Kota Yogyakarta memang sangat terkenal sebagai surganya objek wisata. Wisata alam, sejarah hingga taman wisata yang keren dan kekinian bisa Anda temukan di Jogja, sangat cocok dikunjungi bersama pasangan, keluarga maupun teman-teman.

Jika Anda mulai bosan dengan wisata pantai maupun candi, Yogyakarta nyatanya memiliki jenis objek wisata lain seperti taman cantik. Pemandangan menarik dengan udara yang segar dapat membuat betah siapa pun yang berkunjung. Lantas, apa saja taman cantik yang menarik dikunjungi di Jogja?

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps (Iwan Haniyoto)

Salah satu taman cantik yang wajib Anda kunjungi di Yogyakarta adalah Taman Wisata Kaliurang. Taman yang berada di wilayah Kabupaten Sleman ini menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona dengan kondisi udara yang sejuk. Tak ayal jika banyak orang berdatangan untuk menikmati keindahannya maupun hanya sekedar melepas penat setelah bekerja seharian.

Lazimnya, Taman Wisata kaliurang dihadirkan pada 3 lokasi yang berdekatan dengan kaki Gunung Merapi bagian selatan. Lokasi utama diberi nama Taman Wisata Kaliurang dengan perpaduan tumbuhan khas hutan merapi dan wahana permainan anak. Lokasi kedua berupa kawasan Hutan Lindung Tlogo Putri dan lokasi ketiga menyuguhkan gardu pandang dengan pemandangan yang mempesona.

Dengan mengunjungi ketiga lokasi Taman Hutan Kaliurang, Anda bisa langsung mendapatkan pengalaman menarik untuk menikmati berbagai sensasi yang berbeda. Terlebih lagi letak lokasi yang tidak berjauhan sangat memudahkan Anda untuk mengunjungi ketiga lokasi dalam sekaligus. Anda tertarik?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bunder

Tahura Bunder
Image Credit: Facebook.com @bukaaja.site

Tahura Bunder merupakan sebuah taman hutan yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta. Taman yang seringkali dikenal dengan Hutan Bunder oleh masyarakat ini pada mulanya berupa sebuah hutan yang difungsikan sebagai tempat penelitian keanekaragaman hayati. Meski demikian, pengembangan tempat ini akhirnya diubah menjadi tempat umum yang digunakan sebagai taman wisata.

Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bunder yang terletak di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul ini menawarkan keindahan dan kenyamanan. Suasana hutan yang teduh dan sejuk dihadirkan dengan semburat sinar matahari tipis yang memasuki lokasi tempat ini melalui sela-sela tumbuhan yang menjulang tinggi. Siang hari tentu tidak menjadi masalah untuk berlibur disini.

Menariknya, Anda bisa menikmati suasana teduh sembari melihat berbagai jenis tumbuhan yang hidup di dalamnya. Terdapat pohon kayu putih, jati, pinus dan lainnya. Tak hanya itu, taman wisata ini pun digunakan sebagai konservasi dan penangkaran rusa yang berlari lepas. Untuk itu, tempat ini sangat cocok digunakan untuk berwisata, hunting foto, sekaligus memahami alam sekitar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gading III, Gading, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Taman Nasional Kalibiru

Taman Nasional Kalibiru
Image Credit: Facebook.com @pangminjie

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Kalibiru untuk mendapatkan pemandangan yang sangat luar biasa. Taman yang terletak di Jl. Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo ini berada di atas ketinggian 450 m/dpl. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda bisa mengamati eloknya pemandangan Waduk Sermo yang terlihat jelas dari ketinggian.

Taman Nasional Kalibiru menyuguhkan tumbuh-tumbuhan yang sangat asri. Tentu saja, tempat ini terasa sangat teduh dan sejuk. Sehingga sangat cocok untuk bersantai maupun mengabadikan momen menarik dengan pemandangan yang luar biasa. Menariknya, Anda bisa mengamati laut selatan di ujung cakrawala melalui tempat wisata ini ketika cuaca sedang cerah.

Taman Nasional Kalibiru yang dikelola dengan baik dijamin tidak membuat kecewa para pengunjung setelah melakukan perjalanan panjang hingga ke tempat ini. Pembangunan spot foto menarik dari swasembada masyarakat sekitar membuat para traveler dapat menikmati keindahan kawasan yang memiliki julukan ‘Jewel of Java’. Anda tertarik?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Waduk Sermo, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari
Image Credit: Google Maps (kasiyanta deka)

Bagi Anda pecinta bunga sangat disayangkan jika melewatkan taman wisata yang satu ini. Taman bunga yang menyuguhkan hamparan bunga matahari sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk berburu foto ciamik. Menariknya, pengelola tempat ini telah menyediakan beberapa pakaian adat jawa dan kimono untuk Anda kenakan ketika berfoto disini.

Untuk mengunjungi Taman Bunga Nawari, Anda perlu melalui jalanan naik turun dengan pemandangan yang menakjubkan. Lokasi wisata yang berada di Desa Salam, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki akses yang cukup bagus dan sangat mudah untuk dijangkau. Menariknya, Anda akan merasakan suasana pedesaan yang menyenangkan sekaligus masyarakat yang ramah.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Grogol I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

5. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps (Metry Rm)

Tak kalah menarik, Kota Jogja juga menyuguhkan Taman Bunga Amarilis yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai maupun berburu foto. Pada mulanya, keberadaan bunga ini dianggap sebagai gulma yang mengganggu. Namun bentuk bunga yang cantik akhirnya dimanfaatkan dan ditata sedemikian rupa menjadi taman bunga yang bisa dinikmati para wisatawan.

