Jogja memang menjadi kawasan yang tak henti hentinya menawarkan destinasi wisata yang unik dan edukatif, salah satunya Taman Pintar Yogyakarta. Jika Anda bingung mengajak si kecil untuk berlibur, destinasi ini bisa Anda jadikan pilihan.

Harga Tiket: Rp 22.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Masa masa liburan yang panjang, terkadang menjadi momen yang tepat untuk menjelajahi tempat baru. Ketika Anda berada di Jogja, banyak sekali destinasi wisata bertema edukatif yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Taman Pintar. Seperti apa keseruan menghabiskan waktu di lokasi satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Daya Tarik Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Gracia Luciana)

Taman Pintar adalah salah satu destinasi wisata unggulan yang bisa Anda kunjungi selama berlibur ke Jogja. Disini, Anda pun akan bisa berekreasi sekaligus belajar ketika berada di lokasi ini. Sebab, tempat yang memadukan sarana wisata dan eduksi ini akan menjadi tempat yang pas bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama dengan si kecil.

Memasuki kawasan wisata edukasi ini, Anda pun akan disuguhkan dengan arena bermain dan juga sarana belajar. Dimana semuanya akan dibagi dengan zona yang berbeda beda. Dengan begitu, pengunjung yang datang pun bisa memilih tempat mana yang ingin untuk dikunjungi.

Setiap zona yang ada di Taman Pintar juga memiliki berbagai pengetahuan dan pembelajaran yang berbeda dibandingkan dengan zona yang lain. Sehingga tak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi semua zona yang ada di lokasi satu ini. Oleh karena itu, pastikan untuk menjelajahi setiap sudut yang ada di dalam objek wisata yang ada di Jogja ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Taman Pintar

Alamat Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati No 1-3 Yogyakarta. Lokasi ini pun sangat mudah untuk ditemukan lantaran berada di depan Bank Indonesia. Apabila Anda berjalan dari Malioboro, maka hanya berjarak sekitar 200 meter, sehingga dapat menjadi opsi apabila Anda bosan berjalan jalan mengelilingi Malioboro.

Lokasi satu tempat wisata satu ini pun terbilang cukup strategis. Hal ini dikarenakan berada diantaran Benteng Vredeburg dan juga Taman Budaya serta Gedung Agung. Sehingga, Anda nantinya akan sangat mudah untuk menemukan tempat wisata satu ini ketika sedang berada di Jogja.

Jika Anda berada di Malioboro dan ingin mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka Anda pun hanya perlu untuk berjalan kaki saja. Namun, jika Anda malas untuk berjalan kaki maka Trans Jogja dapat menjadi opsi yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke lokasi tempat wista satu ini.

Disini, Anda bisa mengambil rute yakni 1A Jurusan Prambanan – Malioboro. Kemudian, nantinya Anda bisa turun di halte Senopati 1 atau Taman Pintar. Jika Anda berangkat dari Bandara Adi Sucipto Jogja, maka Anda bisa menggunakan rute 1 B. Sedangkan jika Anda berangkat dari Terminal Jombor, maka gunakan rute 2B.

Selain itu, apabila Anda ingin mengunjungi tempat wisata satu ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda pun bisa menggunakan sepeda motor dan juga mobil. Untuk rutenya sendiri, Anda bisa mencarinya melalui peta digital yang ada di ponsel yakni Google Maps ataupun Waze.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Pintar

Harga Tiket Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka Anda pun bisa datang setiap hari Selasa hingga minggu. Disini, Anda bisa datang mulai pukul 8 30 pagi hingga sore hari. Sedangkan untuk harga tiket masuk dari Taman Pintar Yogyakarta cukup bervariasi, tergantung dari wahana yang Anda masuki.

Untuk Anda yang ingin memasuki kawasan planetarium, harga tiket masuknya sekitar 22 ribu rupiah. Sedangkan untuk zona Peraga Sains dan Teknologi, Anda pun akan dikenakan biaya sekitar 20 ribu untuk orang dewasa dan sekitar 12 ribu untuk anak anak. Sedangkan wahana bahari yakni Kapal Boat Mini, dikenakan biaya yakni sekitar 6 ribu rupiah.

Tiket Lalu Lintas yakni untuk hanya diperuntukkan bagi usia 3 hingga 7 tahun saja yakni sekitar 12 ribu rupiah. Tak hanya itu saja, terdapat program kreatifitas yang bisa Anda ikuti ketika berada di tempat satu in. Diantaranya kreasi batik yang dapat diikuti minimal usia 8 tahun dengan tiket masuk sekitar 18 ribu rupiah.

Ada pula kreasi gerabah yang berada di area Playground kerajinan yakni dengan tiket masuk sekitar 13 ribu rupiah. Lalu, Lukis kaos dengan biaya sekitar 45 ribu rupiah, lukis gerabah sekitar 15 ribu rupiah, teater 4D dengan tiket masuk sekitar 20 ribu rupiah untuk dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak anak.

Sedangkan bagi Anda yang ingin memasuki Dino Adventure akan dikenakan biaya sekitar 20 ribu rupiah untuk anak anak dan sekitar 25 ribu rupiah bagi orang dewasa. Bagi Anda yang ingin memasuki Hand on Science, Anda wajib membayar sekitar 10 ribu rupiah dan Presenter Tv, yakni sekitar 15 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Pintar

Aktivitas di Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Agus Prianto)

1. Menjelajah Gedung Oval

Penjelajahan pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di Taman Pintar adalah pada area Gedung Oval. Ketika memasuki area ini, Anda pun bisa melihat berbagai peraga sains yakni astronomi maupun geografi. Tak hanya itu saja, ketika Anda berada siini, pengunjung nantinya akan bisa disajikan dengan berbagai pengalaman tentang perbintangan yang terbilang cukup lengkap.

