Jogja memang memiliki banyak tempat rekreasi yang bisa dijelajah para wisatawan. Sindu Kusuma Edupark salah satu destinasi wisata yang menghadirkan beragam wahana dan wisata edukasi yang menyenangkan di Sleman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Mengunjungi Jogja tidak hanya bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat wisata alam atau sejarahnya. Karena kota satu ini masih memiliki jajaran tempat wisata modern yang bisa Anda jadikan tujuan. Sindu Kusuma Edupark menjadi salah satunya yang menawarkan banyak wahana dan atraksi yang menarik. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Sindu Kusuma Edupark

Tentang Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Setyo Budi Saptono)

Sindu Kusuma Edupark atau yang dikenal dengan SKE bukanlah destinasi baru di Jogja. Taman rekreasi ini selesai dibangun di tahun 2014 silam dan berdiri di atas lahan seluas 7 hektar. Tentu saja Anda bisa menemukan berbagai wahana yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Pengunjungnya rata rata adalah keluarga dan juga kawula muda.

Wisata ini dikelola langsung oleh Kusuma Agrowisata yang merupakan salah satu perusahaan wisata di Jawa Timur. Tentu perusahaan ini sudah berpengalaman di bidang hiburan pariwisata. Sehingga sudah pasti jika wahana yang ada memiliki yang sudah terjamin keamanannya. Sangat berbeda dengan wahana yang ditemukan di pasar malam.

Walaupun mungkin ada beberapa wahana yang biasa Anda temukan di pasar malam. Tapi tetap saja untuk keamanan akan sangat berbeda jauh. Di Sindu Kusuma Edupark memiliki standar keamanan yang sangat diperhitungkan. Mulai dari ukuran minimal tinggi badan hingga berat penumpang wahana semuanya sudah sesuai dengan standarnya.

Tidak hanya bisa menikmati semua wahananya di siang hari, tempat wisata ini juga menawarkan pesona malam hari yang menakjubkan. Ketika malam hari lampu lampunya lebih berwarna sehingga semakin semarak. Penataan lampunya yang juga luar biasa memberikan kesan seakan Anda sedang berada di dunia lainnya.

Daya Tarik Wisata Sindu Kusuma Edupark

Daya Tarik Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Boby Landak)

Daya tarik yang dimiliki oleh wisata keluarga satu ini terletak di wahananya. Yang paling menarik perhatian adalah adanya Wahana Cakra Manggilingan. Wahana ini mengingatkan kita dengan bianglala yang ada di Singapore, Thailand maupun di Malaysia. Masing masing negara memiliki ketinggian berbeda, dengan Singapore di ketinggian 88 meter.

Sementara Cakra Manggilingan memiliki tinggi sekitar 48 meter. Di kancah Asia Tenggara, bianglala ini memang menduduki angka ke enam. Tetapi jika di tingkat nasional, menduduki peringkat pertama. Lokasinya berada di jantung SKE, dengan memiliki 28 kapsul yang bisa diisi empat orang.

Taman bermain satu ini mengusung tagline The City of Fantasy, Wahana Wisata Keluarga. Dan wahana wahana yang ada didalamnya berhasil merepresentasikan tagline tersebut. Bukan hanya memiliki ketinggian luar biasa, cakra ini juga menawarkan bird view 360 derajat saat kapsul yang Anda tumpangi berada di titik puncak.

Daya Tarik Sindu Kusuma
Image Credit: Google Maps (Henry Erik Estrada)

Pemandangan dari atas tentu saja begitu luar biasa. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan seantero SKE, kota Jogja juga bisa terlihat dari bianglala ini. Ketika malam hari, pemandangannya juga tak kalah indah. Bagaimana jika Anda menaikinya ketika menjelang matahari terbenam? Tentu saja akan menghadirkan pemandangan yang luar biasa cantik.

Ketika menginjakkan kaki di SKE, pastikan untuk tidak melewatkan wahana kebanggaan dari SKE ini. Selain menawarkan atraksi bianglala, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang dihadirkan. Sehingga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga maupun teman teman. Anak anak juga bisa menjajal wahana seperti Pit Egrang ataupun Segway.

