Wisata Sungai Oyo, Merasakan Sensasi River Tubing di Gunung Kidul

Wisata Sungai Oyo, Merasakan Sensasi River Tubing di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Setelah menjelajah Goa Pindul yang dikenal karena keindahan sungai di dalam goa, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba aktivitas seru lain yang lokasinya tidak terlalu jauh. Hanya berjarak 1 kilometer dari Goa Pindul, wisatawan bisa langsung datang dan mencoba Wisata Sungai Oyo di Gunung Kidul.

Pasalnya, wisata alam akan menjadi penutup yang sempurna ketika liburan ke Goa Pindul. Selagi masih mengenakan pakaian basah, sekalian saja menyusuri keindahan sungai Oyo dengan memilih paket wisata yang sudah tersedia. Apalagi harga untuk menikmati wisata susur sungai juga sangat terjangkau. Bagi wisatawan yang ingin menjelajah pesona Goa Pindul dan sekitarnya, berikut informasi lengkap tentang tempat ini.

Daya Tarik Wisata Sungai Oyo

Daya Tarik Wisata Sungai Oyo
Photo by Twitter Puan Tualang

1. Keindahan Sungai yang Diapit Tebing Karst

Semua orang tahu bahwa kawasan Gunung Kidul berdiri di atas batuan karst atau batu kapur yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tidak terkecuali di daerah Goa Pindul, tebing goa juga terbuat dari susunan senyawa batuan karst. Catatan sejarah geologi juga menyebut bahwa aliran air pada sungai ini terbentuk karena batuan karst yang terkonsentrasi dan melebar, menciptakan erosi dan menjadi aliran air yang hingga kini dikenal dengan sebutan sungai Oyo.

Datang dan mencoba paket wisata membuat kita wisatawan bisa melihat batuan tebing kars yang sangat indah dari jarak yang lebih dekat. Kita bisa melihat bahwa bentuk tebing karst yang terlihat memiliki garis-garis horizontal, yang membuatnya terlihat seperti sebuah tebing yang terbentuk dari beberapa lapisan tanah. Bentuk tebing yang memiliki karakter vertikal dengan ketinggian mencapai 5 meter membuat Sungai Oyo diapit oleh tebing di kedua sisinya. Karakter sungai seperti ini jarang ditemui di tempat-tempat lain, dan kalaupun ada belum tentu bisa digunakan untuk wisata susur sungai.

Menariknya, pemandangan di sepanjang aliran air sungai juga terlihat menakjubkan karena bebatuan karst diselimuti vegetasi hijau di bagian atas. Panorama seperti ini memberikan nuansa yang teduh dan menenangkan. Perjalanan sepanjang menyusuri sungai ini pun terasa singkat, membuat wisatawan ingin mencobanya lagi di kemudian hari.

2. Dekat dengan Goa Pindul

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata sungai Oyo adalah lokasinya yang sangat dekat dengan Goa Pindul. Perlu diketahui bahwa sebelumnya, objek wisata ini hanyalah sungai biasa yang tidak diperuntukkan bagi wisatawan. Akan tetapi tingginya animo masyarakat terhadap

Goa Pindul membuatnya selalu ramai dan sesak dipenuhi pengunjung saat musim liburan tiba. Hal ini membuat pengelola memutar otak agar wisatawan tidak terkonsentrasi di Goa Pindul saja. Akhirnya diputuskan bahwa Sungai Oyo dijadikan sebatai obyek wisata baru yang bisa dijadikan alternatif bagi wisatawan yang tidak kebagian kesempatan menjelajah Goa Pindul.

Tanpa disangka, minat masyarakat terhadap tempat ini sangat baik. Yang awalnya hanya dijadikan sebagai alternatif wisata selain Goa Pindul, sungai Oyo justru kini menjadi primadona baru bagi para pengunjung. Pengelola dan paguyuban pun memasukkan kawasan sungai ke dalam pilihan paket wisata yang ada, bahkan wisatawan bisa langsung menjelajah sungai ini tanpa perlu memilih paket Goa Pindul.

Hal ini memungkinkan pengunjung bisa lebih lama untuk menikmati keindahan tebing karst ketika river tubing. Sekarang pengunjung bisa memilih lokasi petualangan favorit mereka. Hanya di satu lokasi saja, wisatawan bisa menikmati beragam petualangan yang akan membuat liburan semakin berkesan.

3. Pesona Air Terjun Sungai Oyo

Selain aliran air yang cenderung tenang dan keindahan tebing kapur yang memberikan panorama indah, daya tariknya adalah adanya dua air terjun yang berdekatan. Air terjun sungai Oyo memang tidak terlalu tinggi, yakni hanya sekitar 7 meter dan 9 meter saja, namun debit air terjun yang cukup besar memberikan pesona tersendiri.

Tidak lama setelah memulai perjalanan menyusuri sungai, wisatawan akan melihat keindahan air terjun yang berada di sebelah kiri tebing. Biasanya pemandu wisata akan membawa kita lebih dekat ke sisi tebing sehingga bisa merasakan kesegaran air yang mengalir deras.

Wisatawan tidak perlu khawatir karena aliran sungai Oyo masih bersih dan tidak tercemar zat kimia atau sampah sisa pembuangan rumah tangga. Warga sekitar percaya bahwa sungai ini telah membantu perekonomian mereka karena mendatangkan banyak wisatawan ketika musim libur tiba.

