Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cempaka, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jika anda masih belum puas menjelajah kota Jogja, anda bisa melipir ke arah Magelang. Ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi, salah satunya yang hits adalah taman Wisata Kyai Langgeng. Kendati keberadaannya bukanlah wisata yang baru, tetapi pesonanya tak bisa ditampik siapapun. Anda bisa menikmati wisata alam hingga wisata sejarah di sini.

Taman ini sendiri adalah theme park yang memadukan wisata permainan, wisata air, juga wisata sejarah. Dibangun sejak tahun 80 an hingga kini wisata ini masih hits di kalangan wisatawan. Anda yang sedang liburan bersama keluarga bisa menjadikan wisata satu ini sebagai pilihan. Ada banyak wahana permainan yang siap membuat liburan anda makin seru. Daripada penasaran, anda bisa mengintip pesonanya dalam ulasan berikut.

Daya Tarik Taman Kyai Langgeng

Daya Tarik Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps F Setyawan

1. Tawarkan Wisata Edukasi

Taman wisata ini memang menggabungkan beberapa tema, mulai dari tema edukasi, adventure hingga tema air. Dan semua ini dituangkan dalam wahana wahana permainan yang dimilikinya. Anda bisa menemukan tema tema edukasi di wisata yang cocok untuk keluarga ini. Wahana Anjungan Dirgantara misalnya yang berisikan tanaman langka juga satwa.

Pengunjung juga bisa menemukan pesawat yang lengkap dengan kokpit, blackbox hingga kabin penumpang. Mencoba wahana ini, pengunjung bisa merasakan efek suara dari mesin pesawat. Pengunjung rasanya seperti sedang naik pesawat dan bisa mengenal bagian dalamnya. Tentu saja hal ini akan memudahkan pengunjung belajar tentang pesawat.

Anda juga bisa menemukan taman tanaman langka yang berasal dari Indonesia asli. Bahkan tanaman ini sengaja dikembangbiakkan agar tetap lestari. Jika ingin melihat satwa, anda bisa mampir di taman satwanya yang merupakan hewan asli Indonesia. Pengunjung tentu akan bisa memiliki wawasan baru terutama soal tanaman juga satwa yang ada.

2. Merupakan Paru Paru Kota Magelang

Keberadaan taman Kyai Langgeng tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata. Namun juga memiliki peran sebagai paru paru kota Magelang. Lantaran sebagian besar kawasannya adalah area terbuka hijau. Ada banyak pepohonan rindang yang membuat wisata ini bukan hanya taman kota biasa. Membuat keberadaan taman ini begitu penting dan dijaga.

3. Sebagai Wisata Sejarah

Seperti yang sempat disinggung sebelum wisata satu ini juga memiliki wisata sejarah. Sebelum menjadi taman kota seperti saat ini, taman ini adalah lahan yang kritis. Kemudian barulah dilakukan pembangunan di tahun 1981 dan resmi dibuka pada 1987. Untuk namanya sendiri diambil dari makam yang sangat dihormati oleh masyarakat sekitar.

Yakni makam seorang pejuang juga ulama yang menjadi bagian dari tim Pangeran Diponegoro dengan nama Kyai Langgeng. Makam ini hingga saat ini masih ada di kawasan wisata alam ini. Objek wisata ini menjadi rekam sejarah yang membuatnya patut untuk terus dilestarikan. Kyai Langgeng sendiri adalah keturunan dari Raja Mataram.

Daya Tarik Dimiliki Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps Septian Joddie

4. Perpaduan Wisata Alam dan Permainan

Taman dengan luas sekitar 27, 5 hektar ini memiliki pemandangan indah yang akan membuat anda jatuh hati. Taman paling besar di Magelang ini dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang membuat udaranya sejuk. Sebelum banyak ditumbuhi pohon, wisata satu ini konsepnya adalah taman bunga. Yang saat ini perpaduan keduanya menambah keasriannya.

