Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Sudah bukan rahasia lagi jika Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan deretan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kekinian yang tersebar di berbagai wilayah pada provinsi tersebut. Tak terkecuali di wilayah Kabupaten Kulon Progo yang menawarkan banyak destinasi wisata alam seru, salah satunya yaitu Taman Sungai Mudal

Wisata alam hits ini menjadi rekomendasi ekowisata untuk keluarga. Di taman wisata ini, anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan berpetualang dan menikmati keindahan alam. Lokasi wisata tersebut sangat cocok bagi anda yang jenuh dengan suasana perkotaan ditambah padatnya pekerjaan. Sebab sajian pesona alamnya akan menghapus segala penat yang ada.

Daya Tarik Wisata Taman Sungai Mudal

Daya Tarik Taman Sungai Mudal
Photo by Twitter zıнnıwedaf 

1. Sejarah Ekowisata

Kawasan ini mulanya hanya sebuah mata air yang memancar dari dalam gua di daerah Girimulyo, Kulon Progo. Nama mudal sendiri lantaran sumber air tersebut selalu memancarkan air sepanjang tahun dan tidak pernah kering. Sehingga sumber air ini bisa mencukupi kebutuhan air bersih untuk warga sekitar.

Hal itu pula yang membuatnya disebut sebagai Ekowisata Sungai Mudal. Karena selain sebagai tempat liburan, taman ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber air bersih yang dikonsumsi dan dialirkan melalui pipa-pipa serta sebagai sumber irigasi. Dibentuknya sebagai sebuah taman wisata sendiri, berlangsung sekitar tahun 2011.

Melalui program bersih bersih saluran air yang dilakukan penduduk sekitar, Sungai Mudal pada akhirnya menjadi sebuah objek wisata. Niat masyarakat sendiri adalah membersihkan saluran mata air, mengingat bahwa sumber air tersebut selalu digunakan untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

Namun melihat pesona alam yang ada dan besarnya potensi wisata di daerah tersebut, maka dimulailah penataan kawasan sungai ini menjadi sebuah tempat wisata yang kemudian dibuka untuk umum. Bahkan dibuat pula kolam yang bersumber langsung dari mata air, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

2. Kolam Pemandian

Sumber mata air mudal yang tidak pernah kering dan terus memancarkan air membuatnya dimanfaatkan untuk menciptakan kolam pemandian di kawasan tersebut. Melihat bahwa airnya berasal langsung dari sumber mata air yang ada di goa, kolam ini pun sangat jernih seperti halnya sumber mata air tersebut.

Warnanya seperti hijau tosca dan terlihat begitu menyegarkan, sehingga sangat sulit bagi para pengunjung untuk menahan diri tidak menjajal berenang di dalamnya. Terlebih ketika cuaca sedang cerah dan terik, airnya yang sebening kaca seolah memanggil para wisatawan untuk segera menceburkan diri dan berenang di sana.

Anda yang membawa putra putri ke sini juga tidak perlu khawatir, karena kolam yang ada di Taman Sungai Mudal sudah ditata secara baik. Dimana di sana sudah tersedia dua kolam yang ditujukan untuk orang dewasa dan anak anak. Untuk kolam khusus anak anak, kedalamannya sekitar 1 meter hingga 1,5 meter dengan ukuran kolam 7 x 11 meter persegi.

Sementara kolam untuk dewasa memiliki kedalaman mulai dari 1,5 meter hingga 2 meter, dengan luas kolam sebesar 7 x 10 meter persegi. Termasuk cukup luas, sehingga para pengunjung bisa bebas berenang dan berendam di kolam tanpa harus berdesak desakan. Terlebih masing masing memiliki air yang jernih sebening kaca berwarna hijau tosca yang begitu menyegarkan.

