Tebing Breksi merupakan bekas penambangan kapur yang kini disulap menjadi objek wisata menawan di Prambanan, Sleman, Jogja. Dilengkapi dengan banyak spot foto dan fasilitas yang memadai, Anda bisa mengeksplor tempat ini saat liburan di Jogja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Jogja, jika menyebut kota ini rasanya banyak sekali yang bisa dibahas. Mulai dari berbagai makanan nikmat yang dihadirkan hingga wisatanya. Untuk wisata, Anda bisa mengunjungi wisata sejarahnya hingga wisata kekiniannya. Salah satunya adalah Tebing Breksi yang begitu hits di kalangan wisatawan. Selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Tebing Breksi Jogja

Tentang Tebing Breksi
Image Credit: Twitter.com @nyerohits

Kata yang bisa menggambarkan destinasi satu ini adalah hits juga kekinian. Sebenarnya, objek wisata satu ini terbilang baru, karena mulai diperkenalkan di tahun 2015-an. Dan hingga kini menjadi wisata yang paling diburu. Rasanya sangat jarang melihat destinasi satu ini sepi pengunjung. Mengingat pengunjungnya tidak hanya dari kota Jogja saja, tetapi juga dari luar daerah.

Tebing unik satu ini sangat cocok dengan label unik dan nyeni. Membuatnya terlihat berbeda dengan objek wisata lainnya di Jogja. menariknya, tempat wisata hits Jogja ini merupakan bekas dari kawasan pertambahangan batu alam yang terbentuk lantaran aktivitas gunung api. Tepatnya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kegiatan penambangan memang telah dihentikan, karena menurut ahli Geologi penambangan yang dilakukan terus menerus akan berbahaya. Dan warga juga pemda akhirnya menjadikan kawasan ini sebagai wisata dengan tema geowisata. Selain menjadi destinasi andalan, Tebing Breksi juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan bagi warga.

Bekerja sama dengan para seniman, wajah dari bekas tambang ini menjadi lebih menawan. Karena ditambahkan dengan ukiran ukiran unik yang cocok untuk spot berswafoto. Tidak hanya dijadikan sebagai wisata, masyarakat juga kerap menjadikan objek satu ini sebagai tempat foto pre wedding. Bagi Anda yang berburu tempat swafoto, wajib mengunjungi destinasi satu ini.

Daya Tarik Wisata Tebing Breksi

Daya Tarik Tebing Breksi
Image Credit: Google Maps (Eka A)

Sebelum melanjutkan penjelasan tentang destinasi satu ini, tidak lengkap rasanya jika tidak mengintip sejarahnya. Jika merunut dari sejumlah penelitian yang ada. Ternyata batuan kapur yang ada di tebing breksi ini merupakan endapan dari hasil erupsi abu vulkanik Gunung Nglanggran. Dimana gunung ini merupakan gunung api purba.

Gunung api ini menghasilkan morfologi bukit yang tingginya sekitar 30 meter. Keberadaan dari batuan apung tempat ini, saat diteliti ternyata sama dengan temuan yang ada di kawasan Parangtritis sampai Wonogiri. Dan singkapan terbaik yang dihasilkan, mempunyai ketebalan dari 300 sampai dengan 600 dan ada di Desa Semilir.

Distribusi Formasi Semilir yang luas juga tebal ini terletak di atas lava bantalan berbah. Menguatkan dugaan jika formasi semilir ini terbentuk lantaran letusan dahsyat yang terjadi sekitar 20 juta tahun yang lalu. Bahkan letusan ini diperkirakan tidak kalah dengan super eruption di toba volcano.

Dari terbentuknya vulkanis tersebut, akhirnya dijadiakn sebagai tempat tambang. Hingga akhirnya dihentikan dan terbengkalai. Awalnya tempat ini juga sempat viral lantara larangan untuk terus menambang batu kapur. Kini namanya semakin banyak dikenal karena berhasil disulap menjadi tempat wisata yang menawan.

Daya tariknya tak hanya dari sejarahnya dan betapa luar biasanya hingga menjadi formasi semilir. Tebing Breksi berdiri kokoh dan tinggi menjulang, dengan beberapa pahatan estetik di tubuh tebing. Pada beberapa bagian memiliki ukiran yang unik, mulai dari wayang sampai dengan ular naga. Jika Anda mengamatinya, tebing satu ini mirip dengan Brown Canyon yang berada di Semarang.

