Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Jika Anda menginginkan destinasi wisata yang baru dan unik, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Stonehenge Merapi di Sleman, Jogja. Objek wisata ini sebenarnya merupakan replikasi dari wisata yang ada di Inggris. Namun, Stonehenge yang ada di Indonesia juga tak kalah menarik dengan aslinya, menawarkan pemandang alam yang begitu menawan dengan bebatuan yang unik. Penasaran dengan informasi yang satu ini? Yuk intip ulasannya berikut!

Sekilas Tentang Stonehenge Merapi

Sekilas Tentang Stonehenge Merapi
Image Credit: Instagram.com @krisfero

Apakah Anda pernah mendengar wisata dengan nama Stonehenge? Jika pernah, maka pikiran Anda langsung tertuju pada salah satu bangunan bersejarah pada zaman perunggu di Inggris. Stonehenge ini memang menjadi bangunan peninggalan sejarah yang terkenal dengan bentuk seperti sebuah lingkaran dengan batu tegak yang tertancap kuat di tanah.

Bangunan yang satu ini memang masih sangat fenomenal hingga sekarang. Tak heran jika membuat banyak orang mengunjungi kawasan wisata tersebut karena daya tariknya yang begitu memikat. Beruntungnya, jika Anda ingin melihat dari dekat monumen tersebut, maka tak perlu jauh jauh datang ke Inggris.

Pasalnya, hanya dengan mengunjungi Sleman, maka Anda akan menemukan taman batu versi Indonesia. Atau dengan kata lain, wisata Stonehenge yang ada di Jogja merupakan replika yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan aslinya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati waktu liburan seru hanya dengan mengunjungi daerah Jogja.

Daya Tarik Wisata Stonehenge Merapi

Daya Tarik Stonehenge Merapi
Image Credit: Facebook.com @yanuar.a.anggono

Seperti yang sudah diketahui, Stonehenge merupakan sebuah replika yang sengaja dibuat untuk memfasilitasi para pelancong tanah air yang ingin melihat lebih dekat mengenai bangunan bersejarah ala Inggris tersebut. Jika dilihat, spot ini sengaja dibuat untuk menyempurnakan berbagai bangunan dengan tema The Lost World Castle.

Untuk taman baru di Jogja ini berada di kawasan Merapi dengan ketinggian mencapai 850 sampai dengan 900 meter di atas permukaan laut. Hadirnya destinasi wisata ini tak langsung berdiri begitu saja tanpa cerita menarik di dalamnya. Pasalnya, kawasan ini ada karena beberapa aspek dan faktor tertentu.

Salah satu alasan kenapa wisata ini dibangun yaitu berangkat dari pasca erupsi merapi pada tahun 2010 silam. Dimana wisata ini berada, menjadi salah satu desa yang terkena dampak dari letusan gunung merapi. Sehingga, warga yang ada di desa tersebut mengalami berbagai kerugian dan juga kehilangan tempat tinggalnya.

Tak hanya itu saja, muntahan gunung merapi juga memberikan dampak pada seluruh penghuni dusun yang kehilangan mata pencahariannya. Sebagai ide untuk mengembalikan perekonomian warga, maka objek wisata dengan tema The Lost World Castle dibuat di atas tanah desa yang telah hilang tersebut.

Menariknya, bebatuan yang digunakan untuk membuat objek wisata Stonehenge ini bukan terbuat dari bahan atau batu sembarangan. Bebatuan yang digunakan merupakan hasil sisa dari erupsi gunung merapi. Karena alasan tersebut, batuan di sini tampak semakin unik dan juga kokoh dengan desain yang dibuat sedemikian rupa menyerupai taman baru di Inggris.

Stonehenge yang dibangun pada lokasi ini memang dibangun agar mirip dengan aslinya. Dengan begitu, para wisatawan yang ada di Indonesia tak perlu jauh jauh untuk pergi ke benua Eropa. Cukup datang ke Jogja Jawa Tengah, maka Anda sudah bisa mendapatkan view menarik dari Stonehenge karena mirip dengan aslinya.