Oleh karena itu, warga berusaha keras untuk menjaga kebersihan aliran sungai. Pengunjung pun bisa melihatnya sendiri, aliran air sungai tidak tercemar oleh sampah. Meski penampilannya agak keruh, itu karena serpihan tebung karst yang membuat air terlihat berwarna kecoklatan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Wisata Sungai Oyo
Photo by Google Maps awnikolas

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan tebing karst di tepi sungai ini bisa datang ke desa Gelaran II RT 03 RW 16, Seropan, Bejiharjo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Wisatawan bisa memulai perjalanan dari pusat kota menuju ke Banguntapan dan terus mengikuti jl. Wonosari. Jaraknya memang cukup jauh dan diperkirakan menempuh 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Setelah sampai di pasar Wonosari, belok ke kiri mengikuti jl. Karangmojo Wonosari. Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan menuju ke Goa Pindul dan sungai Oyo.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Oyo

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Oyo
Photo by Google Maps bela khoiru rita

Pada dasarnya, paket wisata sungai Oyo biasanya lengkap dengan kunjungan ke Goa Pindul. Namun karena sekarang sudah tersedia paket khusus, wisatawan dikenakan tarif Rp 60.000,- untuk body rafting di sungai ini. Harga paket sudah termasuk jasa pemandu wisata dan perlengkapan yang meliputi jaket pelampung dan ban. Selain itu Anda juga mendapatkan welcome drink dan diantar pulang pergi menuju ke lokasi.

Selain memilih paket wisata sungai Oyo saja, Anda juga bisa memilih paket wisata Goa Pindul, Goa Crystal, dan Flying Fox dengan harga yang lebih mahal dari paket wisata biasa. Seluruh lokawisata yang berada di dekat Goa Pindul dibuka mulai pukul 08.00 pagi dan tutup pada pukul 16.30 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Wisata Sungai Oyo
Photo by Twitter Velix Aprilio P

1. River Tubing di Sungai Oyo

Aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika mengunjungi sungai Oyo adalah body rafting dengan menggunakan ban. Ini merupakan paket wisata yang paling sering dipilih oleh para pengunjung. Untuk bisa mengikuti paket ini pengunjung harus mengenakan semua perlengkapan yang sudah disediakan.

Selain itu, ada seorang pemandu wisata berpengalaman yang akan memastikan Anda tetap mengambang dengan aman selama menyusuri sungai. Pemandu tersebut juga akan menceritakan beragam cerita, sejarah, dan juga seluk beluk aliran sungai Oyo yang sangat indah.

River tubing menggunakan ban memiliki jarak yang tidak terlalu panjang, namun cukup menantang karena Anda akan melewati berbagai aliran air dengan level tantangan yang berbeda. Pada tahap awalan wisatawan akan mengarungi aliran sungai yang tenan.

Setelahnya, wisatawan akan melewati aliran sungai dengan batu-batu besar yang membuat arus semakin kuat. Di musim kemarau, saat aliran air sungai tidak terlalu besar, jarak river tubing akan lebih singkat karena arus pada sungai dangkal bisa melukai anggota tubuh pengunjung.

2. Rafting Perahu Karet

Perlu diketahui bahwa sungai Oyo adalah jenis sungai periodik, dimana debit air dipengaruhi oleh musim. Saat musim kemarau, debit airnya tidak terlalu besar sehingga hanya bisa digunakan untuk river tubing menggunakan ban. Sedangkan saat musim hujan, saat debit air meningkat pesat, maka pengelola akan membuka paket wisata sungai Oyo rafting menggunakan perahu karet berukuran medium. Jika body rafting bisa dilakukan perorangan, maka Rafting Perahu Karet hanya bisa dilakukan jika memenuhi kuota.

Pengelola menetapkan tarif Rp 45.000,- dengan minimal 10 orang untuk bisa menikmati paket wisata alam cantik ini dengan perahu karet. Perlengkapan yang didapatkan pun lebih banyak, seperti perahu karet beserta tali pengaman, sepatu, dan juga dayung.

Jarak tempuh Rafting Perahu Karet pun lebih panjang, yakni mencapai 3 hingga 6 kilometer yang biasa ditempuh dalam waktu 1 hingga 2 jam perjalanan. Paket ini sangat cocok dilakukan bersama teman-teman karena kita akan diajak menyusuri sungai Oyo pada debit air yang lebih besar dan menantang.

3. Melompat dari Air Terjun

Aktivitas penuh adrenalin selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melompat dari air terjun Oyo dengan ketinggian 7 dan 9 meter. Terdapat 2 buah air terjun yang berdekatan, namun memiliki ketinggian yang berbeda. Kedalaman di bawah air terjun diperkirakan mencapai 5 hingga 8 meter dan dijamin aman. Saat menyusuri sungai Oyo, kita akan menyaksikan pengunjung lain yang tidak takut untuk melompat dari ketinggian 9 meter!

Fasilitas Penunjang di Sungai Oyo

Fasilitas di Sungai Oyo
Photo by Twitter Dhika

Selain fasilitas perlengkapan yang sudah kami sebutkan, pengelola memastikan setiap pengunjung bisa pulang dengan bahagia. Setiap paket wisata sudah termasuk antar-jemput ke lokawisata, air minum, hingga asuransi.

Fasilitas lain seperti kamar mandi, rest area, warung makan, dan mushola pun sudah disediakan oleh pengelola objek wisata.

Wisata sungai Oyo akan memberikan pengalaman dan petualangan seru menjelajah alam Kabupaten Bantul bersama dengan teman-teman.