Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Tak jauh dari Candi Borobudur, wisatawan bisa mengunjungi destinasi hits dan kekinian bernama Svargabumi Borobudur. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam pedesaan yang menawan lengkap dengan spot foto menarik. Menariknya, kawasan ini juga masih terbilang cukup asri dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Mengusung konsep alam, daya tarik wisata ini ada pada desain yang cenderung menyajikan sentuhan kreatif. Tak ayal jika kawasan yang satu ini menjadi salah satu referensi destinasi wisata yang patut dikunjungi bagi para pelancong, terlebih di areanya bisa dikatakan memiliki fasilitas yang lengkap. Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan seru di Svargabumi ini, yuk simak dulu pesona apa saja yang ditawarkan.

Daya Tarik Wisata Svargabumi Borobudur

Daya Tarik Svargabumi Borobudur
Photo by Google Maps Svargabumi Borobudur

1. Mengusung Konsep Alam dan Kreatif

Objek wisata yang satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu destinasi baru yang ada di kota Magelang. Berada tak jauh dari Candi Borobudur, anda bisa mengunjungi kawasan ini dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Di sini, anda akan disuguhi dengan wisata berkonsep alam yang kreatif dan kekinian.

Sesuai dengan konsep Back to Nature yang menjadi slogannya, anda akan terkesima dengan hamparan persawahan hijau yang membentang luas. Selain itu, ada beberapa deretan pepohonan yang ada di sekitarannya yang seolah olah menjadi hiasan alami indah dan menyejukkan. Hal inilah yang membuat para pengunjung tak ingin beranjak dari kawasan wisata tersebut.

2. Suasana Sejuk Ala Pedesaan

Mengingat konsep awal dari Svargabumi Borobudur adalah alam, maka tak heran jika suasananya sangat mendukung untuk dijadikan lokasi refreshing. Deretan pepohonan hijau di pinggiran sawah seakan menjadi pemanis dari kawasan wisata yang satu ini. Sehingga, akan terasa suasana sejuk ala pedesaan ketika menghabiskan waktu di wisata ini.

3. Tempat Spot Foto Kekinian

Tempat yang mengusung konsep alam ini ternyata juga memadukan dengan ide kreatif yaitu kekinian. Anda bakal disuguhi dengan beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto ria dan mengabadikan momen terbaik. Luasnya hamparan sawah yang hijau juga menambah daya tarik sebagai spot foto yang menawan.

Daya Tarik Wisata Svargabumi Borobudur
Photo by Facebook Rohmat Alip Hidayat

4. Jauh dari Hiruk Pikuk Pedesaan

Seperti yangs duah diketahui, kawasan wisata ini memang tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Tetapi, anda akan menemukan sensasi berbeda ketika berada di kawasan Svargabumi Borobudur. Hamparan sawah yang membentang luas mampu memberikan ketenangan dan kenyaman tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Bisa dikatakan jika wisata ini jauhd ari keramaian.

5. Spot Kolam

Jika ingin mendapatkan tangkapan kamera yang menawan, maka tempat ini menyediakan spot berupa kolam kecil. Pengunjung tak akan pernah ketinggalan untuk mengunjungi spot ini meskipun tidak bisa berenang di sini. Tetapi, spot ini bisa menjadi lokasi berfoto yang cantik. Dengan mengabaikan momen di sini, maka anda serasa bersantai di tengah pedesaan.

6. Ayunan Svargabumi

Tak hanya spot berupa kolam saja, pengunjung sering kali memperebutkan lokasi ayunan. Ini memang menjadi daya tarik yang tak pernah dilewatkan para pengunjung yang datang. Pasalnya, spot ayunan sederhana ini berlatar belakang pegunungan Magelang menawan. Cocok sekali jika digunakan untuk foto pre wedding, foto bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Svargabumi Borobudur
Photo by Google Maps Kusnanto Hidayat

Perlu diketahui bahwa Svargabumi ini berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Jika anda ingin sampai di lokasi dengan selamat, ada beberapa jalur yang harus dilalui. Lokasinya yang berada di Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, maka bisa ditempuh dengan cepat dari kawasan wisata Candi Borobudur. Rite ini terbilang cukup efektif dan bisa bisa diterapkan dengan cukup mudah.