3. Taman yang Indah

Dengan adanya sumber mata air jernih dan kawasan sekitar yang penuh dengan warna hijau di kiri kanan, tercipta sebuah taman yang bisa menjadi obat rindu liburan anda. Keindahan dan suasana yang menenangkan di Taman Sungai Mudal ini, dijamin akan membuat segala penat dan stres dari aktivitas sehari hari hilang seketika.

Tidak heran jika ada saja wisatawan yang menyebut bahwa taman ini sebagai secuil taman surga yang telah diturunkan di Kulon Progo. Tidak berlebihan, namun sulit menggambarkan keindahan taman satu ini dengan kata kata. Apalagi jika anda berkunjung kemari saat bunga bunga yang ada di sekitar tengah mekar dengan indah. Maka pesonanya akan meningkat dan berlipat ganda.

Daya Tarik Taman Sungai Mudal 2
Photo by Google Maps JAVANISTY ENTERTAINMENT

4. Kompleks Air Terjun

Sebagai ekowisata yang mengandalkan wahana air, anda tidak hanya akan menemukan kolam saja di destinasi ini. Namun taman tersebut juga menyuguhkan kompleks air terjun yang begitu menarik untuk dijelajahi. Di area kompleks air terjun tersebut, anda bisa menemukan banyak air terjun, lubuk, dan jeram.

Semuanya berasal dari sumber mata air yang sama, yang juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk irigasi sawah dan sebagai sumber air bersih untuk dikonsumsi sehari hari. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang ada di objek wisata tersebut, seperti Air Terjun Kedung Pedut dan Air Terjun Kembang Soka. Keduanya memiliki air sangat bersih dengan ketinggian yang sedang.

5. Free WiFi

Ekowisata ini memang dikelola oleh masyarakat sekitar yang telah tergabung ke dalam kelompok sadar wisata. Namun objek wisata ini telah menjadi binaan PLN, melalui Program Bina Lingkungan. Sehingga pihak PLN pun selalu siap membantu dalam pengembangan ekowisata Taman Sungai Mudal dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

Jadi tidak heran jika di sini anda bisa menemukan kebutuhan bagi wisatawan zaman now yang tidak bisa lepas dari internet. Berbeda dengan objek wisata alam lainnya, anda bisa menemukan free WiFi di destinasi satu ini. Sehingga anda pun bisa langsung membagikan berbagai foto ciamik dari keindahan taman ke media sosial.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Taman

Alamat Sungai Mudal
Photo by Google Maps Abu Zaid 

Taman Sungai Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari arah Kota Jogja, jaraknya kurang lebih 33 kilometer yang bisa ditempuh dengan estimasi waktu 1 jam perjalanan, tergantung kecepatan kendaraan dan kondisi lalu lintas yang ada.

Rute atau jalurnya sendiri terbilang sangat mudah ditempuh. Dari pusat Kota Jogja, anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah Jalan KH. Ahmad Dahlan. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan Wates hingga anda menemukan pertigaan di kawasan tersebut. Sesampainya di pertigaan, ambil rute ke arah selatan melalui Jalan Ringroad Barat.

Setibanya di perempatan, anda bisa melanjutkan ke arah barat melalui Jalan Godean dan jalan terus sampai Jalan Raya Kaligesing. Dari sini, anda bisa mengikuti jalan sampai ke taman wisata ini karena sudah tersedia banyak papan petunjuk di sepanjang jalan. Kondisi jalannya terbilang cukup baik, sehingga bisa dilalui oleh berbagai jenis transportasi seperti sepeda motor maupun mobil.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional di Taman Sungai Mudal
Photo by Google Maps Eri Prasongko 

Taman Sungai Mudal dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, sehingga anda bisa berkunjung pada waktu tersebut kapan saja selama berada di Jogja. Untuk harga tiket masuknya sendiri sangat murah meriah, layaknya objek wisata alam pada umumnya.

