Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Berbicara tentang Magelang, maka anda akan menemukan berbagai macam wisata menarik. Salah satu yang bisa anda kunjungi Silancur Highland yang terkenal dengan kawasan perbukitan yang asri dan indah. Wisatawan kan disuguhkan dengan suasana khas perbukitan lengkap dengan pemandangan menawan.

Apalagi, jika anda mengunjunginya pada pagi hari yang semakin membuat kesan istimewa terpancar. Sebab, anda bisa melihat Golden Sunrise dari pegunungan sekitar Silancur Highland. Bisa dikatakan, bukit cantik ini menjadi kawasan wisata alam yang jaraknya dekat dengan pendakian. Tak heran jika pesonanya begitu memukau lengkap dengan deretan gunung, pas untuk melepas penat atau sekedar bersantai.

Daya Tarik Wisata Silancur Highland

Daya Tarik Silancur Highland
Photo by Twitter Dolan Yok

1. Deretan Gunung yang Membentang Luas

Mengingat kawasan lokasi wisata ini berada di perbukitan, maka daya tarik yang akan ditemukan yaitu bentang alamnya. Terdapat pemandangan alam yang memukau dari enam gunung. Dari kawasan yang satu ini Sobat bisa melihat betapa megahnya Gunung Sumbing dan lima gunung lainnya yaitu Merbabu, Merapi, Andong, Giyanti, dan Telomoyo.

2. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Memukau

Silancur Highland ini berada di atas ketinggian yang terbilang cukup fantastis. Sehingga, lokasi yang satu ini kerap kali digunakan untuk menikmati keindahan dari sunrise dan sunset. Ketika ingin melihat sunrise, ada baiknya jika anda datang di pagi hari atau dini hari. Sementara itu, waktu terbaik untuk menikmati waktu sunset bisa datang pada jam 16.00 sore.

3. Terdapat Rumah Hobbit

Selain pemandangan yang memukau dari atas bukit, anda bisa menikmati keunikan dari kawasan bukit ini. Pasalnya, wisata alam ini dikelilingi dengan rumah hobbit yang tertata dengan rapi. Di samping rumah kecil ini, anda juga bisa menemukan taman bunga cantik dengan berbagai spesies flora yang memukau.

Daya Tarik Wisata Silancur Highland
Photo by Google Maps Shodiq Mgl

4. Terdapat Spot Camping

Jika tak puas dengan memandangi keindahan dari lokasi wisata, maka anda bisa mencoba alternatif lainnya. Salah satu daya tarik yang bisa anda temukan yaitu camping ceria. Tempat camping ini memberikan pengalaman kepada para pengunjung yang ingin memantapkan pengalaman menyenangkan dan merindukan ketenangan.

5. Samudra Awan yang Memukau

Ketika anda mengunjungi lokasi wisata Silancur Highland di pagi hari, maka anda bisa menemukan pemandangan yang memukau dari awannya. Saat tiba di atas bukit, anda akan disuguhkan dengan samudra awan. Hal ini membuat para wisatawan memilih berkunjung di pagi hari karena ingin merasakan sensasi di atas awan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Bukit

Alamat Silancur Highland
Photo by Twitter site_wix

Wisata alam yang indah ini berada di Dadapan, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Untuk sampai ke tujuan anda bisa mengandalkan peta digital dengan mudah. Lokasinya tergolong cukup strategis, sehingga sangat mudah dijangkau bagi wisatawan dari Jawa Tengah maupun daerah lainnya. Bagi anda yang mengakses dari alun alun Magelang, maka bisa langsung mengarahkan kendaraannya ke pertigaan Tonoboyo.