Daya Tarik Breksi
Image Credit: Google Maps (Aan Kurniawan)

Selain di buat ukiran pada dinding dindingnya, Anda juga akan menemukan undakan anak tanga yang akan membawa Anda ke atas bukit kapur ini. Dari sini Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa cantik dan menawan. Bahkan Anda akan nampak beberapa candi dari kejauhan. Panorama ini akan semakin jelas ketika cuacanya sedang cerah.

Walaupun untuk menaiki satu per satu anak tangga bukanlah pekerjaan yang mudah. Tak hanya pemandangan dari atas bukit, ana juga bisa menemukan area Tlatar yang bentuknya lingkaran yang diameternya sekitar 15 meter. Seakan akan area ini adalah panggung bak arena gladiator. Dengan kursi kursi berjejer yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Tidak hanya memiliki daya tarik pada hasil tangan para seniman di dinding tebing, tempat satu ini juga sering dijadikan tempat menyelenggarakan acara. Salah satunya adalah Sleman Temple Run yang berhasil membuat destinasi ini menjadi perhatian. Belum lagi acara festival kesenian yang juga kerap diselenggarakan di area Tebing Breksi ini.

Beberapa musisi juga pernah mengadakan konser di area satu ini. Tebing ini sendiri semakin naik daun ketika foto fotonya beredar luas di media sosial. Tidak hanya bisa dinikmati ketika siang hari, pengunjung juga bisa menghabiskan waktu saat siang hari. Yang jelas, destinasi satu ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan saat di Jogja.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Tebing Breksi

Alamat Tebing Breksi
Image Credit: Twitter.com @syeolsyeol

Taman Breksi atau yang juga dikenal dengan Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Kel. Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman. Lokasinya dekat dengan candi Ijo, dimana Candi ini juga sangat hits dan menjadi candi paling tinggi di Jogja. Tak sedikit pengunjung yang datang ke Candi Ijo lebih dahulu sebelum singgah di Taman Breksi.

Selain tak pernah sepi pengunjung, untuk sampai di tempat satu ini juga tidaklah sulit. Rute menuju tempat wisata hits Jogja ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Jogja, Anda bisa melewati rute yang sama agar tiba di Candi Prambanan. Namun, saat Anda menemukan pertigaan di Pasar Prambanan, Anda silahkan mengambil arah kanan untuk ke Piyungan.

Dari pasar ini, jarak yang harus Anda tempuh masih sekitar 3 km lagi. Maka dari itu, ada baiknya jika menggunakan kendaraan sendiri agar lebih leluasa. Selanjutnya untuk uang menggunakan jalur ringroad utara, Anda akan dibawa untuk melewati RS Hermina yang ada di sebelah kiri jalan. Hingga akhirnya tiba di pertigaan untuk menuju Jl. Raya Solo.

Jika sudah sampai di pertigaan, Anda hanya perlu mengikuti rute agar mengarah ke Jalan Opak Raya. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju arah Opak VIII dan berlanjut ke Jl. Piyungan. Hingga melewati Jl. Candi Ijo dan Anda akan sampai di tujuan. Anda juga bisa mengandalkan GPS untuk tiba di kawasan Taman Breksi Jogja.

Harga Tiket dan Jam Operasional Tebing Breksi

Harga Tiket Tebing Breksi
Image Credit: Google  Maps (Adi Yanto)

Beberapa waktu yang lalu beredar berita jika harga tiket masuk Tebing Breksi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Namun Anda tenang saja, harga yang harus dibayarkan pengunjung masihlah ramah kantong. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10 ribu. Sementara untuk wisatawan mancanegara sekitar Rp 20 ribu.