Taman ini telah dilengkapi dengan jalan setapak yang sangat memudahkan pengunjung untuk bersentuhan langsung dengan tanaman ini. Desain taman yang mengagumkan dapat Anda manfaatkan untuk mencari sudut-sudut apik agar mendapatkan foto yang instagramable. Tempat yang satu ini dijamin menjadi solusi alternatif bagi Anda yang ingin melepas lelah dan berlibur.

Sayangnya, bunga-bunga cantik yang disuguhkan di Taman Bunga Amarilis tidak bisa mekar sepanjang tahun. Bunga ini diperkirakan hanya bisa mekar selama 1 sampai 2 minggu saja. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda memperkirakan waktu yang tepat sebelum mengunjungi tempat ini agar tidak kecewa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Selfie Park Taman Pule

Selfie Park Taman Pule
Image Credit: Facebook.com @selfieparktamanpule

Jika Anda berada di pusat Kota Yogyakarta, sempatkan untuk mampir ke Selfie Park Taman Pule. Pasalnya, taman wisata ini memiliki lokasi yang cukup strategis dan sangat mudah dijangkau. Anda hanya perlu mengunjungi Jl. Veteran Nomor 150-151, Kota Yogyakarta untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Sebagaimana namanya, taman yang memiliki luas sekitar 1.088 meter persegi ini menawarkan spot foto menarik yang bisa Anda dapatkan. Keberadaan pohon Pule yang sangat kokoh dan rindang ini telah disulap menjadi spot foto apik. Tentu saja, Anda akan merasakan sensasi berada di tengah hutan alami karena keberadaan Pohon Pule yang tumbuh di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps (Joko Fathur Rahman)

Taman cantik berikutnya yang bisa Anda kunjungi ketika melipir di Yogyakarta adalah Taman Bunga Asri. Pemanfaatan Bunga Celosia yang disusun dengan konsep flower farm ini menyuguhkan tampilan yang menawan. Hal ini karena penyusunan hamparan Bunga Celosia disusun dengan memadukan warna-warni hamparan bunga yang mempesona.

Taman Bunga Asri dapat Anda kunjungi di Jl. Lintas Selatan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Desain bunga yang apik akan menghadirkan nuansa berada di Belanda jika dilihat dari kejauhan. Menariknya, Anda bisa berburu foto ciamik dengan bebas memilih sudut foto dengan tidak memetik bunga tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Resowinangun Garden

Resowinangun Garden
Image Credit: Google Maps (Feri Putra)

Tak kalah saing dengan Taman Bunga Asri, taman bunga yang dikenal dengan Resowinangun Garden ini juga menawarkan tempat wisata berupa taman yang sangat menarik. Pasalnya, Resowinangun Garden menghadirkan perpaduan tamparan rerumputan, bunga celosia dan bunga matahari yang telah disusun dengan sedemikian rupa.

Taman bunga yang berada di Dusun Malangan, Kabupaten Bantul ini sangat cocok digunakan untuk bersantai sekaligus berburu foto ciamik yang instagramable. Menariknya, Resowinangun Garden bahkan dilengkapi dengan tambahan spot foto lain berupa gardu pandang, ayunan dan sepeda untuk Anda gunakan.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Taman Edukasi Lalu Lintas Giwangan

Taman Edukasi Lalu Lintas Giwangan
Image Credit: Google Maps (Arsyada Erdhom Family)

Taman Edukasi Lalu Lintas Giwangan juga termasuk taman cantik yang sayang untuk dilewatkan. Lazimnya, taman wisata ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menghilangkan penat, tempat wisata keluarga sekaligus tempat belajar tentang lalu lintas. Taman edukasi ini bahkan dihadirkan untuk mengajarkan pentingnya sikap baik untuk hidup bermasyarakat.

Sebagai taman edukasi untuk lalu lintas, tempat ini dilengkapi dengan beberapa jalan layaknya rute jalan di perkotaan. Kemudian, Anda bisa mengajak di kecil untuk memahami peraturan lalu lintas sedari dini menggunakan mobil kecil yang bisa dikendarai. Pengalaman ini dijamin mampu melatih pembentukan kepribadian si kecil sekaligus mengajaknya bermain.

Tak hanya bermain mobil-mobilan, Taman Edukasi Lalu Lintas Giwangan sebagai taman wisata keluarga ini nyatanya dilengkapi dengan area playground anak yang lengkap. Terdapat kursi putar, ayunan, jaring panjat, permainan ketangkasan dan wahana yang lainnya. Lokasi taman yang luas dengan rimbunan pepohonan dijamin tidak akan membuat orang tua khawatir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imogiri Timur, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

10. Taman Kantil

Taman Kantil
Image Credit: Google Maps (R Kakung Wahyu W)

Taman cantik selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Kantil. Pasalnya, lokasi taman ini berada di Jl. Kantil, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Taman ini seringkali dijadikan sebagai solusi alternatif untuk bersantai maupun hanya ingin sekedar jalan-jalan menikmati lingkungan sekitar. Taman Kantil bahkan menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar.

Tak hanya masyarakat, tempat wisata ini juga banyak dimanfaatkan oleh para muda-mudi untuk duduk santai sembari menggelar diskusi. Anda juga bisa memilih tempat ini sebagai tempat yang cocok untuk bercengkrama dengan keluarga. Kondisi taman yang bersih karena sering dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menjadi poin plus untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kantil, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa daftar taman cantik yang bisa Anda singgahi ketika melipir ke Kota Jogja. Taman indah berhias tumbuh-tumbuhan yang sangat rindang memang cocok digunakan untuk bersantai dan berwisata bersama pasangan, keluarga hingga teman-teman. Selain itu, fasilitas lengkap yang disuguhkan dapat membantu Anda untuk melakukan hal seru dan bermakna.

Give a Comment