Untuk membuat pengunjung semakin betah berlama lama, pengunjung juga akan disuguhkan banyak permainan seru di Taman Wisata ini. Dengan konsep Theme Park, anda bisa menemukan banyak permainan seru yang bisa dicoba. Walaupun memang tak terlalu besar, tetapi perpaduan alam dan permainanya membuat wisata ini layak dikunjungi.’

Alamat dan Rute Lokasi

Rute Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps Rino Setyo P

Untuk menemukan taman wisata ini tidaklah sulit, anda hanya perlu menuju Jl. Cempaka No 6 Kemirirejo, Magelang. Akses jalan menuju lokasi juga sudah memadai dan mudah untuk ditemukan. Ada banyak petunjuk jalan atau plang yang akan membantu anda sampai di taman wisata ini. Anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi menuju lokasi.

Dari pusat kota Magelang, anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 3.5 k, saja. Pertama tama silahkan menuju Jl. Raya Yogyakarta Magelang dan arahkan kendaraan menuju jl. Letnan Tukiyat untuk menuju kota Mungkid. Jika anda sudah melewati Armada Town Square anda tinggal mengarahkan kendaraan ke Jl. Sarwo Edhie.

Nantinya anda tinggal melanjutkan rute sesuai dengan petunjuk arah untuk sama di Taman Kyai Langgeng. Jika anda kesulitan, anda juga bisa memanfaatkan GPS yang terpasang pada smartphone anda. Atau juga bisa bertanya dengan masyarakat sekitar karena wisata ini sudah terkenal. Yang jelas kemungkinan tersesat menuju lokasi wisata sangat kecil.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Ticket Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps Astuti Handoko19

Selain mengetahui rute menuju lokasi, anda juga harus mengetahui harga tiket masuknya. Harga tiket akan dibedakan berdasarkan dengan hari kedatangan, yang mana di akhir pekan atau musim liburan akan lebih mahal dibanding hari biasa. Pengunjung yang datang di hari Senin hingga Jumat akan dikenakan biaya masuk Taman Kyai Langgeng sekitar Rp 24 ribu.

Sementara ketika libur Nasional atau akhir pekan menjadi Rp 30 ribu. Harga tersebut masih belum termasuk dengan parkir kendaraan juga kolam renangnya. Pengunjung yang ingin bermain air akan dikenakan biaya mulai Rp 10 ribu. Tiket masuk akan berlaku untuk anak usia 3 tahun ke atas dan wajib memiliki tiket.

Tarif parkir kendaraan tergantung dari kendaraan yang anda bawa, Yakni mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 10 ribu. Beberapa wahana khusus juga dikenakan biaya tambahan untuk menaikinya. Penting untuk anda tahu jika biaya ini bisa berubah sewaktu waktu tergantung keputusan pengelola.

Sementara untuk jam operasionalnya buka setiap hari dari hari Senin hingga hari Minggu. Anda bisa datang pada pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 WIB. Jika anda ingin merasakan suasana yang lebih sepi, anda bisa datang di hari biasa. Karena pada akhir pekan, pengunjung akan mengalami peningkatan dan lebih ramai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps Surohman Kohar

1. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Karena memiliki suasana asri dan pemandangan yang indah, rasanya sayang jika tidak bersantai dan menikmatinya. Dimana anda akan menemukan megahnya Gunung Sumbing dari Taman Kyai Langgeng ini. Pohon pohon rindang yang ada di sekeliling taman juga menambah keindahannya. Segala penat anda akan terhempas jika anda datang ke tempat satu ini.

2. Mencoba Wahana Bermain

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, taman ini juga memiliki banyak wahana permainan yang layak dicoba. Bagi anda yang senang dengan aktivitas menantang, anda bisa mencoba roller coasternya. Bermain bersama keluarga atau keluarga akan semakin seru dengan mencoba boom boom car, sepeda udara atau permainan lainnya.

Jika ingin permainan yang lebih santai, anda bisa memilih komedi putar atau ferris wheel. Kehadirkan wahana theme park ini memang tidak begitu besar, namun tetap saja akan memberikan keseruan tersendiri. Selain menguji adrenalin hadirnya beberapa permainan juga memberikan hiburan. Apalagi jika anda melakukannya dengan teman teman atau keluarga.