Sindu Kusuma Edupark hadir dengan lampu serta lampion yang membuatnya makin semarak. Bukan hal sulit untuk berburu spot foto kekinian di tempat satu ini. Terdapat taman dengan hamparan rumput hijau yang di dekor dengan tema yang berbeda. Menjadikan SKE begitu semarak dan gudangnya berfoto foto dengan latar belakang yang cantik.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Wisata SKE

Alamat Wisata SKE
Image Credit: Google Maps (Angga Budiarto)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi ini, Anda bisa langsung menuju Jl. Jambon Km 3 Sinduadi, di daerah Mlati, Sleman. Dari pusat kota destinasi satu ini terbilang mudah untuk dijangkau. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju Jl. Magelang. Perjalanan tentu akan melalui medan yang sudah memadai.

Sementara untuk Anda yang memulai perjalanan dari arah utara, seperti Jl. Kaliurang maupun Monjali, Anda bisa mengambil arah ring road utara. Setelah itu langsung menuju ke barat untuk ke Jl. Magelang. Nantinya setelah Anda melalui perempatan Jombor, Anda bisa menandainya dengan melihat adanya Flyover di dekatnya.

Di perempatan ini silahkan mengambil belok kiri atau arah selatan. Tak lama, Anda akan menemukan papan petunjuk menuju Sindu Kusuma Edupark. Bagi Anda yang dari arah selatan, Anda bisa langsung ambil jalur dari perempatan. Tepatnya dari perempatan Jl. Diponegoro da ambil arah utara ke Jl. Magelang. Setelah itu ikuti jalan hingga menemukan petunjuk ke SKE.

Harga Tiket dan Jam Operasional Sindu Kusuma Edupark

Harga Tiket Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Srikandi Official)

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata hits di Jogja ini, maka Anda juga harus tahu harga tiket masuk SKE. Terdapat beberapa tiket masuk yang bisa Anda pilih. Untuk tiket masuk dan menikmati waterpark, Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 10 ribu. Sementara untuk Entrance plus diberlakukan harga sekitar Rp 30 ribu.

Anda juga bisa membeli tiket terusan, dengan tiket terusan Anda bisa bermain di semua wahana sepuasnya. Harga tiket terusan sekitar Rp 50 ribu untuk orang dewasa dan Rp 45 ribu untuk anak anak. Dengan menggunakan tiket terusan ini, pengunjung dewasa bisa bermain 11 wahana, dengan 1 kali main 3 wahana dan anak anak bisa memainkan 7 wahana 1 kali main 2 wahana.

Wahana yang nantinya bisa Anda mainkan 1 kali antara lain seperti Cinema 8D, House Of Terror yang tidak untuk terusan anak anak. Selain itu juga ada wahana Panggon Lunjak atau yang dikenal Trampoline. Sisanya Anda bisa bermain wahana tersebut sepuasnya. Untuk jam bukanya dari pagi hingga malam hari dan Anda bisa datang kecuali hari Senin.

Taman rekreasi SKE ini memang akan tutup ketika hari Senin. Untuk hari Sabtu dan Minggu juga hari libur, akan buka pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Di hari Jumat, buka mulai pukul 13.00 sampai 21.00 WIB. Anda bisa datang kapan saja, berkunjung saat malam hari juga bukanlah ide yang buruk karena tak kalah indah saat siang hari.

Wahana dan Kegiatan yang Menarik Dilakukan di SKE

Wahana di SKE
Image Credit: Facebook.com @sindu-kusuma-edupark

1. Wahana yang Menarik Dicoba

Wahana yang bisa Anda temukan memang tidak hanya Cakra Manggilingan. Ketika Anda menghabiskan liburan di Sindu Kusuma Edupark, Anda juga bisa menghabiskan waktu di arena waterparknya. Waterpark di sini memiliki tiga area, mulai dari family pool, kolam arus hingga hadirnya Giant Slider.

Anda juga bisa mencoba Segway yang merupakan sebuah kendaraan personal mobility yang diimpor langsung dari Amerika Serikat. Wisatawan bisa merasakan sensasi berkeliling dengan kendaraan ini. Nantinya akan dilakukan training terlebih dahulu sebelum mencoba wahana ini. Mengingat kendaraan ini bukanlah kendaraan biasa yang bisa digunakan sembarangan.