Daya Tarik Stonehenge
Image Credit: Facebook.com @likejogjakarta

Di kawasan wisata yang satu ini, pengunjung dapat menikmati desain arsitektur yang keren dan megah. Tentu hal ini bisa menjadi salah satu spot menarik untuk dijadikan objek batu sebagai background foto. Tak ayal jika banyak pelancong yang sengaja datang dari berbagai daerah di tanah air untuk pergi ke wisata ini dalam rangka mengabadikan momen.

Ada berbagai opsi untuk ide foto menarik yang bisa Anda pilih untuk kemudian diabadikan. Tak jarang jika para wisatawan juga menjadikan tempat ini sebagai lokasi pemotretan pre-wedding atau foto pernikahan mereka. Alhasil foto yang dijepret dengan latar belakang tempat wisata ini menawarkan foto yang mengesankan dan menawan.

Tak berhenti sampai di situ saja, Stonehenge Jogja juga memiliki daya tarik dari segi unsur sejarah serta keunikan keindahan alam yang begitu mengagumkan. Terdapat beberapa lokasi foto favorit bagi para wisatawan yang datang untuk berlibur, salah satunya yaitu batu raksasa. Batu yang satu ini memang memiliki bentuk unik yang menjulang tinggi.

Dengan desain yang terkesan rapi tetapi memiliki sentuhan kuno, maka berhasil menarik banyak wisatawan untuk datang. Terdapat batu yang memiliki karakteristik unik karena berdiri sendiri alias tunggal. Ini menjadi anlana bagi para travelers maupun pelancong dari luar kota. Selain itu, wisatawan juga akan disuguhi dengan batu berbentuk gerbang horizontal dan vertikal.

Hal lain yang membuat wisata ini begitu ramai di kalangan para wisatawan yaitu karena pemandangan alam sekitarnya yang begitu memukau. Sebab, Stonehenge ini berdiri di tengah tengah hamparan hutan hijau yang begitu sejuk dan dingin. Sehingga, para wisatawan betah untuk berlama lama ketika berkunjung ke tempat wisata hits di Jogja ini.

Tak hanya bentuk batunya yang unik serta pemandangan indah di sekitarnya, ternyata ada cerita menarik pada Stonehenge. Diketahui, taman batu unik ini menjadi salah satu situs purbakala peninggalan manusia purba di masa lalu. Ada juga yang mengatakan jika batu raksasa ini merupakan hasil muntahan gunung berapi yang terjadi sekitar tahun 2010 lalu silam.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Stonehenge Merapi

Alamat Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps (Nur Kamid)

Apabila dilihat dari letak geografisnya, maka destinasi wisata Stonehenge ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di satu wilayah Desa Kepuharjo. Tepatnya terletak di Dusun Petung, dan masih satu kawasan dengan kecamatan wisata bukit Klangon yang biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk trek downhill.

Di Desa Kepuharjo ini memang memiliki beberapa destinasi wisata yang didesain secara khusus setelah bencana erupsi Merapi. Misalnya saja Landmark Merapi Park sampai dengan The Lost World Castle, dan lain sebagainya. Jika ditempuh dari pusat kota, maka Stonehenge ini berjarak sekitar 30 km dengan waktu 1 jam perjalanan.

Perlu diketahui, agar sampai ke lokasi ini pengunjung harus mengambil jalur menuju Jalan Kaliurang kabupaten Sleman. Setelah itu, pengunjung harus bergerak menuju jalan Kaliadem dan kawasan Bebeng. Jika sudah melewatinya, maka Anda akan memasuki Dusun Petung dan melewati Kopi Merapi. Lanjutkan dengan menuju arah timur agar sampai di lokasi dengan tepat.

Harga Tiket Masuk Stonehenge Merapi Jogja

Harga Tiket Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps (Slamet Riyadi)

Menawarkan keindahan dan pesona yang unik, untuk harga tiket masuk wisata yang satu ini terbilang cukup ramah di kantong. Sebab, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 15 ribuan untuk tiket masuk per kepala. Dengan biaya yang cukup terjangkau, membuat kawasan ini selalu menarik perhatian para pengunjung.