Apabila anda sudah sampai pada area parkir di kawasan Candi Borobudur, maka bisa mengambil jalur lurus. Lanjutkan dengan cara melewati Jalan Badrawati dan nanti anda akan mendapatkan papan petunjuk. Ini akan menunjukkan anda secara langsung ke lokasi wisata alam yang ingin anda tuju yaitu Svargabumi Borobudur.

Jika masih bingung mengenai lokasi tepatnya dimana, sebagai saran untuk memanfaatkan Google Maps. Berkat adanya aplikasi tersebut, pengunjung baru pertama kali datang ke wisata alam tersebut bisa tahu dengan mudah. Selain itu, jalan bisa diakses dengan mudah menggunakan roda dua maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Svargabumi Borobudur
Photo by Google Maps Dhani Prasetyo

Untuk menikmati keindahan dari lokasi wisata yang satu ini, maka harus membayarkan tarif khusus. Memasuki lokasi destinasi wisata ini akan dikenakan tarif yang terbilang cukup terjangkau yaitu sebesar 25 ribuan untuk pengunjung Dewasa, dan untuk 15 ribuan sebagai tarif dasar dari wisatawan anak anak.

Dengan harga yang ditawarkan tersebut, anda sudah bisa menikmati keindahan dari wisata alam Svargabumi. Bisa dikatakan tiket untuk masuk ke lokasi wisata ini terbilang cukup ramah dikantong dengan apa yang akan disuguhkan ketika pengunjung memasuki kawasan ke wisata ini. Pasalnya sejauh mata memandang, anda akan disuguhkan dengan view alam memukau dan eksotis.

Selain harga tiket masuk yang menjadi informasi penting sebelum memasuki kawasan wisata, anda juga harus mengetahui beberapa info lainnya. Seperti misalnya jam buka dari objek wisata agar tidak salah waktu untuk mengunjunginya. Hal ini juga akan membantu anda dalam memilih waktu terbaik ketika ingin berlibur.

Jam operasional dari kawasan wisata alam Svargabumi Borobudur ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 sore hari. Jam tersebut akan berlaku pada hari biasa atau Senin sampai dengan Jumat. Sementara itu, di hari Sabtu dan juga Minggu, waktu bukanya yaitu mulai pukul 06.30 hingga pukul 18.00 WIB. Untuk hari kamis, kawasan wisata alam hits ini harus ditutup.

Beragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Svargabumi Boronudur
Photo by Instagram MAGELANG

1. Mengabadikan Momen Terbaik

Svargabumi Borobudur memang menjadi kawasan wisata yang memiliki konsep alam kekinian. Jika dilihat secara detail, maka tempat wisata selfie hits di Magelang ini menjadi kawasan terbaik untuk selfie dan mengabadikan momen. Seperti namanya, taman ini menawarkan keindahan menawan dari surga.

Surga yang dimaksudkan di sini yaitu pemandangan berada di tengah sawah. Pandangan atau bayangkan sawah becek serta berlumpur yang gersang bisa dihapuskan ketika mengunjungi wisata yang satu ini. Di sini, sawah hijau memiliki struktur yang rapi dan mengelilingi beragam spot foto cantik. Tak ayal jika para pengunjung sengaja datang untuk mengabaikan momen.

Dengan adanya 22 spot foto, maka wisatawan tidak akan kehabisan ide untuk mengabadikan momen ke Svargabumi. Wisata dengan konsep alam ini menyajikan beragam pilihan tempat berfoto yang cantik dengan dua puluh spot yang bisa dipilih. Setiap spot dilengkapi dengan fasilitas memadai dan dihubungkan dengan jalan setapak dari kayu.

Bagi anda yang ingin mendapatkan foto terbaik ketika di kawasan wisata alam ini, maka bisa datang disaat pagi atau sore hari. Di pagi hari, anda akan disuguhi dengan pemandangan matahari terbit yang eksotis. Sedangkan sore hari, maka anda bisa melihat indahnya langit senja Magelang yang menyajikan sedikit kemegahan Candi Borobudur.

2. Menikmati Keindahan Hamparan Lahan Sawah

Svargabumi ini dibangun di area seluas 3 hektar dan berada di tengah lahan sawah. Sawah ini sebenarnya merupakan milik penduduk sekitar yang disewa oleh pihak pengelola. Sementara itu, ada spot spot yang dibangun di tengah tengahnya dan didesain secara khusus agar tidak merusak keindahan sawah. Justru spot tersebut menambah keindahan sawah sekitarnya.

