fit. Jalur trekking menuju puncak memang tidak sulit, tetapi membutuhkan kehati hatian. Dari parkirannya, anda membutuhkan jarak sekitar 300 meter. Terbilang cukup jauh dengan treking berupa tanjakan.

Barisan anak tangga ini memiliki kemiringan sekitar 45 derajat. Sudah ada beberapa penerangan lampu yang bisa diandalkan oleh pengunjung. Setidaknya butuh waktu sekitar 15 menit sampai puncak, tetapi tergantung kecepatan kaki anda. Ada baiknya untuk datang ketika musim kemarau, karena jalanan tidak licin dibandingkan ketika musim penghujan.

2. Berburu Sunrise

Kegiatan seru yang banyak diburu oleh wisatawan adalah berburu sunrise. Keindahan sunrise dari atas Punthuk Setumbu memang sangat cantik. Matahari yang baru saja keluar memberikan panorama yang berbeda. Apalagi ketika menyinari bagian candi Borobudur yang menyembul dan membelah kabut putih yang mengelilinginya.

Hingga akhirnya matahari nampak mulai naik, dan inilah yang dikenal dengan Nirwana Sunrise. Keindahan yang disuguhkan sangat berbeda dengan sunrise di tempat lain. Untuk menikmati keindahan sunrise ini, anda harus datang sangat pagi. Mulai dari pukul 3 atau pukul 4 agar anda bisa menemukan spot terbaik, mengingat tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Aktivitas di Panthuk Situmbu
Photo by Twitter Pegipegiyuk

3. Bersantai sembari Menikmati Pemandangan Indah

Selain berburu sunrise, anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Pemandangan yang disuguhkan seperti berada di sebuah lukisan. Anda bisa menemukan perpaduan warna antara jingga, abu abu, hijau dan biru yang luar biasa. Dengan udaranya yang sejuk, dijamin akan membuat liburan anda semakin berkesan dan ingin berlama lama disini.

Lokasi Punthuk Setumbu juga masih asri dan jauh dari perkotaan, menjadikan suasananya menjadi lebih asri juga tenang. Sangat cocok untuk dikunjungi dengan teman teman atau keluarga. Karena anda bisa sekalian melepas penat di alam seindah ini. Bisa juga sambil memesan kopi untuk menikmati dinginnya udara yang berdampingan dengan alam yang indah.

4. Berburu Foto Cantik

Selain pemandangan indah, anda juga bisa menemukan spot spot cantik untuk berfoto. Mulai dari gardu pandang sampai dengan ayunan langit yang cocok untuk berfoto. Untuk berfoto, anda tidak perlu membayar biaya khusus. Pastikan anda membawa kamera terbaik anda agar bisa mengabadikan setiap momen.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Punthuk Setumbu

Fasilitas di Punthuk Setumbu
Photo by Google Maps Gading Dwisakti

Walaupun sebuah bukit, namun wisata ini juga telah memiliki fasilitas yang terbilang memadai. Anda bisa menemukan kamar mandi maupun tempat ibadah berupa mushola di bawah bukit. Nantinya akan ada petugas dari warga setempat yang akan dengan senang hati mengarahkan kendaraan anda begitu memasuki kawasan wisata hits Jogja ini.

Selain itu juga bisa membantu wisatawan saat melalui sudut jalan ke atas bukit. Dan ketika berada di puncak, anda akan menemukan fasilitas berupa gazebo ataupun kursi kayu. Terdapat juga gardu pandang dengan ayunan langit dan juga rumah pohon. Selain bisa dijadikan sebagai tempat foto kekinian, juga bisa dijadikan tempat istirahat.

Hanya saja semua fasilitas yang ada di Punthuk Setumbu berbayar kecuali kursi kayu juga gazebo. Dimana anda harus menambahkan biaya sekitar Rp 5 ribu untuk fasilitas tambahannya. Anda yang ingin bermalam di area wisata ini, bisa mendirikan tenda. Karena tersedia camping ground di puncak bukit yang bisa menampung beberapa tenda.

Pengunjung harus membayar biaya sekitar Rp 30 ribu untuk camping dan segala keperluan camping dibawa sendiri dari rumah. Tersedia juga beberapa warung sederhana yang dikelola oleh warga. Sehingga anda tak perlu khawatir jika tidak sempat membawa bekal dari rumah. Dan jika anda ingin bermalam selain di tenda, juga bisa memilih penginapan yang ada.

Di sekitar bukit cantik ini, anda bisa menemukan banyak hotel ataupun homestay murah. Hanya dengan harga mulai dari Rp 50 sampai Rp 100 ribuan anda sudah bisa menginap. Jika anda ingin penginapan yang mewah, bisa memilih Hotel Manohara atau Plataran. Di Sekitar candi Borobudur ada banyak penginapan yang bisa dipilih.

Menghabiskan liburan di Punthuk Setumbu Magelang akan memberikan pengalaman yang berbeda. Terutama untuk anda yang ingin liburan di alam terbuka dengan pemandangan indah. Ada baiknya anda berkunjung ketika musim kemarau. Karena pemandangan yang disuguhkan akan lebih jelas ketika musim kemarau. Dan pastikan anda menyiapkan fisik yang kuat selama di bukit ini.

Give a Comment