2. Jelajah Gedung Kotak

Setelah puas berjalan jalan dan menikmati pengalaman belajar mengenai perbintangan, maka Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Gedung Kotak. Gedung kotak menjadi tempat untuk berbagai zona teknologi yang terbilang cukup menyenangkan. Si kecil pun pastinya tidak akan bosan menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Disini juga terdapat beberapa wahana permainan dan juga zona lain yang bisa untuk Anda jelajahi. Adapun zona lain yang bisa Anda temukan di lokasi satu ini adalah zona pendidikan seperti zona nuklir hingga zona KPU. Anda dan si kecil pun nantinya akan bisa mempelajari banyak hal ketika berada di lokasi satu ini.

3. Berjalan Jalan di Planetarium

Perjalanan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjalan jalan di planetarium. Taman Pintar yang ada di Jogja ini juga memiliki zona planetarium yang khusus akan menampilkan berbagai macam benda yang ada di langit dengan menggunakan proyektor digital.

Tak hanya itu saja, saat menghabiskan waktu di tempat satu ini, Anda juga bisa melihat simulasi bagaimana suasana langit yang ada di kota Jogja pada malam hari. Tentu saja, hal tersebut akan membuat Anda takjub. Hal ini dikarenakan Anda akan sekaligus disuguhkan berbagai macam benda angkasa saat menghabiskan waktu di tempat wisata edukatif satu ini.

4. Bermain di Gedung Paud

Jika Anda mengajak si kecil yang masih berusia 2 hingga 7 tahun, maka zona paud adalah lokasi yang tepat. Di objek wisata ini terdapat dua gedung paud yakni paud barat dan juga paud timur. Untuk gedung ini sendiri, nantinya si kecil akan bisa belajar dengan menggunakan alat peraga dan juga konsep bermain yang unik bagi si kecil.

5. Zona Perpustakaan

Apabila Anda ingin membaca buku, maka zona perpustakaan adalah tempat yang bisa Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan disini terdapat berbagai macam buku yang telah tersedia lengkap. Tak hanya itu saja, ada juga komputer yang memang bisa digunakan untuk mengakses ensiklopedia yakni berupa film animasi.

Tentunya hal tersebut akan menjadi salah satu hal menarik yang bisa Anda lakukan bersama dengan si kecil. Selain itu, setiap satu minggu sekali pada zona perpustakaan ini juga diadakan pertunjukan yakni panggung boneka. Sehingga nantinya Anda pun akan bisa merasakan keseruan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi si kecil.

Aktivitas Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Taman Pintar Yogyakarta)

6. Menonton Demo dan Film Sains

Jika Anda penyuka sains, pastikan untuk mampir ke Science Theater. Tempat ini merupakan gedung audio visual dengan kapasitas yakni sekitar 50 hingga 60 orang. Saat berada disini, Anda pun akan bisa melihat pemutaran film yang bertema Science. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menyaksikan demo sains ketika berada di tempat satu ini.

7. Naik Kapal Mini

Ingin mengitari Taman Pintar dengan menggunakan kapal mini? Pastikan Anda mengunjungi wahana bahari yang ada di lokasi satu ini. sebab, wahana satu ini akan menghadirkan sungai buatan kecil yang mengelilingi area taman. Selanjutnya Anda pun bisa naik perahu bersama dengan si kecil. Pastinya akan menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan.

8. Bermain di Area Playground

Ketika mengajak si kecil ke tempat wisata, bermain adalah salah satu kegiatan yang membuatnya menjadi tidak bosan. Oleh karena itu, Anda pun bisa mengunjungi area playground yang ada di lokasi satu ini. disini, ada beberapa kegiatan yang bisa untuk Anda jelajahi.

Diantaranya seperti dinding berdendang, pipa bercerita, jungkat jungkit, permainan putaran, katrol hingga terowongan pohon. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat pembangkit listrik, air menarik dan juga sepeda spektrum warna. Tentu saja berbagai wahana tersebut akan menjadi permainan mendidik baru yang bisa ditemui oleh si kecil.

9. Membuat Berbagai Prakarya di Kampung Kerajinan

Apabila Anda tertarik membuat berbagai macam kerajinan di tempat wisata satu ini, maka Anda pun bisa mencoba mengunjungi destinasi satu ini. sebab, banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan disini. Sebut saja, membuat batik, melukis kaos, hingga membuat dan melukis gerabah.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Tempat wisata satu ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Sebab, disini Anda akan bisa menemukan area parkir yang terbilang cukup luas. Mushola dan toiletnya pun juga sangat nyaman. Selain itu, ada pula ATM center, foodcourt hingga ruang kesehatan yang bisa Anda temukan di lokasi satu ini.

Bahkan bisa dikatakan taman rekreasi dan edukasi ini merupakan salah satu tempat wisata yang ramah difabel. Hal ini dikarenakan adanya lift khusus untuk penyandang difabel. Jika sekolah Anda ingin mengadakan kegiatan di lokasi satu ini, maka terdapat pula beberapa space yang bisa disewakan yakni exhibition hall.

Berwisata ke Taman Pintar menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan ketika berada di Jogja. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini menyajikan berbagai macam wahana yang edukatif. Sehingga si kecil pun tidak akan bosan untuk bermain sekaligus belajar di destinasi wisata satu ini.

Give a Comment