Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Berbicara mengenai wisata di Jogja memang tak ada habisnya, sebab ada banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi untuk berlibur. Salah satu destinasi yang cukup populer di kalangan para wisatawan yaitu Puri Mataram. Berkonsep seperti kerajaan Mataram dahulu, wisata ini menawarkan bangunan yang dibuat semirip mungkin seperti setting Mataram lengkap dengan wahana seru di dalamnya.

Di sini, anda bisa menemukan berbagai macam wahana beserta daya tarik tersendiri yang siap memanjakan pengunjung untuk liburan seru. Simak ulasan lengkapnya!

Mengenal Wisata Hits di Sleman

Mengenal Wisata Putri Mataram
Photo by Google Maps Pudji Triwibowo

Kawasan wisata yang satu ini memang terbilang cukup baru yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Tridadi Makmur Sleman. Seperti nama yang disematkan, kawasan wisata ini mengusung konsep seperti kerajaan Mataram lengkap dengan perpaduan budaya dan alam tanah Jawa yang begitu khas.

Wisata Puri Mataram ini menjadi destinasi dengan tema outdoor yang menyediakan banyak fasilitas. Ketika menginjakkan kaki di kawasan wisata ini, maka seketika akan disambut dengan restoran yang memiliki konsep Joglo. Di sisi lain, ada juga banyak wahana yang bisa dinikmati para pengunjung.

Apalagi bagi anda yang datang dengan rombongan atau keluarga, tentunya lokasi ini sangat tepat untuk menemani waktu liburan seru. Jika masuk lebih dalam lagi, wisatawan yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan memukau yaitu hamparan sawah hijau. Tak ayal jika kawasan wisata ini memiliki udara yang begitu sejuk dan suasana fresh.

Daya Tarik Wisata Puri Mataram

Daya Tarik Wisata Puri Mataram
Photo by Google Maps PURI MATARAM

Bagi anda yang mencari destinasi wisata dengan paket komplit, ada baiknya memerptimbangkan Puri Mataram. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana lengkap untuk bermain dengan hamparan sawah serta hamparan bunga. Tak heran jika wisata ini bisa menjadi referensi liburan seru ketika berada di Jogja.

Hadir dengan hamparan bunga Celosia dan dekorasi berbagai wahana spot foto menarik, kawasan wisata ini siapa memanjakan pengunjungnya. Anda juga akan disuguhi dengan spot foto seperti jembatan bambu yang dibangun di atas hamparan sawah. Tak hanya itu saja, spot berupa miniatur tugu pal putih, gerobak sapi, hingga gazebo bertema cinta juga tersedia di sini.

Daya tarik lainnya yang bisa anda temukan di kawasan wisata ini yaitu sebuah pasar berbau budaya masa kerajaan Mataram. Di sini, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner khas dari Jogja dan makanan tradisional lezat. Tak ketinggalan, ada juga minuman segar yang menyegarkan juga siap meredakan dahaga para pengunjung yang lelah berkeliling di tempat wisata.

Tempat wisata Puri Mataram menyuguhkan embung yang lengkap dengan daya tarik yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Apalagi, wahana yang satu ini juga dilengkapi dengan permainan becak air warna warni yang unik. Sering kali, wahana ini dipilih oleh rombongan untuk menghabiskan waktu bersama lebih seru.

Mengingat kawasan wisata ini cukup menarik dan dipenuhi dengan wahana yang unik, maka setiap perjalanan menuju tempat wisata terdapat spot foto yang sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Maka dari itu, sembari menyusuri tempat wisata yang satu ini jangan sampai lupa untuk berfoto ria bersama teman, keluarga, kerabat atau bahkan rombongan.

Konsep yang berbeda di kawasan wisata ini menjadi salah satu ciri khas tersendiri agar mampu bersaing dengan tempat wisata lain. Dengan mengusung konsep budaya tersebut diharapkan bisa memberikan bentuk edukasi pada setiap pengunjung yang datang mengenai kebudayaan Jawa.

Daya Tarik di Wisata Puri Mataram
Photo by Google Maps KANG NGALIMAN

Berkat konsep ala ala budaya yang unik, maka Puri Mataram ini menonjolkan suasana tempo dulu. Konsepnya memang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan kerajaan Mataram pada zaman dahulu kala. Dengan begitu, pengunjung bisa merasakan bagaimana suasana pada tempo dulu yang masih tradisional.

Konsep ini ditunjukan dengan bangunan sampai dengan makanan yang dijual di lokasi wisata. Menariknya, ada peraturan yang cukup unik karena ada alat transaksi khusus yang ada pada hari hari tertentu. Alat transaksi tersebut menjadi alat pembayaran bagi berbagai barang maupun makanan yang berlaku ketika ada Pasar Ndelik.

Kabarnya, pasar ini digelar pada hari libur nasional dan juga hari minggu. Jika ingin menyantap kudapan atau menikmati sajian lezat di hari biasa, maka pengunjung dapat membeli aneka makanan khas yang disediakan oleh pihak Restoran. Hidangan yang disajikan juga beragam, mulai dari makanan khas nusantara dan makanan lokal ala Jogja.

Untuk jenis makanan yang tersedia di pasar Ndelik, tentu disesuaikan dengan konsep Jawa yaitu makanan tradisional dan khas yang nikmat. Untuk menikmati berbagai makanan yang yang ada, wisatawan yang datang diwajibkan untuk menggunakan uang pandel. Sebelumnya, pengunjung harus menukar uang tunai dengan menyesuaikan nominalnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Putri Mataram
Photo by Google Maps Cak Parto

Destinasi wisata ini terletak di kawasan Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Jogja. Untuk menjangkau lokasi wisata, pengunjung bisa dengan mudah mengambil jalan dari arah perempatan Denggung Jalan Magelang. Kemudian, arahkan menuju ke barat sekitar 3 km sampai menemukan Bukit Cinta.