Karena untuk memasuki area wisata, anda cukup membayar kurang lebih Rp. 6.000 saja per orangnya. Harga umumnya berlaku baik untuk hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Namun bisa juga berubah tergantung kebijakan yang diberlakukan pihak pengelola objek wisata setempat.

Selain itu, harga yang tertera belum termasuk kontribusi parkir apabila anda datang ke sini membawa kendaraan pribadi. Jika jenis transportasi yang dibawa berupa motor, maka cukup membayar sekitar Rp. 2.000 saja. Sementara bagi mereka yang membawa kendaraan roda empat atau mobil, wajib membayar parkir sebesar Rp. 3.000 saja.

Berbagai Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Dilakukan di Taman Sungai Mudal
Photo by Google Maps Wisata Jogja 

1. Berenang di Kolam Air Jernih

Adanya kolam air yang begitu jernih di Taman Wisata Sungai Mudal membuat para wisatawan yang datang ke sini wajib mencoba berenang di sana. Rasakan kesegaran airnya yang akan merefresh penat yang anda rasakan dari kesibukan sehari hari. Sehingga tidak hanya tubuh yang segar melainkan juga pikiran.

Bagi anda yang tidak bisa berenang namun tidak ingin hanya sekadar berendam di dalam kolam air, tidak perlu merasa khawatir. Karena di sana sudah tersedia pelampung dan ban karet yang bisa disewa. Sehingga anda bahkan bisa membawa putra putri ke kolam dewasa dan berenang bersama. Namun pastika anak anak tidak pernah lepas dari pengawasan orang tua.

2. Menyusuri Air Terjun Mudal

Di kompleks air terjun, anda bisa menemukan beberapa air terjun yang menarik untuk disusuri. Karena jika dilihat dari bawah, air terjun yang ada di sana seolah berundak undak. Dan akses untuk turun ke bawah dan melihat pemandangan mempesona tersebut tidaklah sulit. Sudah tersedia tangga dan jembatan penghubung yang membuat pengunjung lebih nyaman melakukan trekking.

Tangga dan jembatan yang ada sendiri terbuat dari bambu, sehingga terasa lebih asri dan alami. Namun pastikan anda tetap berhati hati dan tidak terlalu dekat dengan pegangan bambunya, untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan. Apalagi tangganya juga cukup licin karena basah terkena tempias air terjun.

3. Camping

Karena saking indahnya pesona alam yang ada, banyak wisatawan yang tertarik untuk mendirikan tenda di kawasan Taman Sungai Mudal. Oleh sebab itu, pihak pengelola pun akhirnya menyediakan lahan tersendiri atau camping ground yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Biaya sewa untuk berkemah di sini bahkan cukup murah, cukup Rp. 30.000 per orang. Tapi bisa anda tanyakan kembali kepada petugas loket.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Taman Sungai Mudal

Fasilitas di Taman Sungai Mudal
Photo by Google Maps  Fegri Untoro 

Taman Sungai Mudal sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memberi kenyamanan pada para pengunjung, agar betah berlama lama di lokasi wisata. Mulai dari lokasi parkir yang cukup luas, toilet umum yang bersih, kamar ganti bagi pengunjung setelah puas bermain air, mushola, hingga warung makan.

Selain itu, ada juga penyewaan pelampung dan ban karet bagi pengunjung yang tidak bisa berenang. Lalu ada gazebo di tengah taman yang mampu menampung hingga lebih dari 50 orang, sampai hotspot gratis agar anda tetap terkoneksi internet selama berada di destinasi. Tidak lupa disediakan pula berbagai wahana outdoor seperti flying fox agar aktivitas selama di sini semakin seru.

Bagi anda yang ingin mencari wisata alam tidak jauh dari kota selama berkunjung ke Jogja, Taman Sungai Mudal di Kulon Progo ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menghadirkan pesona alam yang begitu asri dan sejuk, banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Terlebih tersedianya akses internet gratis dijamin akan membuat anda betah belama lama di sana.

Give a Comment