Jika sudah, putar ke arah Desa Klagen dan Desa Mangli agar bisa melanjutkan perjalanan. Dari desa tersebut, anda harus jalan lurus sedikit dan akan menemukan papan informasi wisata Silancur Highland. Untuk mengakses basecamp wisata ini, maka bisa dilalui secara mudah menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dengan rute perjalanan yang beragam, maka anda bisa mencapai lokasi wisata dengan waktu estimasi yang cukup berbeda. Jika ditempuh dari Magelang Jalan Kalimas, waktu yang dibutuhkan lebih cepat yaitu memakan waktu 48 menit. Sedangkan jika ditempuh dari Yogyakarta, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 32 menit.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Silancur Highland
Photo by Facebook Nyuwan Susila Budiana

Sebelum datang ke lokasi wisata, ada baiknya jika anda mengetahui jam buka atau jam operasi terbarunya. Hal ini bertujuan agar menghindarkan dari berbagai macam aspek yang merugikan. Untuk jam bukanya, anda bisa mengunjungi di setiap hari Senin sampai Minggu pada pagi hari hingga malam hari.

Sementara itu, untuk tiket masuk yang dikenakan ketika memasuki Silancur Highland terbilang cukup terjangkau. Pengunjung yang ingin masuk ke kawasan wisata akan dikenakan tarif sebesar 10 ribuan saja. Selain itu, ada juga paket camping yang dipatok dengan harga 30 sampai 50 ribuan. Namun perlu diingat, harga tersebut bisa berubah sewaktu waktu.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Seru Dilakukan Pengunjung
Photo by Google Maps Mentek Adhen

1. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset

Aktivitas yang paling banyak diburu pengunjung adalah menikmati keindahan sunrise dan sunset. Wisata Silancur Highland ini menyajikan pesona dari matahari terbit dan terbenam yang bisa dibilang menjadi terbaik di Indonesia. Tentunya hal ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi para sunrise atau sunset hunter yang datang berkunjung.

2. Camping

Seperti yang sudah diketahui, menikmati keindahan sunrise akan lebih pas jika dilakukan dengan berkemah terlebih dahulu. Ketika merencanakan kegiatan ini, tak perlu cemas dengan peralatan yang dibutuhkan, Sebab, pihak pengelola sudah menyediakan camping ground berupa tanah lapang lengkap dengan persewaan alat alatnya.

Beberapa peralatan yang disediakan untuk camping meliputi tenda, matras, sampai dengan cooking camping stuff. Cukup dengan menyewa tempat yang sudah disediakan maka anda sudah bisa merasakan sensasi yang begitu berbeda ketika mengunjungi Silancur Highland untuk berlibur melepas penat.

3. Menikmati Pemandangan yang Menawan

Jika ingin bersantai di kawasan wisata alam ini, maka anda bisa melakukannya di kawasan yang satu ini. Anda bisa berdiam diri sambil menyaksikan pemandangan rupawan yang ada di daerah ini. Cukup duduk di salah satu spot, maka anda bisa menikmati hamparan memukau dari ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut ini.

Ketika senja datang, pemandangan di area ini menjadi lebih berkesan lagi. Sebab, tempat wisata ini dihiasi dengan lampu yang mulai menyala satu persatu di kota Magelang yang ada di bawahnya lengkap dengan kerlipan bintang menawan. Anda akan merasakan nuansa sendu tanpa hiruk pikuk perkotaan yang ramai.

Aktivitas Seru di Selancur Highland
Photo by Instagram Yayuk

4. Piknik

Kegiatan yang satu ini sangat cocok bagi anda yang tak sempat untuk menginap semalaman di kawasan wisata. Anda bisa menikmati waktu liburan beberapa jam dengan piknik bersama orang tersayang. Bawa saja perbekalan dari rumah dan makan bersama di kawasan wisata yang satu ini agar suasana liburan menjadi lebih terasa.

5. Hunting Foto

Kegiatan yang bisa anda lakukan di kawasan Silancur Highland adalah hunting foto. Kegiatan yang satu ini seakan tak pernah terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung. Pasalnya, anda banyak spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto tak terlupakan. Bahkan ada beberapa lokasi yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung.

Anda bisa mengunjungi titik area pendakian, rumah hobbit, kebun bunga , dan lain sebagainya. Bahkan jika anda cukup rajin, maka bisa datang ke lokasi wisata ini ketika dini hari atau sebelum subuh. Bisa dipastikan jika anda mendapatkan pemandangan yang memukau dari Golden sunrise yang terkenal di kawasan ini.

