Yogyakarta atau kerap disebut Jogja tidak dipungkiri memiliki daya pikat luar biasa. Siapa pun akan tersihir dari keistimewaan wilayah kekuasaan Sri Sultan Hamengkubu Buwono X itu. Meskipun baru melihat keindahan kota melalui foto-foto yang tersebar di internet maupun social media. Tapi hasrat untuk mengeksplorasi sudah menggebu-gebu di dalam jiwa.

Banyak orang bilang, setiap sudut kota Yogyakarta pasti memberikan kenangan manis. Walau hanya sekadar menghabiskan waktu di sepanjnag Jalan Malioboro sampai Kilometer Nol. Lokasi paling umum karena selalu didatangi para wisatawan. Namun kegiatan jalan-jalan santai itu tetap akan membekas di hati.

Suasana kota dan keramahtamahan warga lokal akan memberikan kesan mendalam bagi para pelancong. Ditambah jika petualangan dilakukan bersama sahabat atau orang terkasih maka liburan akan semakin berwarna. Pengalaman bertamu ke kota istimewa lantas memunculkan rasa rindu hingga memutuskan untuk kembali mengunjungi kota pelajar itu.

Yogyakarta dengan sejuta keistimewaan selalu menggoda orang lain supaya mengeksplorasi daerahnya. Pengunjung tidak perlu khawatir atau takut hanya mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja. Di sini justru wisatawan yang dibuat bingun karena berlimpahnya objek wisata. Pantai, gunung, padang pasir, museum dan lain sebagainya.

Baru-baru ini, berwisata ke taman bunga sedang nge-hits. Tren ini tidak terlepas akibat beberapa penggiat media sosial yang mengunggah potret dirinya di taman-taman tersebut. Berikut beberapa taman Bungan cantik di Jogja yang wajib Anda kunjungi sebagai tempat refreshing.

1. Alamanda Jogja Flower Garden

Alamanda Jogja Flower Garden
Photo by Google Maps Rifai ardiansyah

Alamanda Jogja Flower Garden atau Taman Bunga Alamanda Turi Sleman adalah salah satu taman yang paling hits di Jogja. Selain bisa menikmati indahnya warna-warni bunga, wisatawan akan dimanjakan dengan melimpahnya spot berswafoto. Jadi pas sekali untuk milinials memasukan Alamanda Jogja Flower Garden sebagai tujuan berlibur di akhir pekan.

Pihak pengelola menyediakan tujuh spot foto instagramable. Beberapa tempat berswafoto antara lain Taman Bunga Lavender dan Celosia, replika rumah hobbit, balon udara mini, kerangka poligon estetik di hamparan rumput, patung Doraemon, replika kincir angin seperti di Belanda, dan mini trail dan mobil remote control. Pengunjung bebas berfoto-foto tanpa dipungut biaya di setiap spot fotonya. Bahkan pengelola berencana hadirkan spot baru guna menambah daya tarik kepada masyarakat.

Seperti namanya, taman bunga cantik ini beralamat di Jalan Tempel-Turi, Ngentak Bangun Kerto, Turi, Sleman, DIY. Jarak yang harus ditempuh menuju Taman Alamanda kurang lebih 20 km dari titik utama kota Jogja. Akomodasi bisa dengan motor ataupun mobil sebab jalannya sudah bagus.

Waktu yang diperlukan sekitar satu jam. Semasa di perjalanan akan disuguhkan dengan panorama persawahan layaknya permadani bumi. Udara pedesaan yang sejuk siap meneRp a kulit. Dengan begitu, waktu satu jam tidak akan terasa.

Eksklusifnya pemandangan yang ditawarkan tidak semahal harga tiketnya. Setiap pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 15.000 per orang. Parkir motor dipatok sebesar Rp 2.000 sementara parkir mobil seharga Rp 3.000. Alamanda Jogja Flower Garden buka dari jam 08.00-17.00 WIB setiap harinya.