Selain menyediakan biaya tiket masuk, para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi diharuskan membayarkan tarif parkir sejumlah Rp. 2.000 untuk roda dua atau Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk melakukan sesi foto prewedding, dikenakan biaya 150 ribuan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Stonehenge Merapi

Aktivitas di Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps (Jufri Rahmad)

1. Mengabadikan Momen Berharga di Sekitar Stonehenge

Setelah melewati rute yang terbilang cukup melelahkan, maka Anda bisa menemukan lokasi Stonehenge. Sesampainya di objek wisata, Anda dapat menikmati berbagai spot yang sudah dikelola dengan baik. Tak hanya berupa bebatuan saja, ternyata Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seru, seperti menangkap gambar menggunakan kamera.

Memang benar, liburan terasa hambar apabila tidak berburu foto yang cantik untuk diunggah ke akun sosial media yang Anda miliki. Di kawasan wisata ini, aktivitas berburu foto bisa menjadi opsi utama bagi Anda. Pasalnya, setiap spot yang terdapat dikawasan tersebut memiliki pesona menarik ketika dijepret dengan tangkapan foto.

Pengunjung bisa menghabiskan waktu seru sambil mengabadikan momen berharga ketika berada di kawasan ini. Anda pun akan mendapatkan liburan seru jika memilih wisata Stonehenge Jogja sebagai destinasi wisata. Sebab, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan berkesan yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto menawan.

2. Melakukan Foto Pre-wedding

Mengingat lokasinya yang begitu menawan, lokasi ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengabadikan momen terbaik bersama pasangan. Bahkan tak jarang, para pasangan menjadikan lokasi wisata ini sebagai pilihan dalam melangsungkan foto pre wedding atau pernikahan karena sederet pesona yang begitu unik.

Sudah tak diragukan lagi jika taman batu ini memiliki pesona alam yang begitu menawan. Baik dari bebatuan yang memenuhi wisata ini maupun dari pemandangan dan lingkungan alam hijau yang ada di sekitarnya Inilah yang membuat kawasan ini menjadi referensi untuk menikmati keeksotisan alam dengan tangkapan kamera.

Aktivitas Seru di Stonehenge Merapi
Image Credit: Instagram.com @cornelia_niken

3. Menyusuri Kawasan Wisata yang Begitu Menawan

Bagi Anda yang ingin melepas penat dan ingin menghirup udara segar pegunungan , maka bisa mencari alternatif seru lainnya. Salah satunya dengan mencoba untuk menyusuri Stonehenge yang cukup menawan. Kegiatan yang satu ini sangat tepat dipilih bagi Anda yang ingin berlibur lebih sehat dan mencari referensi liburan menarik.

4. Piknik di Sekitar Kawasan Taman Batu

Mengingat lokasi wisata ini berada di kawasan gunung dan dikelilingi pepohonan hijau, maka suasananya lebih sejuk. Oleh karena itu, Anda bisa membawa bekal makanan untuk melakukan aktivitas piknik seru. Sambil menyantap makanan yang lezat, Anda bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Stonehenge.

Tips Berkunjung ke Stonehenge Merapi Jogja

Tips ke Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps (Dendi)

Sebelum berkunjung ke lokasi wisata, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar liburan tetap berkesan dan tidak membosankan. Sebagai saran, Anda bisa datang ke lokasi wisata pada pagi hari atau sore hari. Tips ini penting diperhatikan jika Anda ingin menghindari terik matahari yang cukup panas ketika berlibur.

Usahakan jika Anda berkunjung selain hari libur atau weekend untuk menghindari antrian foto prewedding yang ramai. Jangan lupa juga siapkan kamera andalan agar hasil fotografi lebih maksimal ketika berada di wisata ini. Selain itu, Anda juga dapat membawa bekal jika ingin liburan menjadi lebih berkesan. Sambil menyantap makanan, Anda juga bisa menikmati keindahan alam eksotis.

Pastinya sangat menyenangkan jika Anda dapat berkunjung ke wisata Stonehenge Jogja ini. Selain bisa mengetahui dan melihat lebih dekat mengenai salah satu keajaiban arsitektur Eropa meskipun hanya replika, tempat ini bisa dijadikan referensi untuk mengabadikan berbagai momen indah. Anda bisa menjadikan lokasi sebagai kenangan bersama pasangan maupun keluarga.

Give a Comment