Harga tiket masuk masih belum menjadi satu dengan biaya parkir kendaraan Anda. Untuk motor biaya parkirnya kisaran Rp 2 ribu, mobil Rp 5 ribu dan kendaraan besar mulai Rp 15 ribu. Harga tiket masuk maupun biaya parkir tentu bisa mengalami kenaikan sewaktu waktu. Sementara untuk jam buka, mulai dari 06.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Jam buka tersebut berlaku pada hari Selasa hingga hari Minggu. Sementara di hari Senin akan tutup lebih awal yakni pukul 19.00 WIB. Jika Anda tidak ingin berpanas panas ria, Anda bisa datang saat pagi atau saat sore hari. Ketika malam hari, suasananya juga tak kalah semarak karena lampu lampunya turut menyala dan sangat cantik.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Tebing Breksi

Aktivitas di Tebing Breksi
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja 988)

1. Bersantai

Sebagian pengunjung yang singgah di destinasi wisata andalan Jogja ini adalah untuk bersantai. Wisatawan bisa melangkahkan kakinya untuk mengeksplor setiap sudut dari tempat satu ini. Tidak hanya bisa merefresh pikiran, pemandangan indahnya juga akan menjadi pelepas penat. Kesegaran udara yang berhembus juga akan memberikan suasana yang tenang.

2. Berburu Sunset atau Sunrise

Anda bisa mengunjungi tempat satu ini pagi ataupun saat sore hari. jam bukanya memang terbilang pagi, mengingat Tebing Breksi sangat cocok sebagai spot untuk berburu panorama matahari terbit. Cahaya keemasan yang hadir akan menambah pesonanya. Begitu juga ketika matahari berpulang, membuat pesonanya akan berkali kali lipat lebih indah.

Tak heran pengunjungnya akan mengalami lonjakan yang tinggi di waktu waktu tersebut. Anda bisa naik ke atas bukitnya agar panorama yang dihadirkan semakin luar biasa. Cahaya yang mengenai bukit ini akan membuatnya memiliki suasana yang romantis. Berburu sunset bersama dengan orang orang tersayang tentu akan memberikan kesan tersendiri.

3. Menjajal Aktivitas Ekstrim

Tidak hanya bisa menikmati panorama indah saja, Anda juga bisa menantang adrenalin. Caranya dengan menjajal olahraga panjat tebing maupun sepeda gunung. Terdapat trek khusus yang bisa Anda taklukkan dan ada tenaga terlatih yang akan membantu Anda. Kegiatan seru ini selain menantang juga memberikan pengalaman tak terlupakan.

4. Berburu Foto Cantik

Hal yang harus dilakukan dan tak boleh ketinggalan selanjutnya adalah berburu foto cantik. Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk swafoto. Mulai dari ukiran pada dinding, tangga hingga bagian atas bukitnya. Tlatar Senengnya juga bisa dimanfaatkan sebagai spot Anda mengambil pose andalan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Tebing Breksi Jogja

Fasilitas Tebing Breksi
Image Credit: Google Maps (Robi Azhari)

Destinasi wisata hits di Jogja ini memang terus mengalami perbaikan di beberapa sisi. Namun bukan berarti fasilitas umumnya tidak lengkap. Anda sudah bisa menemukan area parkir luas dan aman. Apalagi seiring dengan menanjaknya jumlah kunjungan wisatawan. Area parkirnya diperluas agar bisa menampung semua kendaraan pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan toilet yang sudah bersih. Anda juga bisa menemukan mushola sebagai tempat beribadah. Bagi Anda yang tidak membawa bekal, urusan perut bisa mengandalkan warung warung yang dikelola oleh warga. Mulai dari minuman, makanan ringan hingga makanan berat bisa Anda temukan di Tebing Breksi.

Untuk Anda yang ingin menginap, Anda masih belum bisa menemukan penginapan di dekat tebing ini. Anda bisa mencarinya di area yang dekat dengan candi Prambanan. Ke depannya, tentu fasilitas yang ada akan semakin dikembangkan dan dikelola lebih baik lagi. Untuk saat ini sekalipun masih sederhana, tetapi sudah terbilang lengkap.

Tebing Breksi menjadi destinasi yang cukup nyentrik di Sleman, Jogja. namanya masih tersohor dan pengunjungnya tak pernah sepi. Adanya pengalihan fungsi dari sebelumnya, siapa yang menyangka jika berhasil menciptakan destinasi modern baru. Apalagi bisa membantu tingkat perekonomian masyarakat sekitar. Jadi tertarik mampir di destinasi satu ini?

Give a Comment