Demi menunjang kenyamanan berekreasi, pengelola menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Meliputi toilet, mushola, gazebo, restoran, beberapa kursi, dan sebagainya. Jadi seusai berswafoto bisa mengisi perut di resto yang telah tersedia. Selain itu, untuk memaksimalkan hasil jepretan tersedia pula boneka-boneka lucu seperti beruang, panda, super mario, dan lainnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tempel, Dedapan, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Taman Bunga Kukup Mentari

Taman Bunga Kukup Mentari
Photo by Google Maps Black Paper

Taman bunga favorit ini sudah memikat mata dari kejauhan. Barriyanto selaku pengelola menceritakan bahwa taman cantik ini mengadopsi taman-taman bunga yang ada di negeri kincir angin. Untuk mendalami suasana ala Netherlands, pengelola menambahkan beberapa dekorasi replika kincir angin berwarna merah. Letaknya menyebar dan ada satu sebagai senter di tengah kebun bunga ini.

Taman Kukup Mentari dipenuhi bunga celosia berwarna mencolok yakni merah dan kuning. Pemilihan warga ini sangat memberi kesan ceria bagi para pengunjungnya. Warnanya pun begitu cantik saat dipotret.

Jadi jangan lupa mengabadikan momen liburan di taman ini dengan lensa kamera di gawai Anda. Kombinasi warna merah dan kuning serta semburat awan putih dan biru menambah kesan instagramable foto kalian.

Barriyanto, pengelola tunggal tempat hits ini memasang harga tiket masuk hanya Rp 5.000 saja per orang. Wisatawan bisa singgah ke taman bunga kece mulai pukul 06.00 – 18.00. Perlu dicatat, alamatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngepung, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Taman Bunga Resoinangun

Taman Bunga Resoinangun
Photo by Google Maps Yoga Prasetya

Masih menawarkan keindahan bunga Celosia, bedanya Taman Bunga Resoinangun menghadirkan jenis bunga lainnya. Pengunjung dapat menemukan bunga kertas atau bougenville, bunga marigul, kemegahan bunga matahari dan beberapa bunga lainnya yang menghiasi taman bunga ini. Penataan taman ini sangat unik, sebab seolah-olah bunga celosia dikepung bunga matahari.

Banyaknya jenis foto memungkinkan pengunjung memiliki banyak opsi berswafoto. Supaya hasil semakin estetik jangan lupa membawa topi atau kaca mata hitam agar makin fotogenic dan apik dipajang di feeds Instagram. Objek wisata hits ini semakin populer sejak 2018, jadi agar tidak antri saat berswafoto usahakan datang lebih awal. Dengan begitu tidak ada yang merusak latar belakang foto sebab belum banyak dan pengunjung masih sepi.

Selain berswafoto dengan berbagai bunga-bunga menawan, Taman Bunga Resoinangun menyediakan spot foto yang lebih prefer. Pengunjung bisa bergaya di ayunan, sepeda hias, kursi kayu di tengah-tengah ladang bunga hingga gardu padang. Taman bunga favorit ini berlokasi di dekat area persawahan.

Akses ke lokasi pun sangat mudah. Pengunjung hanya memerlukan tidak lebih dari satu jam untuk sampai ke area objek wisata favorit kaum hawa ini. Harga tiketnya pun murah yaitu Rp 5.000 per orang. Jika membawa kendaraan pengunjung mengeluarkan dana tambahan sebesar Rp 2.000 saja baik untuk mobil atau motor. Mulai buka dari jam 06.00-18.00 WIB. Alamat lengkap Taman Bunga Resoinangun di Dusun Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah
Photo by Google Maps Haruyuki

Eksotisnya bunga matahari jadi daya tarik utama Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah ini. Objek wisata favorit warga Jogja ini semakin populer karena kedatangan beberapa artis ibu kota. Salah satunya adalah Gritte Agatha, sontak membuat para pengguna media sosial khususnya pengikut Gritte ingin mengabadikan momen serupa.

Pengunjung akan kagun, karena hamparan bunga matahari ini berjarak tidak jauh dari Pantai Glagah. Kebun bunga molek ini tidak terlalu lapang tetapi kecantikan bunga matahari di kebun bunga ini jadi salah satu yang terbaik.