Aktivitas Dimiliki Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps Widyatmo81 NANOWATERCAN_EBS_UNIV

3. Menjelajahi Taman Tanaman Langka

Kegiatan yang tak kalah menarik yakni menelusuri bagian taman tanaman langka. Selain bisa berjalan jalan di tengah rindang pepohonan, anda juga akan mendapatkan pengetahuan baru. Koleksi tanamannya beragam dan kebanyakan memang dari Indonesia. kini bagian taman ini tengah dilakukan pengembangan untuk dijadikan taman tematik yang lebih cantik.

4. Berinteraksi Dengan Satwa

Mengajak si kecil ke Taman Kyai Langgeng, anda tidak akan kehabisan ide untuk membuatnya senang. Karena anda bisa menjadikan taman satwanya sebagai tujuan berikutnya. Hewan yang ada di taman ini kebanyakan binatang endemik Indonesia. Pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan di sini dan mengajak untuk berswafoto,

Di taman satwa ini anda juga bisa menemukan kolam terapi ikan yang bisa dijadikan relaksasi. Mencelupkan kaki ke dalam kolam ini termasuk kegiatan yang digemari oleh pengunjung. Untuk menikmati taman satu ini, pengunjung juga akan dikenakan biaya tambahan selain tiket masuk tetapi masih terbilang ramah kantong.

5. Menjajal Permainan Air

Selain berjalan jalan dan mencoba wahana yang ada, pengunjung juga bisa berenang. Ada beberapa kolam renang yang dibedakan untuk orang dewasa dan anak anak. Semakin seru karena di kolam renang juga ditambahkan beragam permainan air. Seluncuran dari berbagai ukuran dan bentuk tersedia di masing masing kolam untuk menambah keseruan bermain.

Permainan air yang dimiliki taman Kyai Langgeng tidak hanya kolam renang. Tetapi anda juga bisa menemukan wahana air lainnya seperti water ball misalnya. Bola besar ini bisa dimasuki orang kemudian diletakkan di atas air. Anda perlu berjalan juga menggerakkan bolanya. Atau anda juga bisa mencoba wahana becak air bersama keluarga agar makin seru.

6. Berburu Foto Cantik

Bukan hanya menawarkan banyak wahana, pengunjung juga akan dimanjakan dengan spot spotnya yang instagramable. Rata rata spot favorit pengunjung adalah spot yang bisa menjadikan Gunung Sumbing sebagai latar belakang. Beberapa dekorasi juga sengaja disediakan untuk berswafoto. Maka dari itu, pastikan anda membawa kamera dengan penyimpanan besar.

Fasilitas di Taman Kyai Langgeng

Fasilitas Taman Kyai Langgeng Magelang
Photo by Google Maps Mei Rizqinaa

Pengunjung yang liburan ke taman Kyai Langgeng juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang dimilikinya. Fasilitas pendukung yang ada terbilang lengkap, sehingga akan membuat pengunjung makin nyaman. Anda bisa menemukan area parkir luas yang bisa menampung banyak kendaraan milik pengunjung.

Bukan hanya itu, anda juga akan bisa menemukan kamar mandi atau toilet di beberapa titik. Hampir di setiap sudut atau di setiap wahana akan ada tempat duduk yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat. Pengunjung juga bisa menemukan mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah.

Yang lebih menarik, pengunjung bisa akses internet dengan mudah karena tersedia layanan WIFI gratis. Sebelum pulang pengunjung juga bisa berburu souvenir di warung wisata yang ada. Karena lokasinya berada di pusat kota, anda juga tak akan kesulitan menemukan penginapan terdekat. Yang jelas fasilitas yang ada di wisata ini terbilang lengkap.

Sekalipun bukan wisata baru, Taman Kyai Langgeng tetap tidak kehilangan pesonanya. Masih ada banyak pengunjung yang datang terutama di akhir pekan atau musim liburan. Wisata satu ini cocok untuk keluarga karena memiliki banyak wahana bermain. Jika anda sedang di Magelang, tidak ada salahnya untuk singgah dan habiskan waktu di wisata hits satu ini.

Give a Comment