Taman Pelangi salah satu objek wisata malam yang menarik dikunjungi di Sleman, Jogja. Taman wisata yang menawarkan pesona warnawarni dari berbagai bentuk lampion, wahana permainan seru dan spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Menghabiskan liburan di Jogja tidak hanya bisa mengunjungi wisata alam maupun wisata sejarah. Saat ini Jogja juga sudah memiliki banyak taman rekreasi dengan sentuhan modern. Taman Pelangi Jogja misalnya yang menjadi destinasi hits di Sleman. Untuk mengintip pesonanya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Taman Pelangi, Wisata Malam Hits di Jogja

Wisata Malam Hits di Jogja
Image Credit: Facebook.com @bisnisistricerdas

Jika Anda biasanya menikmati pesona pelangi di siang hari atau sore setelah hujan, di Jogja Anda bisa merasakannya setiap malam hari. semuanya berkat hadirnya Taman Pelangi Jogja yang merupakan Taman Lampion dengan berbagai bentuk juga warna. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi saat liburan di kota Gudeg ini, baik bersama teman ataupun keluarga.

Wisata malam ini dibuka di tahun 2011 silam dengan nama Taman Lampion. Hingga kemudian berganti nama dengan nama Taman Pelangi. Walaupun belum terlalu lama, kehadiran destinasi satu ini berhasil menyedot perhatian wisatawan. Apalagi saat ini penggunaan media sosial seperti tidak bisa lepas dari manusia modern.

Bagi masyarakat Jogja, kehadiran taman ini memang bukanlah hal baru. Mengingat banyak juga masyarakat sekitar yang menjadikan taman ini sebagai tujuan untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman atau keluarga. Selain dikenal dengan nama Taman Pelangi, masyarakat juga mengenalnya dengan nama Taman Monjali.

Destinasi yang sangat padat ketika matahari mulai tenggelam ini memang memiliki pesona yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Lampu lampu yang menyala menambah keindahannya, terutama ketika malam mulai datang. Warna warni dari lampion inilah yang membuatnya dikenal dengan nama Taman Pelangi dan berhasil memikat para wisatawan.

Lampion lampion yang ada merupakan karya dari para seniman yang telah diatur dengan rapi di taman ini. Penataan yang rapi dan memiliki nilai artistik ini sangat cocok untuk dijadikan latar mengambil pose andalan. Taman wisata ini masih satu kawasan dengan Monumen Jogja Kembali. Dan sebenarnya juga merupakan wahana pelengkap.

Sebelum taman ini didirikan, di area Monjali juga sudah ada taman rekreasi. Dan taman tersebut hingga saat ini juga masih banyak dikunjungi wisatawan, bahkan di siang hari. Untuk launching taman pelangi ini, sebenarnya masih di tahun 2017 lalu. Karena memang lampion yang ada merupakan tambahan wahana dari taman rekreasi yang sudah ada.

Daya Tarik Wisata Taman Pelangi

Daya Tarik Wisata Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Uco Sugianto)

Seperti yang disinggung sebelumnya, daya tarik utama yang dimiliki wisata ini adalah kerlap kerlip lampionnya. Karena seperti nama sebelumnya, Taman Lampion tentu Anda sudah bisa membayangkan jika ada banyak lampion berbagai bentuk di tempat ini. Bentuk bentuk yang ada bahkan ada beberapa yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya.

Selain memiliki bentuk yang beragam, penataan rapinya juga menjadi daya tarik sendiri di kalangan wisatawan. Menariknya, walaupun Anda sering ke tempat wisata ini Anda akan mungkin tidak akan menemukan lampion yang sama. Karena pihak pengelola selalu memperbarui lampion yang ada di taman wisata keluarga di Jogja ini.

Kecantikan yang dimiliki lampion di taman ini sudah bisa Anda rasakan saat menginjakkan kaki di pintu masuk. Taman Pelangi sendiri memiliki dua pintu masuk yang bisa dijadikan pilihan oleh pengunjung. Apabila Anda masuk melalui Pintu Timur, Anda akan langsung disambut dengan gerbang lampion yang bentuknya setengah lingkaran mirip dengan pelangi.