Lahan sewaan ini juga masih difungsikan sebagai lahan persawahan yang digarap oleh pemiliknya. Bahkan untuk hasil panen yang akan dinikmati adalah 100 persen miliki dari petani tersebut. Jadi, anda tak usah heran ketika berada di kawasan ini dan melihat ada petani yang sedang sibuk bekerja di tengah sawahnya.

3. Menyusuri Jalan Pematang

Keberadaan sawah yang sangat populer dengan adanya jalan pematang juga menjadi salah satu daya tarik yang cukup unik. Anda bisa memanfaatkan pematang sawah di kawasan wisata ini sebagai aktivitas seru ketika berada di Svargabumi. Biasanya, pematang jalan sawah ini terbuat dari tanah dan lumpur, tetapi di sini anda akan menemukan jalan yang berbeda jauh.

Pihak pengelola mengganti pematang sawah dengan jalan berlapis kayu yang memiliki ukuran cukup besar. Mengingat bahan utamanya adalah dari kayu, tak ayal jika aksen alami pun masih sangat terjaga di sini. Wisatawan bisa dengan mudah berjalan dari satu spot ke spot lain dengan aman dan nyaman tanpa harus terkena lumpur dan lain sebagainya.

Aktivitas Menarik Svargabumi Borobudur
Photo by Google Maps Shopee : Fairyfield

4. Fotografi

Seperti yang sudah diketahui, tempat hits ini menawarkan berbagai macam spot berfoto dengan suasana pedesaan yang kental. Hijaunya persawahan memberikan kesan tersendiri sebagai latar belakang alami menawan. Mengusung tema kembali ke alam, pengunjung diajak selangkah lebih dekat dengan keasrian Magelang dengan cara berbeda.

Berbagai kalangan mengunjungi kawasan ini sebagai tempat berfoto dan menyalurkan hobi fotografi. Semuanya bisa dinikmati dengan mudah dan tanpa mengeluarkan biaya ekstra. Pengunjung bisa bebas berburu foto, untuk kebutuhan pribadi dan lain sebagainya. Bahkan anda juga bisa menyalurkan hobi fotografi di kawasan ini.

5. Bersantai

Liburan akan lebih berkesan jika dihabiskan bersama orang tersayang. Begitu juga waktu anda ketika berada di kawasan Svargabumi. Jangan khawatir, kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan spot yang luas untuk lokasi foto bersama dan lain sebagainya. Selain itu, ada beberapa titik nyaman untuk digunakan bersantai.

Abadikan momen seru bersama dengan keluarga dan kerabat ditemani dengan semilir angin pedesaan yang sejuk. Anda juga bisa bersantai pada spot kursi kursi unik. Semakin lengkap, setiap kursi tersebut memiliki bentuk yang berbeda beda untuk digunakan bersantai. Tak heran jika banyak rombongan atau keluarga

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Svargabumi Borobudur

Fasilitas di Svargabumi Borobudur
Photo by Google Maps Buana Nirwana

Demi menunjang kebutuhan para pengunjung yang datang, maka fasilitas disediakan cukup lengkap. Fasilitas yang akan langsung anda dapatkan ketika mengunjungi kawasan wisata ini yaitu fasilitas untuk spot berfoto. Di titik ini, anda sudah bisa menemukan sangkar burung, ayunan, sofa, kolam renang, dan lainnya yang cukup unik.

Sementara itu untuk fasilitas umum yang disediakan oleh Svargabumi bagi wisatawan adalah Area Parkir yang luas, toilet, musholla, akses internet dan lain sebagianya. Bagi anda yang lelah setelah berkeliling seharian di kawasan wisata, maka bisa mengunjungi cafe atau restoran yang tersedia di lokasi wisata.

Demikianlah beberapa informasi yang harus anda tahu mengenai wisata Svargabumi Borobudur beserta pesona alam di dalamnya. Dengan konsep back to nature, anda bisa menikmati betapa indahnya kawasan ini. Menariknya lagi, kawasan wisata memberikan fasilitas lengkap bersamaan dengan spot-spot selfie yang kekinian.

Give a Comment