Jika melewati simpang empat Lapangan Denggung, maka anda bisa mengarahkan kendaraannya ke kiri menuju Jl. KRT Pringgodiningrat. Selanjutnya, anda akan akan melewati Kantor Dinas Perhubungan Kab. Sleman sebagai patokan. Lurus terus sampai beberapa meter hingga menemukan simpang tiga.

Dari arah tersebut, tepat di selatan pertigaan terdapat jalan masuk menuju lokasi wisata Puri Mataram. Mengingat kawasan wisata ini sudah dikelola dengan baik, maka sudah tersedia plang yang cukup besar dengan tulisan destinasi wisata. Sehingga, anda bisa menemukannya dengan mudah tanpa perlu kesulitan mencarinya.

Untuk masuk tempat rekreasi ini, pengunjung tidak dikena biaya alias gratis. Pengelola hanya mematok tarif jika pengujung ingin menikmati wahana permainan yang berkisar diantara Rp 25.000 – Rp 50.000,-.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Putri Mataram
Photo by Google Maps Ifandri Dwi Aryono

1. Bermain dengan kelinci

Salah satu daya tarik yang bisa ditemukan di kawasan Puri Mataram yaitu taman Kelinci. Tentunya, taman tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan membelai atau memegangnya. Bahkan wisatawan juga bisa memberi makanan pada kelinci dengan makanan yang sudah disediakan pihak pengelola.

2. Bermain Wahana Air

Tak hanya taman saja, pengunjung juga akan disuguhi dengan kolam buatan untuk bermain air. Para pengunjung yang datang bisa menikmati wahana air seperti sepeda air atau becak air untuk mengelilingi kolam. Tempat ini sangat aman karena becak air yang disediakan dalam keadaan yang baik.

3. Mengunjungi Taman Bunga yang Tertata Rapi

Hal menarik lainnya yang bisa anda temukan di sini Anda taman bunga dengan warna warni yang begitu menawan. Taman bunga ini telah tertata dengan rapi dan menawarkan kesan tersendiri jika diabadikan pada sebuah kamera. Di sinilah para pengunjung dapat bisa mengambil spot foto sesuai selera karena terlihat indah.

Aktivitas di Putri Mataram
Photo by Google Maps Akmal Abinaya

4. Mengunjungi dari Pasar Ndelik

Jika anda datang ke Puri Mataram bertepatan pada hari libur nasional maupun hari minggu, maka jangan lewatkan kunjungan di Pasar Ndelik. Sesuai namanya, lokasinya cukup tersembunyi karena harus tertutup dengan pohon. Pengunjung bisa menemukan berbagai jajanan tradisional khas beserta cincera mata yang unik dengan harga terjangkau.

5. Memanjakan Lidah dengan Makanan Khas Jawa

Setelah lelah mengelilingi taman dan mencoba berbagai wahana, saatnya untuk mengisi perut dengan santapan lezat. Anda tidak perlu susah payah menemukan tempat makan yang lezat dan nyaman. Pasalnya, disini juga sudah menyediakan restoran dengan konsep prasmanan yang beragam.

Anda bisa dengan bebas mengambil makanan sesuai porsi yang anda butuhkan dengan menu khas Jawa. Menu khas Jawa yang ditawarkan begitu beragam, seperti tempe bacem, tahu bacem, sayur lodeh, mangut lele, dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir untuk mengambil makanannya, sebab makanan dibanderol dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Sudah terbayang dengan keindahan Puri Mataram yang ada di Jogja, bukan? Segera agendakan untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Pengalaman wisata mengesankan akan segera Anda rasakan. Apalagi dengan sederet fasilitas dan wahana yang disediakan cukup lengkap. Dengan begitu, anda bisa menikmati waktu liburan seru yang berkesan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Puri Mataram

Fasilitas di Puri Mataram
Photo by Google Google Maps Gilang Primada

Mengingat potensi wisata yang satu ini cukup besar, maka pihak pengelola melengkapi fasilitas yang cukup memadai. Anda bisa menggunakan fasilitas umum berupa toilet, mushola, rumah makan, dan lain sebagainya. Hal ini cukup membantu para pengunjung yang berlibur di kawasan Puri Mataram yang ingin menghabiskan waktu seharian di tempat ini.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, maka tidak usah khawatir soal keimanannya. Sebab, di tempat ini sudah tersedia lahan parkir yang cukup luas disertai penjaganya. Dengan begitu, anda bisa dengan leluasa untuk berkunjung ke tampat ini bersama keluarga, kerabat, pasangan, maupun rombongan tanpa perlu khawatir kendaraan yang di parkir.

Selain itu, wahana permainan yang tersedia juga terbilang cukup lengkap. Pengunjung bisa menemukan wahana taman bermain air, taman, gazebo, sampai dengan pasar dengan konsep unik. Tak ketinggalan, ada banyak spot menarik yang siap memenuhi tangkapan gambar di kamera yang anda bawa.

Itulah ulasan mengenai kawasan wisata Puri Mataram Jogja yang unik dan juga menarik perhatian para pelancong. Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk dikunjungi bersama rombongan, keluarga, bahkan pasangan. Di jamin, waktu liburan yang anda habiskan di kawasan wisata tersebut menjadi tak terlupakan.

Give a Comment