Jika masih belum puas, maka pengunjung bisa berfoto ria dengan background menarik dari panorama 5 gunung besar. Anda bisa mendapatkan keindahan dari pegunungan yang berjajar di kawasan wisata ini. Selain itu, anda bisa menemukan Pepohonan nan rindang di kejauhan yang sangat sayang jika tidak diabadikan melalui lensa kamera anda.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Photo by Twitter IG: Apkasi 

Mengingat antusias para pengunjung cukup besar, maka ada beberapa fasilitas penunjang yang disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti Kantin, Mushola, Spot berfoto, area parkir dan kamar mandi.

Bagi yang suka tantangan, di kawasan bukit ini juga disediakan wahana flying fox, spot camping, ayunan cantik, taman bunga warna-warni, sampai dengan tempat bersanti gazebo.

Tips Berkunjung ke Silancur Highland

Tips Berkunjung ke Silancur Highland
Photo by Twitter GEMBEL_ALAS

1. Membawa Kamera

Bukit dengan 1.300 mdpl ini menawarkan keunggulan yaitu Golden Sunrise yang bisa langsung dinikmati para wisatawan yang datang. Dengan panorama indah dan menawan, maka Silancur Highland menjadi salah satu spot wisata selfie di Magelang. Oleh karena itu, sebelum datang ke wisata ini, jangan lupa membawa perlengkapan fotografi berupa gadget maupun kamera

2. Mempersiapkan Kendaraan

Lokasinya yang ada di atas ketinggian, membuat banyak tanjakan yang akan anda lalui selama perjalanan menuju lokasi. Kondisi jalan tersebut membutuhkan kendaraan yang prima untuk digunakan menanjak, baik motor maupun kendaraan roda empat. Sebelum berangkat, anda bisa memastikan terlebih dahulu jika kendaraan yang digunakan bisa melalui trek menanjak.

Kondisi jalan yang menanjak juga menjadi sangat berbeda jika anda pulang dari lokasi wisata yang satu ini. Anda akan melewati jalanan yang turun, sehingga pengguna kendaraan matic harus lebih hati hati. Maka dari itu, coba berhenti sejenak jika melewati jalan menurun. untuk mendinginkan rem kendaraan. Di sisi lain, anda juga bisa menikmati waktu untuk melihat view di sekitarnya.

3. Datang Saat Cuaca Cerah

Pemandangan di atas bukit hanya bisa dilihat ketika cuaca yang bagus atau cerah. Saat cerah, maka panorama yang dihasilkan akan lebih indah bersamaan dengan awan biru dan panorama gunung. Untuk itu, anda harus datang pada saat cuaca cerah atau pada saat musim kemarau di antara Mei hingga September.

4. Cobalah Menginap atau Camping

Salah satu daya tarik Silancur Highland yang bisa dinikmati adalah keindahan Golden Sunrisenya. Untuk dapat menikmati sunrise, maka para wisatawan disarankan agar mendirikan tenda sehari sebelumnya atau di malam hari. Anda bisa berkemah atau camping terlebih dahulu jika ingin mengincar Golden Sunrise.

5. Datang di Waktu yang Tepat

Ketika mengunjungi wisata alam ini, maka ada pilihan waktu yang paling tepat. Anda bisa datang pada pagi hari ketika matahari mulai terbit atau sore hari juga saat menjelang petang. Kedua waktu tersebut memberikan pengalaman yang begitu memukau untuk menikmati keindahan dari atas bukit.

Pemandangan di waktu tersebut memang cenderung terlihat cerah, apalagi jika anda berkunjung pada pagi hari. Tentunya, anda bisa menikmati pemandangan keseluruhan menawan secara jelas dan cerah jika datang pada pagi. Tetapi, pemandangan sunset yang ada di sore hari juga tidak kalah menarik untuk bisa anda dapatkan ketika berkunjung menjelang petang.

Sederet informasi tersebut sangat penting anda ketahui sebelum berkunjung ke wisata Silancur Highland, Magelang. Dengan begitu, anda bisa mempersiapkan apa saja yang diperlukan ketika ingin berlibur ke wisata tersebut. Ada berbagai macam wahana dan juga pemandangan memukau yang disuguhkan wisata, sehingga anda bisa tahu apa apa saja yang ingin dilakukan di sana.

Give a Comment