Dari lorong dari lampion cantik ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju deretan lampion dengan bentuk bunga juga satwa. Tidak ketinggalan lampion yang berbentuk tokoh kartun juga karakter lainnya. Kehidupan bawah laut juga sengaja dihadirkan dengan lampion berbagai warna dan ukuran. Membawa anak anak ke tempat satu ini tentu akan membuatnya senang.

Daya Tarik Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Sitti Rahmah Nur)

Tidak pula meninggalkan sejarah, beberapa lampion yang hadir juga dibentuk mirip dengan wajah para tokoh pemimpin Indonesia. Pohon pohon buatan nampak cantik untuk dijadikan tempat hiasan lampu lampu yang gemerlap. Jika Anda mengambil gambar di area ini, Anda akan diajak seakan akan sedang berada di hutan fantasi dengan taburan cahaya yang indah.

Terdapat juga lorong yang diatasnya terdapat ratusan lampu juga lampion yang menawan. Melangkahkan kaki lebih dalam, Anda juga bisa melihat area rumput yang dikelilingi lampu lampu kecil. Bagian ini merupakan spot favorit anak anak, karena membuat mereka penasaran. Mengambil beberapa foto di sudut ini juga bukanlah ide yang buruk.

Daya tarik yang dimiliki Taman Pelangi Jogja tidak hanya terletak dari lampionnya. Mengingat Anda juga bisa menemukan berbagai wahana permainan yang tak kalah menarik untuk dicoba. Ketika Anda lelah berkeliling areanya, Anda bisa memanfaatkan kereta wisata untuk berkeliling. Wahana yang dihadirkan sangat beragam dan akan membuat liburan Anda berkesan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Taman Pelangi

Alamat Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Uco Sugianto)

Taman cantik ini tidak sulit untuk dijangkau dan sangat mudah untuk ditemukan. Alamat lengkapnya berada di Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Jogja. Apabila Anda belum pernah mengunjunginya, tempat wisata ini lokasinya masih ada di Monumen Jogja Kembali. Dari pusat kota Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 8 km.

Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk tiba di tempat wisata satu ini yang bisa dipilih. Jika Anda memulai perjalanan dari stasiun Tugu, Anda bisa mengambil arah menuju Halte Malioboro 1. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus Trans Jogja rute 2A. Silahkan turun di Halte Ring Road Utara untuk ke lokasi.

Sementara jika Anda memulai perjalanan dari Terminal Jombor, Anda bisa langsung naik bus Trans Jogja Rute 2B dan turun di Halte Ring Road Utara. Bisa dikatakan jika destinasi wisata hits Jogja ini ramah untuk para backpacker. Karena ada banyak kendaraan umum yang bisa Anda andalkan untuk sampai di lokasi.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan rute dari terminal Jombor, selanjutnya dilanjutkan menuju arah Tugu. Nanti silahkan ambil arah menuju Jl. AM Sangaji dan dilanjutkan ke arah Jl. Monjali. Sudah ada banyak petunjuk jalan yang bisa diandalkan, atau Anda juga bisa menggunakan GPS yang terpasang di ponsel pintar Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam operasional Taman Pelangi

Harga Tiket Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Hasim Ikhwanudin)

Untuk menikmati pesona Taman Pelangi ini, pengunjung tak harus merogoh kantong dalam. Harga tiketnya mulai dari Rp 15 ribu untuk hari Senin sampai dengan Kamis. Ketika akhir pekan atau libur nasional harganya akan lebih tinggi yakni sekitar Rp 20 ribu. Harga tiket tersebut diberlakukan untuk semua pengunjung.

Anak yang berusia 3 tahun sudah wajib untuk memiliki tiket masuk. Harga yang dikenakan untuk tiket masuknya masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Tarif parkirnya tergantung dari jenis kendaraan yang Anda bawa. Umumnya mulai Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua, dan lebih dari itu untuk roda empat atau lebih.