Disarankan untuk berkunjung pada pagi hari. Dimana sinar matahari belum terlalu menyengat. Birunya awan di pagi hari ditambah kuningnya bunga matahari menjadi sebuah peRp aduan terkece saat dipotret menggunakan kamera. Setelah puas berswafoto ria, pengunjung bisa lanjut mengeksplorasi pantai Glagah.

Pantai ini terkenal dengan laguna dan pasir hitamnya. Untuk memasuki kebun menawan ini cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 per individu. Pengunjung bisa menyambangi Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah sejak pukul 06.00-18.00. Secara administrasi berada di Jalan Pantai Glagah, Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Taman Gumuk Pasir Parangkusumo

Taman Gumuk Pasir Parangkusumo
Photo by Google Maps parangtritis garden and vineyards

Warga Yogyakarta sudah tidak asing dengan objek wisata padang pasir yang terkenal yaitu Gumuk Pasir. Selain terbeng pasir luas, di sana juga terdapat taman bunga menawan hati. Taman bunga nan elok didominasi bunga matahari. Lagi dan lagi, bunga matahari atau dalam bahasa ilmiah disebut Helianthus annuss terus menunjukkan keanggunannya kepada khalayak ramai.

Areanya ditengah-tengah gumuk pasir yang tandus, layaknya oase. Bunga celosia pun tumbuh subur menyempurnakan keindahan bunga matahari yang bermekaran. Alhasil, acap kali ditargetkan sebagai lokasi pemotretan. Ayunya paras dari bunga-bunga itu seakan membawa semangat dan keceriaan bagi para wistawan.

Jika sesi foto-foto cukup, jangan langsung kembali ke rumah atau tempat penginapan dahulu. Mari eksplorasi “gurun sahara” Yogyakarta ini. Jalan-jalan santai seraya merasakan semilir angin yang cukup kencang meneRp a kulit wajah. Pakaian yang kita pakai seakan ikut berayun akibat riuh angin disana.

Selain jalan-jalan santai, di Gumuk Pasir Parangkusumo tersedia fasilitas sand boarding. Pengunjung dapat merasakan bermain skateboard di atas pasir. Pasti sangat menyenangkan dan seru, berseluncur dari atas bukit pasir ini.

Karena Yogyakarta terkenal dengan wisata-wisata yang murah maka untuk ke taman bunga favorit warga bantul ini cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja. Lokasinya di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis
Photo by Facebook JogjaKita

Kebun bunga yang wajib masuk dalam daftar tujuan wisata di Jogjayakara adalah Taman Bunga Amarilis. Terutama bagi Anda yang menjadwalkan liburan ke kota istimewa ini menjelang akhir tahun. Pasalnya waktu tersebut adalah momen dimana bunga amarilis akan mekar sempurna. Sehingga pengunjung bisa dengan maksimal melihat keelokkan bunga amarilis.

Tidak seperti bunga Matahari dan bunga Celosia, sejatinya bunga Amarilis adalah gulma atau tanaman pengganggu. Namun warna oranye atau jingga bunga amarilis mengubah persepsi bagi orang yang melihat. Sehingga tidak akan menyangka bahwa ini adalah tanaman pengganggu. Warna ini pula yang menjadi daya pikat tersendiri.

Karena tidak mekar setiap saat, anak milenial mengatakan wajib bin kudu berswafoto di taman bunga nan elok ini. Taman Amarilis sudah menjadi favorit warga sejak tahun 2015.

Taman cantik ini tidak hanya jadi favorit wisatawan lokal bahkan sampai turis asing. Jika pengunjung terlanjur jatuh cinta terhadap bunga amarilis, pengelola menjual bibitnya. Sehingga bisa dibudidayakan di rumah saja. Jadi kamu bisa menikmati keindahannya setiap kali bunga ini mekar sempurna.

Untuk perawatan kebun bunga amarilis, pengelola meminta pengunjung membayar Rp 10.000. Dibuka mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Taman bunga kece ini beralamat di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa taman bunga populer di Jogja yang wajib Anda kunjungi untuk bersantai. Berada di taman bunga memang dapat memberi sensasi tersendiri, utamanya bagi Anda yang butuh untuk melepas penat.

Give a Comment