Wahana yang tak kalah menarik untuk Anda jajal berikutnya adalah Kora Kora. Kora kora atau yang dikenal dengan wahana viking ini memiliki bentuk mirip dengan kapal bajak laut. Anda akan diajak menantang adrenalin dengan menaiki wahana satu ini. Anda juga bisa menjajal Kursi mabur atau Flying Chair yang memberikan sensasi melayang di atas ketinggian 4 meter.

Wisatawan akan dibawa berayun di atas udara dengan pemandangan yang sangat cantik. Mengelilingi area Sindu Kusuma Edupark tentu saja sangat melelahkan jika berjalan kaki. Anda bisa memanfaatkan wahana Mobil Gowes yang bisa dikendarai oleh empat orang. tentu saja Anda harus mengayuhnya untuk mengelilingi setiap sudut tempat wisata ini.

Anda ingin menjajal wahana yang berbau horor? Anda bisa menjadikan House of Terror sebagai wahana selanjutnya. Anda akan menaiki kereta untuk menyusuri dunia lain. Kondisi didalam memang begitu gelap juga mencekam, dengan suara suara yang mendukung. Wahana satu ini banyak digemari oleh para pengunjung untuk menantang adrenalin.

Jika ingin wahana yang memberikan tidak menantang adrenalin, Anda bisa mencoba 4D rider atau 8 Dimensi. Ada beberapa film yang akan diputar dengan sensasi yang berbeda karena fitur fiturnya. Karena memiliki nama Edupark, tentu saja Anda bisa mendapatkan informasi atau wawasan baru di wisata andalan Jogja ini.

Hadirnya Disaster Room misalnya, di sini pengunjung akan diajak lebih tahu tentang bencana awal juga hal pertama yang bisa dilakukan. Selain itu, Anda juga bisa belajar tentang musik di Omah Musik. Wisatawan bisa mendengarkan berbagai musik dari mulai era tahun 80 an. Atau bisa mampir ke Omah Batik juga Mainan Tempo Dulu.

Wahana SKE
Image Credit: Instagram.com @skedupark

2. Berswafoto di Kawasan SKE

Perlu Anda tahu, tempat wisata di Jogja ini juga memiliki banyak spot instagramable yang sayang untuk Anda lewatkan. Anda bisa menemukan spot yang memiliki berbagai tema. Mulai dari tema vintage hingga minimalis yang akan membuat foto Anda semakin cantik. Di wahana wahana yang tersedia juga bisa dijadikan sebagai tempat mengambil foto.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps (Dian Indra Bintoro)

Setelah Anda menjajal semua wahananya, Anda juga bisa menemukan fasilitas yang cukup lengkap. Wisata ini memang bisa dikunjungi oleh berbagai kalangan. Fasilitas tersebut terdiri dari area parkir yang luas. Setelah itu juga bisa ,menemukan toilet yang bersih di beberapa sudut. Selain itu Anda juga bisa menemukan mushola ataupun gazebo untuk tempat beristirahat.

Bukan hanya itu Anda juga bisa menemukan food corner yang berada di area waterpark. Atau Anda juga bisa mampir di Resto yang memiliki konsep industrial juga fun cafe. Cafe ini seringkali dijadikan sebagai tempat nongkrong. Mengingat ketika malam hari, pemandangannya begitu cantik dan bisa untuk melepas segala penat.

Anda juga bisa berkeliling dengan bebas karena ada tempat penitipan barang. Kehadiran fasilitas fasilitas tersebut tentu saja akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Karena lokasinya berada di pusat kota, bukan hal yang sulit bagi Anda untuk menemukan penginapan terdekat. Anda bisa mencari tahu penginapan melalui online.

Menghabiskan liburan ke Sindu Kusuma Edupark di Sleman, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Wahana yang dihadirkan tak hanya seru tetapi juga bisa memberikan pengetahuan baru dengan cara yang menyenangkan. Ketika ke Jogja, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu liburan di tempat satu ini apalagi bersama orang orang tersayang.

Give a Comment