Tidak hanya harus mengetahui harga tiket masuknya, Anda juga harus mengetahui jam bukanya. Mengingat daya tariknya memang terletak di lampionnya, maka jam bukanya sore yakni mulai pukul 16.30 sampai dengan 22.00 WIB di hari biasa, dan akhir pekan pada pukul 17.00 sampai 21.00 WIB. Anda bisa datang kapan saja, karena memang akan buka setiap hari.

Waktu paling pas untuk menjelajah taman ini di sekitar pukul 17.00 sampai 19.00 WIB. Hal ini dikarenakan pada saat ini pengunjungnya masih belum terlalu ramai. Sehingga Anda bisa leluasa untuk mengambil banyak foto atau menjelajah setiap sudutnya. Anda juga tak perlu khawatir akan berdesakan jika mengunjungi di waktu tersebut.

Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Pelangi

Aktivitas di Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Amri Amuella)

1. Berjalan-Jalan di Tengah Taman Lampion

Hal yang pasti akan dilakukan ketika mengunjungi taman rekreasi satu ini adalah jalan jalan. Di antara lampion lampion yang berwarna warni tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Selama perjalanan ini, Anda juga bisa mengambil beberapa gambar cantik untuk diunggah di media sosial.

2. Bermain Trampoline

Selain memiliki banyak lampion yang penuh warna, taman Pelangi juga menawarkan wahana trampoline. Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain trampoline ini. Tidak hanya membuatnya senang, Anda juga bisa sekalian melatih keberaniannya. Keamanan juga sudah terjamin sehingga Anda tak perlu khawatir jika anak anak akan menjajal permainan ini.

3. Mencoba Wahana

Wahana yang disediakan di tempat satu ini sangat banyak, sehingga pengunjung tak akan kebosanan mengunjungi wisata ini. Wahana yang dihadirkan beragam, mulai dari ATV< becak air, bumper boat, perahu dayung, rumah balon dan lainnya. Untuk menikmati permainan ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan mulai Rp 10 ribuan.

4. Menantang Adrenalin di Puri Hantu

Ketika mengunjungi Taman Pelangi Jogja, Anda juga bisa menantang adrenalin dengan mengunjungi Puri Hantu. Puri Hantu merupakan rumah hantu pada umumnya, hanya saja hantunya bisa bergerak dan berkeliaran. Mengingat para hantu adalah manusia yang menggunakan make up juga kostum pendukung. Tertarik mencoba?

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Taman Pelangi Jogja

Fasilitas di Taman Pelangi
Image Credit: Google Maps (Inro Pasaribu)

Tidak hanya menawarkan wahana juga spot foto yang melimpah, Taman Pelangi juga memiliki fasilitas yang memanjakan pengunjung. Fasilitas mulai dari lahan parkir yang luas serta terjamin keamanannya bisa Anda temukan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan toilet bersih yang memadai untuk digunakan.

Bagi Anda yang tidak sempat membawa makanan, Anda bisa mengandalkan food court yang ada di lokasi. Berbagai menu disediakan dan akan memanjakan lidah juga perut Anda. Anda tak perlu khawatir perihal ibadah, karena Anda bisa menemukan mushola. Pengunjung juga bisa menemukan fasilitas lainnya seperti ruang santai untuk beristirahat.

Jika ingin menikmati taman wisata malam ini lebih lama, atau pulang terlalu malam Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan juga hotel di sekitar tempat wisata satu ini. Harga yang ditawarkan untuk setiap malamnya juga ramah kantong, mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 750 ribu tergantung fasilitas yang Anda inginkan.

Menghabiskan waktu liburan di Taman pelangi Jogja, Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai berjalan jalan sembari berburu foto foto Instagramable hingga menjajal masuk rumah hantu. Tak heran jika pengunjungnya tak sepi terutama di musim liburan. Jika ingin lebih sepi, Anda bisa datang di hari biasa atau di jam jam sore sampai pukul 19.00 an.

Give a Comment